Hai #SahabatRotary!

Kemacetan yang tiap hari dialami oleh warga Jakarta seringkali membuat pengemudi merasa stres.  Tak heran jika pemilik mobil berusaha membuat suasana di dalam kabin senyaman mungkin.  Beberapa hal yang selalu dipastikan oleh pengunjung bengkel Ac mobil Sunter adalah kondisi AC optimal sehingga suasana sejuk tetap terjaga.

bengkel ac mobil sunter

Baca juga: Heii, Perhatikan 9 Hal Ini Biar Tidak Kena Mogok Saat Macet di Kuningan

Cara lain untuk menambah kenyamanan di dalam kabin adalah modifikasi jok mobil.  Selain menambah keindahan visual, modiifikasi jok bisa semakin membuat posisi duduk kita makin nyaman saat mengemudi.  Tentu kita harus mengetahui tipe jok yang paling nyaman sesuai dengan postur tubuh.

3 Jenis Modifikasi Jok

Sebelum mempelajari tipe jok yang sesuai dengan ergonomis pengemudi, sebaiknya kita pahami terlebih dahulu jenis-jenis modifikasi jok.  Jenis ini berkaitan dengan biaya modifikasi yang tidak murah.  Kita bisa memilihnya sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Secara umum jenis modifikasi jok terbagi menjadi dua yakni modifikasi sebagian atau menyeluruh.  Jangan memaksakan diri melakukan modifikasi jok secara keseluruhan jika ternyata masih membutuhkan biaya untuk servis di bengkel Ac mobil Sunter ya.  Berikut ini adalah jenis-jenis modifikasi jok yang umum di dunia otomotif:

  1. Modifikasi Jok Paten

Modifikasi jok paten adalah istilah untuk perombakan total yang dilakukan pada jok mobil.  Artinya kita melakukan modifikasi menyeluruh.  Modifikasi jok jenis ini adalah yang paling baik namun cukup rumit.  Prosesnya membutuhkan waktu yang agak lama sebab perlu dilakukan penggantian lapisan jok lama dengan bahan pelapis jok yang baru.

Proses modifikasi dimulai dengan pengukuran bentuk dan ketebalan busa dari jok sebelumnya.  Ini dilakukan agar jok baru tetap sesuai dengan pola jok lama sehingga menghasilkan tampilan yang rapi.  Pastikan kualitas jahitan jasa modifikasi jok yang kita gunakan rapi dan kuat.

Jangan lupa untuk mencari referensi terkait pola dan model terbaik untuk jok mobil baru yang lebih menarik.  Jika ingin melakukan modiifkasi jok paten kita harus menyediakan budget cukup besar dibanding jenis modifikasi lainnya.

  1. Modifikasi Jok Semi Paten

Modifikasi ini paling diminati oleh para pemilik mobil, sebab biayanya lebih terjangkau.  Sehingga budget perawatan mobil untuk ke bengkel AC mobil Sunter ataupun perawatan mesin tidak terganggu.  Namun keinginan untuk tampil menarik dengan modifikasi jok tetap terpenuhi.

Modifikasi jok semi paten adalah modifikasi sebagian dan dilakukan tanpa membongkar jok.  Prosesnya juga lebih cepat sebab jok lama tidak perlu dilepas.  Modifikasi dilakukan dengan cara menumpuk lapisan jok lama dengan sarung jok yang baru.  Agar bentuknya lebih pas, penyedia jasa modifikasi akan menambahkan jahitan di beberapa bagian yang bertemu dengan lapisan jok lama.  Biasanya jahitan ini ditambahkan di bagian bawah jok mobil.

  1. Modifikasi Jok Sarung

Jenis modifikasi jok sarung paling mudah dilakukan.  Biayanya juga tentu lebih murah dibanding dua jenis modifikasi sebelumnya.  Perbedaan modifikasi ini dengan tipe semi paten adalah tidak adanya jahitan pada modifikasi jok sarung.  Jok sarung dipasangkan dengan cara diikat dengan tali di bagian bawah, artinya tidak permanen.  Kita bisa melepasnya sewaktu-waktu jika diinginkan.

Modifikasi jok sarung dilakukan untuk melindungi jok asli agar tidak cepat rusak ataupun kotor.  Sebab biasanya pemilik mobil melakukan aktivitas makan dan minum di dalam kabin.  Sayangnya modifikasi jenis ini menghasilkan tampilan jok yang kurang menarik.  Jok sarung terlihat tidak rapid an menggelembung karena tidak menyatu dengan jok bawaan mobil.  So, jika kita bergeser biasanya jok sarung juga ikut bergerak.

Tiga jenis modifikasi diatas adalah acuan saat kita ingin melakukan modifikasi jok.  Jika budget memang mencukupi, lebih baik lakukan modifikasi jok paten.  Namun jika kita masih perlu membawa mobil ke bengkel AC mobil Sunter, kita bisa memilih modifikasi jok sarung ataupun semi paten.

Selain faktor keindahan visual, keamanan dan kenyamanan adalah faktor penting yang harus dipastikan dalam proses modifikasi.  Sikap asal-asalan “yang penting bagus” justru akan membuat kita rugi, tidak hanya materi tetapi juga fisik.  Sebab kesalahan dalam memilih tipe jok mobil bisa menyebabkan pergeseran tulang belakang bahkan mungkin saja cedera.

Tips Modifikasi Jok yang Aman Untuk Kesehatan

Jok mobil terbaik adalah jok yang bisa mengakomodir postur tubuh yang sehat saat mengemudi.  Posisi mengemudi yang dianjurkan untuk kesehatan adalah bahu ke arah belakang dan ke bawah.  Sedangkan posisi leher lurus tepat di atas tulang belakang yang menempel di jok mobil dengan sempurna.

Kesalahan saat melakukan modifikasi jok bisa membuat pengeluaranmu menjadi lebih boros.  Sehingga alokasi biaya untuk perawatan di bengkel AC mobil Sunter malah terganggu.  Karenanya perlu dipastikan bahwa modifikasi jok yang kita lakukan tidak akan mengubah posisi sehat tersebut.  Beberapa hal berikut ini harus kita pastikan saat melakukan modifikasi jok:

  1. Posisi Bahu

Bagian pertama yang haru diperhatikan adalah posisi bahu.  Guling yang terletak di kedua sisi jok mobil bisa menghalangi kita saat ingin menyandarkan bahu.  Pastikan terdapat area sandaran di antara guling tersebut agar punggung tidak tenggelam dan membuat posisi bahu maju ke depan.  Sesuaikan ketebalan area sandaran dengan ketebalan guling tersebut. Cara mengeceknya adalah dengan menggerakkan badan ke depan lalu sedikit ke atas kemudian kembali bersandar ke jok mobil.

Penerapan guling pada jok mobil bermula dari industri mobil balap.  Keberadaan guling akan membuat tubuh pembalap terus menempel di jok meskipun mobil melaju dengan kecepatan tinggi, terutama saat pembalap melewati tikungan.  Guling ini berfungsi untuk meningkatkan keamanan dan kestabilan bagi pengendara mobil balap.

  1. Bantalan Leher

Jangan pernah memodifikasi bantalan leher hingga 180 derajat atau bahkan menghilangkannya.  Sebab bantalan leher berfungsi untuk memperkecil resiko patah tulang leher jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat mengemudi.  Bentuk bantalan leher yang tepat adalah sandaran yang tidak menyebabkan posisi kepala terdorong ke depan.

  1. Pengaturan Bagian Bawah Jok

Terkadang pada mobil edisi lama terjadi aus di bagian bawah jok sehingga membuat posisi duduk kita merosot.  Jika demikian, kita perlu menambahkan busa atau pelapis yang lebih banyak agar posisi jok tetap rata dan nyaman digunakan.

  1. Dukungan Tulang Belakang

Faktor yang bisa membuat posisi tulang belakang nyaman saat duduk di atas jok adalah bantalan punggung (stretchist).  Bantalan ini sangat efektif untuk menetralisir efek dari bantalan pinggang yang berlebihan atau terlalu menonjol.  Bantalan pinggang yang berlebih memang dapat menyebabkan lengkungan ekstra di bagian tulang belakang.  Sehingga otot punggung menjadi lebih kencang dan bisa saja terjadi perubahan artiritis pada vertebrata kita.

Bantalan punggung akan mendukung postur dan posisi leher dalam kondisi terbaik saat mengemudi.  Bantalan jenis ini juga dapat meningkatkan aktivitas peregangan dan mengurangi efek tonjolan dari bantalan pinggang.  Manfaatnya sangat terasa saat kita mengalami guncangan di jalanan yang bergelombang.

Hal lain yang harus diperhatikan saat melakukan modifikasi adalah lakukan komunikasi yang baik dengan teknisi bengkel.  Sebab sedikit salah paham bisa menyebabkan hasil yang tidak sesuai dengan keinginan.  Pilihlah  bengkel yang memang terpercaya dan memiliki track record baik dalam jasa modifikasi jok mobil.