Ternyata Begini Cara Mengatasi AC Mobil Bau Gosong

Ternyata Begini Cara Mengatasi AC Mobil Bau Gosong

Share :

Sebagai komponen utama yang dipakai setiap kali mobil menyala. AC mobil itu bisa disamakan dengan pentingnya mesin mobil. Karena sering dipakai setiap harinya, tak heran AC mobil sering mengalami berbagai masalah. Masalah AC mobil yang sering kali dialami seperti AC mobil memiliki bunyi, AC mobil yang mengeluarkan bau tidak sedap dan AC mobil yang tidak dingin.

Selain masalah di atas masalah yang juga sering ditimbulkan adalah AC mobil yang memiliki bau gosong. Tentu hal ini membuat kita sangat khawatir dan panik jika terjadi apa-apa. Namun, mulai sekarang kamu tidak perlu panik lagi jika AC mobil kamu mengeluarkan bau gosong.

Berikut adalah cara mengatasi AC mobil bau gosong. Yuk simak ulasannya dibawah ini!

Ternyata Begini Cara Mengatasi AC Mobil Bau Gosong

Ternyata Begini Cara Mengatasi AC Mobil Bau Gosong

  1. Gantilah Oli Kompresor AC Mobil

Ketika mencium bau gosong, bau gosong yang tercium memang berasal dari bagian kompresor AC mobil. Tetapi kita sebagai orang awam untuk urusan AC mobil. Sebenarnya yang bermasalah bukanlah AC mobilnya secara langsung. Bukan juga spare part mobil seperti kompresor. Namun oli kompresor nya yang memiliki masalah. Hal ini menandakan bahwa oli kompresor juga harus diganti. Karena bisa jadi oli kompresor yang kamu gunakan merupakan oli abal-abal.

Gantilah oli kompresor dengan oli berkualitas tinggi. Ikuti juga saran dari teknisi bengkel AC mobil kita jika diminta pergantian rutin. Walaupun oli berkualitas tinggi memiliki harga yang cukup mahal. Tetapi oli berkualitas tinggi juga akan sangat bermanfaat dan membantu menjaga kualitas kompresor AC mobil kamu.

Jadi perawatan mobil lama dan tentu menghemat biaya dong.

  1. Bersihkan Evaporator
Baca Juga :  Cooling Machine Depok : Industri Otomotif Terdampak Corona

Selanjutnya cara mengatasi masalah AC mobil bau gosong adalah pada evaporator. Evaporator merupakan komponen yang sangat penting dalam komponen AC mobil. Evaporator memiliki fungsi sebagai penyalur udara dingin ke bagian kabin mobil. Apabila evaporator kotor dan dipenuhi dengan debu, maka proses penyaluran udara dingin ini juga terganggu oleh debu-debu yang menempel. Karena terhalang debu, udara yang disalurkan melalui kabin pun menjadi panas. Sehingga AC mobil kamu memiliki bau yang gosong.

Cara mengatasi AC mobil bau gosong ini yaitu dengan membersihkan evaporator. Dalam membersihkan evaporator ini, sangat perlu membutuhkan bantuan teknisi bengkel AC mobil. Pastikan bengkel AC mobil yang digunakan merupakan bengkel AC resmi.

  1. Gantilah Freon Dengan Freon yang Berkualitas

Sebagain bagian akhir maka ini juga tidak bisa dilewatkan. Kualitas akan selalu berbanding lurus juga sama lama pemakaian. Jadi pastikan freon yang kita pakai pada AC mobil adalah kualitas yang terbaik.

Freon dengan kualitas abal-abal hanya akan mempengaruhi kinerja AC mobil. Jika freon yang digunakan adalah freon abal-abal maka akan berdampak buruk. Namun saat ini banyak sekali bengkel AC mobil yang menjual freon abal-abal. Sehingga AC mobil kamu akan mengeluarkan bau gosong dan mendapatkan berbagai masalah lainnya.

Jadi kamu harus menggunakan freon yang berkualitas tinggi. Memang freon dengan kualitas tinggi memiliki harga yang cukup mahal. Tapi freon dengan kualitas tinggi akan membuat AC mobil kamu memiliki kinerja yang baik. Freon kualitas tinggi bisa kamu dapatkan di bengkel AC mobil resmi. Karena bengkel AC mobil resmi sangat memperhatikan kualitas.

Itulah cara mengatasi AC mobil bau gosong. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi jika tiba-tiba AC mobil mengeluarkan bau kosong. Dalam mengatasinya, kamu bisa menggunakan jasa teknisi bengkel AC mobil.

Baca Juga :  Tahu Ga? 3 Mobil Paling Murah Milik Artis Indonesia

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Share :

No comment

Leave a Reply