fbpx

Jenis Kijang Innova : 4++ Perbedaan Toyota New Kijang Innova Berbagai Tipe

Apa Saja Perbedaan Toyota New Kijang Innova Tipe J, E, G, dan V?

Siapa yang tidak kenal Toyota New Kijang Innova?
Kenal juga tidak perbedaan tipe-tipe Toyota New Kijang Innova?
Trus,  bagaimana dengan slogannya yang berbunyi “Kijang memang tiada duanya”. Nah yang terakhir ini pasti kenal juga kan?Jika Anda berada di jalan raya,  sejauh mata memandang hampir pasti ada mobil Jenis Kijang Innova yang berlalu lalang.  Ini menandakan bahwa banyak keluarga Indonesia yang memiliki mobil Jenis Kijang Innova ini. Toyota Kijang Innova merupakan salah satu dari tiga produk yang digagas Toyota untuk produk kendaraan global yang berasal dari satu platform selain Toyota HiLux dan Toyota Fortuner.

Tidak hanya di Indonesia  lho,  mobil keluaran Toyota ini juga di pasarkan ke negara lain. Tercatat ada 10 negara yang sudah mencicipi spesifikasi dari Toyota Innova, di antaranya  adalah Malaysia dan Singapura. Dari mulai diluncurin mobil Jenis Kijang Innova sudah menyedot animo konsumen mobil MPV. Tampilannya yang elegan,  gagah dan mewah membuat mobil satu ini cukup laku di pasaran Indonesia. Sejarah panjang mobil ini tentu sudah menghiasi pasar otomotif Indonesia.

Toyota New Kijang Innova tercatat sudah eksis sebagai mobil Jenis Kijang Innova untuk keluarga Indonesia sejak tahun 2004. New Kijang Innova memilki bebrapa dengan urutan tipe paling bawah hingga paling atas berturut-turut ialah J bisnis, J, E, G, G Luxury, V, dan V Luxury. Meskipun ada segelintir orang yang memiliki mobil mewah, seperti Raffi Ahmad yang punya mobil dengan harga yang gila., kijang Innova tetap punya peminat yang banyak di negeri ini. Sebagai mobil dengan target pasar keluarga. Memang mobil yang satu punya banyak tempat dihati setiap pemiliknya.

Sejarah mencatat Toyota All New Kijang Innova generasi terbaru resmi diperkenalkan oleh Toyota Astra Motor (TAM) pada 23 November 2015. Pada tahun 1977 Toyota mengeluarkan produk aslinya bernama Kijang. mobil Jenis Kijang Innova yang satu ini selain dipasarkan di pasar domestik, Kijang Innova juga di ekspor ke sejumlah negara lho, seperti kawasan Asia Tenggara, Saudi Arabia, Bermuda, Oman, Bolivia, Barbados, Kuwait, U.A.E, Qatar, Bahrain,, S.Africa, ST.Kitts, Aruba dan juga Fiji.

Tahun 2004 Toyota Kijang resmi menggunakan nama Innova. Total produksi sejak 2009 untuk kebutuhan domestik mencapai 770.000 unit sedangkan untuk kebutuhan ekspor mencapai 81.000 unit. Nilai ekspor ini memang masih kalah dengan varian Kijang lainnya yaitu Fortuner, namun untuk pasar domestik produksi lebih banyak Kijang Innova. Generasi ke-6 Kijang Innova memiliki 3 varian: Kijang Innova G, Kijang Innova V dan Kijang Innova Q.  Tiga varian ini hadir dalam pilihan mesin Diesel dan juga mesin Bensin, juga ada 2 tipe transmisi yaitu manual (MT) dan otomatis (AT).

#SahabatRotary, jika Anda ingat pembahasan detail mengenai masing-masing tipe pernah Kami bahas dalam artikel Toyota Kijang Innova.  Nah,  kali ini Kami akan membahas perbedaan detail dari keseluruhan tipe dalam bentuk tabel. Tentunya ini bertujuan agar Anda  lebih mudah untuk membedakan spesifikasi semua tipe Kijang Innova. Secara spesifikasi  keseluruhan,  tidak ada perbedaan antara Toyota All New Kijang Innova Tipe V maupun G baik mesin Bensin dan Diesel. Namun khusus Kijang Innova tipe Q untuk mesin Diesel dan mesin Bensin ada beberapa  perbedaan yaitu  pada fitur keselamatan, fitur eksterior yaitu pada pelek dan ban juga pada fitur pintu belakang.

Perlu dicatat nih,  dari sisi eksterior semua tipe Kijang Innova hampir sama namun khusus untuk tipe Innova Q tipe mesin Diesel menggunakan jenis pelek dengan ukuran yang berbeda. Innova Tipe Q Diesel juga sudah dilengkapi dengan fitur Easy Close Back Door.  Untuk lebih jelasnya,  perhatiin tabel berikut ini.

SpesifikasiGVQ
Grille Bumper depan atasSilver + Material ColorChrome + SilverChrome + Silver
Grille Bumper depan bawahMaterial ColorBlackBlack
Head Lamp tipeHalogen + MultireflectorHalogen + MultireflectorLED Projector
Auto leveling (Head Lamp)GaGaAda
Fog LampAdaAdaAda
Kaca spion sampingElektrik sewarna bodiElektrik sewarna bodi + retractable +
welcome light
Elektrik sewarna bodi +
retractable + welcome light
Ban dan pelekAlloy wheel, 2-spoke,205/65R16Alloy wheel, 2-spoke,205/65R16Alloy wheel, 2-spoke,
205/65R16 atau
Alloy wheel, 3-spoke,
215/55R17
Moulding pintuBlackBlackChrome
Follow me home ligtGaAdaAda
Welcome lightGaAdaAda
Easy close back doorGaGaTidak / Ada
Smart EntryGaGaAda

Keterangan :
Buat ukuran ban dan pelek dari mobil Kijang Innova tipe Q Diesel ini menggunakan ukuran serta tipe pelek yang berbeda dari tipe lainnya lho yaitu tipe Alloy wheel, 3-spoke,215/55R17. Selain itu untuk menu Easy close back door ternyata hanya ada pada mobil Kijang Innova Q Diesel.

Setelah kita melihat bagaimana sisi eksteriornya, pada bagian interior tidak ada perbedaan diantara ketiga tipe Kijang Innova entah itu dari sisi mesin Bensin maupun mesin Diesel. Nah, untuk lebih jelas spesifikasinya, silahkan cek tabel berikut ya.
Jenis Kijang Innova
Mobil Jenis Kijang Innova
SpesifikasiGVQ
Dasbord ornamenBlack+ ResinSilver + resinSilver + Wood
Warna interiorHazel Brown + blackHazel Brown + blackAll Black Sporty
All Auto Power Window + Jam protectionTidakTidakAda
Blue Ilumination lightTidakAdaAda
Air conditionerManual cooler (F+R)Automatic cooler (F+R)Automatic cooler
(F+R)
TFT (Thin film transistor) type+Eco Driving IndicatorDot tyeAdaAda
Glove box with chiller functionAdaAdaAda
Steering switch with Audio+Telephone+Voice command+MID contorlAdaAdaAda
Driver mode (Eco+Power)AdaAdaAda
Seat Back TableGaAdaAda
One Touch tumble kursi baris 2AdaAdaAda
One touch easy space kursi baris 3AdaAdaAda
Roda kemudi4 spoke urethane+silver4 spoke urethane+silver4 spoke leather+silver+
woden ornamen
Kompartemen depan tengahYaYaYa
Arm rest (baris 2)GaYaYa
Sun visor (D+P)YaYa (with lamp)Ya (with lamp)
Seat heght Adj. (manual, D only)YaYaYa
Room lampCenterCenter+Rear personal+Indirect (LED)Center+Rear personal+Indirect (LED)
Front personal lampWith+Sunglass HolderWith+Sunglass holder+IlluminationWith+Sunglass holder+Illumination
Assist Grip (penumpang belakang +4 Belakang)YaYaYa
Door inside HandleInterior colorChromeChrome
Smart Start & StopGaTidakYa

Oya ada fitur baru nih di bagian Audio System. Tidak hanya ukuran yang baru, banyak juga fitur yang ga ada pada Audio Kijang Innova generasi sebelumnya. Berikut  pada tabel  fitur-fitur yang ada pada Audio Kijang Innova. Untuk Audio semua tipe Kijang Innova baik mesin bensin maupun mesin Diesel ga beda alias sama.

Spesifikasi Mobil Jenis Kijang Innova
SpesifikasiGVQ
Fungsi
Radio FM/AMYaYaYa
CD & DVDYaYaYa
Gesture GuideYaYaYa
Air GestureTidakTidakYa
Voice CommandYaYaYa
Kamera BelakangTidakYaYa
Koneksi
Aux inYaYaYa
iPodYaYaYa
USBYaYaYa
Micro SDYaYaYa
BluetoothYaYaYa
Network
InternetTidakYaYa
DLNATidakYaYa
MiracastTidakYaYa
HDMITidakYaYa
MirrorlinkTidakYaYa
Entertaiment/Informasi
Toyota MoveTidakYaYa
M-ToyotaYaTidakTidak

Selanjutnya nih, ada spesifikasi fitur  yang tidak boleh #SahabatRotary lupakan. Secara keseluruhan tipe Kijang Innova memiliki fitur yang hampir sama. Khusus tipe Q Diesel fitur keamanan dan keselamatan lebih lengkap dari tipe sebelumnya. Kijang Innova bukan lagi kendaraan Multi Person Vehicle (MPV) tapi sudah berkembang menjadi kendaraan Multi Performance Vehicle. Coba deh perhatikan tabel berikut ini yang memuat spesifikasi lengkap untuk fitur keamanan dan keselamatan yang ada pada Toyota All New Kijang Innova.

SpesifikasiGVQ
Air Bag – Dual FrontYaYaYa
Air Bag – Driver KneeYaYaYa
Air Bag – SideGaGaGa/ Ya
Air Bag – CurtainGaGaGa / Ya
ABS + EBDYaYaYa
VSC + HACGaGaGa / Ya
Emergency Brake SignalGaGaGa / Ya
ISOFIXYaYaYa
3 POINT ELR on all seat (1st, 2nd, 3rd row)YaYaYa
Seat belt warning (D+P)YaYaYa
ImmobilizerAlarmYaYa

Sebagai keterangan tambahan, Air Bag Side serta Curtain,  kemudian VSC + HAC,  Emergency Brake Signal hanya bisa didapatkan di mobil Toyota Kijang Innova Q Diesel ya.

Membahas tentang mobil Innova memang tidak akan ada habisnya.  Untuk spesifikasi mesin,  mesin yang digunakan pada Toyota Kijang Innova 2015  sudah menggunakan mesin dengan terknologi baru. Bahan bakar yang dihasilkan jadi lebih irit dari pada generasi sebelumnya. Perhatiin tabel berikut yang memuat perbedaan spesifikasi antara Kijang Innova mesin bensin dengan mesin Diesel.
SpesifikasiBensinDiesel
Engine Model1TR-FE2GD-FTV
Jumlah Silinder/Konfigurasi4 silinder, inline4 silinder, inline
Kapasitas (cc)19982393
TeknologiDOHC, DUAL VVT-iDOHC, Variable Nozzle
Tourbocharger with Intercooler
Power mkas. (PS/rpm)139/5.600149/3.400
Torsi maks. (Kgm/rpm) AT19.1/4.00034.9/1.200-2.800
Torsi maks. (Kgm/rpm) MT19.1/4.00036.7/1.200-2.600
Transmisi AT6 speed with sequential shiftmatic6 speed with sequential shiftmatic
Transmisi MT5 speed5 speed
Driver Mode (Eco+Power)YaYa

Lanjut nih ya #SahabatRotary, berikut beberapa perbedaan Toyota New Kijang Innova Tipe J, E, G, dan V. Dari beberapa tipe yang dipunyai New Kijang Innova, ada beberapa perbedaan. Di antaranya adalah:

1.Mesin Bensin/Diesel & Manual/Otomatis

Anda ingin membeli dan belajar menyetir sendiri mobil ?  Ga usah khawatir.  Toyota kijang adalah solusi yang tepat. Sekarang ini buat yang pertama kali beli mobil ga perlu khawatir akan pilihan mobil. Mobil keluarga yang satu ini memang menjadi pilihan yang tepat. Mau tipe  J, E, F, dan V tinggal pilih saja sesuai dengan kebutuhan.

Anda pasti tau Toyota New Kijang Innova tersedia dalam mesin bensin dan diesel. Seluruh tipe dari mobil yang satu ini tersedia dengan mesin bensin 2000 cc, sedangkan untuk mesin diesel 2500cc tersedianya di mobil Tipe E, G, dan V. Anda baru belajar nyetir? Tenang aja.  Anda bisa memilih mobil dengan transimisi manual atau otomatis. Transmisi manual ada pada semua tipe Toyota New Kijang Innova, sementara transmisi otomatis hanya ada pada tipe E mesin bensin, tipe G dan V untuk mesin bensin dan diesel.

2.Interior

Berniat beli mobil? Apapun latar belakang sosial  dan kekuatan dompet kita, kijang Innova tetap bisa menjadi pilihan untuk banyak kalangan. Ga peduli dengan kelas bawah, menengah, atau kelas atas. Mobil keluarga ini tetap bisa menjadi jalan keluar kalau mau beli mobil dengan harga relatif murah dan muat orang banyak. Berikut tingkatan kelas Innova dalam hal interior dimulai dari bawah :

  • Tipe JTipe J merupakan varian paling bawah kelasnya, interior tipe ini dilengkapi dengan new dual SRS Airbags, DIN CD dengan MP3, USB/AUX, dan WMA players, 2 buah room lamp, glove box pada sisi atas dan bawah, vinyl seat cover, dan dengan 2 tone warna interior.
  • Tipe ETipe E mempunyai kelebihan dari tipe J yaitu dengan fabric seat cover dan adanya 4 speakers yang bisa memanjakan penggunanya.
  • Tipe GKelas berikutnya adalah tipe G yang memiliki 4 speakers dan 2 tweeter. Tipe ini pun memiliki driver seat dengan height adjuster. Tipe G Luxury memiliki kelebihan yaitu adanya 8″ roof monitor. Kalo suka dengan fasilitas yang seperti ini maka Kijang Innova dengan tipe G adalah pilihan yang tetap.
  • Tipe VSelanjutnya adalah untuk kalangan berdompet teba bisa memilih kelas yang paling tinggi dari Kijang Innova , yaitu tipe V dan dilanjutkan dengan tipe V Luxury. Tipe V memiliki wood leather steering wheel ddengan steering witch yang membuat tipe ini lebih elegan dibanding tipe kelas bawahnya. Ini nih yang keren pada tipe V.  Untuk AC mobil ,  sudah digunakan digital auto AC. Ingin tau suhu udara di luar mobil?  Tidak usah khawatir,  interior tipe ini juga dilengkapi dengan adanya MID (Multi Information Display) yang memuat suhu udara luar, durasi mulai dari mesin menyala hingga mesin dimatikan, serta mengecek sisa bahan bakar. Oya, tahukah bahwa captain seat pada baris kedua adalah bagian yang terlihat sangat beda pada tipe V Luxury lho.

3.Eksterior

Sekalipun ada banyak pilihan dengan fasilitas mewah yang ditunjang dengan ekterior yang sedap dilirik mata, tetap saja ada pembeli yang suka dengan mobil yang sederhana. Bagi mereka  Kijang Invova Tipe J adalah pilihan yang sesuai. Meskipun mempunyai eksterior yang standar dibanding Kijang Innvova tipe lainnya, tipe yang satu ini sudah dilengkapi dengan rear window wiper dan intermittent wiper. Adanya intermitten wiper memudahkan pengguna saat terjadi hujan rintik-rintik dengan menyesuaikan sapuan wiper dengan turunnya rintik hujan.

Bagaimana dengan tipe yang lain?  Ada nih kelebihan Tipe E yaitu eksterior daripada tipe J dengan adanya new gallant grille & bumper yang membuat mobil terlihat lebih elegan.

Selanjutnya, bagian luar dari tipe G ini mirip dengan tipe E. Perbedaan yang bisa kita lihat  terletak pada tipe G Luxury, yaitu adanya kelebihan eksterior yang terasa lebih mantap dengan adanya rear bumper spoiler, muffler cutter, dan luxury emblem pada mobil. Berikutnya ada Tipe V yang  terasa kemewahannya dengan hadirnya side spoiler, side body moulding, rear defogger, dan high mount stop lamp. Paling high class yaitu Tipe V Luxury. Adanya rear bumper spoiler dan luxury emblem membuat mobil tipe ini terlihat sangat elegan.

4.Keamanan dan Kenyamanan

Pihak Toyota memperhatikan keamanan pengemudinya dengan menyediakan seatbelt atau sabuk pengaman pada semua tipenya. Namun ada yang berbeda pada tipe V yaitu keberadaan seatbelt yang ga hanya untuk barisan pengemudi tetapi juga untuk semua penumpang. Untuk kenyamanan, tipe G dan V menyediakan seat back pocket yang memudahkan penumpang mobil menaruh barang pada bagian belakang kursi, tipe V juga memberikan cup holder yang bisa merupakan nilai plus lainnya.

Last but not least,  perhatiin kata-kata berikut.  Beda tipe, beda kenyamanan, dan tentunya beda harga juga ya. Maka semua harus kita sesuaikan antara kekuatan dompet, kebutuhan, dan kemampuan menyetir kita.

Nah AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.
Booking Service

Blog

eksterior mobilInterior MobilJenis Kijang Innovakeamanan dan kenyamananToyota kijangToyota Kijang InnovaToyota kijang Innova Tipe EToyota kijang Innova Tipe GToyota kijang Innova Tipe JToyota kijang Innova Tipe V

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?