rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Bengkel Kia : Hindari Virus Corona dengan 3 Alat Ini

Hai #SahabatRotary

Tulisan kali ini khusus untuk #SahabatRotary pelanggan bengkel Kia ya.

Setiap merek mobil pasti menganjurkan untuk melakukan servis secara berkala di bengkel resmi. Servis berkala dilakukan agar kita bisa mengetahui jejak rekam kendaraan sekaligus memberikan keuntungan bagi konsumen.

Jika Anda menggunakan transportasi pribadi seperti mobil, jangan pernah malas bawa mobilnya ke bengkel ya. Apalagi kalau Anda pakai mobil Kia, Anda harus ke bengkel Kia yang resmi. Selain suku cadangnya yang original dan resmi, ada beberapa program yang sayang buat dilewatkan. Salah satunya adalah program promo Aftersales.

Program Aftersales memang tidak setiap hari ada. Tapi bisa dipastikan jika program ini ada setiap tahunnya.

Apa itu program Aftersales?

Program ini merupakan bentuk apresiasi perusahaan Kia Mobil Indonesia buat para pelanggannya yang ada di Indonesia. Program ini biasanya mengirimkan teknisi profesional ato master langsung dari Korea lho. Diharapkan, teknisi ini bisa membantu para pelanggan Kia, guna mengatasi segala masalah teknis yang terjadi pada mobilnya. Sehingga pelanggan ga perlu khawatir mendapatkan penanganan yang salah saat muncul kerusakan pada mobil Kianya.

Dalam program service Kia ini, PT. Kia Indonesia memberikan promo khusus buat para pemilik mobil Kia, mulai dari diskon oli mesin, diskon suku cadang, diskon jasa, hingga gratis pengecekan dan gratis suku cadang buat part tertentu. Jika #SahabatRotary pelanggan bengkel Kia beruntung, juga bisa mendapatkan souvenir menarik dari Kia.

Program Aftersales dari PT. Kia Indonesia ini adalah upaya perusahaan mobil Kia untuk memberi pelayanan terbaik bagi para pelanggan setianya yang ada di Indonesia. Salah satu bagian dari Program Aftersales Kia adalah adanya layanan konsultasi masalah teknis.

Konsultasi ini diharapkan bisa membantu pemilik mobil Kia memahami mobil Kia milik mereka sendiri. Biasanya sebelum program ini berlangsung, pihak PT. Kia Indonesia akan memberikan jadwal serta lokasi pastinya, sehingga para pelanggannya bisa mempersiapkan diri dan ga akan ketinggalan mengikuti program ini.

Aplikasi Smartphone Kia Service

KMI atau yang dikenal sebagai Kia Mobil Indonesia adalah upaya Kia untuk memberikan pelayanan menarik dan terdepan bagi pelanggan setianya, dalam bentuk aplikasi smartphone yang bernama “Kia Service”.

Aplikasi smartphone ini merupakan sebuah kemajuan berani dari KMI untuk meningkatkan pelayanan service dan penjualan mobil Kia. Melalui aplikasi smartphone Kia Service, #SahabatRotary pelanggan bengkel Kia bisa booking jadwal service serta pemeriksaan mobil dengan menggunakan handphone. Anda juga bisa memantau sejauh apa perbaikan yang telah dilakukan serta mendapatkan informasi mengenai fitur-fitur kendaraan.

Kehadiran Kia Service Apps ini diharapkan, bisa mempermudah konsumen melakukan booking service serta bisa dengan cepat menemukan lokasi bengkel paling dekat. Aplikasi service KIA ini ga berat karena hanya menyita ruang penyimpanan sebesar 3,85 MB dan dapat diunduh dengan mudah melalui Playstore buat Android serta AppStore untuk smartphone yang berbasis iOS.

Program Pos Service Lebaran Tiap Tahun

Kia Mobil Indonesia juga merupakan salah satu yang setia menemani konsumennya di setiap arus mudik Lebaran, karena mereka dengan rutin menyediakan pos siaga serta Kia Guard selama 24 jam.

Pos siaga ini akan beroperasi di beberapa lokasi yang padat arus mudik. Jadi sebagai pemilik mobil KIA yang akan mudik ga perlu khawatir lagi ya. Karena KMI melengkapi beberapa fasilitas buat kenyamanan konsumen yang mudik.

Mulai dari tempat peristirahatan, sajian makanan serta minum, hingga jasa perbaikan gratis dan service ringan bisa #SahabatRotary pelanggan bengkel Kia dapatkan di pos siaga Kia. Dengan adanya Kia Guard 24 jam, pelanggan yang mengalami keadaan darurat bisa dengan cepat mendapatkan pertolongan kapan pun juga. Biasanya Pos Siaga serta KIA Guard akan beroperasi penuh saat liburan Lebaran di kota-kota besar di Pulau Jawa.

Garansi Mobil Kia yang Panjang

PT. Kreta Indo Artha (KIA) sebagai APM Kia Motors yang baru di Indonesia tak menampik jika layanan Aftersales dan jumlah dealer Kia masih kalah jauh dibandingkan dengan para kompetitor. Lalu bagaimana Kia menangani permasalahan ini, serta dengan gencar melakukan promosi Kia Seltos sebagai SUV dengan harga yang cukup kompetitif di kelasnya?

Garansi mobil Kia yang panjang – 5 tahun – adalah salah satu alasan konsumen membeli mobil Kia. Garansi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen yang membeli mobil Kia versi apapun. KIA Mobil Indonesia melihat jika garansi 5 tahun itu cukup, karena orang dapat menikmati mobil barunya tanpa khawatir mikir jika sewaktu-waktu mengalami kerusakan.

Pelayanan Aftersales seperti service berkala memanglah penting. Tapi itu tidak akan maksimal kalo bukan di bengkel resmi. Memang di luar bengkel resmi akan tersedia beragam spare parts dengan harga yang murah. Tapi bisa dipastikan jika spare part itu tidak resmi. Jadi, walaupun Anda sering service secara berkala tapi menggunakan sparepart yang tidak resmi, jangan heran jika suatu saat mobilmu akan rusak parah.

Memang banyak konsumen yang mengeluhkan mengenai jumlah dealer yang tergolong minim. Tapi jangan khawatir, karena kini KIA Mobil Indonesia akan segera. Mengatasinya dengan memperbanyak dealer mobil Kia di beberapa daerah secara berkala agar manfaatnya bisa dirasakan konsumen: mulai dari kualitas mobil yang terawat hingga usia sparepart kendaraan yang semakin awet.

Mengenai jadwal servis berkala, lebih baik Anda memerhatikan waktu, tidak cuma jarak tempuhnya saja. Karena servis berkala membuat umur kendaraan lebih panjang. Selain tentu menghindari komponen yang aus dan berkarat. Perawatan berkalanya harus rutin, dimulai dari km 1000. Lalu kelipatan 10.000, 20.0000 dan seterusnya. Perawatan berkala itu semua bagian dicek tergantung kilometernya.

Dengan adanya perawatan berkala ini, ada kerusakan yang kemungkinan akan timbul bisa dideteksi lebih awal. Jadi menguntungkan pelanggan juga dari segi umur sparepart, umur kendaraan, dan safety keselamatan diri.

Contoh kasus, misalnya pada kilometer 10 ribu, berikut beberapa bagian yang diperiksa saat perawatan rutin, mulai dari oli mesin dan filternya, minyak rem, oli gardan, busi, baterai aki, cairan pendingin mesin, kopling, rem, rotasi ban dan balance, ball joint dan penutup debu, serta pengencangan baut pada body dan sasis.

Setiap bengkel resmi, termasuk Kia biasanya menganjurkan program servis rutin di bengkel resmi. Meski bergitu faktanya banyak pengguna mobil Kia tidak melakukan podcast rutin ini. Nah kalau prosedur sudah dibuat tetapi konsumen tidak menjalaninya. Lalu terjadi kerusakan, bengkel bisa menolaknya konsumen tidak menaati servis berkala yang seharusnya dilakukan.Booking Service

Mengulang sedikit, jangka waktu service berkala enam bulan sekali. Tapi, tidak jarang mobil akan mengalami masalah pada saat sebelum enam bulan terlewati apalagi kalau mobil sering digunakan. Itulah gunanya Anda melakukan service bulanan.

Berikut beberapa kerusakan dan hal yang harus diperhatikan jika tidak rutin melakukan service bulanan.

1. Memastikan komponen berfungsi

Sering kali kecelakaan mobil terjadi akibat keteledoran atau kelalaian pengendara itu sendiri. Misalnya, terjadinya rem blog disebabkan lupa mengganti kampas rem atau lupa memeriksa minyak rem. Amit-amit jangan sampai ini menimpa kita!

Servis berkala bisa membuat kita terhindar dari malapetaka. Komponen utama kendaraan berfungsi dengan baik dan benar karena perawatan secara berkala.

Umumnya perawatan dan pemeriksaan kendaraan dilakukan bersamaan dengan penggantian oli mesin. Jadwalnya bisa mengacu pada buku petunjuk perawatan kendaraan atau tergantung pada kondisi penggunaan kendaraan sehari-hari.

Rumus yang umum digunakan adalah setiap 5.000 kilometer sampai dengan 10.000 kilometer atau setiap 6 bulan satu kali jika kendaraan hanya sesekali saja digunakan dalam satu minggu, misalnya saat akhir pekan saja.

2. Ganti suku cadang penting

Setiap spare parts atau suku cadang mobil punya usia alias masa pakai. Contohnya kampas rem dan kampas kopling.

Sedangkan untuk mobil dengan transmisi otomatis, salah satu komponen yang perlu diperhatikan adalah v-belt. Usia komponen-komponen ini tidak bisa ditawar lagi karena menyangkut keselamatan pengemudi sekaligus penumpang.

Hal ini berbeda dengan komponen yang menyangkut kenyamanan, seperti AC mobil yang mungkin masih bisa ditunda jika harus dilakukan perawatan secara bersamaan. Tapi ya kita mau tak mau harus tahan dengan panas kalau AC tidak berfungsi.

3. Usia mobil lebih panjang

Kalau mengacu pada pemakaian kendaraan oleh perusahaan, mobil rata-rata usianya 4 sampai 5 tahun. Setelah itu, mobil perlu peremajaan.

Hal itu berbeda jika mobil digunakan untuk kebutuhan pribadi. Usia mobil bisa lebih lama, bahkan ada yang bisa digunakan sampai 10 tahun.

4. Hemat pengeluaran

Loh kok keluar biaya servis malah hemat? Ya, menunda-nunda perawatan atau menunggu ganti suku cadang sampai benar-benar aus dan tidak bisa digunakan lagi justru membuat rugi.

Komponen lain yang masih befungsi dengan baik bisa kena imbasnya. Salah-salah, mesin mobil malah turun performanya.

Ujung-ujungnya biaya perawatan akan semakin membengkak. Kerusakan lebih sulit diindentifikasi, bahkan potensi biaya bertambah untuk perbaikan lebih tinggi.

5. Supaya mesin awet

Resep rahasia supaya mesin tetap enak digunakan adalah dengan malakukan perawatan berkala. Perawatan berkala juga akan meningkatkan nilai tawar mobil ketika mau ganti kendaraan.

Kebanyakan diler mobil bekas akan menaksir mobil yang memiliki catatan perawatan rutin dan lengkap dengan harga lebih tinggi. Apalagi perawatan ini dilakukan di bengkel resmi. Harganya bisa jauh lebih tinggi dibanding mobil bekas yang dirawat seadanya.

6. Kualitas Mesin Turun

Ada beberapa komponen yang terpengaruh jika Anda tidak rutin melakukan service di bengkel Kia. Beberapa komponen ini bisa menyebabkan penurunan kualitas mesin salah satunya adalah air radiator mengering. Hal ini sangat vital, untuk itu sangat penting menjaga mesin supaya tetap bekerja dalam suhu yang optimal. Kalau suhu mesin semakin panas, tentu saja radiator akan berusaha untuk mendinginkan agar tidak mengalami overheat.

Hal inilah yang bisa menyebabkan malfungsi dalam sistem radiator akibat timbulnya kerusakan kipas pendingin ataupun thermostat serta air radiator yang habis.  Tidak hanya
radiator, Anda juga harus memperhatikan kondisi oli mesin mobil. Karena oli mesin mobil sangat mempengaruhi kinerja mobil, karena fungsi oli ini untuk melapisi permukaan logam saling bergesekan. Sehingga oli membantu melindungi mesin yang panas akibat pembakaran. Serta memelihara mesin mobil agar selalu tetap terjaga kebersihan.

7. Sistem Kelistrikan Bermasalah

Selain memerhatikan kualitas mesin, Anda juga harus memerhatikan komponen kelistrikan mobil akan terganggu kalo ga di service secara berkala di bengkel Kia. Salah satunya yaitu alternator atau lebih sering dikenal sebagai dinamo ampere. Memang alternator mempunyai tugas yang berat, karena menyuplai arus listrik buat beberapa komponen yang memerlukan tenaga listrik, mulai dari wiper, kaca jendela, lampu serta sistem audio.

Saat alternator ga dalam kondisi yang baik, aki mobil ga akan bisa bertahan lama. Sehingga saat listrik dialiri ke beberapa komponen membuat aki ga akan mampu menyuplai listrik lagi. Sehingga mobil akan susah untuk Anda starter, mesin sulit menyala, yang mengakibatkan mogok.

8. Sistem Pembakaran Boros

Salah satu komponen yang akan mengalami kerusakan saat mobil tidak rutin Anda service secara berkala di bengkel Kia yaitu sistem pembakaran yang jadi sangat boros.  Busi merupakan salah satu komponen yang wajib Anda perhatikan. Karena, kondisi busi yang
lemah atau mati dapat berdampak terhadap turunnya performa mesin. Hal ini dikarenakan
ga stabilnya pembakaran yang disebabkan percikan api yang ga optimal.

Untuk itu, rajinlah untuk melakukan service berkala di bengkel Kia, agar semua risiko di atas tidak Anda alami.

Begitu pula yang dilakukan di rotary bintaro. Teknisi memastikan performa AC mobil dingin, sehat, dan nyaman agar konsumen selalu mendapat udara berkualitas dalam mobil. Apalagi ditengah maraknya berita soal Virus Corona. Permasalahan AC mobil bukan hanya soal dingin saja tetapi juga tentang kesehatan.

Maka, sekilas 3 alat canggih ini perlu menjadi perhatian Anda. Demi dingin yang nyaman dan tentu kesehatan orang tercinta yang menaiki mobil kesayangan kita.Flushing Machine Bengkel AC Mobil Depok

Fogging Machine Bengkel AC Mobil Depok

1. Flushing machine
Alat ini berfungsi untuk pergantian oli kompresor setiap 20rb km sekali.
2. Cooling machine
Alat ini berfungsi bersihkan evaporator tanpa bongkar dashboard, setiap 20rb km.
3. Foging Machine
Alat ini berfungsi bunuh bakteri dari dalam kabin mobil yang bisa baiknya dilakukan service rutin 1x / bulan.

Karena menyadari semakin banyak mobil kesayangan yang perlu mendapatkan perhatian. Makanya akhirnya Rotary Bintaro Cabang Depok pun dibuka.

coming soon web 02 02Coming Soon Bengkel AC Mobil DepokCooming Soon Bengkel AC Mobil Rotary Bintaro DepokCooming Soon Bengkel AC Mobil Rotary Bintaro Depok

Kuliah di Universitas Indonesia?

Tinggal di Depok?

Teknisi sudah mempersiapkan diri nih untuk kasih perhatian sama mobil kesayangan mu. Sampai jumpa di bulan April.

Temukan artikel lain seputar mobil dan bengkel mobil di sini

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...