rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

10 Alasan Kompresor AC Mobil Berisik dan Cara Mengatasinya

Kompresor AC mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sistem AC mobil. Ibarat sebuah organ tubuh, kompresor AC mobil ini seolah seperti jantung bagi sistem AC mobil. Fungsi kompresor AC mobil tidak lain adalah untuk memompa dan memampatkan freon AC mobil untuk nantinya akan disalurkan ke berbagai komponen AC mobil lainnya (1).

Sama seperti komponen AC mobil lainnya, kompresor juga begitu rentan untuk mengalami masalah. Salah satunya adalah masalah kompresor AC mobil berisik. Mengingat bahwa kompresor AC mobil merupakan jantung dalam sistem AC mobil, maka masalah apapun yang terjadi pada kompresor perlu segera ditangani, termasuk masalah kompresor AC mobil berisik.

Masalah kompresor AC mobil berisik ini tidak hanya sekedar menimbulkan suara mengganggu semata, tetapi menjadi tanda adanya masalah yang perlu segera ditangani. Masalah pada kompresor yang merupakan jantung bagi sistem AC mobil apabila dibiarkan, maka ini akan berpotensi untuk merembet ke berbagai komponen AC mobil lainnya. Maka dari itu, dalam artikel kali ini, kita akan bahas tuntas masalah kompresor AC mobil berisik. Seperti apa kira-kira? Yuk kita bahas bersama!

Pertanyaan Seputar Kompresor AC Mobil Berisik

Tidak. Suara berisik pada kompresor AC tidak boleh diabaikan karena bisa menandakan adanya masalah serius pada sistem AC mobil. Jika dibiarkan, masalah ini bisa menyebabkan kerusakan lebih parah dan biaya perbaikan yang lebih tinggi.
Beberapa tanda kerusakan pada kompresor AC antara lain: - Suara berisik atau mendengung saat AC dinyalakan. - Udara yang keluar dari AC tidak dingin. - Terjadi getaran yang tidak biasa saat AC bekerja. - Adanya kebocoran refrigeran yang terlihat dari bercak minyak atau gas.
Jika kompresor AC mobil berisik, sebaiknya: - Segera matikan AC untuk menghindari kerusakan lebih lanjut. - Bawa mobil ke bengkel spesialis AC untuk diperiksa dan diperbaiki. - Hindari mencoba memperbaiki sendiri jika tidak memiliki pengetahuan dan alat yang tepat.
Biaya ganti kompresor AC mobil dapat bervariasi tergantung pada: - Jenis kerusakan yang terjadi. - Model dan merek mobil. - Ketersediaan suku cadang. Secara umum, biaya ganti kompresor AC mobil bisa berkisar dari beberapa ratus ribu hingga jutaan rupiah.

Penyebab Kompresor AC Mobil Berisik

kompresor ac mobil rusak 1

Kompresor AC mobil berisik dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang perlu Anda ketahui. Dalam bagian ini, kami akan menjelaskan secara detail penyebab umum mengapa kompresor AC mobil bisa berisik, termasuk kerusakan komponen dan perawatan yang kurang optimal.

1. Komponen Yang Aus

Lama penggunaan dan suhu yang tinggi dapat menyebabkan keausan pada komponen kompresor AC mobil, terutama pada piston, bantalan, dan poros. Keausan ini dapat menghasilkan bunyi berisik saat kompresor beroperasi.

2. Kurang Ganti Oli Kompresor

Salah satu penyebab umum kompresor AC mobil berisik adalah kurangnya oli pada komponen-komponen penting di dalamnya. Apabila jarang ganti oli kompresor, gesekan antar komponen akan meningkat, menyebabkan suara berisik.

3. Pemasangan Komponen AC Mobil Yang Tidak Benar

Kompresor ac mobil berisik bisa disebabkan ketika pemasangan komponen tertentu yang salah (2). Seperti yang kita ketahui Bersama, system AC di mobil Anda terdiri dari banyak komponen yang melakukan tugas berbeda. Jika pemasangan tidak dilakukan dengan benar, AC mungkin tidak berfungsi dengan baik atau menimbulkan kebisingan.

4. Masalah Pada Belt Kompresor

Kebisingan pada kompresor AC mobil juga dapat disebabkan oleh masalah pada belt yang menggerakkan kompresor. Jika belt longgar atau aus, akan timbul suara berisik saat kompresor beroperasi.

5. Evaporator yang Kotor dan Berdebu

Evaporator yang kotor akan mempengaruhi kinerja dan mengeluarkan suara “wuss” yang keras saat AC dihidupkan. Masalah pengotoran evaporator biasanya disebabkan karena membiarkan jendela mobil terbuka terlalu lama dengan AC menyala. Interior dan karpet kendaraan yang kotor dan berdebu juga dapat mencemari evaporator.

Oleh karena itu, jangan pernah membuka jendela mobil anda saat AC sedang menyala. Selanjutnya bersihkan alat penguap Anda secara teratur, terutama jika kotor.

6. AC Mobil Sering Disetel Sangat Dingin

Tidak apa-apa menyetel system AC mobil Anda ke suhu yang sangat dingin. Ya, biasanya saat Anda masuk ke dalam mobil dan membutuhkan suhu dingin untuk mengeluarkan udara panas yang terperangkap di dalamnya

Namun, Anda harus tahu bahwa jika Anda sering menyetel AC ke suhu yang sangat rendah, tekanan yang kuat dapat menyebabkan masalah pada tensioner AC Anda. Parahnya, bantalan tersebut sudah aus dan perlu diganti dengan yang agar AC dapat berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, lakukan penggunaan AC sesuai kebutuhan dan jangan menyetelkan secara berlebihan. Sehingga Anda tidak akan pernah lagi mendengar suara bising yang mengganggu dari AC mobil.

7. Magnetic Clutch Rusak

Magnetic Clutch adalah salah satu bagian penting dari AC mobil. Tugasnya, mengatur kerja kompresor. Masalah kebisingan kompresor AC mobil bisa terjadi karena Magnetic Clutch rusak dan masa pakainya melebihi batas normal. Selain itu, Magnetic Clutch yang berkualitas buruk juga dapat menyebabkan kebisingan (3).

Oleh karena itu, gunakan Magnetic Clutch berkualitas tinggi untuk mencapai masa pakai yang lama. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir untuk Magnetic Clutch rusak dan suara tidak normal dari AC mobil. Oh iya, selain berisik, Magnetic Clutch yang rusak juga bisa membuat system AC mobil Anda untuk tidak bisa mengalirkan udara yang sejuk.

8. Gas Freon Sudah Habis

Penyebab bunyi tidak normal pada kompresor AC mobil selanjutnya adalah kehabisan freon. Ya, freon berperan untuk mendinginkan AC dan mencegah suranya yang tidak sedap. Kebisingan yang terjadi biasanya berupa suara mendesing.

9. Suhu Freon Yang Tidak Optimal

Suhu freon yang tidak mencapai tingkat optimal dapat memengaruhi kinerja kompresor AC mobil dan menghasilkan suara berisik. Hal ini bisa terjadi karena kebocoran pada sistem refrigrasi atau masalah pengaturan suhu pada AC mobil.

10. Kebocoran Dari Saluran AC Mobil

Saluran AC bisa bocor tanpa perawatan yang tepat dan perawatan rutin. Selang ac mobil bocor ini dapat dengan cepat menguras gas freon. Salah satu penyebab bunyi tidak normal daari AC adalah kekurangan gas freon. (3)

Selain kebocoran gas freon, kebocoran pada saluran AC juga bisa menyebabkan oli kompresor cepat habis. Hal ini dapat menyebabkan kurangnya oli di kompresor dan kebisingan dari system pendingin udara.

Memahami penyebab kompresor AC mobil berisik adalah langkah awal untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan kebisingan, Anda dapat mengambil tindakan yang tepat untuk memperbaiki atau mencegahnya

Baca juga: Tiba-Tiba AC Mobil Bunyi Mendesis: Penyebab Dan Solusinya

Cara Mengatasi Kompresor AC Mobil Berisik

kompresor ac mobil rusak 2

Jika Anda menghadapi masalah kompresor AC mobil yang berisik, tidak perlu khawatir. Ada beberapa solusi efektif yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi masalah ini dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah perbaikan yang dapat Anda lakukan sendiri atau dengan bantuan teknisi AC mobil profesional:

1. Periksa Dan Bersihkan Kompresor AC Mobil

Langkah pertama adalah memeriksa kondisi kompresor AC mobil untuk memastikan tidak ada kerusakan atau keausan pada komponen-komponennya. Jika ditemukan kotoran atau debu yang menempel, bersihkan dengan hati-hati menggunakan kuas atau lap yang lembut. Pastikan kompresor dalam keadaan mati dan tidak terhubung dengan sumber listrik saat membersihkannya.

2. Ganti Oli Kompresor AC Mobil

Oli yang tidak cukup atau kualitasnya sudah menurun juga dapat menjadi penyebab kompresor AC mobil berisik. Pastikan untuk memeriksa tingkat dan kondisi oli pada kompresor. Jika diperlukan, gantilah dengan oli yang baru dan sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh produsen mobil Anda.

3. Isi Ulang Gas freon

Solusi selanjutnya yang harus dilakukan saat kompresor AC mobil berisik adalah mengisi ulang gas freon. Ya, memang kekurangan gas freon adalah salah satu penyebab paling umum dari kebisingan AC dan banyak ditemukan di berbagai merek kendaraan.

4. Membersihkan Evaporator

Jangan membersihkan evaporator AC sendirian. Karena, beberapa komponen harus dibongkar untuk melihat letak evaporator ac mobil tersebut. Omong-omong, pembongkaran yang tidak dilakukan dengan hati-hati juga dapat menyebabkan dashboard mobil rusak.

Bersihkan evaporator menggunakan cairan khusus lalu diaplikasikan pada sirip-sirip evaporator. Selain itu juga bisa menggunakan jet clean dengan cara menyemprot dan membersihkan evaporator dari kotoran-kotoran yang menempel.

5. Rutin Service AC Mobil

Hal selanjutnya yang harus dilakukan sebagai penanggulangan saat kompresor AC Mobil berisik adalah dengan membersihkan kompresor AC mobil secara menyeluruh. Ya, jika Anda membersihkan kompresor Ac mobil Anda, Anda dapat langsung menghilangkan benda asing seperti kotoran dan debu. Tidak ada lagi kebisingan AC di mobil saya.

6. Ganti Komponen Kompresor

Selanjutnya anda bisa mengganti komponen kompresor ac mobil yang sudah usang atau aus. Seperti fan belt kompresor yang sudah kendur. Kompresor ac mobil berisik ini bisa di sebabkan dari bunyi fan belt yang sudah kendur dan usang. Lalu anda bisa mengganti komponen lainnya seperti oli kompresor, seal, puley kompresor yang perlu di cek terlebih dahulu.

Baca juga: 10 Daftar Bengkel Mobil Toyota Terbaik Dengan Harga Terjangkau di Kota Anda

Tips Perawatan Kompresor AC Mobil agar Tidak Berisik

Agar kompresor AC mobil tidak berisik, penting untuk melakukan perawatan yang rutin dan tepat. Berikut adalah beberapa tips perawatan praktis yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kinerja optimal kompresor AC mobil:

  1. Periksa dan Bersihkan Filter Udara

Setiap beberapa bulan, pastikan untuk memeriksa filter udara kompresor AC mobil Anda. Jika terlihat kotor atau kotoran, bersihkan atau ganti dengan filter yang baru. Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara dan menyebabkan kompresor AC mobil berisik.

  1. Perhatikan Bunyi Kompresor

Secara berkala, cek nada yang dihasilkan oleh kompresor AC mobil Anda. Jika nada berubah atau terdengar tidak normal, itu bisa menjadi tanda adanya masalah. Segera lakukan perbaikan jika diperlukan untuk mencegah lebih parahnya kerusakan.

  1. Lakukan Pelumasan yang Tepat

Pastikan untuk melumasi komponen yang memerlukan pelumasan, seperti bearing dan roda kipas. Gunakan pelumas yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan atau panduan perawatan untuk memastikan perawatan yang tepat.

  1. Periksa Kondisi Belt dan Kompresor

Cek kondisi belt penggerak dan kompresor AC mobil secara teratur. Pastikan belt tidak aus atau kendur dan periksa apakah kompresor AC mobil berada dalam posisi yang tepat. Jika ditemukan masalah, segera perbaiki atau gantilah.

  1. Perhatikan Tekanan Refrigeran

Pastikan bahwa tekanan refrigeran dalam sistem AC mobil Anda berada dalam rentang normal. Tekanan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan kompresor AC mobil berisik. Jika ada ketidakseimbangan dalam tekanan, perlu dilakukan pengisian ulang refrigeran oleh teknisi AC mobil yang terpercaya.

Dengan mengikuti tips perawatan di atas, Anda dapat menjaga kompresor AC mobil agar tetap berfungsi dengan baik dan menghindari kebisingan yang tidak diinginkan. Namun, jika masalah kompresor AC mobil berisik tetap berlanjut atau menjadi lebih parah, segera konsultasikan dengan bengkel spesialis AC mobil untuk perbaikan yang diperlukan. Dengan melakukan perawatan yang tepat, Anda dapat memperpanjang masa pakai kompresor AC mobil Anda.

Baca Juga : Dimana Sih Letak Kompresor AC Mobil? Simak Pembahasan Lengkapnya Disini!

Perbaikan Kompresor AC Mobil Berisik oleh Bengkel Spesialis AC Mobil Rotary Bintaro

kompresor-ac-mobil-berisik (1)

Jika Anda menghadapi masalah kompresor AC mobil yang berisik dan membutuhkan perbaikan lebih lanjut, bengkel spesialis AC Mobil Rotary Bintaro dapat memberikan solusi yang lengkap. Kami memiliki tim mekanik yang terlatih dan berpengalaman dalam menangani perbaikan kompresor AC mobil yang berisik.

Kami menyadari bahwa kerusakan pada kompresor AC mobil dapat menjadi masalah yang sangat mengganggu. Oleh karena itu, kami menawarkan layanan perbaikan yang cepat dan efektif untuk mengatasi kebisingan kompresor AC mobil Anda.

Untuk melakukan reservasi perbaikan kompresor AC mobil berisik, Anda dapat menghubungi customer service kami dengan cara klik disini atau melalui nomor telepon yang tercantum di situs web Rotarybintaro.co.id kami. Tim kami akan dengan senang hati membantu Anda memberikan pelayanan terbaik dan menjadwalkan waktu perbaikan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut 10 Cabang Bengkel Spesialis AC Mobil Rotary Bintaro

Cabang Serpong

Bohemia, Ruko Bavaria Extension, Jl.Fatmawati No.79, Sebelah Pintu Masuk Cluster, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Klp. Dua, Kec. Klp. Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15143

Cabang Depok

Jl. Raya Parung – Ciputat No.57, Bojongsari Baru, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat 16516

Cabang Green Garden

2, Jl. Kedoya Raya No.20, RW.2, Kedoya Sel., Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520

Cabang Puri

Jl. Kembang Kerep No.6, RW.2, Kembangan Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610

Cabang Bekasi

AXC Summarecon Bekasi Blok VB/18 Tepat Depan Summarecon Mall Bekasi RT.003, RW.002, Marga Mulya, Kec. Bekasi Bar., Kota Bks, Jawa Barat 17143

Rotary Auto

Jl. RC. Veteran Raya No.35, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cabang Veteran

Jl. RC. Veteran RT.10/RW.10 No. 1A Bintaro Raya Tanah Kusir, RT.10/RW.10, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cabang Ciledug

Jl. Ciledug Raya No.7a, RT.11/RW.2, Petukangan Utara, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12260

Cabang Kuningan

Jl. H. R. Rasuna Said No.51, RW.2, Kuningan Bar., Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950

Link Sumber :

  • https://www.suzuki.co.id/tips-trik/memahami-kinerja-kompresor-ac-mobil?pages=all
  • https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/kompresor-ac-mobil-berisik
  • https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/kompresor-ac-mobil-berisik-ini-penyebab-dan-cara-mengatasinya/
logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...