Kalau Extra Fan Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil?

Apa itu Extra Fan AC Mobil?
Kalau Extra Fan Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil?

Hai #SahabatRotary

Kenyaman merupakan satu hal yang harus didapatkan ketika melakukan perjalanan menggunakan mobil. Salah satu cara untuk bisa merasa nyaman tersebut adalah fitur AC mobil yang berfungsi dengan baik. Saat AC mobil bisa bekerja dengan baik maka suhu pada kabin mobil akan menjadi sejuk dan penumpang bisa merasa nyaman sehingga bisa menikmati perjalanan yang dilakukan.

AC mobil memiliki banyak sekali komponen namun komponen yang utama adalah kondensor, kompressor, filter dryer, expansi valve, dan evaporator. Selain komponen utama tersebut masih ada banyak komponen lain yang terbagi dalam komponen pendukung dan komponen kelistrikan. Tak hanya itu saja, kadang ada juga AC mobil yang membutuhkan komponen tambahan seperti extra fan.

Apa itu Extra Fan AC Mobil?

Extra fan adalah salah satu komponen pada AC mobil yang berupa kipas atau fan tambahan yang digerakkan dari tenaga accu mobil. Extra fan AC mobil ini akan menyala selama AC mobil juga dinyalakan. Namun perlu diketahui jika ada jenis extra fan yang bekerja atas dasar sensor pada air radiator dan sensor tersebut biasanya tertanam di dekat air radiator tapi extra fan akan hidup ketika kompressor menyala.

Baca juga : 10 Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Dingin!!!

Apa Fungsinya Extra Fan AC Mobil?

Alat atau komponen tambahan yang satu ini berfungsi untuk membantu proses pendinginan freon di dalam kondensor AC. Adanya extra fan ini pastinya akan sangat bermanfaat karena proses pendinginan bisa terjadi lebih cepat dan sempurna.

Pendingin Hawa Panas yang Dihasilkan Kondensor Agar Proses Perubahan Freon dari Gas Menjadi Cair Stabil

Extra fan yang berupa kipas ini bermanfaat untuk memaksimalkan proses pendinginan yang terjadi di dalam sistem AC mobil. Freon yang memiliki tekanan tinggi bisa didinginkan di dalam kondensor akan bisa dingin lebih cepat sehingga hawa dari AC mobil akan lebih sejuk jika dibandingkan dengan mobil yang tidak menggunakan extra fan.

Kalau Extra Fan Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil?

Ketika extra fan bermasalah maka dampak yang jelas terjadi pada AC mobil adalah AC mobil kurang dingin. Hal ini terjadi karena extra fan bermasalah bisa membuat proses kondensasi di dalam kondensor tidak bisa berfungsi dengan optimal sehingga tidak ada udara dingin yang masuk ke dalam kabin. Pada masalah ini, kondisi extra fan bisa saja karena mati atau masih berjalan tapi memiliki putaran yang lemah sehingga embusan anginnya kecil. Jika sudah begini, satu-satunya jalan keluar adalah mengganti extra fan dengan yang baru.

Tak hanya berdampak pada AC mobil, extra fan yang bermasalah juga bisa berpengaruh pada mesin mobil yang cepat panas ketika AC mobil menyala. Perlu diketahui jika hal ini biasanya terjadi dan paling sering ditemui pada AC mobil yang letak kondensornya bersebelahan dengan radiator. Jika kondensor tidak bersebelahan dengan radiator maka tidak perlu khawatir mesin akan menjadi panas ketika AC dinyalakan.

Baca juga : Kerusakan yang Paling Sering Terjadi pada Kondensor AC Mobil

Rawat Extra Fan AC Mobil dengan Service Rutin

Untuk bisa menikmati fungsi extra fan yang maksimal, rawat extra fan AC mobil dengan service rutin. Service rutin akan membuat kondisi extra fan menjadi lebih terjaga. Tidak hanya extra fan, komponen yang lainnya juga bisa lebih terjaga sehingga bisa berfungsi dengan maksimal.

Itulah sedikit ulasan tentang extra fan bermasalah yang berdampak pada AC mobil.

Semoga bermanfaat.

Senang berbagi.

Tinggalkan komentar