fbpx

Bengkel Jakarta Selatan: Mobil Terendam Banjir di Rumah, Solusinya?

Mobil Terendam Banjir di Rumah, Gimana Dong

Hai #SahabatRotary.

Bengkel Jakarta Selatan yang bagus di mana ya?

Ya, awal tahun 2020 ini diawali dengan basah-basahan. Hujan dengan intensitas lebat yang mengguyur sebagian wilayah di Indonesia, mengakibatkan banjir yang melanda berbagai daerah, tidak terkecuali di ibukota, Jakarta.
 
Banjir yang katanya disebabkan karena berkurangnya daerah resapan air ini, menyebabkan kerugian yang tidak sedikit. Bagi kalian yang tinggal di daerah yang udah menjadi langganan banjir, tentu dibuat waswas. Air baru saja surut, ternyata di luar hujan lagi, yah siap-siap kena banjir lagi. Sabar, ya. 
 
Utamanya kalo #MasBro #MbakBro punya kendaraan seperti mobil. Sebelum air masuk ke dalam rumah, pastinya banjir ini mengalir lebih dulu ke dalam garasi dan mengancam kendaraan pribadi yang satu ini. Nah, kalo sudah begini pasti kalian dibuat resah karna mobilnya terendam banjir.

Baik pas dikendarai ataupun tidak, potensi mobil rusak mulai menghantui. Masalahnya adalah komponen yang dipastikan terkena imbas kalau mobil terendam banjir yaitu ECU (Engine Control Unit). ECU adalah komponen penting. Gampangnya, ECU ini seperti “otaknya” mobil. Karena komponen ini yang mengendalikan fungsi penting contohnya seperti jumlah injeksi bensin. Ada baiknya ketahui cara penyelamatan yang tepat buat menanganinya. Karna jika salah penanganan, mobil mungkin bakal semakin rusak dan kerugian yang ditanggung bisa semakin besar.
 
Tingkat keparahan mobil terendam banjir itu ada tiga tingkatan; yaitu ringan yang cuma sebatas karpet, menengah yang mencapai dashboard, dan tipe berat yang bisa sampe roof alias atap. Nah, karena itu penanganannya juga berbeda-beda, termasuk saat pengecekan dan pergantian spare part.

Untuk penanganan sebatas karpet, pemeriksaan yang dilakuin cuma di bagian kaki-kaki, tak terkecuali interior di bagian dasar. Beda lagi kalau banjirnya sampai kena ke dashboard. Dipastikan bagian kelistrikan, termasuk ECU harus diperiksa.
 
Nah yang paling parah jika mobilnya sampai terendam. Itu berarti harus total diperbaiki, termasuk bagian interior. Wah, berabe juga ya. Biasanya, walaupun interior sudah dibersihkan, tidak bisa 100 persen normal lagi seperti semula. Itu karena ada lumpur yang masuk ke dalam busa, karpet, terus jok mobil.

Jadi kalau tinggi rendaman mencapai bagian mesin, kebayang kan seberapa parah kerusakannya. Tapi jangan panik dulu apalagi sampai mengira-ngira sendiri jumlah kerusakan yang ada. Coba cari tahu dulu apa yang harus dilakuin saat ini benar-benar terjadi.

Bengkel Jakarta Selatan
 
Jika Mobil Terendam Banjir

 Sebaiknya jangan langsung dinyalakan ya, meskipun banjir sudah mulai surut! Patokannya kalo filter udara basah, maka jangan dulu di-starter! Selain hal tersebut, cara lainnya yang bisa dilakuin yaitu;
 
Lepas Kabel Baterai
#MasBro dan #MbakBro dianjurkan untuk memutus arus kelistrikannya sesegera mungkin. Dimulai dari kabel baterai (aki) pas air yang merendam mobil sudah surut. Cabut akinya dan dua kutub yaitu kutub positif sama kutub negatif itu, biasanya pakai kunci sepuluh dibuka dan dibiarkan saja.

Langkah ini gunanya untuk menghindari risiko korsleting dan juga merusak komponen-komponen elektronik di dalam mobil. Kabel aki ini punya tugas mentransfer arus listrik dari aki ke motor starter, terus didistribusikan ke komponen listrik lainnya. Kalau kabel aki rusak; semisal karatan, itu bisa menghambat listrik jadi sulit mengalir.

Evakuasi Tanpa Nyalakan Mesin
Selanjutnya, segera evakuasi. Pindahkan mobil ke tempat yang aman dan kering dengan cara mendorongnya. Bisa juga pakai opsi jasa towing. Jangan lupa ya, mesin mobil dalam keadaan mati. Karena dengan menyalakan mesin sama saja dengan memicu hubungan arus pendek pada sistem kelistrikan. Apalagi kalau ada sisa air masuk ke saluran isap udara ke dalam ruang bakar, bakalan terjadi water hammer di mesin.

Water hammer atau hydrolocking itu adalah kondisi dimana mesin mobil mati mendadak, alias mogok yang disebabkan masuknya air ke dalam ruang bakar melalui air intake. Kondisi tersebut bisa mengakibatkan tekanan besar di ruang silinder oleh piston. Hal ini bisa membuat stang piston jadi bengkok, rusaknya ring piston, dinding silinder, hingga melengkungnya head silinder. Wah, perlu diwaspadai nih!
 
Cek ECU
Seperti yang sudah disebut tadi, Engine Control Unit (ECU) ialah otak mobil yang umumnya terletak di kabin. Nyatanya, komponen ini sensitif sekali dan berisiko mengalami kerusakan fatal karena terendam air. Lebih dianjurkan untuk mobil kebanjiran langsung dibawa ke bengkel untuk pengecekan menyeluruh. Seandainya diharuskan mengganti ECU, sebaiknya cari ECU berdasarkan nomor seri yang sebelumnya sudah digunakan. Hal ini dilakukan buat menghindari terjadinya malfunction, karena setiap ECU memiliki kode berbeda.
 
Cek Pelumas dan Kalau Perlu Diganti
Kalau di bengkel, biasanya mekanik akan memeriksa kondisi pelumas mesin, transmisi, dan gardan termasuk cairan rem yang kemungkinan besar udah tercampur air. Kondisi pelumas atau cairan lain pada kendaraan yang udah tercampur air biasanya sudah tidak bagus dan perlu diganti.

Kuras Tangki Bahan Bakar
Tangki penyimpan bahan bakar juga bisa disusupi air nih, yang berpotensi menimbulkan karat. Oleh karena itu menguras tangki bisa dilakukan kalau perlu. Pastikan tidak ada air di dalamnya sebelum diisi dengan bahan bakar baru.

Sebenarnya, persoalan mobil terendam banjir adalah masalah yang cukup serius. Apalagi mobil terendam banjir itu artinya perintilan-perintilan seperti soket mesin juga harus dibersihkan. Karena itu, disarankan untuk dibawa ke bengkel. Tapi lebih bagusnya lagi, dibawa ke bengkel resmi, ya. Karena di sana pasti diberi  penanganan yang tepat dengan bantuan teknisi yang bisa dipercaya. Dan sudah pasti perlakuannya sesuai SOP atau Standard Operating Procedures.

Bengkel Jakarta Selatan yang Oke

Khusus bagi Anda yang bermukim di Jakarta Selatan, ada beberapa kawasan yang juga kerap jadi “langganan” banjir. Jika Anda harus melewati kawasan ini, atau bahkan tinggal di kawasan rawan banjir, sebaiknya segera membawa mobil Anda ke bengkel Jakarta Selatan terdekat atau yang sudah menjadi langganan Anda.Booking Service

Untuk di kawasan di Jakarta Selatan yang terdapat cukup banyak bengkel. Satu bengkel canggih yang menjadi rekomendasi untuk AC mobil adalah …
Rotary Bintaro Ciledug yang beralamat di  Jl. Ciledug Raya No.7a, RT.11/RW.2, Petukangan Utara, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12260.

Kenapa bengkel ini menjadi rekomendasi?

Karena ada 3 alat canggih yang mereka punya, yaitu Flushing Machine, Cooling machine, dan Foging Machine. Buat yang malas ke bengkel untuk service AC mobil karena akan lama bahkan bisa 1 harian. Tiga alat canggih ini sudah jelas akan menjadi jalan keluarnya.

Kenapa?

Berikut fungsinya dan kelebihannya.

1. Flushing machine
Alat ini berfungsi untuk pergantian oli kompresor setiap 20rb km sekali. Pergantian oli kompresor tanpa bongkar dashboard. Jadi cepat. Tentu kalau tanpa bongkar dashboard akan terhindari dari kerusakan seperti baret, patah, dan rusak lainnya.
2. Cooling Machine
Alat ini berfungsi untuk bersihkan evaporator tanpa bongkar dashboard, setiap 20rb km. Sama halnya seperti Flushing Machine maka service tanpa bongkar dashboard akan membuat masa menunggu di bengkel akan singkat.
3. Foging Machine
Alat ini berfungsi untuk bunuh bakteri dari dalam kabin yang bisa service rutin 1x / bulan. Lagi rame soal virus corona. Maka untuk pengguna mobil alat ini menjadi jalan keluarnya.

Konsultasi terlebih dahulu sebelum menentukan mana bengkel Jakarta Selatan yang paling pas dengan Anda.

Sekian mengenai kiat-kiat mengahadapi mobil yang terendam banjir dirumah.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Blog

banjirbengkel jakarta selatanMobil terendam banjirotomotif

Leave a Reply