
Setiap Mobil harus menjaga kondisi mesin dengan suhu operasi yang ideal setiap saat. Namun bagaimana jika tiba-tiba kondisi mesin terlalu panas hingga overheat? Artinya ada masalah. Salah satunya adalah kipas radiator yang lemah. Padahal, kipas radiator yang lemah memiliki sifat yang harus segera diperbaiki. Ini biasanya terjadi pada mobil yang tidak terawat atau tua. Anda seharusnya tidak membungkam pertanyaan ini. Kipas radiator yang lemah dapat menyebabkan berbagai masalah lain. Jadi, mari kita lihat ciri-ciri kipas radiator yang mulai berkurang dengan Service AC Mobil Rotary Bintaro.
Daftar Isi
Karakteristik kipas radiator yang lemah

Jika kipas radiator mulai melemah, Anda bisa merasakan semua tandanya. Kipas radiator sendiri mengalami perkembangan pada masanya. Kipas radiator lama menggunakan V-belt yang langsung dipasang ke puli mesin. Pada saat ini, kipas radiator digerakkan oleh motor listrik, yang membuat efisiensi daya mobil menjadi lebih baik. Lalu bagaimana jika kipas radiator menjadi lemah? Anda dapat menemukannya di sini.
- Mesin terlalu panas
Mesin yang terlalu panas adalah salah satu tanda paling jelas dari kipas radiator yang lemah. Overheating terjadi karena sistem pendingin mesin sama sekali tidak mampu menurunkan suhu mesin yang terus naik. Tentu saja, salah satu alasan utamanya adalah kipas angin bertiup lemah. Akhirnya proses pendinginan radiator menjadi lebih lama. Bahkan jika suhu mesin tidak boleh terus naik, meskipun bekerja.
- AC kurang dingin
AC merupakan salah satu fitur yang harus dimiliki sebuah mobil. Tugas utamanya adalah menjaga kabin tetap sejuk agar penumpang merasa nyaman sepanjang perjalanan. Tapi bagaimana jika AC tidak cukup dingin? Banyak orang mengira masalah ini disebabkan oleh freon AC yang mulai habis. Tidak hanya itu. Daya AC yang tidak mencukupi juga bisa disebabkan oleh kipas radiator yang mulai melemah. Kipas radiator dapat digunakan untuk mendinginkan kondensor AC. Kecepatan kipas radiator akan mempengaruhi suhu setelah freon didinginkan. Jika kipas angin bertiup sangat lemah, maka otomatis kinerja pendinginan freon menjadi kurang ideal. Inilah yang membuat AC tidak bertiup kurang dingin, bahkan saat disetel ke tertinggi dan mengeluarkan suara ketukan atau gatal.
- Mesin penggelitik
Kembali ke mesin, ternyata ada satu fitur lagi saat kipas radiator melemah. Ketukan mesin adalah istilah untuk ketukan mesin, yang terjadi karena pra-penyalaan. Ketika pra-penyalaan ini terjadi, itu berarti suhu mesin terlalu tinggi. Kondisi ini dapat memicu terjadinya pembakaran dini, yang dapat menyebabkan suara ketukan atau gatal.
Cara Mendeteksi Kipas Radiator yang Lemah

Anda dapat mendeteksi kipas radiator yang mulai melemah dengan Service AC Mobil :
- Nyalakan mobil, lalu nyalakan AC.
- Sekarang keluar dari mobil dan buka kap mesin.
- Dalam hal ini, kipas pendingin hanya dapat berjalan pada interval tertentu. Konon, kipasnya tidak selalu menyala. Juga, kipas angin tidak bertiup kencang.
- Sekarang putar pemilih suhu AC ke posisi terdingin dan perhatikan kinerja kipas.
- Kipas angin harus berjalan lama, cepat, dan hembusannya harus cukup kuat
- Jika ini tidak terjadi, berarti ada masalah dengan kipas radiator Anda.
Baca Juga : Service AC Mobil di Rotary Bintaro Cabang Kuningan
Ini bisa menimbulkan bau tidak sedap saat baru menyalakan AC mobil
Bau AC saat mobil baru dinyalakan bisa jadi berasal dari beberapa komponen dan kotoran yang tertinggal di dalam kabin. Faktanya, alasannya bisa apa saja mulai dari alat penguap yang kotor hingga bangkai hewan di dalam mobil. Pemilik kendaraan roda empat tentunya perlu memahami penyebab bau aneh saat AC mobil baru dinyalakan. Jadi, pemilik mobil bisa segera punya solusi agar AC mobil bebas bau. AC mobil yang baru dinyalakan berbau tidak sedap, menandakan adanya masalah pada sistem pendingin mobil. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal. AC mobil bisa mengeluarkan bau tidak sedap saat baru dinyalakan karena alasan berikut ini:
- Evaporator Kotor atau Bocor.Evaporator yang kotor dan berlendir dapat menyebabkan bakteri membuat AC mobil berbau tidak sedap. Sertakan kebocoran dari evaporator. larutan, segera bersihkan evaporator.
- Asap rokok.Bau khas saat AC mobil baru dinyalakan juga disebabkan oleh asap rokok. Solusinya adalah jangan pernah merokok di dalam mobil.
- Deodoran Mobil.Bagi kebanyakan pemilik mobil, deodoran diletakkan di depan AC mobil. Hal ini justru bisa menimbulkan bau tak sedap jika wewangiannya berkualitas rendah. Solusinya adalah dengan membeli wewangian berkualitas tinggi. Baca juga: Ilmuwan Peringatkan Penduduk Bumi Harus Persiapkan Serangan Alien
- Ventilasi Buruk di Jendela.Pastikan Jendela Berventilasi Baik. Sebab, jika kualitasnya tidak bagus, segala macam bau di luar mobil akan masuk ke dalam mobil sehingga menyebabkan AC mobil langsung bau begitu dinyalakan.
- Bangkai hewan.Penyebab lain yang mungkin adalah adanya bangkai hewan di dalam kendaraan. Periksa beberapa bagian mobil sekaligus untuk mengetahui di mana letak bangkai hewan tersebut.
Cairan Keluar dari Bawah Mobil karena AC Mobil?

Tentu bagi pemilik mobil sering melihat cairan menetes dari bawah saat parkir. Biasanya jika hal ini terjadi, maka terjadi kebocoran pada salah satu komponennya. Agar tidak bingung, pemilik mobil wajib mengidentifikasi jenis cairan yang biasanya menetes di bawah mobil. Pasalnya, cairan di keempat roda ini memang terdiri dari air dan oli Tidak seperti air biasa, warna air dan oli mobil adalah merah jernih, menurut Astra World. Adapun minyak coklat dan hitam. Setiap cairan memiliki sifat dan kegunaan yang berbeda, dan setelah mengidentifikasi sifat-sifat cairan, perlu juga untuk mengidentifikasi di mana cairan tersebut menetes. Sebelum memeriksa reservoir cairan, pertimbangkan bagaimana mengidentifikasi beberapa cairan di bawah mobil Anda:
- Cairan merah transparan. Cairan berwarna merah berasal dari cairan pendingin radiator, dan tetesan cairan ini biasanya berada di bawah mesin dan di bawah radiator.Cairan berwarna bening mungkin berasal dari saluran pembuangan AC (air conditioner). Kebocoran ini berada di bawah dasbor di kiri atau kanan. Kebocoran semacam ini adalah hal yang wajar karena selang pembuangan AC selalu keluar dari pengembunan udara.
- Cairan berminyak coklat-hitam. Minyak cair berwarna coklat tua di lantai dan terasa licin jika disentuh. Warna coklat biasanya terdapat pada oli mesin yang sudah lama tidak digunakan, tetapi warna hitam biasanya terdapat pada mesin dengan masa pakai oli yang lama.Lokasi tetesan biasanya terletak langsung di bawah mesin. Untuk girboks dan oli gardan, berada di bawah girboks penggerak roda depan, tetapi girboks dan oli gardan sangat jarang bocor.
- Cairan berminyak merah. Cairan ini berasal dari minyak rem, power steering dan transmisi otomatis. Cairan terasa licin, hampir seperti oli motor, tetapi lebih tipis dan lebih merah.Untuk menilai apakah zat cair itu minyak atau bukan, dapat dilihat dari posisi jatuhnya zat cair tersebut.

Jika anda menginginkan servis rutin, pergilah ke bengkel dan kunjungi Rotary Bintaro Digiroom untuk segera memperbaiki masalahnya. Jika Anda tidak punya waktu untuk pergi ke bengkel, silakan pesan layanan Service AC Mobil Rotary Bintaro di tempat melalui situs web kami atau aplikasi seluler Rotary Bintaro.