fbpx

Perhatikan 7 Alasan Ini Untuk yang Pertama Kali Beli Mobil


Pertama Kali Beli Mobil adalah Masa yang Menyenangkan

Membeli mobil bagi sebagian orang adalah momen spesial. Terutama buat kita yang pertama kali beli mobil. Kita menunggu-nunggu sejak mulai mengumpulkan uang dari nol, kapan kita bakal dapat mobil pertama kita. Buat yang sudah pernah merasakan masa-masa itu pasti sedang senyum-senyum sendiri dan mangguk-mangguk. Betul?

Saking spesialnya momen pertama kali beli mobil ini. Kita merasa harus hati-hati, takut salah pilih, dan takut dapat harga yang kemahalan. Paling ditakutkan kalau nanti ujung-ujungnya ternyata tidak cocok, dan banyak lagi kekhawatiran kita. Setuju lagi dong?

Baca juga : 11 Alasan Pintar Membeli Mobil

Maka untuk itu. Hal-hal seperti ini sebenarnya pembahasan yang sersan. Serius tetapi santai. Berikut beberapa alasan yang harus diperhatikan untuk yang pertama kali beli mobil:

perhatikan-7-alasan-ini-untuk-yang-pertama-kali-beli-mobil-4

1. Ketahui pengeluaran secara realistis

Urusan uang ini sangat sederhana. Tetapi kalau salah satu angka 1 saja. Maka seluruh dunia akan gempar. Jadi harus harus hati-hati sama pengeluaran kita kita. Khususnya buat yang ada rencana membeli mobil.

Berapa yang harus kita keluarkan ini umumnya didasarkan pada berapa pengeluaran kita dalam sebulan. Idealnya, kita membeli mobil pertama kita secara tunai tapi tentu saja pada praktiknya sewaktu memutuskan untuk membeli mobil baru, harga transaksi untuk pembelian secara kredit kelihatan lebih menarik.

Lihat dulu biaya hidup kita untuk aspek-aspek yang lebih penting seperti tempat tinggal, uang makan, asuransi kesehatan, dan hiburan. Kalau sudah dikalkulasi dengan baik, kita dapat mengetahui seberapa dalam kita harus merogoh kocek setiap bulan dan selanjutnya kita dapat mengalokasikan sisa pendapatan kita untuk pembayaran cicilan mobil, bahan bakar, asuransi mobil, dan perawatan mesin.

2. Tentukan kebutuhan transportasi

Beberapa mobil baru terus diproduksi dan promosinya yang gila-gilaan membuat kita mulai tergoda. Beberapa mobil sedang populer dan kelihatan trendi akan menarik mata dan memaksa dompet untuk terbuka. Sayangnya kalau kita tidak waspada ada jenis-jenis mobil tertentu yang menurut kita perlu tetapi ternyata nantinya kita sadar tidak kita butuhkan.

Contoh sederhana, kalau kita ingin punya SUV untuk menampung beberapa anggota keluarga kita nanti. Sementara kita lebih membutuhkan city car yang berukuran kecil untuk keperluan sehari-hari misalnya. Sebaiknya dahulukan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Jangan membeli yang tidak cocok dengan aktivitas kita sehari-hari. Jika memang butuh jenis kendaraan tertentu, lebih baik pertimbangkan untuk menyewa ketika dibutuhkan.

Karena memang setiap mobil itu sudah didesain sesuai dengan keperluannya. Ada yang besar bentuknya untuk keperluan keluarga. Ada juga yang besar sekedar desain. Ada yang kecil untuk keperluan pribadi yang sederhana. Tetapi ada yang kecil dengan mahal yang selangit. Tentukan pilihan mulai dari sekarang. Matikan 3 lampu.

3.Pertimbangkan keinginan

Kalau yang ketiga ini memang terus terang sulit. Tetapi sulit bukan berarti tidak bisa kan? Pertimbangan ini agak sedikit berlawanan dengan tips sebelumnya, memang. Pembelian mobil pertama kali bukanlah satu-satunya kesempatan kita beli mobil.

Mengingat bagaimana kita begitu mengidamkan mobil pertama kita. Kita perlu juga mempertimbangkan daftar mobil idaman kita. Karena bagaimana pun juga selain untuk kebutuhan, membeli mobil pertama kali harus jadi kenangan yang bagus juga, kanJangan sampai mobil pertama malah buntung loh. Perhatikan 10 alasan bodoh membeli mobil ini.

Car engine in old american car

4. Lakukan riset

Sama halnya seperti sebelum melakukan keputusan pembelian apapun. Pertama kali beli mobil juga memerlukan informasi yang memadai. Kumpulkan informasi dan perspektif sebanyak-banyaknya baik online maupun langsung pada yang sudah berpengalaman. Setelah itu seimbangkan dengan insting yang kita punya agar keputusan akhir kita jadi keputusan yang tidak kita sesali.

Selain berita dan informasi melalui online ada baiknya cari yang offline juga. Tanyakan teman dan keluarga yang sudah punya mobil. Mereka pasti melewati masa-masa seperti yang kita alami sekarang. Pasti ada berita dan informasi dari mereka yang bisa kita perbandingkan dengan yang kita dapatkan didunia maya.

Setelah itu baru tentukan, lebih percaya sama yang mana. Jangan kemakan sama barang bagus dan harga mahal. Kalau bisa dapat murah tetapi bagus kan tidak jadi masalah. Kita kan bukan Raffi  Ahmad yang punya mobil miliaran harganya.

5. Lakukan test drive

Beli mobil pertama pastilah penuh pertimbangan. Jangan remehkan tawaran test drive. Jadikan pengalaman langsung di balik setir yang kita alami sebagai salah satu pertimbangan di samping informasi dan perspektif yang sudah kita kumpulkan.

Karena ada beberapa kasus juga. Mobil diluar boleh baru tetapi didalamnya sudah tua. Mobil tua memang bisa didandani jadi keren loh. Hati-hati, khususnya buat yang tinggal di Jakarta. Karena Pak Ahok masih mengatur rencana melarang atau menaikkan pajak mobil tua.

6. Tentukan harga beli yang pantas

Setelah kita memutuskan apa yang kita mau dan kita butuhkan, dan tentu saja mengkalkulasi pengeluaran wajibnya, sekarang tiba waktunya memutuskan harga beli. Kita pasti sudah mengetahuinya dari kumpulan info yang kita dapat sebelumnya. Tidak perlu buru-buru, putuskanlah apa angka yang harus kita keluarkan akan sepadan dengan apa yang kita dapat dan apakah harga itu adalah harga terbaik di pasar.

perhatikan-7-alasan-ini-untuk-yang-pertama-kali-beli-mobil-3

7. Nikmati prosesnya

Setelah membaca tips-tips di atas, sepertinya pertama kali beli mobil adalah persoalan serius dan fatal banget, ya kalau salah langkah sedikit. Mobil pertama akan jadi barang yang sangat berharga dan akan selalu kita ingat tidak cuma saat memakainya tapi juga mulai dari saat kita menabung, mencari info, dan proses membelinya.

Apalagi dengan banyaknya pilihan mobil murah, kredit yang bersaing dan bermacam mobil bekas yang murah dan berkualitas, rasanya ingin cepat-cepat pilih dan bawa pulang saja. Bersantailah dan nikmati proses pemilihan dan pembeliannya. Jangan sampai menyesal di akhir karena buru-buru mengambil keputusan.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Booking Service

Blog

Alasan Beli MobilAlasan Pertama Kali Beli MobilPerhatikan 7 Alasan Ini Untuk yang Pertama Kali Beli Mobil

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?