Hai #SahabatRotary,

Merk-merk mobil asal Eropa seperti BMW, Mercedes Benz, Volvo, VW, Peugeot tentu punya keistimewaan tersendiri dibandingkan merk mobil asal jepang seperti Toyota, Daihatsu, Mitsubishi dan Nissan yang lebih umum dimiliki sebagian besar masyarakat Indonesia.

Keistimewaan mobil-mobil asal benua Eropa ini tentunya menuntut penanganan istimewa juga dalam perawatan dan perbaikannya. Tidak semua montir memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menangani merk mobil asal Eropa. Berikut kelebihan dan kekurangan memiliki mobil Eropa yang patut Anda pertimbangkan.

Kekurangan mobil Eropa :

1. Harga relatif lebih mahal dibandingkan mobil Jepang

Mobil Eropa biasanya memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan mobil Jepang. Hal inilah yang membuatnya kalah populer di Indonesia. Tak dapat dipungkiri, harga tentu menjadi pertimbangan utama saat orang Indonesia membeli mobil.

2. Harga jual second mobil Eropa terbilang jatuh

Harga barunya yang mahal, membeli mobil Eropa second sebenarnya bisa jadi pilihan. Harga jual second mobil Eropa bisa terpaut 30-50% dengan harga barunya. Hal ini dikarenakan suku cadang mobil Eropa terbilang cukup jarang dipasaran dan harganya menggerus isi kantong. Sehingga minat untuk membeli mobil Eropa second pun tidak terlalu besar.

3. Suku cadang jarang dipasaran dan sulit didapat

Ketersediaan suku cadang adalah hal yang patut dipertimbangkan saat ingin memiliki mobil Eropa. Bengkel resmi mobil Eropa jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingkan bengkel resmi mobil Jepang. Pun pula, bengkel umum yang mampu menangani mobil-mobil Eropa jumlahnya sangat sedikit. Seringkali ketika ada kerusakan dan membutuhkan penggantian suku cadang, pemilik mobil Eropa harus bersabar untuk memesan atau indent terlebih dahulu suku cadang yang dibutuhkan. Belum lagi, karena jarang ada harganya tentu juga mahal. Mau cari yang KW? Sedikit sekali suku cadang mobil Eropa yang KW.

4. Boros bahan bakar

Alokasikan dana lebih untuk anggaran bahan bakar jika Anda berniat memiliki mobil Eropa. Meski demikian, borosnya konsumsi bahan bakar mobil Eropa diimbangi dengan performa mesin yang mumpuni.

5. Sedikitnya bengkel yang bisa menangani mobil Eropa

Memilih bengkel untuk perbaikan mobil Eropa tidak semudah menemukan bengkel untuk mobil Jepang. Mengingat ada bagian-bagian dan fungsi-fungsi yang berbeda dengan mobil Jepang serta rumitnya sistem kelistrikan, sensor-sensor serta struktur mesin mobil Eropa. Pastikan bengkel yang Anda pilih untuk melakukan perbaikan sudah berpengalaman menangani mobil Eropa.

Bengkel rekomendasi untuk service AC mobil Eropa misalnya, bisa dilakukan di Rotary Bintaro yang saat ini memiliki 7 cabang di Jakarta, Tangerang dan Bekasi.

Meski memiliki beberapa kekurangan, tentunya tidak menutupi keistimewaan dan kelebihan mobil Eropa,  diantaranya :

1. Performa mesin mumpuni dan bandel

Kualitas mesin mobil Eropa tentu tak diragukan lagi. Meski terkadang performanya harus diimbangi dengan kualitas dan volume bahan bakar yang diatas rata-rata.

2. Mengutamakan keselamatan penumpang

Standar keselamatan mobil Eropa yang tinggi membuatnya wajib memiliki fitur-fitur canggih yang menunjang keselamatan berkendara. Airbags sudah pasti menjadi fitur yang wajib ada di mobil-mobil Eropa. Bahkan Komisi uni Eropa tengah mengajukan proposal terkait sistem keselamatan mobil yang rencananya akan diberlakukan mulai tahun 2021. Yaitu beberapa fitur keselamatan canggih seperti autonomous emergency braking (AEB), lane keeping assistance, reversing cameras, dan driver fatigue detection harus ada di mobil-mobil eropa.

3. Memiliki fitur canggih

Kecanggihan teknologi yang tertanam di mobil-mobil Eropa kerap menjadi andalan. Misalnya personal asistant dan kemudi otomatis yang tertanam di mobil-mobil canggih masa kini asal Eropa.

4. Eksterior dan interior mewah

Harga yang relatif mahal tak menjadi masalah dengan tampilan eksterior dan interior kelas premium. Tampilannya tentu berbeda dan tidak pasaran. Membuat pemilik mobil Eropa merasa spesial.

5. Kualitas bahan body dan besi lebih bagus

Selain body yang umumnya lebih besar, kualitas bahan pembuat mobil eropa juga terkenal lebih bagus dan lebih awet.

Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan memiliki mobil Eropa. Membeli mobil tentu harus disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Tidak ada salahnya kalau memang ingin memiliki mobil type dan merk tertentu. Tapi tetap saja, pertimbangan after service, fungsi dan ketersediaan suku cadang harus diperhatikan.

Terimakasih.

Semoga bermanfaat.

 

booking service