Apa itu Selang dan Pipa AC Mobil?
Kalau Selang dan Pipa Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil?

Hai #SahabatRotary

Jika Anda memiliki mobil maka pasti tahu jika mobil tersebut memiliki banyak sekali komponen dan bagian-bagian penting untuk kinerja mobil yang maksimal. Salah satunya adalah AC mobil yang berfungsi untuk menyejukkan kabin serta mengontrol temperatur. Selain itu, AC mobil juga berfungsi sebagai mengontrol sirkulasi udara, kelembapan, dan bisa juga untuk membersihkan udara.

AC mobil memiliki beberapa komponen utama, seperti kompressor, kondensor, dryer filter, expansi valve, dan evaporator. Selain itu ada juga komponen pendukung, misalnya oli kompressor, magnetic clutch, fan belt, selenoid kompressor (kompressor tanpa magnetic clutch), pipa dan selang, seal O-ring, dan filter cabin.

Lihat juga : AC Mobil Mercy Bau dan Kurang Dingin?#ServiceACMobil MercyC250 2016

Apa itu Selang dan Pipa AC Mobil?

Sudah disebutkan jika AC mobil memiliki selang dan pipa sebagai komponen pendukung. Selang pada AC mobil ini terbuat dari bahan karet sintetis yang dirancang agar bisa tahan pada tekanan suhu yang tinggi dan bisa tahan pada kandungan kimia dari refrigerant. Sedangkan pipa terbuat dari bahan aluminium atau tembaga atau bahan yang lain seperti besi.

Home Service : Service AC Mobil Panggilan Bintaro

Apa Fungsinya Selang dan Pipa AC Mobil?

Pada dasarnya, selang dan pipa AC mobil berfungsi sebagai media penghubung dan penghantar tekanan freon ke seluruh bagian komponen AC mobil. Untuk lebih jelasnya, pipa berfungsi sebagai mediator freon yang bersirkulasi.

Misalnya pada kondensor yang menuju ke dryer filter atau dari evaporator menuju ke selang kompressor. Pipa pada AC mobil harus menempel pada suatu benda atau alat yang tidak bergerak karena sifatnya yang mudah patah.

Sama seperti pipa, selang juga berfungsi sebagai mediator freon yang bersirkulasi namun yang berbeda hanya peletakannya saja. Selang yang fleksibel karena berbahan dari karet biasa digunakan untuk komponen yang bergerak seperti kompressor. Biasanya ukuran selang yang digunakan adalah ukuran ½” dan 5/8”.

Media Sirkulasi dari Freon Low dan High Pressure di Sistem AC Mobil

Sudah disebutkan sebelumnya jika selang dan pipa merupakan media sirkulasi dari freon low dan high pressure di sistem AC mobil. Dengan fungsinya sebagai penghantar pada sistem AC mobil tersebut tidak salah jika bahan yang digunakan untuk merancang selang dan pipa dibuat dari bahan yang bisa tahan dengan suhu tinggi dan kandungan kimia pada sistem yang berjalan pada AC mobil.

Kalau Selang dan Pipa Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil?

Karena fungsinya sebagai penghantar, salah satu dampak yang akan terjadi jika selang dan pipa bermasalah tekanan freon terlalu panas sehingga AC mobil akan kurang dingin ketika mobil sedang berhenti namun akan kembali dingin ketika mobil berjalan lagi.

Masalah ini disebabkan oleh pipa yang tersumbat oleh oli atau adanya serpihan dari kotoran gram kompressor atau silika gel yang jebol dari dryer filter akibat terlalu lama tidak diganti.

Penyebab selang dan pipa bisa berasal dari faktor luar misalnya saja ketika terjadi kecelakaan. Posisi kap mesin yang tabrak mobil lain akan mengeluarkan asap di bagian mesin dan AC menjadi tidak dingin. Kondisi tersebut terjadi karena selang atau pipa di sekitar kondensor robek sehingga terjadi kebocoran freon.

Rawat Selang dan Pipa AC Mobil dengan Service Rutin

Untuk menghindari berbagai masalah yang ada, segera rawat selang dan pipa AC mobil dengan service rutin agar kondisi AC mobil tetap terjaga.

Itulah sedikit informasi tentang dampak dari selang dan pipa bermasalah pada AC mobil.

Semoga bermanfaat.

Senang berbagi.