fbpx

Relay AC Mobil


Fungsi AC mobil pada kendaraan kita memang tidak bisa diabaikan. Sebagai pendingin hawa di dalam mobil. Terutama ketika cuaca panas dan terjebak macet, AC mobil sangatlah penting kegunaannya. Tetapi ketika digunakan terlalu sering pada jarak perjalanan yang cukup jauh maka harus dilakukan servis secara rutin. Jika diabaikan, maka terjadi kerusakan pada komponen di dalamnya. Salah satu spare part Ac mobil yang cukup penting adalah relay AC mobil. Jika komponen ini rusak maka bisa mengganggu kinerjanya.

Sistem AC pada mobil memang menggunakan sistem kelistrikan sebagai kontrol yaitu ada di motor blowernya. Sistem ini berfungsi untuk mengatur dan juga menghidupkan kerja dari sistem AC ini. Kelistrikan seperti ini bisa mengatur beberapa kerja dari AC yaitu untuk magnetic clutch yang ada di kompresor serta pada pengaturan kecepatan blower.

Mengenal Apa itu Relay, Spare Part AC Mobil

Relay AC mobil ini berfungsi sebagai saklar elektronik yang nantinya akan menghubungkan sumber arus dari baterai agar bisa disalurkan lagi ke unit kopling magnet aktif. Letaknya ada di dalam kompresor. Pemasangan relay ini juga bertujuan agar kerja saklar untuk menghidupkan kopling magnet tidak terlalu berat. Sistem ini membutuhkan arus yang cukup besar.

Spare part AC mobil ini keberadaannya cukup penting. Tak lain untuk bisa mengalirkan arus listrik ke magnetic clutchmotor blower dan juga peralatan di sistem AC mobil. Butuh relay pengaman dalam hal ini. Relay pengaman nantinya diperlukan agar bisa mencegah kerusakan yang ada pada kunci kontak. Aliran listriknya juga tidak bisa langsung ke magnetic clutch atau ke motor blower . Terutama tanpa kunci kontak. Maka dari itu titik-titik kunci kontak ini bisa cepat aus atau terbakar.

Hanya dengan mengalirkan arus listrik yang kecil pada coil relay, nantinya kinerjanya sudah bisa memberi arus listrik yang cukup besar dari baterai ke magnetic clutch atau ke motor blower melalui kontaktif relay. Apabila spare part AC mobil ini mengalami kerusakan maka yang terjadi adalah AC mobil tidak berfungsi sempurna. Apa saja kendala pada AC mobil yang bisa terjadi?

Apabila relay AC mobil ini rusak maka AC mobil tidak bisa dingin. Terutama jika sekring putus nantinya arus listrik tidak bisa mengalir ke kompresor. Freon tidak akan bersirkulasi dan AC tidak maksimal. Apabila Anda mengalami kendala tersebut sebaiknya langsung memvonis bahwa freon habis atau komponennya bermasalah. Anda bisa memeriksa sekring listriknya dulu. Jika sekring putus maka cek relay atau amplifiernya.

Mengatasi masalah AC mobil ini memang tidak bisa sembarangan. Temukan tempat yang tepat dan juga tenaga ahli yang professional. Seperti di bengkel spesialis AC mobil. Bengkel yang juga menyediakan spare part AC mobil untuk kebutuhan Anda. Tidak hanya bisa memperbaiki kerusakan tetapi juga bisa membeli spare part AC mobil yang asli karena sudah terpercaya. Dapatkan pelayanan yang memuaskan. Seperti adanya jasa home service bagi yang tidak punya banyak waktu dan juga memiliki tenaga ahli yang sudah dipercaya di bidangnya.

AC mobil butuh perawatan agar bisa terhindar dari kerusakan yang serius. Baik relay ataupun komponen lainnya saling berkaitan. Jaga selalu kebersihan AC mobil Anda. Bagaimana caranya? Servis secara rutin terutama jika Anda sering bepergian jauh dan juga terjebak macet. Jadikan fungsi AC mobil Anda lebih maksimal dengan merawat setiap komponennya. Rotary Bintaro sendiri juga sudah terpercaya selama 20 tahun sebagai bengkel spesialis AC mobil yang memberikan garansi dingin dan garansi after service serta memiliki banyak pelanggan.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Blog

kegunaan relay pada ac mobilmanfaat relay ac mobilperawatan pada ac mobilrelay spare part ac mobilspart part ac mobil

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?