fbpx

Begini Cara Memilih Oli Mesin Mobil Yang Baik Untuk Mobil Kesayangan!


Hai #SahabatRotary

Memilih oli mesin mobil yang tepat dapat memperpanjang usia mesin mobil, karena setiap mobil memiliki mesin dengan spesifikasi yang berbeda. So, cara perawatannya pun tidaklah sama. Pemilihan oli yang tepat adalah salah satu hal yang patut diperhatikan. Agar mesin mobil tidak cepat rusak.

Lalu, bagaimana kan cara memilih oli mobil yang tepat? Yang perlu Anda catat di sini adalah oli mobil yang mahal belum tentu baik dan cocok untuk mobil Anda. Oleh karena itu, Anda harus pintar memilih oli mobil yang sesuai dengan kebutuhan mobil agar memberi dampak yang optimal bagi performa mobil Anda juga.

Nah, kebetulan di sini akan kita bahas bagaimana cara memilah oli mesin mobil terbaik dan tepat untuk jenis mobil Anda. Mari kita simak paparannya.

oli mesin mobil

Jangan asal mahal! Pilih oli yang tepat untuk mobil kita!

Bagi kebanyakan orang yang tidak paham mesin, fungsi oli mungkin sebatas pelumas mesin saja. Padahal, oli masih memiliki fungsi lain yang tak kalah penting dari hanya sekadar melumasi mesin mobil.  Yaitu, sebagai pendingin dan penstabil suhu mesin, pelumas anti karat, dan juga sebagai penutup celah pada dinding mesin. Karena, dengan adanya oli mesin maka gesekan antar komponen menjadi lebih halus.

Memang biasanya di bengkel akan direkomendasikan jenis oli yang cocok untuk mobil Anda. Tapi, Anda juga harus mengetahui seperti apa oli yang tepat untuk kendaraan Anda sendiri. Berikut ini cara-cara memilah oli mesin mobil yang baik:

  1. Perhatikan bahan pembuat oli
    Oli mesin mobil dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan bahannya;
    Yang pertama, oli sintetik yang terbuat dari berbagai macam bahan kimia,
    Kedua, ialah oli mineral yang terbentuk dari ekstraksi minyak bumi, dan lebih alami,
    dan yang ketiga adalah oli semi sintetik gabungan dari keduanya.Oli sintetis dipercaya dapat lebih maksimal ketika digunakan untuk mobil-mobil pabrikan baru seperti yang kebanyakan saat ini. Karena bukan tanpa alasan mengingat jika oli yang kita pilih tidak sesuai dengan spesifikasi mesin, dapat dipastikan akan membuat performa mesin menjadi down dan bahkan tidak awet.
  2. Pahami karakter mesin mobil
    Cara paling simpel untuk memilih oli mesin mobil yang tepat untuk mobil ialah dengan melihat manual book yang tertera saat pembelian mobil. Di dalam buku tersebut lengkap dijelaskan perihal spesifikasi mesin dan jenis oli yang tepat untuk tipe dan model mobil Anda. Dan yang perlu kita garis bawahi adalah kecocokan antara oli dengan mesin serta kualitasnya, bukan mereknya, ya!
  3. Cek tipe dan kekentalan oli
    Walaupun memiliki fungsi yang sama, namun sayangnya oli tidak dapat melindungi mesin secara maksimal jika kandungannya tidak sesuai dengan karakter dan kebutuhan mobil Anda. Biasanya perbedaan tersebut dapat terlihat dari kekentalan cairan oli secara kasat mata.
  4. Hindari dan hati-hati oli palsu/curah
    Kita perlu waspada karena sekarang ini begitu banyak oli abal-abal yang beredar di pasaran. Memang oli ini dipatok dengan harga yang lebih murah, namun jangan terkecoh, kenalilah ciri-ciri oli palsu seperti di bawah ini:
    -Oli palsu biasanya lebih pekat dan warnanya hitam gelap oli asli berwarna kuning jernih seperti minyak kelapa sawit.
    -Oli palsu akan terasa kasar jika diraba dengan jari karena terdapat kandungan logam di dalamnya
    -Dari baunya dari oli palsu sangat tidak enak seperti hasil bekas pembakaran 

    Setelah memilih oli yang tepat, jangan lupa juga untuk selalu memeriksa kondisi dan volume oli mesin mobil secara rutin. Jika tidak, bukan hanya mesin saja yang dapat terkena dampaknya, bisa jadi komponen mobil yang lain juga ikut rusak karena hal sepele namun krusial tersebut.

  5. Pilih oli yang bersertifikasi
    Perhatikan hal ini saat memilih oli mesin yaitu sertifikasi yang dimiliki oleh oli. Beberapa badan yang mengeluarkan sertifikasi antara lain, API, ACEA, ILSAC, dan JASO. Dengan memilih oli yang telah tersertifikasi dengan badan tersbut maka oli tersebut niscaya telah terjamin standar dan kualitasnya.
  6. Perhatikan buku panduan kepemilikan mobil
    Salah satu cara termudah dalam menentukan jenis oli apa yang cocok dipakai untuk mobil Anda adalah dengan melihat buku panduan atau manual book dari mobil itu sendiri. Di dalam buku panduan mobil biasanya dijelaskan tentang oli atau pelumas apa yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan mobil Anda.
  7. Bolehkah gonta ganti merk oli?
    Ada beberapa tipe orang yang hanya satu saja menggunakan merk oli tertentu untuk mobilnya. Karena takut mencoba-coba merk lain. Namun, sebetulnya sah-sah saja untuk Anda bergonta-ganti merk oli, karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, merk dan harga bukanlah penentu utama dari kualitas oli mesin mobil. Yang paling penting, oli tersebut memiliki kekentalan yang sama untuk jenis mesin mobil Anda.
  8. Tahun produksi mobil ​
    Mencocokkan tahun produksi mobil adalah salah satu faktor yang patut diperhatikan untuk menentukan pelumas mesin mobil yang tepat berdasarkan tingkat kekentalannya. Karena sebaik apapun perawatan yang dilakukan, seiring pemakaian pasti akan terjadi aus pada komponen di dalam mesin akibat seringnya para bidang logam yang bergesekan.
    Bayangkan, gesekan pada mesin mobil terjadi selama bertahun-tahun, sehingga membuat celah antar komponen di dalam mesin semakin besar. Oleh karena itu tingkat keausan ini perlu diimbangi dengan penggunaan oli mesin mobil yang lebih kental.
  9. Teknologi mesin mobil
    Memang, memilih oli mobil terbaik untuk tunggangan sobat menjadi hal sederhana namun sangat penting. Sebab, meski banyak merk oli yang dijual di pasaran namun tak sembarang oli bisa kawan jadikan sebagai pelumas mesin untuk mobil sobat. Bukan tanpa alasan mengingat jika oli yang sobat pilih tidak sesuai dengan spesifikasi mesin, dipastikan akan membuat performanya down dan keawetannya tak bisa bertahan lama.
    Tak hanya itu saja, cara memilih oli yang baik dan benar pun juga wajib diketahui. Di mana, dalam memilih oli mobil terbaik ini biasanya bisa dilihat dari beberapa perbedaan mendasar antara oli mobil yang bagus dan oli mobil standar. Perbedaan tersebut, umumnya terletak pada tingkat kekentalan oli tersebut atau yang biasa kita sebut dengan SAE (Society Of Automotive Engineer). Pelumas yang memiliki tingkat kekentalan tinggi atau merk oli mobil terbaik pastinya bakal mampu bekerja secara lebih efisien dan optimal sehingga akan membuat mesin mobil ini menjadi lebih awet.
    Di sisi lain, meski memiliki fungsi yang sama namun perlu diketahui juga bahwa setiap jenis maupun tipe oli memang memiliki kualitas yang berbeda antara satu tipe dengan tipe yang lain, biasanya tergantung dengan merk.Nah, berkaitan dengan merk oli, berikut ini akan uraikan 9 oli mobil terbaik yang beredar di pasar Indonesia!

9 Jenis Oli Mobil Terbaik

  1. Oli TOP1 HP Sport
    Memilih oli mobil terbaik memang tidaklah mudah, beberapa pemilik mobil akhirnya memilih oli dengan kualitas standar dari pabrikan. Namun, jika kita mempertimbangkan dari 2 segi yang berbeda, yaitu dari segi kualitas dan segi harga, oli TOP1 HP Sport Series bisa menjadi pilihan oli terbaik untuk mobil Anda.
    Pertama kita lihat dari segi kualitas, TOP1 HP Sport menggunakan 100% sintetik sebagai bahan dasarnya, sehingga sangat stabil dan lebih tahan pada temperatur tinggi. Hal inilah yang membuat TOP1 HP Sport memiliki masa pakai yang lebih lama.
    Selain itu, oli mobil terbaik ini juga menunjang spesifikasi mobil keluaran terbaru dan mobil LCGC, karena TOP1 HP Sport telah melampaui standar pabrikan dan memenuhi standar tertinggi dari International Lubricant Standardization and Approval Commitee (ILSAC) GF-5. Hal inilah yang membuat pelumas TOP1 mampu melindungi mesin hingga ke celah tersempit sekalipun dan mampu melindungi pada situasi jalanan tak menentu dan kemacetan.
    TOP1 HP Sport juga hadir dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp 95 ribu – Rp 99 ribu per liter, dengan segala keunggulan yang dimiliki dan harga yang terjangkau, inilah yang membuat TOP1 HP Sport menjadi pilihan oli mobil terbaik. Oli TOP1 HP Sport juga hadir dengan tingkat kekentalan yang beragam lho, mulai dari SAE 0W-20 dan 5W-30 yang cocok untuk mobil baru hingga 10W-40 dan 15W-40 yang bisa menjadi pilihan mobil lebih tua.
  1. Castrol Magnatec SAE 10W/40
    Siapa yang tak kenal dengan merk pelumas yang bernama Castrol? Ya, Castrol memang salah satu dari 9 jenis oli mobil terbaik yang sudah cukup lama beredar di Tanah Air. Bahkan, pelumas mesin mobil bermerk Castrol ini pun memang menjadi oli mobil paling populer di Indonesia. Salah satunya yaitu oli mobil Castrol Magnatec SAE 10W/40 yang memiliki kandungan molekul pintar di mana kandungan tersebut diklaim mampu membersihkan mesin secara menyeluruh.
    Menariknya, oli mesin mobil terbaik yang satu ini dilengkapi juga dengan teknologi syntetic yang akan membuat oli menempel kuat pada permukaan mesin sehingga akan mampu membentuk sebuah lapisan ekstra kuat guna melindungi mesin pada mobil sobat selama perjalanan. Terkait dengan banderol harga oli mobil Castrol Magnatec SAE 10W/40 ini sendiri dibanderol cukup mahal, yaitu berada di angka Rp 360 ribuan. Harga yang sepadan untuk mendapatkan oli mobil terbaik.
  1. Eneos CVT Fluid Asia 1 L
    Mungkin, merk pelumas ini tak seterkenal dengan Castrol, namun siapa sangka bahwa Eneos merupakan salah satu dari 9 jenis oli mobil terbaik yang beredar di pasar Asia Tenggara, termasuk juga dengan Indonesia. Oli mobil Eneos CVT Fluid Asia 1 L ini memang menjadi salah satu pelumas yang kabarnya pernah bekerjasama dengan salah satu produk mobil asal negeri Jiran sebagai sponsor resmi. Sesuai dengan namanya yang menggunakan embel-embel “CVT” maka Eneos CVT Fluid Asia 1 L sebagai merk oli mobil terbaik ini memang merupakan pelumas mesin khusus untuk mesin mobil dengan sistem transmisi CVT Metal Belt. Sehingga, buat sobat yang mempunyai mobil bertransmisi CVT ini tampaknya oli Eneos ini bisa menjadi pilihan sebagai oli mobil terbaik. Untuk harga oli mobil Eneos CVT Fluid Asia 1 L ini pun berkisar di angka Rp 150 ribuan.
  1. Lucas Semi Synthetic SAE 10W-40
    Nah, salah satu oli mobil kelas Internasional bermerk Lucas menjadi salah satu dari 9 jenis oli mobil terbaik. Pelumas mesin yang memiliki kapasitas sebanyak 5 liter ini memiliki keunggulan yang cukup mumpuni di kelasnya. Pasalnya, tipe Oli mobil Lucas Semi Syntetic SAE 10W-40 ini sangat dikenal dalam menjaga atau melindungi mesin mobil dari keausan yang diakibatkan karena kinerja mesin yang berat. Bahkan, oli mesin mobil terbaik yang satu ini juga bisa menjaga kestabilan suhu mesin dan mampu menunjang performa mesin mobil menjadi lebih galak namun tetap halus.
    Menariknya, dengan menggunakan oli ini, kebisingan yang bisa dihasilkan dari suara mesin pun juga bisa dikurangi. Maka, tak heran jika Lucas Semi Synthetic SAE 10W-40 ini menjadi salah satu oli mobil terbaik. Sehingga, wajar jika harga oli mobil Lucas Semi Syntetic SAE 10W-40 ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yaitu Rp 700 ribuan.
  1. ELF GL-5 80W-90 1 L
    Pelumas buatan pabrik ELF yang satu ini merupakan oli mobil terbaik yang sangat cocok untuk mobil bersistem transmisi manual. Sebab, oli mobil ELF GL-5 80W-90 1 L ini memang dikenal mampu mendorong mesin untuk bekerja lebih optimal sehingga performa mobil sobat pun semakin handal dan terasa ringan. Tak hanya itu saja, salah satu keunggulan dari merk oli mobil terbaik ELF GL-5 80W-90 1 L ini yaitu terletak teknologi liquid yang dikenal memiliki kemampuan untuk membersihkan mesin mobil secara merata yang akan membuat akselerasi mesinnya pun terasa lebih enak dan enteng. Nah, untuk banderolnya sendiri, harga oli mobil ELF GL-5 80W-90 1 L ini dikenal sebagai tipe pelumas terjangkau dari 9 jenis oli mobil terbaik karena berkisar pada nominal Rp 95 ribuan saja.
  1. Liqui Moly TOP TECH 4100 SAE 5W-40
    Di sisi lain, oli mobil Liqui Moly TOP TECH 4100 SAE 5W-40 ini pun menjadi merk pelumas yang masuk dalam kategori 9 jenis oli mobil terbaik yang beredar di Indonesia. Bukan tanpa alasan, pasalnya pelumas buatan pabrik asal Benua Biru dan berkapasitas 4 liter ini bisa digunakan untuk mobil bermesin bensin maupun diesel.
    Salah satu keunggulan yang cukup menonjol dari pelumas mesin yang satu ini yaitu pada kemampuannya dalam melindungi mesin akibat kinerja mesin yang sangat berat dan selalu menjaga suhu mesin dalam kondisi apapun, baik suhu tinggi maupun rendah. Oli mobil terbaik ini juga sangat bagus dalam menunjang performa mesin menjadi lebih tangguh dan handal.
    Di sisi lain, karena kemampuannya yang super tangguh dan bisa digunakan untuk 2 tipe mesin (diesel & bensin) sekaligus, sehingga tak heran jika harga dari salah satu oli mobil terbaik ini cukup mahal. Harga oli mobil Liqui Moly TOP TECH 4100 SAE 5W-40 ini sudah dibanderol dengan harga Rp 810 ribu.
  1. Chevron 400 Synthetic SAE 10W-30
    Tak ketinggalan juga oli mobil Chevron 400 Synthetic SAE 10W-30 ini menjadi salah satu 9 jenis oli mobil terbaik yang cukup menjadi andalan para pecinta otomotif, terutama kendaraan beroda empat. Wajar saja mengingat Chevron merupakan pabrik kelas dunia asal Amerika Serikat yang memang dikenal memiliki branding yang berkualitas tinggi. Untuk keunggulan yang dimiliki oli mobil Chevron 400 Synthetic SAE 10W-30 ini pun sebenarnya tak berbeda jauh dengan tipe atau merk oli mobil yang lain.
    Hanya saja, untuk tipe oli mesin mobil terbaik buatan Chevron ini memiliki kualitas yang lebih baik dalam membersihkan mesin sampai ke celah-celah setiap bagian mesin sehingga kebersihan mesin akan selalu terjaga dan menjadikan performa dapur pacu mobil pun memiliki akselerasi yang ringan.
    Bahkan, dengan pelumas mesin ini maka mesin mobil pun akan semakin awet dan tahan lama karena mampu melindungi mesin secara maksimal. Di sisi lain, karena kemampuan dan kualitas yang ditawarkan salah satu oli mobil terbaik tersebut maka harga oli mobil Chevron 400 Synthetic SAE 10W-30 ini dibanderol dengan angka yang cukup tinggi, yaitu Rp 660 ribu.
  1. Shell Helix HX7 dan HX 8
    Satu lagi produk oli mobil terbaik, yaitu Shell Helix. Perusahaan pelumas mesin yang sudah dikenal di seantero dunia ini memang khusus membuat pelumas mesin untuk setiap kendaraan, baik motor maupun mobil. Untuk mobil sendiri, akan ditawarkan dua varian, yaitu oli mobil Shell Helix HX 7 yang khusus untuk mobil semi sintetik dan oli mobil Shell Helix HX 8 yang memang ditujukan sebagai pelumas mobil full sintetik.
    Kelebihan yang dimiliki dari merk oli mobil terbaik buatan Shell ini terletak pada teknologi Flexi Molecule yang diusungnya di mana teknologi ini diklaim bakal mampu membentuk sebuah lapisan yang bisa bejerja secara optimal dalam melindungi atau pun bahkan membersihkan mesin di sektor dapur pacu pada mobil sobat.
    Bahkan, oli mobil terbaik dari Shell Helix HX 7 maupun HX 8 ini pun diklaim sendiri oleh pihak pabrik pembuatnya di mana terbukti mampu bekerja 40% lebih baik dalam melindungi mesin dari keausan. Untuk harganya sendiri, pelumas yang masuk dalam kategori 9 jenis oli mobil terbaik ini bakal dibanderol Rp pada kisaran Rp 200 ribuan hingga Rp 300 ribuan.
  2. Total Rubia TIR 6400 Diesel 15W-40 CH-4
    Terakhir, tipe oli yang masuk dalam kategori 9 jenis oli mobil terbaik yaitu oli mobil Total Rubia TIR 6400 Diesel 15W-40 CH-4. Tipe oli ini merupakan pelumas yang dikhususkan untuk mobil bermesin diesel dan berbahan bakar solar.
    Tentu, buat sobat yang memiliki mobil bermesin diesel tampaknya oli Total Rubia ini bisa menjadi pilihan oli mobil terbaik. Kemampuannya dalam menjaga kestabilan mesin dan mengurangi kebisingan menjadi nilai lebih dari pelumas yang satu ini. Untuk harganya sendiri, oli mobil Total Rubia TIR 6400 Diesel ini dibanderol Rp 243 ribu. Harga tersebut tentunya cukup terjangka untuk kategori oli mobil terbaik.

Selain usia mobil, ada hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih pelumas yaitu teknologi yang digunakan pada mesin mobil Anda. Contoh, bagaimana misalnya tahun produksi mobil boleh saja di atas 5 tahun, tetapi teknologi mesin yang diusung sudah cukup canggih. Apalagi umumnya mesin dengan teknologi advance memiliki jalur pelumas yang lebih kecil dibanding dengan yang konvensional. Jika oli yang digunakan terlalu kental, beban mesin akan bertambah sehingga membuatnya menjadi tidak efisien.

Dalam menjalankan mesinnya, teknologi pengaturan katup variabel ini mengandalkan tekanan oli mesin untuk menjalankan mekanismenya. Itu sebabnya kenapa pemilihan spesifikasi pelumas yang tepat juga harus sangat diperhatikan pada mobil-mobil yang menerapkan teknologi mesin canggih seperti masa kini. Dengan begitu kinerja mesin akan tetap optimal sehingga efisiensi mesinnnya akan tetap terjaga.

Kesimpulannya, Anda harus memilih oli yang tepat untuk mesin mobil yang Anda miliki agar mesin awet berkepanjangan dan lebih tahan lama. Satu hal yang harus selalu diingat oleh setiap pemilik mobil adalah oli mesin yang harus selalu diganti tepat waktu. Oli mobil mahal belum tentu yang terbaik dan cocok untuk mobil Anda, lho! Fungsi oli tidak hanya terbatas sebagai pelumas atau pelicin mesin mobil tetapi juga memiliki sebagai pendingin suhu mesin, pelindung anti karat, dan lain-lain.

Nah, setelah kita paham dengan apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih oli mesin, kini saatnya untuk Anda dapat memilih oli yang tepat untuk mobil kita bukan? Mari rawat mobil kita sekarang juga!

Temukan informasi lain seputar tips perawatan mobil dan AC mobil Anda, di sini.

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?Booking Service
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Blog

bengkel ac mobilbengkel AC Mobil BintaroBengkel AC mobil JakartaBengkel ac mobil tangerangbengkel mobilmobil mewahmobil sedanoli mesin mobiloli mobiloli mobil murahservice ac mobil

Leave a Reply