Bengkel Pajero : Mudik atau Tidak, Siapkan Mobil Anda!

mobil pajero bengkel pajero

Share :

Hai #SahabatRotary pelanggan bengkel Pajero

Obrolan kali ini kita tidak hanya akan membahas soal Pajero, tetapi juga mobil yang sekelasnya.

Biasanya MPV dan SUV menjadi pilihan Favorit untuk pulang kampung

Hai #SahabatRotary, bulan Ramadhan kali ini telah memasuki pekan kedua. Para perantau mulai mempersiapkan diri untuk mudik ke kampung halaman masing-masing. Mereka pun mulai berburu kendaraan, mencari pilihan bengkel pajero yang ideal untuk membawa keluarga mudik Lebaran. Kendaraan dari jenis MPV atau SUV jadi opsi utama karna menawarkan ruang penumpang yang besar dan cukup tangguh.

Dua segmen tadi merupakan segmen kendaraan yang laris manis di Indonesia. Hampir setiap merek kendaraan menyediakan mobil jenis MPV, SUV, atau keduanya. Ga hanya dalam kondisi baru, masyarakat juga berburu bengkel pajero bekas untuk Lebaran yang kondisinya layak pakai.

Agenda mudik Lebaran yang dilakukan setiap tahunnya lebih asyik apabila kita menaiki mobil pribadi. Para pengemudi pasti akan mencari bengkel mobil Pajero yang nyaman dan irit untuk digunakan saat mudik. Mobil tersebut harus bisa buat penumpang duduk nyaman dalam waktu yang lama dan bisa membawa barang bawaan cukup banyak.

Di era modern seperti sekarang ini, sebaiknya pilihlah kendaraan yang memiliki fitur Airbag atopun dilengkapi sistem pengereman ABS. Dua fitur tadi mampu mencegah kecelakaan dan mengurangi resiko cedera apabila terjadi hal yang ga diinginkan.

Kali ini kita akan mengerucutkan segmentasi bengkel Pajero untuk mudik Lebaran berdasarkan harganya ya. Untuk kalangan masyarakat menengah, mobil seharga Rp 150-250 juta paling banyak dicari. Mobil dengan harga tersebut menurut kami cukup proporsional dari sisi fitur, dimensi, performa mesin, hingga kenyamanan untuk perjalanan jarak jauh.

Wuling Confero

bengkel pajero
Wuling Confero S hadir di GIIAS Surabaya 2018 dengan penawaran berbagai promo menarik (Carmudi Indonesia)

#SahabatRotary Wuling Confero adalah brand baru asal China yang hadir sebagai penggebrak pasar otomotif Indonesia. Di segmen MPV murah, Wuling Motors menyediakan Wuling Confero dan Confero S. Dari segi fiturnya, dua model ini sangat layak sebagai bengkel pajero pada saat mudik.

Confero S memiliki mesin berkapasitas 1,5 liter DOHC DVVT, dan diklaim sangat irit bahan bakar. Untuk mengejar harga yang terjangkau, Wuling Motors hanya menyediakan opsi transmisi manual untuk Confero dan Confero S. Confero S dijual dengan harga antara Rp 146.800.000 sampai dengan Rp 191.800.000 untuk varian ACT.

Daihatsu Xenia

bengkel pajero

#SahabatRotary Xenia bersama Avanza baru aja mengalami penyegaran di awal tahun ini. Berbeda dengan kembarannya, Xenia sekarang udah naik kasta karna bertambah varian mesin 1.5 liter serupa Avanza. Pemakaian mesin Dual VVT-i memang terbukti buat bengkel pajero keluarga terbaik ini semakin irit bahan bakar.

Interior Xenia ga mewah-mewah amat, tapi nyaman untuk perjalanan jauh. Jok yang dibungkus bahan fabric buat penumpang merasa hangat di perjalanan malam. Selain itu, Xenia juga telah didukung fitur keselamatan mumpuni seperti Side Impact Beam, Dual SRS Airbag, Keyless entry, Alarm System, dan Immobilizer. Daihatsu Xenia dijual mulai dari Rp 183.350.000 untuk tipe 1.3 X MT hingga Rp 228.950.000 untuk tipe 1.5 R Deluxe AT.

Toyota Avanza

bengkel pajero
Toyota new Avanza laris manis. Foto/Carmudi

#SahabatRotary Toyota Avanza model baru memiliki lampu depan yang lebih “langsing” ketimbang model lama. New Avanza kini hadir dengan pencahayaan LED yang mengadopsi gaya Toyota Alphard.

Interior Avanza hampir ga ada bedanya dengan Xenia, perbedaannya hanya terdapat pada fitur keyless yang hanya ada pada varian Veloz. Head unit Toyota Avanza baru memiliki ukuran 6 inci dengan fitur layar sentuh yang didukung mirroring dan sebagai layar pandang untuk kamera parkir belakang.

Baca Juga :  Home Service : Service AC Mobil Panggilan

Ada enam varian Avanza tipe 1.3 liter yang ditawarkan TAM untuk konsumen di Indonesia dengan harga Rp188,6 juta sampai Rp221,25 juta. Sedangkan untuk Avanza tipe 1.5 liter hanya satu varian seharga Rp221,25 juta. Sementara Toyota Veloz 1.3 dan 1.5 liter, harganya mulai dari Rp215,65 juta hingga Rp239,45 juta.

Mitsubishi Xpander

Xpander tol

#SahabatRotary pendatang baru dari kubu tiga berlian ini ga bisa diabaikan dari daftar bengkel pajero untuk mudik Lebaran. Mitsubishi Xpander ini membawa nuansa baru MPV rasa SUV dengan perawakannya yang gagah dari ground clearance tinggi. Desain Xpander juga futuristik dengan penempatan headlamp beserta lampu sein yang terpisah dan berada di bemper.

Desain Dynamic Shield dengan aksen X menjadi ciri khas Xpander di bagian muka. Gaya siluet lampu seperti huruf X ini melanjutkan konsep dari Outlander PHEV, Pajero Sport dan Eclipse Cross. Mobil Mitsubishi Xpander dijual dengan harga paling murah yaitu Rp 206.100.000 untuk tipe GLX MT hingga yang termahal yaitu Rp 260.900.000 untuk tipe Ultimate.

Toyota Rush

#SahabatRotary bila Carmudian bosan dengan MPV, ga ada salahnya pake SUV untuk mudik. Lagipula, kini udah mulai banyak SUV murah yang harganya mepet MPV. Kelebihannya, SUV punya ground clearance tinggi. #SahabatRotary akan lebih percaya diri bila terpaksa harus ‘potong kompas’ lewat jalan perkampungan demi menghindari kemacetan.

Salah satu SUV yang cukup ideal dari sisi harga dan spesifikasi untuk mudik yaitu Toyota Rush. Bengkel pajero ini dibangun dengan basis dari Toyota Avanza, sehingga karakternya hampir mirip.

Ga heran, bila Rush disebut sebagai mobil keluarga bercita rasa SUV. Toyota Rush dijual dengan harga mulai dari Rp 239.900.000 untuk tipe G MT sampai Rp 261.300.000 untuk tipe TRD Sportivo AT.

8 Cara Merawat dan Membersihkan Mesin Mobil Diesel

#SahabatRotary saat ini dunia otomotif roda empat sedang marak-maraknya mobil diesel. Buktinya, pada saat ini Toyota Fortuner, Pajero Sport, Chevrolet Captiva, Toyota Innova telah berhasil menarik animo masyarakat mobil diesel. Walaupun banyak regulasi terkait mesin mobil diesel, terbukti sampai saat ini pabrikan masih gencar mengeluarkan mobil diesel.

Nah, apa sih yang buat mobil mesin diesel ini menarik perhatian para masyarakat? Apa aja kelebihannya? Mari simak ulasan berikut.

Mesin mobil diesel lebih tangguh

Salah satu rahasia kenapa Isuzu Panther masih banyak berkeliaran meski usianya udah sepuh adalah karna mesinnya yang bandel alias tangguh. Selain Panther, mobil diesel yang masih banyak peminatnya adalah Toyota Kijang tipe LGX dan Mitsubishi series L300.

Mesin mobil diesel memang dikenal tangguh, lebih tangguh dari mesin bensin. Sebab tekanan pembakaran pada mesin diesel lebih tinggi dari mesin bensin, karna itu diperlukan bahan yang tahan terhadap tekanan tinggi dan material yang sangat kuat untuk buat mesin diesel.

Faktor itulah yang membuatnya lebih mahal daripada mobil bensin untuk varian yang sama, sebab bahan baku untuk pembuatan mesinnya memang berbeda.

Torsi lebih melimpah dibandingkan mesin bensin

Keunggulan mesin mobil diesel lainnya adalah torsi yang melimpah. Torsi adalah kemampuan mesin untuk menggerakkan kendaraan dari posisi diam.

Dengan torsi yang melimpah, pengemudi ga perlu menginjak gas dalam-dalam untuk menjalankan mobil. Torsi melimpah ini pula yang buat kenapa mobil diesel lebih enak diajak ke pegunungan dibandingkan mobil-mobil bermesin bensin.

Mesin mobil diesel lebih irit bahan bakar

Karna ga perlu menginjak gas dalam-dalam, maka mobil diesel otomatis lebih irit dibandingkan mesin bensin.

Itu sebabnya kenapa mobil mesin diesel lebih banyak diaplikasikan pada kendaraan komersial seperti bus dan truk dibandingkan mesin bensin, karna mobil diesel terbukti lebih irit dan lebih tangguh.

Nah, bagaimana #SahabatRotary, udah tau kan kelebihan dari mesin mobil diesel? Sebagai pecinta otomotif tentunya memiliki sebuah kendaraan harus diimbangi dengan perawatan yang rutin. Banyak jenis perawatan yang bisa #SahabatRotary lakukan, baik itu mobil diesel ato mobil bensin, mulai dari penggantian oli berkala, pembersihan filter, tune up, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  KTP Sudah Seumur Hidup Mengapa SIM Tidak?

Perawatan Mesin Mobil Diesel

#SahabatRotary perawatan untuk mobil mesin diesel akan sedikit berbeda. Memang, mesin diesel dikenal sebagai mesin yang tangguh tetapi butuh perawatan juga lho.

Untuk masalah perawatan, jelas mesin mobil diesel memiliki perawatan yang berbeda daripada mobil yang lain pada umumnya. Bagi sebagian orang, perawatan mesin diesel dianggap lebih rumit dan dapat menghabiskan biaya yang cukup banyak, namun pada kenyataannya ga seperti itu.

Hal ini dikarnakan mesin mobil diesel cenderung memiliki performa yang semakin baik bila digunakan saat mesinnya panas. Kelebihan mesin diesel lainnya adalah bisa tahan apabila  digunakan dalam berbagai kondisi. Untuk #SahabatRotary yang tertarik dengan mesin mobil diesel ato bahkan udah memilikinya, berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk merawat mesin mobil diesel agar ga cepat rusak.

1. Lakukan pemanasan mobil terlebih dahulu

Hampir semua mobil termasuk mobil mesin diesel harus lakuin pemanasan kurang lebih 10 menit.

Berguna agar oli mesin menyebar secara merata pada mobil. Tapi jangan terlalu lama ya #SahabatRotary karna dapat berakibat buruk, salah satunya yaitu dapat membahayakan kesehatan. Selain itu, dengan lakuin pemanasan mesin, hal ini dapat mengantisipasi mesin mobil diesel ato mesin bensin yang “kaget” pada komponen mesin-mesin lain yang bergesekan didalamnya.

2. Perhatikan penggunaan solar, filter dan tangki solar

Mesin mobil diesel membutuhkan solar sebagai bahan bakarnya, selalu gunakan solar yang memiliki kualitas baik walaupun dengan harganya yang mahal. Gunakan solar yang memiliki kandungan sulfur rendah karna hal ini akan berpengaruh terhadap tarikan mesin yang lebih ringan dan suara mesin akan lebih halus.

Untuk filter mesin mobil diesel sendiri, ketika lampu saringan bahan bakar di dashboard menyala, segera lakukan tindakan karna hal itu menandakan kotoran ato air yang menyumbat saringan bahan bakar.

Kalo ga segera dibersihkan, kemungkinan kotoran ato air tersebut dapat masuk ke dalam sistem bahan bakar mesin dan dapat menyebabkan mobil mesin diesel ga dapat bekerja dengan sempurna bahkan dapat mogok.

Apabila hal ini terjadi maka pemakai mobil harus memompa injection pump karna sifat solar yang ga menguap. Jadinya kalau tangki mesin mobil diesel dalam keadaan yang minim atau kosong, maka hal tersebut dapat menimbulkan pengembunan yang dapat merusak filter solar mobil. Lebih baik kalo tangki solar udah  1/3 dari kapasitas tangki solar maka lakukan pengisian kembali.

3. Perawatan water sedimenter

Biasanya filter solar modern yang ada pada mesin mobil diesel udah dilengkapi dengan water sedimenter. Fungsi dari alat ini untuk menangkap jika ada gangguan pada diesel. Lakukan cek kandungan air secara rutin dan berkala pada water sedimenter. Kalau indikator bahan bakar menyala maka hal  tersebut menandakan kalau kandungan air di water sedimenter udah maksimal dan harus cepat-cepat dibuang.

4. Perawatan filter udara

Udara yang bersih dapat buat proses bahan bakar menjadi sempurna dan performa mesin menjadi maksimal. Ukuran pori-pori atau lubang yang berukuran 50-60 mikron, dengan ukuran yang seperti itu debu dan kotoran dapat gampang masuk ke dalamnya. Yang perlu #SahabatRotary ketahui adalah debu merupakan musuh utama dari mesin mobil diesel.

Debu yang masuk ke dalam mesin mobil diesel akan menyebabkan mesin cepat aus karna debu menjadi bahan pengasah antar silinder dengan ring piston. Sehingga untuk menghindari kerusakan tersebut, alangkah lebih baiknya #SahabatRotary rajin dalam membersihkan filter udara mesin diesel.

5. Jangan langsung mematikan mesin mobil diesel

Jangan pernah mematikan mobil mesin diesel secara langsung ketika selesai digunakan. Setidaknya biarkan mesin tetap menyala selama 5 menit, kemudian barulah kamu dapat mematikannya. Mematikan mesin mobil secara langsung dapat menyebabkan mesin panik sehingga mengurangi umur dari penggunaan mesin diesel sendiri.

Baca Juga :  AC Mobil Dingin, Bagaimana Cara Kerjanya?

Hal ini dikarnakan #SahabatRotary ga memberikan waktu pendinginan pada komponen mesin yang memuai saat mobil sedang digunakan. Selain itu kalo mesin langsung mati, maka otomatis suplai oli akan terhenti dan pendinginan juga akan berhenti.

6. Lakukan penggantian oli secara berkala

Oli merupakan bagian penting dalam sebuah mesin yang mempunyai fungsi sebagai pelumas mesin mobil. #SahabatRotary harus lakuin penggantian oli setiap 5000 km dan sekaligus mengganti filter olinya. Gesekan yang sering terjadi pada komponen-komponen di dalam mesin termasuk mesin diesel, akan meninggalkan sisa-sisa residu yang dapat buat mesin mobil akan cepat aus.

Sehingga sangat penting untuk lakuin penggantian oli secara berkala agar kondisi mesin tetap stabil, kokoh dan nyaman untuk digunakan. Cara periksa oli mesin mobil diesel sama seperti mesin bensin. Caranya dengan menarik dipstick oli setelah itu perhatikan apakah volume oli berada di garis normal ato ga.

7. Bersihkan mesin mobil diesel secara berkala

Membersihkan mobil mesin diesel yang paling ampuh adalah dengan membersihkan mobil dalam keadaan hangat. Maka dari itu #SahabatRotary perlu lakuin pemanasan terlebih dahulu terhadap mesin mobil dan jangan terlalu lama. Bagaimana cara membersihkannya? Mari simak tips berikut.

8. Cara membersihkan mesin mobil diesel

Ada dua jenis pembersih yang dapat #SahabatRotary gunakan untuk membersihkan mesin mobil diesel yaitu Engine clean yang berfungsi membersihkan kotoran-kotoran yang melekat pada mesin mobil dan Engine dressing yang berfungsi untuk mengembalikan warna asli dari komponen mesin tersebut.

Bersihkan pake engine clean yang berfungsi untuk merontokkan debu ato oli dan kotoran lainnya yang menempel pada mesin. Untuk bersih yang maksimal #SahabatRotary dapat pake kuas untuk membersihkan kotoran-kotoran tersebut. Setelah itu #SahabatRotary juga hanya tinggal mengelap dan mengeringkan aja bagian mesin mobil.

Yang harus diperhatikan adalah lakukan perawatan mesin mobil diesel ini secara berkala dan rutin. Jangan sampai #SahabatRotary tidak mengetahui apabila terjadi kerusakan komponen di dalam mesin. Apabila #SahabatRotary ga terlalu paham tentang mesin, kamu dapat periksa rutin kendaraan mobil diesel di bengkel-bengkel resmi yang khusus untuk mesin diesel.

Bagaimana gampang bukan untuk merawat mesin mobil diesel?

Eh, tapi tahun ini mudik sedang terombang-ambing nasibnya. Karna covid-19 yang merebak, pemerintah sedang mempertimbangkan matang-matang kebijakan untuk mudik. Jadi, tetap update terus yah!

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto meminta masyarakat ga mudik jelang Ramadan yang akan tiba kurang dari sebulan lagi. Yuri menyatakan pandemi virus corona dibawa oleh manusia. Oleh karena itu, pergerakan manusia dalam jumlah besar seperti mudik berpotensi menambah penyebaran virus ini. Dalam wawancara dengannya, beliau mengatakan bahwa kita bakalan akan rindu dengan tanah kelahiran kita di kampung sana. Tapi yang paling penting adalah kita harus menjaga agar kampung kita tetap sehat.

Pemerintah belum secara resmi memutuskan kebijakan terkait larangan mudik di tengah lonjakan jumlah positif Covid-19 di Indonesia. Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, sebelumnya menyatakan kebijakan tentang mudik lebaran masih dibahas dan akan segera diputuskan hari ini.

Menyangkut masalah mudik ato ga mudik tadi udah dibahas secara detail melibatkan para gubernur, jadi mohon bersabar dulu, untuk keputusan ini akan dikeluarkan besok sore.

Presiden Joko Widodo di kesempatan yang sama meminta pemerintah daerah lebih tegas melarang warga mudik ke kampung halaman. Sejumlah pemerintah daerah diketahui telah buat kesepakatan untuk melarang mudik selama pandemi virus corona (covid-19).

Pasalnya, diketahui saat ini meski sejumlah daerah telah meminta warganya untuk ga mudik, namun ribuan warga dari Jabodetabek masih berbondong-bondong pulang ke kampung halaman yang kebanyakan berada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

AC mobil mu udah dingin, nyaman, dan sehat?Booking Service
Yakin udah bebas dari bakteri / virus?
Uudah ato belum tau, silahkan klik disini untuk kita bantu.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?