rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Berapa Biaya Service Kompresor AC Mobil? Intip Faktor Dan Rata-Rata Biayanya Disini!

Bagi Anda yang memiliki mobil, tentu Anda ingin selalu merasa nyaman saat berkendara. Salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan berkendara adalah kondisi AC mobil. AC mobil yang dingin dan segar akan membuat Anda lebih betah di dalam mobil, terutama saat cuaca panas atau macet. Dan jika terjadi kerusakan, terkadang biaya service kompresor ac mobil juga tidak main-main.

Seperti yang kita tahu, AC mobil juga membutuhkan perawatan agar tetap berfungsi dengan baik. Salah satu komponen penting dari AC mobil adalah kompresor. Kompresor adalah alat yang menghisap gas freon dari evaporator dan memampatkannya menjadi cairan bertekanan tinggi yang kemudian dialirkan ke kondensor.

Kompresor juga berfungsi sebagai penggerak kipas kondensor dan evaporator. Tanpa kompresor, AC mobil tidak akan bisa menghasilkan udara dingin. Lalu, kira-kira berapa biaya service kompresor AC mobil? Intip bocorannya di artikel ini, ya!

Pertanyaan Seputar Biaya Service Kompresor AC Mobil

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi biaya termasuk merek dan model mobil, tingkat kerusakan kompresor, jenis suku cadang yang digunakan, dan kebijakan bengkel tempat Anda melakukan service.
Waktu yang diperlukan untuk service kompresor AC mobil dapat bervariasi. Biasanya, proses ini dapat memakan waktu antara [durasi] tergantung pada tingkat kerusakan dan pekerjaan yang harus dilakukan.
Lakukan pemeliharaan rutin, seperti membersihkan filter AC secara teratur, untuk mencegah kerusakan. Selain itu, bandingkan harga dari beberapa bengkel sebelum memutuskan tempat melakukan service.
Pilih bengkel yang memiliki reputasi baik, teknisi berpengalaman, dan memberikan garansi untuk pekerjaan mereka. Mintalah rekomendasi dari teman atau keluarga untuk mendapatkan referensi yang dapat dipercaya.

Fungsi Kompresor AC Mobil

biaya service kompresor AC mobil

 

Sebelum membahas soal biaya service kompresor AC mobil, kita pahami terlebih dahulu soal fungsi kompresor AC mobil. Ada beberapa fungsi kompresor AC mobil yang sangat penting, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menghisap Gas Freon dari Evaporator

Kompresor AC mobil berfungsi untuk menghisap gas freon dari evaporator. Evaporator adalah alat yang berada di dalam kabin mobil dan berfungsi untuk menguapkan cairan freon menjadi gas. Gas freon ini mengandung panas dari udara kabin yang melewatinya. Kompresor kemudian menghisap gas freon ini dan memindahkannya ke kondensor.

2. Memampatkan Gas Freon menjadi Cairan Bertekanan Tinggi

Kompresor AC mobil juga berfungsi untuk memampatkan gas freon menjadi cairan bertekanan tinggi. Kompresor bekerja dengan menggunakan tenaga dari mesin mobil melalui sabuk penggerak. Kompresor memiliki beberapa silinder yang berisi piston yang bergerak naik turun.

Saat piston bergerak ke bawah, ruang silinder menjadi besar dan gas freon masuk ke dalamnya. Saat piston bergerak ke atas, ruang silinder menjadi kecil dan gas freon dipaksa keluar dengan tekanan tinggi. Cairan freon bertekanan tinggi ini kemudian dialirkan ke kondensor.

3. Menggerakkan Kipas Kondensor dan Evaporator

Kompresor AC mobil juga berfungsi untuk menggerakkan kipas kondensor dan evaporator. Kipas kondensor dan evaporator adalah alat yang berfungsi untuk membantu proses pertukaran panas antara freon dan udara.

Kipas kondensor berada di depan radiator mobil dan berfungsi untuk mendinginkan cairan freon yang datang dari kompresor. Kipas evaporator berada di dalam kabin mobil dan berfungsi untuk menghembuskan udara dingin yang dihasilkan oleh evaporator.

Alasan Kompresor AC Mobil Wajib Rutin Service

biaya service kompresor AC mobil

Setelah mengetahui fungsinya, di bawah ini adalah alasan mengapa kompresor ac mobil wajib di service secara rutin. Ada beberapa alasan kuat pentingnya rutin melakukan service terhadap kompresor AC mobil diantaranya adalah :

1. Mencegah Kerusakan Kompresor

Kompresor AC mobil wajib rutin service untuk mencegah kerusakan kompresor. Kompresor adalah komponen yang paling rentan mengalami kerusakan karena bekerja dengan tekanan dan suhu yang tinggi. Kerusakan kompresor bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Kekurangan Oli : Oli adalah pelumas yang berfungsi untuk melindungi kompresor dari gesekan dan panas. Jika oli berkurang, kompresor akan mengalami keausan dan panas berlebih yang bisa menyebabkan kompresor macet atau pecah.
  • Kekurangan Freon : Freon AC mobil adalah zat yang berfungsi untuk menghasilkan udara dingin. Jika freon berkurang, kompresor akan bekerja lebih keras untuk memampatkan gas freon yang sedikit. Hal ini bisa menyebabkan kompresor overheat atau bocor.
  • Kotoran atau Debu : Kotoran atau debu bisa masuk ke dalam kompresor melalui filter udara atau selang AC. Kotoran atau debu ini bisa mengganggu aliran freon atau oli dan menyebabkan kompresor tersumbat atau aus.
  • Kerusakan Komponen Lain : Kompresor AC mobil juga bisa rusak karena kerusakan komponen lain yang terhubung dengannya, seperti kopling magnetik, sabuk penggerak, kipas kondensor, atau evaporator. Kerusakan komponen ini bisa menyebabkan kompresor tidak bekerja dengan normal atau berlebihan.

Untuk mencegah kerusakan kompresor, Anda harus rutin melakukan service kompresor AC mobil. Service kompresor AC mobil meliputi pemeriksaan, pembersihan, penggantian, atau penambahan oli, freon, filter udara, atau komponen lain yang perlu. Service kompresor AC mobil sebaiknya dilakukan setiap 6 bulan atau 10.000 km.

2. Menjaga Kinerja AC Mobil

Kompresor AC mobil wajib rutin service untuk menjaga kinerja AC mobil. Kinerja AC mobil dipengaruhi oleh kinerja kompresor. Jika kompresor bekerja dengan baik, AC mobil akan menghasilkan udara dingin yang optimal.

Jika kompresor bermasalah, AC mobil akan menghasilkan udara dingin yang kurang atau tidak sama sekali. Kinerja AC mobil yang buruk akan mengurangi kenyamanan berkendara dan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Oleh karena itu, Anda harus rutin melakukan service kompresor AC mobil untuk menjaga kinerja AC mobil.

Baca Juga : Tekanan Freon AC Mobil Tidak Boleh Salah Diisi! Ini 4 Akibatnya!

Faktor Yang Mempengaruhi Biaya Service Kompresor AC Mobil

biaya service kompresor AC mobil

Biaya service kompresor AC mobil dapat bervariasi tergantung berbagai hal mulai dari jenis dan merk mobil, jenis dan kualitas komponen hingga bengkel yang Anda pilih. Berikut adalah penjelasan detailnya :

1. Jenis dan Merk Mobil

Jenis dan merk mobil mempengaruhi biaya service kompresor AC mobil karena setiap mobil memiliki spesifikasi dan desain kompresor yang berbeda. Beberapa mobil memiliki kompresor yang mudah diakses dan diganti, sedangkan beberapa mobil lain memiliki kompresor yang sulit diakses dan diganti. Beberapa mobil juga memiliki kompresor yang lebih mahal daripada mobil lain karena kualitas atau keunikan kompresor tersebut.

2. Jenis dan Kualitas Komponen

Jenis dan kualitas komponen yang digunakan untuk service kompresor AC mobil juga mempengaruhi biaya service kompresor AC mobil. Beberapa komponen yang sering diganti saat service kompresor AC mobil adalah oli, freon, filter udara, kopling magnetik, sabuk penggerak, kipas kondensor, atau evaporator.

Jenis dan kualitas komponen ini bisa berbeda-beda tergantung pada merek, ketersediaan, atau kebutuhan. Komponen yang lebih baik biasanya lebih mahal daripada komponen yang biasa.

3. Tempat Service

Tempat service yang Anda pilih untuk service kompresor AC mobil juga mempengaruhi biaya service kompresor AC mobil. Beberapa tempat service memiliki tarif yang lebih tinggi daripada tempat service lain karena lokasi, fasilitas, reputasi, atau layanan yang ditawarkan. Beberapa tempat service juga memiliki paket atau promo yang bisa menghemat biaya service kompresor AC mobil.

Seperti pembahasan di atas, biaya service kompresor AC mobil sangat tergantung dari 3 poin di atas. Akan tetapi dari 3 poin tersebut, poin pertama merupakan poin yang paling mempengaruhi biaya service kompresor AC mobil. Jika kita melihat rata-rata, maka jenis mobil keluaran Asia memiliki harga yang cenderung lebih rendah daripada jenis mobil keluaran Eropa.

Jenis mobil keluaran Asia memiliki rata-rata biaya service dan biaya ganti kompresor sekitar Rp. 3.000.000, sementara mobil Eropa memiliki biaya service dan biaya ganti kompresor terkecil sekitar Rp 4.000.000. Itu baru biaya service dan pergantian kompresornya, belum termasuk pergantian komponen lain akibat kerusakan kompresor seperti oli kompresor, evaporator, kondensor, receiver dryer, expansion valve, magnetic clutch hingga berbagai macam sparepart AC mobil lainnya.

Maka dari itu, mengingat biaya service kompresor AC mobil yang cenderung tinggi ini, alangkah baiknya Anda melakukan service AC mobil secara rutin sehingga kompresor AC mobil Anda terhindar dari kerusakan dan juga terhindar dari pergantian berbagai komponen lain yang sangat menguras dompet itu.

Akan tetapi selalu pastikan bahwa Anda melakukan perawatan dan servis hanya di bengkel servis AC mobil terdekat yang terpercaya ya! Jangan sampai Anda salah memilih bengkel yang justru malah menipu dan menguras uang Anda ya!

Pertanyaannya dimana kita bisa menemukan bengkel dengan biaya service kompresor AC mobil yang murah dan transparan? Rotary Bintaro adalah jawabannya! Mengapa demikian? Ini dikarenakan Rotary Bintaro menyediakan berbagai macam PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya sehingga tentu biaya service kompresor AC mobil di Rotary Bintaro sangatlah bersaing.

Selain itu, biaya service di Rotary Bintaro tidak hanya murah, tetapi juga transparan lho! Ini dikarenakan Rotary Bintaro menyediakan layanan konsultasi GRATIS! Iya… GRATIS! Sebelum melakukan service, Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk ditemukan dimana letak masalahya, apa solusinya serta bagaimana kisaran biaya yang akan Anda bayarkan. Anda dipastikan terhindar dari biaya tidak pasti yang biasa ada di bengkel lain, karena biaya di Rotary Bintaro sudah dijelaskan terlebih dahulu diawal.

Lebih dari itu, Rotary Bintaro pada dasarnya merupakan bengkel yang telah berdiri sekaligus memiliki reputasi positif selama lebih 20 tahun lamanya! Tingginya pengalaman ini tentu membuat Rotary Bintaro memiliki berbagai macam pengetahuan dan keahlian untuk menangani AC mobil sehingga mampu menciptakan reputasi yang tinggi tersebut selama lebih dari 20 tahun.

Kunjungi website resmi dari Rotary Bintaro untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal lokasi cabang, paket layanan yang tersedia, PROMO setiap bulannya, edukasi seputar dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Manfaatkan promonya lalu reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...