Berkendara dengan Mobil Semakin Aman Ketika Kita Menaati Peraturan Lalu Lintas

Hai #SahabatRotary!

Mobil adalah salah satu kendaraan yang sering digunakan seseorang baik untuk berpergian jarak dekat ataupun jauh. Kebutuhan akan mobil semakin meningkat dari waktu ke waktu, terutama pada jaman yang serba modern ini. kebutuhan untuk berpergian pun semakin meningkat seiring banyaknya kegiatan yang dilakukan tiap hari. Bahkan saat ini sudah tidak mengherankan jika melihat remaja sudah mengendarai mobil ketika berpergian. Tentunya terdapat batasan umur bagi pengendara mobil dan perlu memiliki SIM terlebih dahulu sebelum bisa berkendara di jalan raya.

Alasan seseorang memilih untuk mengendarai mobil pun sebenarnya cukup sederhana, yaitu karena alasan keamanan dan juga kenyamanan. Tidak bisa dipungkiri jika banyak orang memilih untuk mengendarai mobil karena akan tetap terlindung dari cuaca yang tidak menentu, baik panasnya sinar matahari ataupun hujan yang bisa datang kapan saja. selain itu, keberadaan AC mobil juga membuat kita semakin nyaman dalam berkendara terlebih untuk jarak jauh. Ketika memiliki mobil pun kita tidak boleh lupa untuk melakukan service mobil seperti ke bengkel AC mobil Ciledug agar kondisi sparepart terjaga tiap waktu.

bengkel AC mobil Ciledug

Baca juga: Heii, Perhatikan 9 Hal Ini Biar Tidak Kena Mogok Saat Macet di Kuningan

Peraturan Berkendara Dibuat Supaya Kita Selalu Aman, Jangan Sampai Dilanggar Jika Tidak Mau Didenda

Tentunya bukan hanya rutin melakukan service mobil ke bengkel AC mobil Ciledug yang perlu kita ingat. Sebagai pemilik mobil, kita pun harus bertanggungjawab untuk menaati semua peraturan lalu lintas yang ada. Peraturan yang dibuat oleh negara ini tentunya tidak main-main alias sudah melalui pertimbangan berbagai pihak. Salah satu tujuan diberlakukannya peraturan lalu lintas ini adalah untuk para pengemudi itu sendiri, terlebih pada faktor keamanan.

Meskipun begitu, masih banyak pengendara mobil yang tidak taat terhadap peraturan lalu lintas. Akibatnya? Tentu saja akibat tidak menaati lalu lintas ini pun fatal, tengok saja berapa banyak jumlah kecelakaan yang terjadi di Indonesia tiap tahunnya. Meskipun berbagai faktor dapat menyebabkan kecelakaan di jalan raya, faktor kelalaian pengemudi alias tidak menaati peraturan adalah salah satu faktor terbesar penyebab kecelakaan.

Kecelakaan ini bukan hanya membuat kita mengalami cidera namun juga menyebabkan mobil rusak dan harus segera dibawa ke bengkel AC mobil Ciledug agar mobil bisa kembali beroperasi seperti sedia kala. Pastinya tidak ada yang mau mengalami kejadian tersebut bukan? oleh sebab itulah kita perlu menaati peraturan lalu lintas tiap kali berkendara antara lain sebagai berikut:

  • Larangan merokok

Tidak bisa dipungkiri jika merokok adalah salah satu kebiasaan yang sering dilakukan ketika berkendara, baik menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Tanpa disadari, ternyata kebiasaan merokok ini dapat merusak AC mobil sehingga mobil pun harus dibawa ke bengkel AC mobil Ciledug untuk bisa segera ditangani. Larangan merokok yang hanya merugikan kita ini ternyata juga sudah ditetapkan pada peraturan lalu lintas lho! larangan tentang merokok ini diatur pada UU No 22/209 mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Peraturan ini ditetapkan karena merokokΒ  hanya akan mengganggu konsentrasi pengendara saat di jalan. Pelanggar bisa mendapatkan hukuman berupa kurungan maksimal 3 bulan ataupun denda sebanyak Rp.750.000,-

  • Mengenakan seatbelt

Seatbelt adalah salah satu komponen dari mobil yang harus kita gunakan setiap saat agar perjalanan selalu aman. Bukan hanya pengemudi saja yang wajib mengenakan seatbelt namun juga penumpangnya, baik yang duduk di samping pengemudi ataupun kursi belakang. Ketika kita lupa mengenakan seatbelt saat berkendara, jangan heran jika kita bisa dikenakan denda sebesar Rp.250.000,- ataupun kurungan penjara maksimal 1 bulan. Apabila seatbelt mengalami kerusakan pun sebaiknya segera dibawa ke bengkel mobil terdekat supaya bisa segera diperbaiki.

  • Kelengkapan berkendara

Siapa sangka jika kelengkapan berkendara juga termasuk peraturan dalam berkendara yang perlu ditaati? Tentunya peraturan untuk membawa beberapa kelengkapan berkendara ini pun untuk kebaikan kita sendiri terlebih untuk situasi genting. Beberapa kelengkapan berkendara yang dimaksud di sini antara lain pembuka roda, dongkrak, ban cadangan, seatbelt, dan juga perlengkapan P3K lainnya. apabila kita lupa membawa beberapa perlengkapan terssebut maaka kita bisa kena denda sebesar Rp.250.000,- ataupun kurungan penjara maksimal 1 bulan.

  • Kondisi teknis kendaraan

Bukan hanya perlengkapan kendaraan saja yang perlu diperhatikan saat berkendara, namun juga teknis kendaraan. Kondisi teknis yang dimaksud di sini adalah lampu utama, lampu rem, klakson, bumper, kaca depan, serta lampu mundur. Kita harus mempersiapkan persyaratan teknik ini dalam kondisi prima dan apabila terjadi kerusakan sebaiknya segera dibawa ke bengkel mobil terdekat. apabila ada persyaratan teknis yang rusak maka kita bisa dikenai denda sebesar Rp.500.000,- ataupun denda kurungan selama 2 bulan.

Kebiasaan Ini Berpotensi Merusak AC Mobil, Jauhi Kebiasaan Ini Jika Tak Mau Tabungan Habis Karena Perlu Service Mobil

Nah bagaimana? Menaati peraturan lalu lintas tidaklah sesulit apa yang dibayangkan bukan? perlu diingat jika berbagai peraturan tersebut untuk kebaikan pengendara, alias menghindarkan pengendara dari berbagai kecelakaan yang bisa terjadi kapan saja. Pastinya kita mau kembali bertemu dengan keluarga setelah seharian berkendara bukan?

Selain menaati peraturan lalu lintas tiap kali berkendara, kita juga perlu menjaga kondisi mobil tiap saat. Jangan sampai beberapa kegiatan kita di dalam mobil ternyata justru bisa memicu kerusakan sparepart, salah satunya adalah AC mobil. Keberadaan AC tentunya penting terutama dalam melakukan perjalanan jauh karena menjaga udara tetap sejuk. Terbayang kan apa jadinya jika AC mobil tidak bisa beroperasi ketika kita hendak berpergian? Nah untuk meminimalisir AC mobil menjadi rusak, yuk simak beberapa kebiasaan yang dapat merusak sparepart mobil ini!

  • Meninggalkan mobil terlalu lama di tempat parkir yang panas

Kebiasaan memarkirkan mobil di tempat panas ternyata bisa merusak AC mobil lho! kondisi udara yang terlalu panas pun akan menyebabkan AC bekerja terlalu keras dan rusak sehingga kita harus segeranya membawa ke bengkel mobil. untuk menghindari hal ini terjadi, sebaiknya kita membuka jendela untuk beberapa saat sehingga udara di mobil bisa stabil dan inilah saat yang tepat untuk kembali menghidupkan AC mobil.

  • Langsung menyalakan AC mobil pada kecepatan maksimal

Banyak dari kita yang melakukan kebiasaan ini terlebih saat kondisinya sangat gerah. Sebaiknya kita mengatur suhu AC mobil naik perlahan-lahan dan hindari mengatur kipas angin terlalu keras. Sebaliknya, kita bisa mengatur posisi AC mobil ke bagian atas supaya udara dari AC memantul dan kita cepat merasa sejuk.

Pastinya sudah semakin paham kan apa saja kebiasaan yang bisa memicu AC mobil rusak? Ketika AC rusak, maka kita pun perlu segera ke bengkel AC mobil Ciledug untuk mendapatkan service mobil segera. Apabila AC ini dibiarkan rusak dalam waktu lama, bukan tidak mungkin jika sparepart lainnya juga akan terkena dampaknya. Jangan lupa untuk selalu taati peraturan ketika berkendara dan rutin lakukan service mobil ya!