fbpx

Bawa Mobil ke Bengkel Jika AC Bocor, Fatal Jika Membiarkannya

bengkel AC mobil Cileungsi karya hans eiskonen

Hai #SahabatRotary

AC mobil adalah hal mutlak untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Tanpa adanya AC, udara di dalam mobil tak akan bisa bertukar. Anda mungkin masih bisa mengatasinya dengan membuka kaca jendela mobil. Namun, bagaimana dengan polusi udara yang mengganggu pernafasan?

Mengingat fungsi AC mobil belum bisa digantikan dengan ventilasi alami, penting bagi Anda untuk menjaga AC tetap dalam kondisi prima. Namun sayangnya, AC hanyalah mesin buatan manusia yang bisa saja rusak dan mengalami masalah teknis, salah satu yang paling sering terjadi adalah kebocoran AC. Jika sudah demikian, Anda perlu segera mengunjungi bengkel AC mobil Cileungsi untuk segera mengatasinya.

Bahaya AC Bocor Jika Tak Segera Diatasi

AC bocor adalah masalah yang umum pada AC mobil. Tandanya bisa beragam, mulai dari AC yang tidak dingin hingga adanya embun pada kaca mobil. Sekilas, hal ini mungkin tak terlalu mengganggu. Namun, jika dibiarkan terus menerus, bahaya AC mobil bocor rupanya sangat negatif bagi manusia.

Semua jenis AC memerlukan freon (Cloroflurocarbon/CFC) untuk mendinginkan udara. Freon inilah yang sering disebut sebagai perusak lapisan ozon sehingga membuat bumi makin panas. Namun, rupanya freon tak hanya bahaya bagi bumi, melainkan pula untuk kesehatan manusia.

Pada kasus AC mobil yang bocor, sebenarnya freon inilah yang turut keluar melalui ventilator. Jika dibiarkan berlanjut, maka beberapa bahaya yang akan timbul, antara lain :

Dermatitis

Dermatitis merupakan masalah pada kulit yang ditandai dengan ruam merah dan rasa gatal. Umumnya, penyakit jenis ini merupakan jenis peradangan kulit yang disebabkan oleh kontak dengan bahan kimia atau zat asing, salah satunya adalah freon. Dalam jumlah yang sedikit, kontak langsung kulit dengan freon mungkin juga dapat menyebabkan kulit kering dan bersisik.

Iritasi

Masih ingin irit biaya dan tak membawa mobil ke bengkel AC mobil Cileungsi? Anda mungkin akan berubah pikiran setelah mengetahui bahaya AC mobil bocor yang satu ini. Pasalnyam udara yang bercampur freon akan menyebabkan iritasi mata yang kemudian mengganggu penglihatan dan kenyamanan berkendara. Jika ikut terhirup, freon yang berasal dari AC bocor juga mungkin saja menyebabkan iritasi lidah, tenggorokan, dan hidung. Dalam kondisi yang terus berlanjut, bukan tak mungkin kesehatan paru-paru Anda juga ikut terancam karenanya.

Mengantuk

Freon yang terhirup bersama udara dapat menyebabkan rasa kantuk, depresi, hingga penurunan kesadaran. Jika efek ini dirasakan oleh penumpang mobil, mungkin bahanya hanya berhenti di sini saja, Namun, bagaimana jika pengendara turut merasakan efek ini? BUkan tak mungkin kewaspadaan dalam berkendara ikut menurun hingga akhirnya memicu terjadi kecelakaan.

Kematian Mendadak

Pernah mendengar pengendara mobil meninggal secara mendadak di dalam mobil yang dikendarainya? Bisa jadi, penyebab utamanya adalah kebocoran AC yang dibiarkan begitu saja. Ketika tubuh manusia menghirup freon dalam jumlah  >2.000 PPM (part per million), maka kesehatan jantung akan terganggu. Jantung akan berdetak lebih cepat dibanding sebelumnya sehingga memicu serangan jantung. Pada kasus yang parah, menghirup freon dalam jumlah banyak juga dapat menyebabkan henti jantung yang kemudian mengarah pada kematian mendadak.

Itulah tadi beberapa efek samping AC bocor sehingga Anda harus segera membawa mobil ke bengkel AC mobil Cileungsi jika menemukan tanda-tanda AC bocor.

bengkel AC mobil Cileungsi karya hans eiskonen

Antisipasi Kebocoran AC Mobil

Seperti dibahas sebelumnya, kebocoran AC sangat berbahaya bagi tubuh karena kandungan freon yang bercampur udara ketika AC bocor. Lantas, mengapa semua AC masih menggunakan freon? Hal ini dikarenakan belum ditemukan zat lain yang efektif mendinginkan udara selain freon. Jadi, sebagai pengguna AC mobil, tak ada cara lain yang lebih aman dibanding mengantisipasi kebocoran AC.

Anda tak perlu takut dengan bahaya AC mobil bocor seperti yang dipaparkan di atas jika Anda sudah melakukan langkah antisipasi sebagai berikut :

Menjaga Kebersihan AC mobil

Kebersihan adalah hal utama jika Anda ingin AC tetap dalam kondisi prima. Sama seperti tubuh manusia yang perlu dijaga kebersihannya agar tetap sehat, AC mobil pun memerlukan hal yang sama.

Anda bisa mulai dengan memasang filter kabin. Tujuannya, untuk meminimalisir debu dan kotoran yang ikut masuk dalam AC sehingga mengotori saluran dan membuat komponen AC mengalami korosi. Pastikan pula kebersihan kabin agar kinerja AC tak terlalu berat.

Jika Anda memiliki sedikit pengetahuan tentang mesin mobil. Anda juga bisa mencoba membuka kap mobil lalu mengalirkan air pada bagian kondensor AC mobil. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kotoran yang melekat pada saluran AC sehingga membuatnya bertahan lebih lama dari karat.

Memantau Kinerja Kompresor

Kompresor pada AC ibaratnya sama dengan jantung pada manusia. Kompresor akan mengalirkan udara dari luar, mendinginkannya dalam saluran khusus menggunakan freon dan kemudian menukarnya dengan udara yang ada di dalam mobil. Kinerjanya hampir mirip dengan kinerja jantung dalam memompa dan mengatur sirkulasi darah bersih dan darah kotor. Karena fungsi kompresor yang sangat vital inilah, Anda harus rajin memantau kinerja kompresor di  bengkel AC mobil Cileungsi.

Anda tidak bisa mengetahui kondisi kompresor AC mobil Anda tanpa bantuan teknisi. Sehingga mengira-ngira kondisi kompresor hanya dari kinerjanya saja tak akan cukup akurat. Pasalnya, perlu alat vakum khusus untuk mengetahui seberapa besar tekanan kompresor untuk mengetahui kinerjanya.

Rutin Membawa AC ke Bengkel

AC umumnya bekerja secara terus menerus selama mobil dinyalakan, kecuali jika Anda mematikan AC dan betah menghirup udara panas yang bercampur dengan polusi. Oleh karena itu, mobil perlu dibawa ke bengkel AC mobil secara berkala untuk memastikan kinerjanya prima dan mencegah kerusakan komponen AC yang parah.

Ada banyak hal yang perlu dilakukan saat service AC mobil rutin, mulai dari membersihkan AC secara jeli, mengukur tekanan kompresor, pemeriksaan part, dan juga selang. Selain itu, Anda mungkin tak menyadari jika AC memerlukan oli yang harus ditambah sesuai dengan porsi kerjanya.

Satu lagi yang harus Anda ketahui soal bengkel tempat service AC mobil adalah kualitas teknisinya. Jangan sampai, AC mobil Anda menjadi korban percobaan. Pasalnya, service AC mobil membutuhkan perhitungan yang matang. Misalnya saja jumlah oli yang ditambahkan harus disesuaikan dengan jarak tempuh mobil, masa pakai AC, dan juga jenis mesin yang digunakan. Kemampuan teknisi ini nantinya juga berpengaruh pada jasa service yang ditawarkan. Usahakan memilih bengkel AC dengan layanan lengkap sehingga Anda tak perlu bolak-balik service AC mobil yang tentunya menguras biaya.

Sebagai rekomendasi tempat service AC mobil yang bagus, baiknya Anda mengunjungi  bengkel AC mobil Cileungsi. Selain karena teknisi yang teruji handal, bengkel AC mobil yang satu ini juga dilengkapi dengan peralatan yang memadahi. Jadi, Anda tak perlu lagi ragu dengan kualitas service yang diberikan. Menariknya, service AC mobil di bengkel ini juga terjangkau sehingga tak perlu takut menyiksa kantong.

Senang bisa berbagi.

Pasti bermanfaat.

Blog

Bengkel AC mobil CikarangBengkel AC mobil CikeasBengkel AC mobil CileungsiBengkel AC mobil KarawangBengkel AC mobil Tambun

Leave a Reply