Toyota Avanza bisa dibilang sebagai “mobil sejuta umat” karena sangat banyak diminati oleh masyarakat lokal. Jumlah penjualan Toyota Avanza pun terus mengalami peningkatan meskipun sudah banyak mobil baru yang beredar di pasar otomotif. Eksistensi Avanza yang terlalu tinggi menjadi kunci kesuksesan perusahaan Toyota di pasar otomotif, terutama di Indonesia.

Di balik popularitasnya yang tinggi, ternyata Toyota Avanza menjadi salah satu mobil yang memiliki fakta-fakta unik dan menarik yang sangat jarang sekali diketahui oleh banyak orang, termasuk pengguna Avanza sendiri. Jika Anda termasuk salah satu pengguna Avanza, Anda wajib tahu fakta menarik seputar “mobil sejuta umat” berikut ini.

1. Toyota Avanza Merupakan Mobil Sejuta Umat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Avanza cocok dijuluki “mobil sejuta umat” karena sebagian masyarakat Indonesia sangat menggemari tipe mobil yang satu ini. Tidak hanya itu saja, nama Toyota Avanza juga sangat populer, bahkan anak-anak saja tahu bagaimana bentukan Avanza yang sesungguhnya.

Pada tahun 2013 yang lalu, angka penjualan Toyota Avanza berhasil mencapai 1,3 juta unit. Angka ini merupakan angka penjualan mobil tertinggi jika dibandingkan dengan mobil-mobil merek lainnya.

2. Toyota Avanza Ternyata Mengandung 90% Bahan Lokal

Meskipun dikenal sebagai mobil produksi asal negara Jepang, namun bahan-bahan yang digunakan untuk merakit Avanza ternyata sudah bisa ditemukan di tanah air. Hal ini tentu akan semakin memudahkan para pengguna Avanza untuk merawat dan memperbaiki mobil jika ada kerusakan, terutama pada komponen mesinnya.

Persentase jumlah bahan-bahan perakitan yang diproduksi di tanah air mencapai 90% dari seluruh jumlah bahan yang digunakan. Ini berarti Anda dapat menemukan spare parts Avanza dengan mudah di “salon” atau bengkel otomotif. Sebagai contoh yaitu Bengkel Rotary Bintaro yang ada di Jakarta Selatan.

3. Avanza Bukanlah Mobil yang Diproduksi Oleh Perusahaan Toyota, Kokbisa?

Namanya memang “Toyota Avanza” tapi mobil ini tidak murni merupakan mobil pabrikan Toyota. Mobil ini lahir dari hasil kolaborasi bersama Daihatsu, sama seperti yang terjadi pada beberapa mobil lainnya. Sebut saja Toyota Rush, Toyota Agya, dan Calya.

Proses kolaborasi seperti ini merupakan salah satu metode pemasaran yang sudah sering dilakukan antar pabrik di industri otomotif. Maka tidak heran kalau Toyota dan Daihatsu memiliki hubungan yang sangat erat antara yang satu dengan yang lainnya.

4. Besar Toyota Avanza Hampir Separuh Diameter Bumi

Dimensi dari Toyota Avanza bisa dibilang cukup luas kalau dibandingkan dengan mobil keluarga yang lain. Uniknya, dimensi tersebut bisa mengimbangi separuh diameter bumi jika 1,6 juta unit Avanza dijejerkan memanjang. Adapun total lahan yang dibutuhkan untuk menampung 1,6 juta unit Avanza adalah sebesar 6.624 kilometer. Jumlah ini setengah dari luas diameter bumi yang diperkirakan mencapai 12.742 kilometer.

5. Tumpukan Avanza Bisa Menandingi Ketinggian Burj Khalifa

Avanza merupakan mobil keluarga yang sudah ada sejak beberapa tahun silam. Apabila jumlah unit Avanza saat pertama kali diproduksi disusun ke atas, maka ketinggian tumpukan Avanza ini diperkirakan bisa mencapai ketinggian Burj Khalifa. Burj Khalifa merupakan salah satu bangunan tertinggi di dunia yang terletak di Uni Emirat Arab, Dubai. Namanya kian melejit karena banyaknya artis dan konglomerat Hollywood yang berkunjung ke tempat ini.

Bagi Anda yang dulunya hanya mengenal nama Toyota Avanza saja, kini Anda sudah tahu tentang fakta menarik tentang mobil yang satu ini. Fakta lainnya tentang mobil Avanza bisa Anda lihat disini.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.