Mogok? Jangan Panik! Nih Peralatan Wajib untuk Kondisi Darurat

Bengkel AC Mobil Pancoran

Share :

Mobil Tiba-Tiba Mogok Ketika Perjalanan Jauh? Inilah Bukti Jika Service Mobil Itu Penting!

Hai #SahabatRotary!

Mobil adalah salah satu alat transportasi yang sering digunakan berpergian baik dalam jarak dekat ataupun jauh. Banyak orang memilih untuk menggunakan mobil ketika berpergian karena faktor kenyamanan dan juga keamanan. Tidak bisa dipungkiri jika berpergian menggunakan mobil jauh lebih nyaman daripada motor ataupun kendaraan umum karena adanya AC mobil. AC inilah yang berfungsi untuk menjaga suhu di dalam mobil selalu sejuk dan akan membuat pengemudi serta penumpang mobil merasa nyaman ketika berkendara. Oleh sebab itulah, membawa mobil kesayangan ke bengkel AC mobil Pancoran perlu dilakukan untuk memastikan tidak ada kerusakan pada AC mobil.

Bengkel AC Mobil Pancoran

Baca juga: Pecah Ban Mobil Di Jalan? Begini Pencegahannya

Tentunya, AC mobil bukanlah satu-satunya sparepart mobil yang berfungsi untuk membuat perjalanan kita menggunakan mobil selalu nyaman. Masih banyak sparepart mobil lainnya yang perlu kita jaga agar mobil selalu dalam kondisi prima ketika akan digunakan berpergian kapan saja.

Untuk itulah kita perlu rutin membawa mobil kesayangan ke bengkel mobil terdekat untuk mendapatkan service mobil dari teknisi yang sudah profesional pula. Sebaiknya kita membawa mobil ke bengkel mobil yang terpercaya, seperti bengkel AC mobil Pancoran  agar pelayanan yang kita dapat pun memuaskan dan  meminimalisir berbagai kerusakan yang bisa terjadi pada mobil.

Mogoknya Mobil Tidak Bisa Diprediksi, Tidak Panik Adalah Kunci Mengatasi Permasalahan Ini

Pentingnya melakukan service mobil ini tidak boleh disepelekan oleh siapapun, sekalipun oleh kita yang sudah biasa berkendara. Apalagi kalau kita masih pengendara mobil baru.

Sayangnya, masih banyak pemilik mobil yang jarang melakukan service mobil ke bengkel mobil resmi ataupun bengkel mobil terdekat dengan alasan tidak ada waktu. Ada juga yang malas untuk melakukan service mobil karena merasa pelayanan service mobil yang didapatkan tidak memuaskan.

Namun, malas melakukan service mobil ini justru akan menyebabkan mobil mengalami kerusakan dan membutuhkan banyak biaya untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Hal ini sangat merugikan buat kita apabila kita malas melakukan service mobil. Karena, selain banyaknya biaya perbaikan yang harus kita keluarkan apabila terjadi kerusakan pada mobil kesayangan kita, kondisi sparepart mobil yang tidak terjaga ini juga bisa menyebabkan mobil mogok sewaktu-waktu.

Nah, loh! Lalu, apa yang sebaiknya kita lakukan ketika mobil mogok di tengah perjalanan? Berikut adalah beberapa tips dalam menangani mobil yang mendadak mogok:

  • Tetap tenang

Ketika mobil mogok tiba-tiba, hal pertama yang bisa kita lakukan adalah tetap tenang. Ketika kita panik, justru kita tidak bisa menganalisis apa yang sebenarnya terjadi pada mobil. Kita juga cenderung stress karena mobil yang tidak bisa nyala dan hal ini tidak akan menyelesaikan permasalahan. Salah satu cara termudah adalah dengan menarik napas dan mencoba untuk rileks semaksimal mungkin dan yakin jika kita bisa menyelesaikan masalah ini.

  • Nyalakan lampu

Banyak pengendara lain yang tidak akan menyadari jika kita tidak memberikan tanda tertentu ketika mobil bermasalah. Oleh sebab itulah, kita perlu menyalakan lampu utama ketika mobil macet agar pengendara lain tahu dan bisa segera memberikan pertolongan sehingga kita bisa melanjutkan perjalanan.

  • Amankan mobil

Mengamankan mobil adalah hal berikutnya yang perlu kita lakukan ketika mobil tiba-tiba mogok. Meminggirkan mobil juga akan menarik perhatian pengendara lainnya. Dengan kata lain, kita akan segera mendapatkan bantuan dari orang lain. Mengamankan mobil ini bertujuan untuk tidak menghalangi pengendara lain saat berkendara dan meminimalisir timbulnya kemacetan karena mobil mogok kita.

  • Hubungi jasa derek

Ketika kita tidak mendapatkan bantuan dari pengendara lain dan tidak menemukan penyebab mobil mogok, maka sebaiknya kita segera memanggil derek terdekat. Jasa derek dibutuhkan agar kita bisa segera bisa melanjutkan perjalanan ataupun derek tersebut bisa membawa mobil ke bengkel AC mobil Pancoran apabila mogok yang kita alami diakibatkan oleh masalah pada  AC mobil.

  • Pasang rambu segitiga pengaman

Selain meminggirkan mobil ataupun menyalakan lampu hazard, kita juga dapat melakukan hal lainnya untuk menandakan jika mobil kita memang mogok. Adanya segitiga pengaman ini akan mencuri perhatian pengendara lain, sehingga kita akan mendapatkan pertolongan ketika mobil mogok.

Berkendara dengan Mobil Tidak Selalu Siap BBM, Berikut Peralatan yang Wajib Ada di Mobil Untuk Kondisi Darurat

So, tenang saja jika mobil mu mogok. Tidak perlu panik. Sudah paham, kan, bagaimana cara mengatasi mobil mogok yang tepat. Mobil mogok inilah tanda kita perlu rutin membawa mobil ke bengkel AC mobil Pancoran untuk mendapatkan service mobil dari teknisi yang profesional, terutama service AC mobil. Selain rutin melakukan service mobil, sebaiknya kita juga perlu membawa beberapa peralatan ketika berkendara yang bisa digunakan untuk kondisi darurat sewaktu-waktu:

  • Buku manual

Meskipun kelihatannya sepele, buku manual inilah yang bisa membantu kita untuk menganalisis apa sebenarnya yang terjadi pada mobil sehingga mogok. Tidak ada salahnya untuk sering membaca buku manual ini pada waktu luang sehingga kita tahu apa saja yang bisa dilakukan ketika mobil mogok agar tidak panik di kemudian hari.

  • Dongkrak

Dongkrak adalah salah satu peralatan wajib dasar yang perlu dimiliki oleh tiap pengendara mobil, terutama ketika akan berpergian jarak jauh. Berbagai jenis dongkrak pun bisa didapatkan dan kita bisa membawanya sesuai dengan kebutuhan. Peran dongkrak di sini adalah memudahkan kita untuk mengganti ban mobil ketika bermasalah.

  • Pisau lipat

Berbeda dengan jenis pisau lainnya, pisau lipat ini akan memudahkan kita dalam mengganti berbagai sparepart mobil yang bermasalah selama perjalanan. Bisa juga kita menggunakan pisau lipat untuk melindungi diri dari berbagai penjahat yang bisa saja membuntuti kita selama perjalanan.

  • Ban cadangan

Ban adalah salah satu bagian mobil yang sering bermasalah ketika kita melakukan perjalanan, terutama untuk perjalanan jauh. Oleh sebab itu, kita perlu ke bengkel mobil terlebih dahulu sebelum berpergian untuk memastikan jika semua kondisi mobil memang prima alias siap untuk digunakan berpergian dalam jarak dekat ataupun jauh. Tidak ada salahnya untuk membawa ban cadangan di bagasi. Jadi, kita tidak lagi perlu repot-repot beli ban pengganti ketika mobil mogok tiba-tiba.

  • Kabel jumper

Apabila mobil mogok karena masalah pada sistem listrik mobil, maka kita bisa mengatasinya dengan kabel jumper sebelum kita menghubungi derek ataupun teknisi bengkel mobil datang. Cara menggunakan kabel jumper ini juga mudah, yaitu dengan menghubungkan kabel jumper dengan kutub aki yang bermasalah hingga mobil bisa kembali berjalan.

  • Alat pemadam kebakaran ringan

Siapa bilang jika alat pemadam kebakaran hanya bisa digunakan di dalam ruangan? Kita juga bisa membawa alat pemadam kebakaran ringan ketika berkendara sehingga api yang timbul di sekitar mobil bisa segera dipadamkan dan tidak membahayakan diri sendiri ataupun pengendara lainnya.

Membawa beberapa peralatan yang disebutkan barusan tentunya akan menjadi keuntungan untuk kita dalam menghadapi berbagai situasi darurat ketika berkendara, misalnya saja ketika mogok. Untuk mendapatkan berbagai peralatan tersebut pun bukan suatu hal yang sulit karena kita bisa membelinya  di bengkel mobl terdekat ataupun secara online. Jangan lupa untuk rutin bawa mobil kesayangan ke bengkel AC mobil Pancoran agar kondisi AC mobil terjaga dan perjalanan lebih nyaman, ya!

Share :

No comment

Leave a Reply