fbpx

Pemilik Mobil Wajib Tahu Hal Ini Agar Selalu Nyaman di Perjalanan

Bengkel AC Mobil Cilegon karya christopher crouzet

Hai #SahabatRotary

Air Conditioner atau yang lebih dikenal dengan sebutan AC merupakan alat yang digunakan untuk mengubah udara panas menjadi udara yang lebih sejuk dengan bantuan freon. AC tidak lagi menjadi barang mewah pada sebuah mobil. Hampir seluruh mobil keluaran terbaru sekarang ini sudah dilengkapi dengan AC. Cuaca panas di jalanan Indonesia menuntut produsen mobil untuk selalu menyertakan AC dalam setiap mobil yang diproduksi. Fungsi AC mobil tidak sebatas membuat udara di dalam mobil menjadi dingin. Ada fungsi yang lebih dari itu, antara lain mengatur kelembapan dan sirkulasi udara, serta menyaring udara di mobil untuk menjaga kemurniannya.

Setiap komponen di mobil mempunyai usianya masing-masing. Tidak ada komponen yang benar-benar awet, begitu juga dengan AC mobil. Kerusakan pada AC mobil bisa kita rasakan ketika AC membutuhkan waktu yang sangat lama sampai AC mampu mendinginkan udara di dalam mobil. Saat AC mobil sudah tidak berfungsi dengan baik, itu artinya kita harus membawa mobil kita ke bengkel AC mobil Cilegon untuk mendapatkan segera mendapatkan perbaikan. 

Mobil Manual atau Mobil Matic Punya Masalah yang Sama pada AC, Kenali Supaya Tidak Bingung

AC pada mobil memiliki prinsip kerja yang sama dengan AC yang biasa kita temui di rumah. Namun, pada mobil sistemnya lebih dinamis dan lebih rumit dibandingkan dengan AC di rumah. Freon menjadi pemeran utama yang membuat udara menjadi dingin. Udara dengan suhu dingin ini kemudian disemprotkan ke kabin dengan bantuan blower. Beberapa masalah pada AC mobil berikut ini biasa terjadi di mobil dengan transmisi manual maupun otomatis. Mari kita simak supaya tidak bingung ketika nanti kita mengalami hal yang sama.

  • AC kurang dingin atau tidak dingin sama sekali

Masalah pertama yang sangat umum terjadi pada ac mobil adalah ac tidak menghasilkan udara dingin. Hal ini sangat sering dialami oleh mobil keluaran tahun lama maupun keluaran baru. Bengkel AC mobil cilegon biasa menangani masalah ac mobil seperti ini. Saat mengalami kerusakan, alih-alih mengeluarkan udara yang dingin, justru udara hangat yang keluar dari lubang ac. Penyebab utama ac kurang atau tidak dingin antara lain freon habis, filter dryer tersbumbat, atau rusaknya kompresor yang bertugas untuk memompa freon.

Untuk mengatasi keluhan ac yang kurag dingin atau tidak dingin sama sekali, pekerja bengkel melakukan proses flushing. Proses ini bertujuan untuk membersihkan semua kotoran yang ada di dalam komponen AC khususnya kompresor. Freon, oli, dan kotoran lain seperti debu menjadi target utama saat proses flushing. Setelah kompresor dipastikan bersih, hal yang selanjutnya dilakukan adalah melakukan pengisian ulang oli kompresor dan tentunya freon baru.

  • Udara yang keluar dari AC berbau

Siapa sih yang tidak terganggu dengan bau-bauan tidak sedap di dalam mobil? Kita semua pasti merasa sangat tidak nyaman ketika berada di dalam mobil yang bau. Masalah ini juga sering dialami oleh pemilik mobil. Sebenarnya udara yang keluar dari AC berbau ini tidak menandakan ada kerusakan. Bau pada udara yang dihembuskan oleh ac mobil disebabkan oleh banyaknya bakteri dan kotoran yang menempel pada saluran ac. Flushing juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan bau akibat saluran ac yang kotor. 

  • AC berbunyi berisik

Setelah masalah ac kurang dingin dan menimbulkan bau kurang sedap, masalah ac yang ketiga adalah ac berbunyi atau ac berisik. Kalau kita sudah mendengar ada bunyi-bunyian yang keluar dari ac mobil, perlu diwaspadai karena hal ini menandakan ada komponen yang tidak beres. Masalah yang sering menjadi penyebab ac berbunyi adalah oli kompresor yang kering. Tugas dari oli kompresor adalah memberikan pelumas pada komponen kompresor untuk mengurangi gesekan ketika sedang bekerja. Jika oli kering, akibatnya adalah terjadi gesekan antar komponen yang menghasilkan bunyi. Jika dibiarkan, komponen bisa mengalami aus. Oli kompresor sebaiknya diganti rutin setiap 20.000 kilometer. Penggantian oli kompresor bisa dilakukan di bengkel ac mobil cilegon.

Bengkel AC Mobil Cilegon karya christopher crouzet

Lakukan Cara Berikut Ini Supaya AC Mobil Tetap Adem

Pepatah lama mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Pepatah ini harus kita terapkan dalam hal apapun, termasuk dalam merawat mobil yang kita miliki terutama komponen penyejuk udara atau AC. Sebagai pemilik mobil, sebaiknya kita selalu merawat mobil dengan baik untuk mengurangi kemungkinan kerusakan. Biaya perawatan mobil tentu saja lebih murah dibandingkan dengan biaya perbaikan mobil. Ini dia tips dan trik merawat ac mobil supaya tidak cepat rusak dan tetap adem.

  • Jangan membuka kaca mobil saat AC menyala

Mengapa kita dilarang membuka kaca mobil ketika ac menyala? Ada dua alasan utama dibalik larangan itu, yang pertama adalah ac tidak bekerja secara maksimal ketika kaca mobil dibuka. Alasan kedua adalah banyak debu di jalanan yang berpotensi masuk ke dalam saluran dan menyumbat ac. Jika kaca mobil sering dibuka ketika ac menyala, kemungkinan kerusakan ac seperti ac tidak dingin akan lebih mudah terjadi. 

  • Jagalah kebersihan kabin

Musuh terbesar ac adalah debu dan kotoran, ac tidak dapat bekerja secara maksimal ketika salurannya tersbumbat oleh kotoran dan debu. Ac bisa menjadi tidak dingin lagi ketika terlalu banyak debu yang menyumbat di komponen ac. Terkadang debu yang menempel pada komponen ac tidak terlihat dan jarang diperhatikan oleh pemilik mobil. Membersihkan kabin mobil harus rutin dilakukan agar bakteri penyebab bau tidak tumbuh berkembang di dalam mobil. 

  • Membersihkan kondensor ac

Selain menjaga kebersihan dalam kabin, komponen penting dalam ac seperti kondensor juga harus diperhatikan kebersihannya. Lakukan pembersihan pada kondensor bersamaan dengan mencuci mobil. Pastikan kondensor telah bebas dari kotoran dan debu. Jika jarang dibersihkan, debu dan kotoran bisa menyebabkan korosi bahkan kebocoran pada kondensor.

  • Servis rutin meskipun kondisi masih baik

Melakukan servis ac secara rutin sangat dianjurkan untuk menjaga ac tetap berfungsi dengan normal. Servis ac secara berkala bisa kita lakukan di bengkel ac mobil cilegon. Teknisi ac akan melakukan pengecekan terhadap semua komponen yang ada. Jika diperlukan, teknisi bisa melakukan perbaikan atau penggantian sparepart ac. Selain itu, pembersihan pada kondesor dan filter kabin juga bisa dilakukan oleh teknisi di bengkel.

Bagaimana, sudah cukup jelas bukan? Tentu saja pertanyaan terkait masalah apa saja yang biasa terjadi pada ac mobil sudah terjawab. Jangan lupa untuk menerapkan tips dan trik merawat ac agar tetap dingin. Pastikan pula kita sudah mempunyai jadwal rutin untuk melakukan perawatan rutin terhadap ac mobil di bengkel ac mobil cilegon. Sebab perjalanan yang nyaman dimulai dari suasana di dalam kabin. Jika kabin sejuk dan dingin, pengemudi dan penumpang juga lebih nyaman selama di perjalanan. Terjebak kemacetan di siang hari tidak membuat hati dan kepala panas ketika kabin terasa sejuk dan dingin.

Senang bisa berbagi.

Pasti bermanfaat

Blog

Bengkel AC Mobil BantenBengkel AC mobil CikupaBengkel AC mobil CilegonBengkel AC mobil Citra RayaBengkel AC mobil Pasar JumatBengkel AC mobil Pasar Kamis

Leave a Reply