Perawatan AC Mobil merupakan komponen utama dalam sebuah mobil untuk membuat pengendara maupun penumpang yang ada tetap nyaman. Apalagi jika Anda tinggal di kota-kota besar, tentunya selalu ingin mendapatkan udara dari AC yang segar dan juga tidak bau bukan? Hal tersebut juga akan menghindarkan Anda dari mabuk darat yang menjengkelkan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, seperti menghindari penggunaan rokok di dalam mobil, tidak membawa makanan atau minuman yang bisa meninggalkan bau tidak sedap pada mobil. Tidak hanya itu, yuk simak ulasan mengenai 11 Cara Perawatan AC Mobil Berkala Agar Tidak Bau di bawah ini.

11 Cara Perawatan AC Mobil Berkala Agar Tidak Bau

1. Menjaga Kebersihan dalam Mobil

Kebersihan dalam mobil merupakan salah satu poin penting dalam menjaga dan merawat AC mobil. Usahakan untuk selalu membuat karpet bagian depan mobil dan juga jok mobil dalam kondisi bersih.Β  Jika tidak, maka kotoran bisa terhisap oleh evaporator AC dan menyebabkan tumbuhnya jamur penyebab bau tidak sedap pada mobil.

2. Menjaga Kebersihan Condensor AC

Selain menjaga kebersihan dalam mobil seperti karpet dan jok, tentunya komponen AC terutama pada kondensor harus selalu diperhatikan. Usahakan untuk selalu membersihkannya secara rutin, yaitu dengan menyemprotkan air sekencang mungkin agar kotoran yang melekat bisa terlepas semua.

3. Pemasangan Filter Kabin

Memasang filter kabin pada mobil sangatlah penting, terutama agar bisa menyaring dan juga membersihkan udara yang bersirkulasi di dalam kabin mobil saat AC menyala. Jika tidak, maka bisa menimbulkan bau yang tidak sedap pada mobil.

4. Hindari untuk Merokok saat AC menyala

Asap rokok bisa jadi penyebab AC mobil menjadi bau. Asap yang berasal dari rokok biasanya akan terhisap ke dalam blower dan menempel pada evaporator. Dengan begitu, maka evaporator akan menjadi kotor dan nantinya juga berdampak pada kinerja AC pula loh.

5. Nyalakan AC minimal sekali dalam seminggu

Mungkin mobil bukan merupakan kendaraan keseharian Anda, namun tidak ada salahnya untuk menyalakan AC mobil setidaknya sekali dalam seminggu. Hal tersebut berguna untuk memastikan bahwa kompresor bekerja dengan baik atau tidak.

6. Periksa Extra Fan secara berkala

Jika AC mobil yang Anda miliki menggunakan kipas kondensor, maka pastikan untuk memeriksanya secara teratur. Hal tersebut bertujuan agar AC selalu mengeluarkan udara yang sejuk dan tidak bau.

7. Hindari Penggunaan Pengharum Mobil di Dekat AC

Penggunaan pengharum yang mengandung bahan kimia bisa masuk ke dalam evaporator, sehingga akan mengendap dan menjadi tempat tinggal bakteri. Hal tersebut bisa berakhir dengan keadaan mobil yang bau loh.

8. Servis Secara Teratur

Melakukan perawatan AC mobil berkala agar tidak bau yaitu dengan servis secara teratur. Anda bisa melakukannya di bengkel spesialis AC mobil favorit loh.

9. Jangan Buka Jendela

Jika Anda pernah membuka jendela dalam keadaan AC sedang menyala, sebaiknya jangan diulangi. Hal itu dikarenakan kotoran dan debu dari luar akan ikut masuk dan mengotori kabin mobil.

10. Hindari Membawa Makanan yang Meninggalkan Bau

Pastikan pula untuk tidak memakan makanan yang meninggalkan bau tidak sedap pada mobil, seperti durian, jengkol, pete dan lain sebagainya.

11. Pilih Komponen yang Berkualitas

Cara perawatan AC mobil berkala selanjutnya adalah dengan selalu memilih komponen AC mobil yang berkualitas. Hal tersebut untuk menunjang performa dan juga menghindarkannya agar tidak rusak maupun bau.

Itulah 11 Cara Perawatan AC Mobil Berkala Agar Tidak Bau yang bisa Anda lakukan. Jika Anda berada di sekitar Jakarta, makaΒ Bengkel AC Mobil Rotary Bintaro cabang Veteran, Bengkel AC Mobil Rotary Bintaro cabang Ciledug atau Bengkel AC Mobil Rotary Bintaro cabang Kedoya bisa jadi pilihan yang tepat. Sebaiknya pilih bengkel spesialis AC mobil yang terdekat dengan tempat tinggal agar semakin mudah dan tidak malas untuk merawat AC mobil kesayangan.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.