Momen lebaran selalu ditunggu-tunggu karena pada kesempatan inilah kita bisa pulang ke kampung halaman dan bertemu orang-orang tercinta. Mudik ke kampung halaman pun terasa menyenangkan jika ditemani dengan kendaraan roda empat. Selain lebih efektif untuk menyimpan barang bawaan, kendaraan roda empat juga sangat aman saat dibawa untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Dari sekian banyak mobil yang ada, berikut jenis-jenis mobil yang paling cocok untuk mudik lebaran nanti.

1. Toyota Avanza

β€œMobil sejuta umat”, Toyota Avanza, tampaknya menjadi mobil yang paling sering digunakan untuk menemani perjalanan mudik di hari lebaran nanti. Mobil ini hadir dengan mesin berkapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc yang dipercaya hemat dalam urusan bahan bakar. Satu liter bensin bisa digunakan untuk menempuh jarak 16 km. Perjalanan jauh sekalipun dipastikan tidak akan menghabiskan kocek dalam jumlah yang besar.

2. Honda Mobilio

Salah satu kelebihan mobil ini adalah kondisi kabin yang cukup lapang, mampu menampung hingga 7 orang penumpang ditambah 1 orang pengemudi. Honda Mobilio juga sudah dibekali mesin tipe 1.5 L SOHC dengan 4 silinder segaris, 16 katup VVT-i dan DBW. Mesin tipe ini membuat Honda Mobilio lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Dimana satu liter bensin mampu menempuh jarak hingga 21 km. Honda Mobilio juga dilengkapi dengan bagasi yang luas, sanggup menampung barang bawaan dalam jumlah yang banyak.

3. Suzuki Ertiga

Untuk tipe Ertiga, Suzuki menyematkan mesin K14B DOHC dilengkapi dengan 4 silinder segaris dengan 16 katup dan kapasitas mesin sebesar 1.400 cc. Desain interior Suzuki Ertiga bisa dibilang cukup bagus dengan kondisi kabin yang luas. Mobil ini bisa menampung sampai 8 orang, tapi dengan risiko bagasinya jadi lebih sempit. Nah, untuk memperluas bagasi, Anda bisa melipat kursi baris ketiga bila tidak dipakai agar bagasi bisa menampung banyak barang bawaan.

Baca juga : Aneh, Kenapa Ahok Melarang Mobil Tua Beroperasi Di Jakarta

4. Chevrolet Spin

Mobil lain yang juga irit bahan bakar adalah Chevrolet Spin. Kapasitas mesin Chevrolet Spin sendiri sebesar 1.248 cc 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 75 hp saat berada pada torsi 190 Nm. Berbekal mesin seperti ini, tidak heran kalau Chevrolet Spin jadi salah satu alternatif mobil yang paling cocok untuk mudik lebaran nanti.

5. Nissan Grand Livina

Mobil tipe MPV jadi mobil yang paling laku keras saat mudik. Sebab, mobil tipe ini bisa menampung jumlah penumpang yang lebih banyak kalau dibandingkan dengan mobil tipe SUV ataupun LCGC. Bermodalkan teknologi CVT, mobil ini mampu menghasilkan kekuatan maksimal mencapai 109 Ps. Sayangnya, mobil ini kurang hemat dalam kondisi bahan bakar. Sebab, satu liter bensin hanya bisa digunakan untuk menempuh jarak 12,8 km saja.

6. Mitsubishi Pajero Sport

Mobil SUV yang satu ini jadi mobil yang layak dipertimbangkan dibandingkan mobil tipe MPV karena tenaga mesinnya sangat gahar untuk menerjang segala kondisi jalanan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir selama mudik nanti. Pajero Sport hadir dengan kabin yang cukup luas, sehingga mampu menampung 7 orang penumpang. Bagian kabin juga terbuat dari material premium, sehingga terlihat sangat mewah dan elegan. Meski berkendara dengan Pajero jauh lebih nyaman dibandingkan mobil lain, tapi sayang mobil ini sangat tidak bersahabat dalam hal bahan bakar. Sebab, 1 Liter bensin hanya bisa digunakan untuk menempuh jarak sejauh 7,1 km saja.

7. Daihatsu Xenia

Mobil yang paling cocok untuk mudik lebaran nanti adalah Daihatsu Xenia. Mobil yang sangat mirip dengan Toyota Avanza ini layak dipertimbangkan karena memang irit dari segi bahan bakar. Tarikannya juga sangat enteng, sehingga membawa mobil ini dalam perjalanan panjang sekalipun terasa lebih nyaman.

Lagi sibuk mencari mobil yang paling cocok untuk lebaran nanti? Anda bisa memilih salah satu dari 7 jenis mobil di atas sebagai alternatif terbaik untuk dibawa mudik lebaran.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

booking service