Rotary Bintaro

Rotary Bintaro

Ini Pemahaman Soal Onderstell Yang Wajib Anda Tahu!

Perawatan mobil tidak cukup hanya sekedar pada bagian mesin ataupun AC mobil saja, tetapi juga pada bagian onderstell yang ada mobil tersebut. Namun sayangnya, kurangnya edukasi ataupun informasi tentang bagian ini membuat banyak orang jarang melakukan service pada bagian ini.

Padahal, onderstell memegang peranan yang begitu penting dalam peforma sebuah mobil, khususnya dalam menciptakan sekaligus juga menjaga kenyamanan, keamanan bahkan stabillitas dalam berkendara. Jika perawatan ataupun service pada bagian ini kurang diperhatikan, maka hal ini akan sangat mengancam keselamatan Anda dalam berkendara.

Sebagai pemiliki mobil yang cerdas Anda harus memahami soal onderstell mobil ini. Dalam artikel ini, kita akan pahami bersama soal ondertsell mobil secara singkat dan mudah dipahami. Seperti apa ya kira-kira? Mari kita bahas bersama!

Pertanyaan Seputar Onderstell

Penyetelan onderstel dapat meningkatkan kinerja kendaraan, memperbaiki keseimbangan, dan menyesuaikan tinggi kendaraan. Ini dapat membantu mencapai kenyamanan dan kontrol yang optimal sesuai dengan preferensi pengemudi.
Tanda-tanda masalah onderstell meliputi getaran yang tidak biasa, suara aneh saat berkendara, atau ketidakstabilan saat berbelok. Jika Anda mencurigai adanya masalah, segera periksakan mobil ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Anda perlu mengunjungi bengkel onderstel jika merasakan getaran berlebihan, suara aneh dari bawah mobil, atau setelah mengalami kecelakaan atau benturan berat.
Biaya service onderstell dapat bervariasi tergantung pada jenis mobil dan jenis onderstel yang dipilih. Pada umumnya, biaya ini dapat mencakup biaya komponen dan biaya tenaga kerja bengkel.

Apa Itu Onderstell Dan Apa Fungsinya?

onderstell

 

Onderstell adalah istilah yang berasal dari bahasa Belanda yang berarti chassis atau rangka pada mobil. Namun, di Indonesia, bagian ini lebih umum digunakan untuk menyebut bagian bawah atau kaki-kaki pada mobil. Onderstel mobil merupakan bagian penting yang menopang berat mobil dan menunjang kenyamanan dan kestabilan saat berkendara.

Fungsi Onderstel Mobil

Seperti yang baru saja dibahas, onderstell sangat berperan penting dalam menciptakan sekaligus menjaga kenyamanan, keamanan bahkan stabilitas ketika berkendara. Lebih detailnya onderstel pada mobil memiliki beberapa fungsi utama, yaitu:

  1.  Menahan Beban Mobil

Onderstel mobil terdiri dari beberapa komponen yang saling terhubung, seperti tierod, balljoint, link stabilizer, control arm, rack pinion, wheel bearing, dan shock absorber. Komponen-komponen ini berfungsi untuk menahan beban mobil dan menyalurkan gaya dari roda ke bodi mobil.

  1. Mengatur Arah Mobil

Kemudian, onderstel mobil juga berperan dalam mengatur arah mobil saat berbelok atau berubah jalur. Komponen onderstell yang berpengaruh dalam hal ini adalah tierod dan rack pinion. Tierod adalah batang penghubung antara roda dan rack pinion, yang merupakan bagian dari sistem kemudi. Tierod dan rack pinion bekerja sama untuk menggerakkan roda sesuai dengan putaran setir.

  1. Menyerap Getaran dan Goncangan

Lalu, onderstel mobil juga bertugas untuk menyerap getaran dan goncangan yang timbul akibat kondisi jalan yang tidak rata atau bergelombang. Komponen onderstell yang berkontribusi dalam hal ini adalah shock absorber dan control arm.

Shock absorber adalah peredam kejut yang mengurangi getaran yang ditimbulkan oleh pegas. Control arm adalah lengan penghubung antara roda dan shock absorber, yang juga dilengkapi dengan bosh arm atau karet peredam.

Rawat Onderstell Agar Tetap Berfungsi Dengan Baik

onderstell

Untuk menjaga agar onderstell tetap berfungsi dengan baik, perlu dilakukan perawatan secara rutin dan berkala. Pertanyaannya adalah bagaimana cara merawat onderstell dengan tepat? Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Periksa Kondisi Komponen Onderstell

Langkah pertama adalah memeriksa kondisi komponen onderstell secara visual dan manual. Periksa apakah ada keretakan, keausan, kebocoran, atau kerusakan lainnya pada komponen onderstell. Jika ada, segera ganti dengan yang baru atau perbaiki yang rusak.

2. Bersihkan Komponen Onderstell

Langkah kedua adalah membersihkan komponen onderstell dari kotoran, debu, lumpur, atau karat yang menempel. Gunakan sikat, lap, atau semprotan air untuk membersihkan komponen onderstell. Jangan lupa untuk mengeringkan komponen onderstell setelah dibersihkan.

3. Lumasi Komponen Onderstell

Langkah ketiga adalah melumasi komponen onderstell yang bergerak atau bergesekan, seperti tierod, balljoint, link stabilizer, dan control arm. Gunakan pelumas yang sesuai dengan spesifikasi mobil dan komponen onderstell. Lumasi komponen onderstell secara merata dan tidak berlebihan.

4. Lakukan Spooring dan Balancing

Langkah keempat adalah melakukan spooring dan balancing pada roda mobil. Spooring adalah penyetelan sudut roda agar sesuai dengan standar pabrik. Balancing adalah penyeimbangan berat roda agar tidak bergetar saat berputar. Spooring dan balancing dapat meningkatkan kestabilan, kenyamanan, dan keamanan saat berkendara, serta mengurangi keausan ban.

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini 8 Tips Memilih Bengkel Onderstel Mobil Terdekat!

Akibat Onderstell Tidak Dirawat dan Diservice

onderstell

Jika onderstel mobil tidak dirawat dan diservice secara rutin dan berkala, maka dapat menimbulkan beberapa akibat negatif yang sangat mengganggu kenyamanan bahkan keselamatan Anda ketika berkendara. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mobil Tidak Stabil

Akibat pertama adalah mobil tidak stabil saat berkendara. Hal ini dapat disebabkan oleh kerusakan pada komponen onderstel mobil yang mengganggu keseimbangan dan arah mobil. Misalnya, tierod yang longgar, balljoint yang aus, atau shock absorber yang bocor. Mobil yang tidak stabil dapat membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang.

2. Mobil Tidak Nyaman

Akibat kedua adalah mobil tidak nyaman saat berkendara. Hal ini dapat disebabkan oleh kerusakan pada komponen onderstel mobil yang menyebabkan getaran dan goncangan yang berlebihan. Misalnya, wheel bearing yang rusak, control arm yang bengkok, atau bosh arm yang pecah. Mobil yang tidak nyaman dapat mengurangi konsentrasi dan kesehatan pengemudi dan penumpang.

3. Mobil Tidak Hemat

Akibat ketiga adalah mobil tidak hemat saat berkendara. Hal ini dapat disebabkan oleh kerusakan pada komponen onderstel mobil yang menyebabkan gesekan dan hambatan yang berlebihan. Misalnya, rack pinion yang bocor, link stabilizer yang patah, atau ban yang aus. Mobil yang tidak hemat dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar dan biaya perawatan.

4. Mobil Menjadi Berisik

Akibat keempat adalah mobil menjadi berisik saat berkendara. Hal ini dapat disebabkan oleh kerusakan pada komponen onderstel mobil yang menyebabkan suara berdecit, berdenting, atau bergesekan. Misalnya, shock absorber yang bocor, tierod yang longgar, atau balljoint yang aus. Mobil yang berisik dapat mengganggu kenyamanan dan ketenangan pengemudi dan penumpang.

5. Mobil Menjadi Kurang Responsif

Akibat kelima adalah mobil menjadi kurang responsif saat berkendara. Hal ini dapat disebabkan oleh kerusakan pada komponen onderstel mobil yang menyebabkan kemudi menjadi berat, roda menjadi sulit berputar, atau rem menjadi kurang pakem.

Misalnya, rack pinion yang bocor, wheel bearing yang rusak, atau link stabilizer yang patah. Mobil yang kurang responsif dapat mengurangi keamanan dan kontrol pengemudi saat berkendara.

6. Mobil Menjadi Kurang Aerodinamis

Akibat keenam adalah mobil menjadi kurang aerodinamis saat berkendara. Hal ini dapat disebabkan oleh kerusakan pada komponen onderstel mobil yang menyebabkan posisi mobil menjadi tidak seimbang, tidak rata, atau tidak sesuai dengan standar pabrik.

Misalnya, control arm yang bengkok, bosh arm yang pecah, atau ban yang aus. Mobil yang kurang aerodinamis dapat meningkatkan hambatan udara dan mengurangi efisiensi bahan bakar.

BANNER PEMERIKSAAN KAKI KAKI

Service dan Rawat Onderstel Mobil ke Rotary Bintaro

onderstell

Untuk menghindari akibat-akibat negatif dari onderstel mobil yang tidak dirawat dan diservice, maka sebaiknya Anda membawa mobil Anda ke bengkel yang terpercaya dan profesional. Salah satu bengkel yang dapat Anda pilih adalah Rotary Bintaro. Rotary Bintaro adalah bengkel yang sudah berdiri sejak tahun 2000 dan memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dalam bidang service AC mobil, sparepart AC mobil, tune up, turun mesin mobil, serta kaki-kaki mobil.

Selain itu, Rotary Bintaro juga menyediakan shaking machine yang merupakan teknologi terbaru dalam pengecekan onderstel mobil Anda. Rotary Bintaro menjadi bengkel pertama di Indonesia yang menghadirkan shaking machine. Adanya shaking machine ini membuat pengecekan ondertel mobil Anda menjadi jauh lebih cepat, akurat dan tepat.

Lebih dari itu, Rotary Bintaro juga memberikan garansi bahkan konsultasi GRATIS lho! Ini merupakan komitmen dari Rotary Bintaro untuk memastikan kepuasan seluruh pelanggannya. Adanya konsultasi gratis membuat Anda memahami dimana letak masalahnya serta apa solusi terbaiknya. Dengan begitu, biaya service menjadi sangat transparan.

Maka dari itu, jangan ragu untuk melakukan perawatan sekaligus service pada onderstel mobil Anda hanya di Rotary Bintaro! Kunjungi website resmi dari Rotary Bintaro untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal lokasi cabang, jenis layanan yang disediakan, promo yang berjalan hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...