Hai #SahabatRotary!

Berpergian adalah salah satu hal yang sering dilakukan oleh siapa saja, baik oleh mereka yang masih muda hingga tua. Ketika berpergian pun bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum dan hal ini disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, banyak orang cenderung memilih menggunakan kendaraan pribadi karena lebih praktis daripada menggunakan kendaraan umum.

Salah satu kendaraan pribadi yang sering digunakan adalah mobil. Banyak orang yang memilih untuk menggunakan mobil karena masalah keamanan dibandingkan dengan motor. Hal ini terlihat dari body mobil yang lebih kuat dan tertutup, dibandingkan motor yang lebih terbuka.

Selain itu, menggunakan mobil juga lebih nyaman karena kita bisa bersender dan hal ini berkebalikan dengan para pengendara motor yang harus duduk tegak. Pastinya semakin paham kan kenapa banyak orang lebih memilih untuk menggunakan mobil daripada motor?

bengkel ac mobil cengkareng

Baca juga: Heii, Perhatikan 9 Hal Ini Biar Tidak Kena Mogok Saat Macet di Kuningan

Akibat Jarang Melakukan Servis Mobil, Justru Membuat Pengeluaran Bertambah, Lho!

Apabila kita memilih untuk menggunakan mobil, ada satu hal yang tidak boleh terlupa yaitu service mobil. Melakukan service berkala wajib masuk dalam daftar kegiatan kita supaya kondisi mobil bisa terjaga, alias terhindar dari berbagai kerusakan. Kita juga sebaiknya melakukan service terlebih dahulu sebelum berpergian dalam jarak jauh agar perjalanan bisa lancar dan bisa sampai ke tujuan dengan selamat.

Namun sayangnya, tidak semua orang sempat melakukan service untuk mobil kesayangannya. Padahal, kita bisa melakukan service ke bengkel mobil atau bengkel ac mobil Cengkareng terdekat, misalnya saja di Cengkareng sendiri sudah banyak bengkel mobil.

Tentunya kita pun perlu cerdas dalam memilih bengkel, jangan sampai kita datang ke bengkel yang abal-abal dan pelayanan yang didapatkan justru mengecewakan. Pastinya kita tidak mau, kan, sudah mengeluarkan uang banyak namun justru terjadi kerusakan pada mobil?

Nah, berikut adalah beberapa akibat yang bisa kita alami karena malas melakukan service kendaraan:

  • Garansi yang hangus

Melakukan service mobil tidaklah semata-mata untuk menjaga kondisi mobil namun juga merupakan layanan gratis yang diberikan oleh suatu dealer pada kita. Apabila kita pergi ke bengkel resmi, biasanya pelayanan gratis ini akan diberikan hingga jarak tempuh tertentu dan dalam kurun waktu satu tahun. Sama saja dengan menyia-nyiakan kesempatan ketika kita tidak mengambil pelayanan gratis ini dari bengkel bukan?

  • Harga jual mobil yang turun

Banyaknya kerusakan mobil yang muncul akibat kita jarang service mobil adalah hal yang biasa. Namun, bagaimana jadinya jika kerusakan ini mempengaruhi harga jual mobil kita?

Nggak mau dong hal ini terjadi… Mengingat banyak orang yang menjual mobilnya pada waktu tak terduga. Para calon pembeli pun pastinya akan berpikir dua kali untuk membeli mobil kita apabila banyak kerusakan. Bukannya untung yang didapat, namun kerugian akibat harga mobil yang turun.

  • Mobil tidak nyaman untuk digunakan

Pentingnya membawa mobil ke bengkel mobil dan bengkel AC mobil Cengkareng untuk mendapatkan pelayanan service dari para teknisi adalah untuk mengetahui kondisi mobil dan AC mobil, baik yang terlihat dari luar ataupun dalam kabin.

Kerusakan dalam mobil lebih sulit diketahui apabila kita jarang melakukan service, karena tidak tampak oleh mata. Bahkan, bisa jadi kerusakan dalam mobil sudah fatal dan menyebabkan mobil kita berhenti beroperasi sewaktu-waktu.

Nah, kerusakan inilah yang akan menyebabkan mobil tidak nyaman untuk digunakan meskipun dalam jarak dekat sekalipun. Ketidaknyamanan yang dirasakan antara satu penumpang dengan penumpang lainnya dan hal ini tergantung dari tingkat kerusakan mobil kita

  • Memakan banyak biaya untuk perbaikan

Seperti yang disebutkan barusan, tujuan utama dari service mobil adalah untuk mengetahui kondisi mobil kita. Sebaliknya, jika kita jarang mengecek kondisi mobil, baik dilakukan sendiri ataupun mengandalkan bantuan teknisi, biasanya akan banyak kerusakan pada mobil yang tidak terdeteksi.

Kerusakan mobil yang dibiarkan begitu saja ini dapat memicu kerusakan pada sparepart lainnya dan menyebabkan biaya perbaikan mobil membengkak. Bahkan, perbaikan mobil ini bisa mencapai angka jutaan bahkan puluhan juta rupiah.

Kebayang, dong, apa jadinya jika kita butuh segera memperbaiki mobil namun juga banyak kebutuhan lainnya yang mendesak?

Ternyata Kebiasaan Ini Memicu AC Mobil Cepat Rusak, Apakah Anda Pernah Melakukannya?

Pastinya kita sudah lebih paham kan sekarang kenapa mobil perlu dimanja dan dibawa secara berkala ke bengkel mobil terdekat? Melakukan service akan membantu kita untuk menjaga kondisi sparepart mobil mengingat biaya untuk mengganti sparepart yang juga tidak murah. Kenyamanan adalah faktor lainnya yang bisa Anda dapatkan ketika rutin melakukan service pada mobil kesayangan.

Selain melakukan service dengan rutin, AC mobil adalah hal berikutnya yang harus kita perhatikan dalam mengurus mobil. Apabila AC mobil bermasalah, maka perjalanan kita juga akan terganggu karena suhu mobil yang malah membuat gerah.

Terbayang, kan, betapa tidak menyenangkannya berpergian dalam jarak jauh dengan kondisi mobil yang panas? Ternyata kerusakan pada AC mobil ini juga bisa disebabkan oleh hal-hal sepele yang mungkin tidak pernah kita duga.

Berikut adalah beberapa kebiasaan butuk yang memicu kerusakan AC pada mobil:

  • Mematikan AC mobil bersamaan dengan mematikan mesin mobil

Meskipun kelihatannya sepele, ternyata kebiasaan satu ini justru memicu AC mobil cepat rusak. Banyak orang masih melakukan hal ini, yaitu tidak memosisikan suhu AC hingga mati dulu sebelum mencabut kunci mobil. Apabila kita masih melakukan kebiasaan ini pun, sebaiknya segera dihentikan sebelum AC mobil benar-benar rusak karenanya. Karena repot kan kalau sampai rusak dan harus melakukan perbaikan. Apalagi kalau rumah kita jauh dari bengkel AC mobil terpercaya. Buat yang tinggal di daerah Cengkareng, boleh lah mampir ke bengkel AC mobil Cengkareng.

  • Kabin mobil yang kotor

Menjaga kebersihan di manapun kita berada adalah salah satu hal yang tidak boleh dilupakan. Seperti halnya ketika berada di dalam mobil, kita pun perlu menjaga kebersihan terutama pada kabin mobil. Kabin mobil yang kotor alias penuh debu ini bisa menyebabkan AC mobil rusak karena kotoran yang masuk ke dalam selang AC. hal ini biasanya tidak disadari oleh empunya mobil hingga AC mobil tidak mau berjalan seperti sedia kala.

  • Pemasangan pengharum mobil yang salah

Memasang pengharum pada mobil adalah hal yang wajar untuk dilakukan mengingat tiap orang ingin mobilnya nyaman untuk digunakan setiap saat. Namun sayangnya pemasangan pengharum mobil yang salah ini justru bisa menyebabkan kerusakan pada AC mobil.

Oleh sebab itu, sebaiknya jangan letakkan pengharum dekat AC mobil karena partikel dari pengharum tersebut bisa menghambat ventilasi AC mobil.

  • Menaikkan suhu AC mobil dengan mendadak

Ini, nih, kebiasaan satu ini masih sering dilakukan banyak orang terlebih jika cuaca saat berkendara tidak mendukung alias terlalu panas. Ada juga orang yang tiba-tiba meningkatkan suhunya dari angka 1 ke 3.

Sayangnya, hal inilah yang menyebabkan AC mobil cepat rusak. Ada baiknya jika kita menaikkan suhu dengan perlahan sehingga kinerja AC mobil pun tidak mendadak meningkat pula.

  • Jarang membersihkan AC mobil

Jarang mengecek atau membersihkan AC mobil adalah kebiasaan berikutnya yang bisa menyebabkan AC mobil menjadi cepat rusak. Kita tidak perlu membersihkan AC mobil setiap hari dan sebaiknya hanya perlu dilakukan dalam jangka waktu tertentu seperti seminggu sekali dengan membawanya ke bengkel AC mobil Cengkareng.

Nah, pastinya sudah lebih paham kan kenapa service mobil ini sangat penting sehingga mobil tidak mudah rusak? Memperhatikan kondisi AC mobil juga penting karena AC mobil yang tidak terawat juga bisa menyebabkan mobil macet sewaktu-waktu.

Yuk, bawa mobil ke  bengkel AC mobil Cengkareng terdekat!