rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Anda Wajib Tahu! Ini Komponen Suspensi Mobil Yang Sangat Penting Dalam Mobil Kesayangan Anda!

Kenyamanan dan keamanan maksimal dalam berkendara jelas menjadi hal yang diinginkan oleh semua pengendara termasuk Anda sendiri, bukan? Jika kita berbicara soal kenyamanan dan keamanan, maka sistem suspensi mobil merupakan bagian yang wajib untuk Anda rawat secara rutin. Guncangan yang terserap dengan halus sekaligus juga untuk menopang beban kendaraan merupakan peran penting dari suspensi mobil.

Perlu diingat bahwa fungsi maksimal dari sistem suspensi mobil ini dapat tercipta karena ditopang oleh berbagai komponen di dalamnya. Seluruh komponen suspensi mobil tersebut saling terhubung dan bekerja sama antar yang satu dengan yang lainnya. Bila ada satu saja komponen suspensi mobil yang bermasalah ataupun rusak, maka kinerja dari sistem suspensi mobil akan jadi terganggu.

Maka dari itu, dalam artikel kali ini, kita akan bahas secara tuntas mengenai komponen suspensi mobil sekaligus juga bagaimana cara merawatnya dengan baik agar seluruh komponen sistem suspensi mobil tetap maksimal dan terhindar dari bahaya akan kerusakannya. Seperti apa ya kira-kira? Mari kita bahas bersama!

Pertanyaan Seputar Komponen Suspensi Mobil

Gejala umum kerusakan pada sistem suspensi meliputi getaran yang tidak normal saat berkendara, bunyi-bunyian yang tidak biasa ketika melewati rintangan, mobil cenderung miring ke satu sisi, atau ban terlihat aus secara tidak merata.
Suspensi yang rusak dapat mengakibatkan kenyamanan berkendara menurun, stabilitas kendaraan terganggu, dan bahkan dapat memengaruhi kemampuan pengendalian kendaraan. Kerusakan suspensi yang parah juga bisa menyebabkan kerusakan tambahan pada komponen lainnya, seperti ban dan sistem kemudi.
Beberapa penyebab umum suspensi depan yang lemah atau lunak termasuk per keausan pada per atau pegas suspensi, kebocoran pada sistem shock absorber, atau kehilangan tekanan udara pada suspensi udara (jika kendaraan dilengkapi dengan suspensi udara).
Perawatan suspensi meliputi pemeriksaan rutin terhadap kondisi komponen, seperti pegas, shock absorber, dan per, serta penyetelan ulang atau penggantian komponen yang rusak atau aus. Selain itu, perlu menjaga tekanan udara pada suspensi udara (jika ada) sesuai dengan rekomendasi produsen.
Kerusakan pada sistem suspensi mobil dapat meliputi: - Ausnya per suspensi atau pegas suspensi. - Kebocoran pada shock absorber atau sistem udara (jika ada). - Kerusakan pada baut, karet, atau bagian lainnya yang menghubungkan komponen suspensi dengan rangka kendaraan.

Apa Itu Suspensi Mobil Dan Apa Saja Jenisnya?

Komponen Suspensi Mobil

Sebelum membahas soal komponen suspensi mobil lebih jauh, kita bahas terlebih dahulu soal supensi mobil ini dahulu secara singkat. Sistem suspensi mobil adalah sistem yang terdiri dari berbagai komponen yang berfungsi untuk menyerap atau mengurangi getaran yang ditimbulkan oleh permukaan jalan yang tidak rata. Fungsinya adalah untuk menjaga stabilitas kendaraan dan memberikan kenyamanan saat berkendara.

Seiring dengan perkembangannya, sistem suspensi mobil ini memiliki berbagai jenis. Setiap jenis suspensi mobil ini memiliki karakteristiknya tersendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis suspensi mobil :

  1. Suspensi Independen : Suspensi independen adalah jenis suspensi mobil di mana setiap roda memiliki sistem suspensi yang terpisah. Hal ini memungkinkan setiap roda bekerja secara independen, meningkatkan kenyamanan saat berkendara dan mengurangi getaran yang terasa di dalam kabin. Suspensi independen cenderung lebih mahal dan rumit dalam perawatannya, namun memberikan handling yang lebih baik dan penanganan yang responsif pada berbagai kondisi jalan.
  2. Suspensi Rigid : Suspensi rigid, juga dikenal sebagai suspensi kaku, adalah jenis suspensi mobil di mana dua roda belakang terhubung oleh sebuah poros dan suspensi tunggal. Suspensi ini lebih sederhana dalam konstruksi dan lebih tahan lama, namun dapat memberikan kenyamanan berkendara yang kurang baik terutama saat melewati jalan yang tidak rata.
  3. Suspensi Semi-Independen : Suspensi semi-independen adalah kombinasi dari suspensi independen dan suspensi rigid. Pada suspensi ini, satu roda belakang terhubung menggunakan poros dan suspensi tunggal, sedangkan roda lainnya menggunakan sistem suspensi independen. Suspensi ini merupakan kompromi antara kenyamanan dan handling, dan biasanya ditemukan pada mobil-mobil dengan harga yang lebih terjangkau.

Dengan memahami perbedaan dan karakteristik masing-masing jenis suspensi mobil, Anda dapat mengambil keputusan yang tepat saat memilih kendaraan baru atau mempertimbangkan upgrade suspensi pada kendaraan Anda.

Komponen Komponen Suspensi Mobil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sistem suspensi mobil terdiri dari berbagai macam komponen yang saling terhubung satu sama lainnya. Setiap komponen suspensi mobil ini memiliki fungsinya tersendiri. Berikut ini adalah beberapa komponen suspensi mobil :

  • Shock Absorber : Komponen suspensi mobil berperan dalam menyerap kejutan dan getaran saat mobil melintasi jalan yang tidak rata. Shock absorber membantu menjaga kestabilan dan mengurangi guncangan yang dirasakan oleh pengendara.
  • Stabilizer Bar : Stabilizer bar, juga dikenal sebagai sway bar, berfungsi untuk mengurangi kecenderungan mobil untuk miring saat melintasi tikungan.Komponen suspensi mobil yang satu ini sangatlah berperan penting untuk membantu menjaga keseimbangan dan kestabilan mobil.
  • Pegas : Pegas adalah komponen suspensi mobil yang bertanggung jawab untuk menopang berat kendaraan dan menyerap kejutan dari permukaan jalan yang tidak rata. Pegas dapat berupa pegas spiral atau pegas kumparan yang terbuat dari baja yang kuat dan elastis.
  • Strut Bar : Strut bar, juga dikenal sebagai strut tower bar, adalah batang logam yang menghubungkan dua tower strut di bagian atas mobil. Fungsi dari komponen suspensi mobil yang satu ini adalah untuk meningkatkan kekakuan struktural dan mengurangi fleksibilitas tubuh mobil saat melakukan manuver yang ekstrem.
  • Knuckle Arm : Komponen suspensi mobil berikutnya adalah knuckle arm, atau sering disebut juga sebagai steering knuckle, merupakan komponen penting dalam suspensi mobil yang menghubungkan roda dengan sistem kemudi. Knuckle arm memungkinkan roda untuk berputar saat mobil berbelok dan juga menopang berat mobil.
  • Lower Arm dan Upper Arm : Lower arm dan upper arm, juga dikenal sebagai control arm, adalah komponen suspensi mobil yang menghubungkan rangka mobil dengan roda. Lower arm terletak di bawah roda sedangkan upper arm terletak di atasnya. Fungsinya adalah untuk memberikan stabilitas dan mengontrol gerakan roda saat mobil bergerak.
  • Supported Shock : Komponen suspensi mobil berikutnya adalah supported shock, atau sering disebut juga sebagai strut assembly, adalah unit lengkap yang mencakup shock absorber, pegas, dan kadang-kadang bearing mount. Unit ini dipasang di bagian atas roda dan membantu dalam menyerap kejutan serta menjaga stabilitas mobil.
  • Ball Joint : Ball joint adalah sendi bola yang menghubungkan antara lower arm dengan knuckle arm. Fungsi komponen suspensi mobil ini adalah untuk memungkinkan gerakan rotasi dan pergerakan vertikal roda.
  • Bumper Suspensi : Bumper suspensi, atau sering disebut juga sebagai bump stop atau bump rubber, adalah bagian karet atau busa yang ditempatkan di sekitar shock absorber. Fungsi komponen suspensi mobil yang satu ini adalah untuk menyerap kejutan saat suspensi mencapai batas perjalanan penuhnya dan mencegah benturan keras yang dapat merusak komponen lainnya.

Dengan kerja sama yang baik antara semua bagian suspensi mobil, sistem suspensi dapat bekerja secara optimal untuk memberikan kenyamanan dan kemampuan mengemudi yang baik bagi pengendara. Pastikan untuk secara rutin melakukan perawatan dan pemeriksaan terhadap bagian-bagian suspensi mobil Anda agar tetap dalam kondisi baik.

Baca Juga : Rem Mobil Berdecit Tidak Boleh Anda Sepelekan! Ini Bahayanya!

Pentingnya Merawat Suspensi Mobil

Komponen Suspensi Mobil

Pentingnya perawatan suspensi mobil secara rutin tidak bisa diabaikan. Merawat suspensi mobil dengan baik adalah kunci untuk memastikan performa optimal dan menjaga agar suspensi mobil Anda tetap berfungsi dengan baik selama lebih lama.

Pentingnya Perawatan Suspensi Mobil

Perawatan suspensi mobil memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kenyamanan berkendara dan keamanan Anda. Berikut adalah beberapa alasan mengapa merawat suspensi mobil secara rutin sangat penting:

  • Peningkatan kenyamanan berkendara: Suspensi mobil yang baik akan memberikan kenyamanan berkendara yang maksimal. Dengan merawat suspensi mobil, Anda dapat memastikan bahwa mobil Anda tetap stabil dan mampu menyerap guncangan jalan dengan baik.
  • Meningkatkan umur suspensi: Perawatan yang baik dapat membantu memperpanjang umur suspensi mobil Anda. Dengan melakukan pemeriksaan rutin, Anda dapat melihat tanda-tanda awal kerusakan atau keausan pada komponen suspensi dan mengambil tindakan preventif sebelum masalah semakin parah.
  • Menghindari biaya perbaikan yang tinggi: Dengan merawat suspensi mobil secara teratur, Anda dapat mengidentifikasi masalah pada suspensi sejak dini dan mencegah kerusakan yang lebih serius. Ini dapat menghindarkan Anda dari biaya perbaikan yang tinggi di kemudian hari.
  • Menjaga keamanan: Suspensi yang rusak dapat berdampak pada sistem kemudi dan stabilitas kendaraan. Dengan merawat suspensi mobil, Anda dapat memastikan bahwa kendaraan Anda tetap aman untuk digunakan.

Jadi, jangan abaikan perawatan suspensi mobil Anda. Melakukan perawatan suspensi mobil secara rutin akan memberikan banyak manfaat, termasuk meningkatkan kenyamanan berkendara, memperpanjang umur suspensi, menghindari biaya perbaikan yang tinggi, dan menjaga keamanan Anda selama berkendara.

Cara Merawat Suspensi Mobil dengan Tepat

Merawat suspensi mobil adalah langkah penting untuk memastikan kenyamanan dan performa optimal saat berkendara. Di bagian ini, kami akan memberikan tips dan panduan tentang cara merawat suspensi mobil dengan tepat yang dapat Anda terapkan sendiri. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  1. Membersihkan Suspensi Mobil secara Berkala

Melakukan pembersihan suspensi mobil secara berkala sangat penting untuk menjaga kinerja dan mencegah akumulasi kotoran yang dapat merusak komponen suspensi. Anda dapat membersihkan suspensi menggunakan air sabun dan sikat lembut untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau. Pastikan Anda juga membersihkan bagian-bagian seperti per, per lower arm, dan stabilizer bar.

  1. Mengecek Keausan pada Suspensi Mobil

Keausan pada suspensi mobil dapat mempengaruhi kinerja dan kestabilan mobil. Untuk mengecek keausan suspensi, perhatikan adanya tanda-tanda aus pada bagian-bagian penting seperti per dan per lower arm. Jika ada tanda-tanda keausan yang mencolok, segera lakukan penggantian atau perbaikan yang diperlukan.

  1. Mengecek Kebocoran pada Suspensi Mobil

Kebocoran pada suspensi mobil juga dapat berdampak negatif pada kinerja dan kestabilan mobil. Untuk mengecek kebocoran, perhatikan adanya tanda-tanda adanya cairan bocor pada shock absorber atau komponen lainnya. Jika terdapat kebocoran, segera lakukan perbaikan atau penggantian komponen yang bocor.

Dengan menjaga suspensi mobil dalam kondisi yang baik, Anda dapat memastikan kenyamanan dan keamanan berkendara yang optimal. Terapkan langkah-langkah perawatan ini secara rutin untuk memastikan suspensi mobil tetap dalam performa terbaiknya.

WhatsApp Image 2024 02 03 at 11.31.45 AM

Perbaikan dan Perawatan Komponen Suspensi Mobil Dengan Kyoto Shaking Machine Hanya Di Rotary Bintaro!

Komponen Suspensi Mobil

Komponen suspensi mobil membutuhkan perhatian khusus dalam perawatannya. Ini tidaklah mengherankan mengingat komponen suspensi mobil  ini merupakan bagian dari kaki kaki mobil, artinya banyak berhubungan dan berhadapan dengan berbagai macam guncangan serta juga beban dalam mobil kesayangan Anda. Dalam hal ini, melakukan perawatan di bengkel kaki kaki mobil menjadi hal yang wajib untuk Anda lakukan secara rutin.

Pertanyaan terakhirnya adalah, di bengkel kaki kaki mobil mana sih yang dapat diandalkan untuk melakukan perawatan pada bagian suspensi ataupun komponen kaki kaki mobil lainnya? Satu bengkel yang dapat kami rekomendasikan adalah Rotary Bintaro. Bengkel yang satu ini telah berdiri selama lebih dari 20 tahun lamanya lho! Tingginya jam terbang yang dimiliki Rotary Bintaro tentu membuatnya memiliki berbagai pengetahuan dan keterampilan dalam mengatasi berbagai masalah pada mobil, termasuk masalah pada komponen suspensi mobil.

Apalagi, Rotary Bintaro kini menjadi bengkel kaki kaki mobil pertama di Indonesia yang menyediakan Kyoto Shaking Machine lho! Hadirnya mesin canggih ini membuat pengecekan dan service pada komponen suspensi mobil ataupun komponen kaki kaki mobil lainnya menjadi jauh lebih cepat, tepat dan akurat, tanpa feeling dan tanpa dibawa keliling!

Bagaimana bisa? Ini dikarenakan Kyoto Shaking Machine memanfaatkan guncangan hidrolik untuk memberikan simulasi guncangan pada mobil kesayangan Anda. Nah, dari hasil simulasi guncangan itulah akan dianalisa ada atau tidaknya masalah pada komponen suspensi mobil ataupun komponen kaki kaki mobil lainnya yang bahkan dapat Anda saksikan secara langsung dengan hasil yang lebih cepat dan tepat lho!

Ketika hasil analisanya sudah tepat, maka tentu solusi yang diambil juga jauh lebih akurat. Anda akan terhindar dari bolak balik bengkel akibat kesalahan analisa, karena seluruh analisa dan pengambilan solusinya dilakukan dengan mekanisme mesin yang canggih. Hasil akhirnya, Anda juga tentu menjadi jauh lebih puas dan tenang ketika melakukan service kaki kaki mobil disana.

Kunjungi website resmi dari Rotary Bintaro untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi dunia otomotif  hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...