Berapa Lama Sih Umur Freon AC Mobil?


Share :

Karena penggunaan tekhonologi yang berkembang semakin pesat banyak mobil yang sudah menggunakan AC di dalamnya. Selain sebagai pendingin di dalam ruangan, AC mobil juga memiliki fungsi agar penumpang atau pengemudi nyaman dalam berkendara. Sehingga hampir setiap harinya AC mobil biasa kita gunakann dan AC mobil pun merupakan komponen yang paling penting sekali.

Di dalam AC mobil terdapat komponen utama yang sangat mempengaruhi kinerja mobil. Komponen tersebut dinamakan freon atau refigerant. Freon atau refigerant ini memiliki fungsi untuk menyerap panas di sekitar suhu ruangan. Sehingga udara yang ada di dalam ruangan mobil menjadi dingin. Namun freon AC mobil ini, memiliki jangka waktu tertentu dan lama kelamaan bisa habis seiring dengan lamanya penggunaan atau terjadi kebocoran.

Ciri Freon AC Mobil yang Habis

  1. Udara yang Dihasilkan Tidak Dingin

Ciri freon AC mobil habis yang pertama adalah udara yang dihasilkan menjadi tidak dingin lagi. Karena fungsi freon sendiri ini sebagai pendingin AC mobil dan memberikan hawa segar yang ada didalam mobil. Maka otomatis jika freon sudah habis maka ruangan yang ada didalam mobil tidak dingin dan tidak segar lagi. Freon AC mobil pun harus segera diisi kembali dengan melakukan pengecekan kebocoran dan perbaikan kebocoran tersebut terlebih dahulu di bengkel spesialis AC mobil.

  1. Kompresor AC mobil yang Tidak Berputar

Ketika kita menghidupkan AC mobil, maka kompresor yang terdapat pada AC mobil akan berputar dan bergerak. Namun, bila kompresor AC mobil ini tidak bergerak maka kemungkinan freon AC mobil sudah habis. Segera lakukan pengecekan freon AC mobil ke bengkel AC mobil khusus dan terpercaya. Pengecekan ini bertujuan agar lebih mengetahui kondisi freon, jika freon ternyata rusak maka akan segera bisa ditangani.

  1. Saat Dinyalakan Kipas AC Tidak Berputar
Baca Juga :  Ulasan, Spesifikasi, Harga, dan Kelebihan All New Honda BR-V

Ketika freon mobil habis, ciri  lainnya yang bisa kamu lihat adalah ketika AC mobil dinyalakan, maka kipas AC tidak berputar. Jika mengalami kondisi seperti ini, maka langkah yang harus dilakukan adalah segera melakukan pengecekan di bengkel spesialis AC mobil. Karena AC tidak berputar terdapat kemungkinan lain. Selain freon habis, maka kemungkinan lainnya adalah AC mobil yang memang sudah rusak.

Berapa Lama Sih Umur Freon AC Mobil?

Jangka waktu umur freon AC mobil bervariasi tergantung pemakaian. Tidak ada waktu pasti berapa jangka waktu umur freon AC mobil. Semuanya tergantung penggunaan. Namun, biasanya freon AC mobil ini bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Saat freon habis, segera lakukan pengecekan di bengkel spesialis AC mobil. Agar freon AC mobil tetap awet lakukan berbagai tips berikut :

  1. Sering membuka jendela ketika AC dinyalakan merupakan kebiasaan buruk yang menyebabkan freon AC mobil dan sistem pendingin bisa terganggu.
  2. Rutinlah untuk melakukan perawatan di bengkel AC mobil. Tujuannya agar lebih cepat untuk mendeteksi apakah terjadi kebocoran atau tidak. Karena kebocoran pada AC mobil membuat freon AC mobil lebih cepat habis dan boros dalam penggunaannya.
  3. Bersihkan radiator yang kotor di bengkel spesialis AC mobil. Karena debu yang menumpuk akan menyebabkan AC mobil bekerja terlalu keras.

Nah itulah berbagai macam ulasan tentang ciri freon AC mobil yang habis, jangka waktu freon AC mobil dan beberapa tips agar freon AC mobil tidak mudah cepat habis. Semoga berbagai informasi diatas dapat bermanfaat untuk kamu agar lebih memahami tentang freon AC mobil.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Share :

2 Comments

  • Mohon maaf, sy ingin bertanya,..
    Jika ada kebocoran haluuss sekalipun, berapa lama kah freon itu bisa bertahan?

    Mhon jawabannya ya tuan..
    Kalai bisa sih jawbannya segera hehehe
    Terima kasih sebelumnya..🤗

    • freon harusnya tidak boleh habis atau berkurang, selama freon tidakada kurang atau habis, berati ac butuh service ac mobil saja cukup.

      ac jika ada kurang,berarti freon ada kebocoran dan harus service dan cek kebocoran.

      untuk kejelasan konsultasi boleh hubungi 0878 3344 5550

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?