Hai #SahabatRotary,

Mengatasi masalah pada mesin kompresor AC mobil mati hidup harus dilakukan analisa terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab kemudian cara penanganannya. Jadi semua penyebab kerusakan AC merupakan masalah yang biasa ditemui pada unit AC mobil.  Disarankan service AC secara berkala agar kinerjanya tetap optimal.

Mengatasi Kompresor AC Mobil Mati Hidup Sendiri

Pernahkah Anda menemui AC mobil mati hidup sendiri? Dan tahukah Anda penyebab mengapa pendingin ruangan air conditioner tersebut bisa mati dan hidup dengan sendirinya? Mungkin Anda pernah menemui kerusakan AC mobil mati hidup sendiri di kendaraan milik sendiri.

Punya mobil itu tidak seenak yang dibayangkan loh. Sebagai pemilik, Anda perlu memperhatikan performa mesin dan komponen lainnya agar mobil tetap bertenaga saat dibawa bepergian. Namun kerusakan pada komponen mobil tidak dapat dihindari.

Selain mesin, bagian AC mobil juga sering mengalami masalah. Tidak bagusnya kinerja AC mobil menyebabkan mobil bergetar saat AC nyala. Pada dasarnya, setiap kerusakan yang terjadi pada AC mobil memiliki cara penangannya masing-masing.

Baca Juga : Penyebab Kompresor AC Mobil Mati Hidup

AC mobil mati memang sangat menyebalkan, apalagi saat berada di tengah jalan. Namun kerusakan ini tidak dapat dihindari karena semua pemilik mobil juga pernah merasakan hal yang sama. Ada pun bentuk-bentuk kerusakan yang terjadi, seperti:

  1. AC mobil tidak bisa dinyalakan
  2. AC mobil mati total
  3. Kondisi AC yang mati secara tiba-tiba
  4. Kompresor AC mobil mati hidup

Lalu apa yang menyebabkan kerusakan-kerusakan tersebut?

  1. Sekring AC Putus

Salah satu penyebab AC mati yaitu sekringnya putus. Hal ini akan menyebabkan tidak adanya penghubung kelistrikan mesin mobil dengan AC tersebut sehingga AC tidak mendapatkan tenaga untuk mengaktifkan putaran AC. Putus sekring biasanya perlu mengganti bagian sekringnya saja.

  1. Relay AC Putus

Relay AC berfungsi sebagai pemompa arus listrik ke bagian magnetic clutch. Saat relay ini putus, tentu tidak ada lagi yang bekerja sebagai penyuplai arus listrik. Putusnya relay AC juga akan menjadi  penyebab blower AC mobil mati.

  1. V Belt Putus

V belt berfungsi sebagai penghubung antara kompresor dengan bagian putaran mesin. Apabila V belt ini putus, tentu AC mobil tidak akan bekerja dengan baik. Alhasil, suhu di dalam kabin akan terasa panas. Selain itu, AC mobil juga bisa mengalami overheating sehingga kerusakan yang ditimbulkan makin parah.

  1. Motor Cooling Fan Tidak Bekerja

Seperti yang kita ketahui cooling fan berfungsi untuk pembuang panas yang dihasilkan oleh kondensor. Saat cooling fan tidak bekerja, suhu di dalam kabin otomatis akan berubah dari dingin menjadi kurang dingin bahkan panas.

Wajib melakukan pemeriksaan rutin 6 bulanan agar masalah-masalah AC mobil tidak menimpa Anda. Termasuk mengatasi kompresor AC mobil mati hidup sendiri. Atau masalah AC mobil mati total. Biaya pemeriksaan AC mobil di Bengkel Rotary adalah gratis. Sedangkan apabila memang perlu penanganan, biaya perawatan dan perbaikan akan diestimasikan di awal sebelum pengerjaan dilakukan.

Cabang 1 :

Rotary Bintaro Veteran

Jl.RC Veteran No.1a, bintaro raya.

tanah kusir, Jak-Sel. 12330

 

Cabang 2 :

Rotary Bintaro Ciledug

Jl.Ciledug Raya No.7a-7b, Petukangan utara, kebayoran lama. Jak Sel

12260.

 

Cabang 3 :

Rotary Bintaro Kedoya

Jl.Kedoya Raya no.20, Kedoya selatan, kb.Jeruk. Jakarta Barat

(samping pom bensin pertamina)

 

Cabang 4 :

Rotary Bintaro Serpong

Ruko Bavaria Extension

Jl.Fatmawati no 79,

Dekat Pintu Masuk Cluster Bohemia, Gading Serpong, Tangerang

 

Cabang 5 :

Rotary Bintaro Bekasi

AXC Summarecon Bekasi Blok VB/18

(Tepat depan Summarecon Mall Bekasi)

 

Cabang 6 :

Rotary Bintaro Rawamangun

Jl. Balap Sepeda No.46A, RT.6/RW.6, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220

 

Cabang 7 :

Rotary Bintaro Puri

Jl. Kembang Kerep No.6

RT.2/RW.2, Meruya Utara Kembangan

Jakarta Barat – 11620

(Belakang Lippo Mall Puri)

booking service