AC Mobil Apa Saja Komponennya dan Berapa Harganya? - Rotary Bintaro - Bengkel AC Mobil & Supplier Spare Part AC Mobil

Harga AC Mobil Berbeda-beda Tergantung Merk dan Kualitas

Penggunaan mobil di jaman sekarang sudah menjadi sesuatu yang umum dan biasa. Kendaraan satu ini sudah lebih mudah dijangkau oleh banyak kalangan dan telah menjadi kepemilikan yang dianggap mendekati barang wajib, bukannya barang mewah lagi.

Begitu pentingnya mobil bagi kita hingga kita memberinya banyak perlakuan khusus. Kita merawatnya sedemikian rupa dan bahkan saking sukanya ada yang menekuni hobi otomotif, mendalami seluk beluk mobil dan segala macam atributnya, mengenali setiap keperluan mobil dan memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Harga AC mobil, baik harga AC mobil baru maupun bekas, begitu juga harga pasang AC mobil, tidak menjadi masalah yang penting semua dalam kondisinya yang paling baik.

 

Air conditioner atau AC tidak dipungkiri lagi adalah salah satu yang paling menjadi perhatian bagi pemilik mobil. Tanpa yang satu ini memiliki mobil dan berkendara akan menjadi pengalaman yang tidak nyaman. Agar kita tahu cara terbaik merawatnya, ada baiknya kita mengetahui seluk beluk komponen AC mobil kita, apa saja fungsinya, dan bagaimana cara kerjanya.

Komponen AC Mobil

Secara teknis, komponen AC mobil dibagi menjadi 2 bagian komponen mekanikal dan komponenelektrikal.

Komponen Mekanikal

Komponen mekanikal adalah elemen-elemen dasar dari sebuah mesin dan fitur yang digunakan untuk membangun mesin secara keseluruhan. Komponen mekanikal yang utama dari sebuah AC mobil adalah kompresor AC mobil, kondensor, fliter drier, high pressure switch- low pressure switch (HPS-LPS), expansion valve, evaporator, dan pipa dan selang.

Komponen-komponen mekanikal tersebut terhubung oleh beberapa selang dan pipa, sebagai berikut:

1. Evaporator dan kompresor dihubungkan oleh selang berukuran 5/8 inci;
2. Kompresor dan kondensor dihubungkan oleh selang berukuran 1/2 inci;
3. Kondensor dan filter drier dihubungkan oleh selang berukuran 3/8 inci;
4. Filter drier dan evaporator dihubungkan oleh selang berukuran 3/8 inci

Biar lebih mudah dipahami berikut penjelasan rincinya ya.

kompresor-toyota-sienta-denso2

1. Kompresor

Kompresor AC adalah satu komponen utama yang memiliki fungsi vital dalam sistem AC mobil.  Bagian ini memiliki fungsi melancarkan sirkulasi refrigerant atau freon ke seluruh unit dengan cara menaikkan tekanan. Kompresor ini memiliki dua bagian yaitu saluran hisap atau suction dan saluran buang atau discharge. Saluran hisap yang merupakan sisi bertekanan rendah kemudian dihubungkan dengan evaporator, sedangkan saluran buang yang merupakan sisi bertekanan tinggi dihubungkan dengan kondensor.

Refrigerant yang pada bentuk gas memiliki tekanan dan temperatur rendah dihisap oleh kompresor melalui saluran hisap lalu dimampatkan agar tekanan dan temperaturnya naik untuk selanjutnya dialirkan melalui saluran buang ke kondensor. Ketika kompresor sudah lemah maka udara yang keluar akan terasa kurang dingin. Hal ini dapat diketahui dengan melihatnya dari alat bantu pengukur tekanan AC yang disebut manometer.

Di pasaran Indonesia saat ini beredar dua merk kompresor yang paling populer yaitu Denso dan Sanden. Bengkel AC mobil Rotary Bintaro misalnya, secara khusus menerangkan bahwa AC dengan merk Denso memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan merk lain.

Kelebihan yang dimiliki AC Denso di antaranya adalah kemudahan mendapatkan komponen atau spare part-nya. Saat ini produk yang ditawarkan Denso Corp mudah dijangkau karena telah tersebar di banyak tempat sehingga kita lebih mudah ditemukan dari pada AC merk lain.

Selain itu kualitas yang nomor satu menjadikan AC Denso menjadi yang terbaik di kelasnya. Tingkat ketahanan komponennya pun lebih tinggi dari pada merk lain. Belum lagi ditambah dengan performa komponen yang optimal dan stabil.

Kalau mau tahu harga kompresor AC mobil dan rinciannya silahkan hubungi kami atau berkunjung langsung ke alamat kantor yaitu:
1. Rotary Bintaro Tanah Kusir
Jl. RC Veteran No. 1A, Bintaro Raya, Tanah Kusir. Jakarta Selatan
2. Rotary Bintaro Ciledug
Jl. Ciledug Raya No.7a-7b, Petukangan Utara. Keb. Lama. Jakarta Selatan

Mau cari tahu harga AC mobil Denso atau harga lainnya?

Silahkan bertanya.

kondensor-toyota-all-new-camry-2008-denso

2. Kondensor

Pada AC mobil, kondensor berfungsi pendingin yang melepas panas dari refrigerant atau freon yang bertekanan dan bertemperatur tinggi yang datang dari kompresor, dengan menggunakan mesin cooling fan atau kipas kondenser. Refrigerant atau freon yang berbentuk gas ini kemudian masuk melewati inlet dalam kondisi tekanan dan temperatur tinggi.

Angin yang dihisap dari kipas kondensor atau cooling fan selanjutnya akan membuang panas yang timbul kemudian menurunkan tekanan freon yang berubah wujud dari bentuk gas ke cair. Setelah itu, modulator yang di dalamnya terdapat filter drier berfungsi untuk memastikan bahwa yang keluar dari kondensor adalah freon cair sebelum expansion valve mengubahnya menjadi gas.

Ketika kemampuan kondensor turun, baik kemampuannya mendinginkan maupun membuang panas akan berkurang dan menyebabkan tekanan siklus freon naik. Inilah sebabnya mengapa AC mobil tidak dingin. Mesin mobil jadi terbebani dan kemampuan AC untuk mendinginkan kabin jadi berkurang.

dryer-filter-mercy-new-eyes-w210

3. Filter Drier

Setelah melewati kompresor AC mobil lalu kondensor, freon selanjutnya melalui tahap penyaringan di mana freon di disaring dan dikeringkan dari uap air. Dalam tugas ini, alat yang berfungsi adalah filter drier. Bagian ini adalah bagian yang juga penting dalam sistem AC mobil karena fungsinya menyaring kotoran-kotoran yang masuk ke dalam sistem.

Karena sering bersinggungan dengan kotoran, maka akan lebih baik jika filter drier dibawa ke bengkel AC mobil untuk diganti pada saat kendaraan kita telah menempuh jarak 20.000 km. Karena jika tidak, filter drier akan usang dan kotoran akan bertumpuk dan mengakibatkan kerusakan pada kompresor. Perawatan yang terencana akan menghindarkan kita dari keharusan membayar harga AC mobil bahkan Harga AC mobil baru. Meski harga pasang AC mobil, baik harga AC mobil Denso atau merk lainnya sangat kompetitif di pasaran dan masih bisa kita jangkau, alangkah bagusnya jika kita merawat AC yang telah ada sebaik mungkin.

Nah, berbeda dari harga kompresor AC mobil, filter drier di pasaran harganya berbeda. Rincian harga silahkan hubungi kami.

4. High Pressure Switch – Low Pressure Switch (HPS-LPS) 

Kedua komponen ini berada dalam satu komponen bernama pressure switch. HPS berfungsi mengamankan komponen AC ketika tekanaan AC melampaui batas maksimalnya yaitu 450 psi. Caranya adalah dengan menghentikan aliran listrik yang masuk ke kompresor sehingga kompresor menghentikan kerjanya. Sementara itu LPS berfungsi mencegah kerusakan kompresor sewaktu freon kosong. Tekanan freon akan menurun kemudian di tekanan di bawah 25 psi, LPS akan memutus aliran listrik ke kompresor.

expansi-valve-chevrolet-zafira

5. Expansion Valve

Expansion valve atau katup ekspansi berfungsi untuk merubah freon dari cair ke dalam bentuk gas. Secara umum, pada katup ekspansi ini jarang ditemukan kerusakan. Sekalipun ditemukan, berarti masalahnya ada pada katup ekspansi yang tidak bisa lagi berfungsi.

Terdapat 3 bentuk pada komponen ini, yaitu bentuk kotak atau persegi lalu bentuk yang menyerupai siku atau L dan yang terakhir berbentuk isi pulpen yang biasa di sebut dengan ccot. Katup ekspansi yang berbentuk kotak atau persegi biasanya memiliki usia pakai yang lebih pendek yang disebabkan oleh tidak adanya sensor sehingga freon yang masuk tidak dapat dikendalikan. Sementara itu katup ekspansi yang berbentuk siku memiliki usia pakai yang lebih lama apabila tidak terekspos kotoran karena katup jenis ini memiliki sensor yang bisa mengatur jumlah masuknya freon ke evaporator sehingga pembekuan.

evaporator-nissan-latio

6. Evaporator

Bagian AC mobil yang ini memiliki fungsi untuk mengeluarkan udara sejuk ke kabin. Evaporator bekerja dengan menyerap hawa panas lalu mengubahnya menjadi hawa sejuk. Berkebalikan dengan fungsi kondenser dan merupakan hasil akhir dari komponen AC mobil.

Pada evaporator dengan merk Denso, merk lainnya memiliki persamaan pada modelnya, umumnya terdapat 3 tipe evaporator, yakni:
a. Tipe Serpentine Fin.
b. Tipe Plate Fin yang bersifat universal dan umum ditemukan
c. Tipe Drawn Cup, evaporator tipe sirip rapat

Tipe drawn cup atau sirip rapat memiliki beberapa keunggulan, yakni konstruksi yang lebih kokoh, dapat menyerap dingin dengan lebih merata dan temperatur lebih tinggi, membuat aliran freon bergerak menyeluruh mengikuti alur pipa kapiler evaporator, dan banyak digunakan di mobil keluaran terbaru.

Komponen Elektrikal

Komponen elektrikal adalah segala benda fisik dalam sistem elektronik yang digunakan untuk memengaruhi elektron atau bidang lainnya yang berhubungan. Komponen elektrikal yang utama dari sebuah AC mobil adalah selector switch atau sakelar, magnetic clutch atau kopling magnet, thermostat (thermoswitch), thermistor atau pengatur suhu elektronik, pressure switch, relay, dan amplifier.

1. Selector Switch atau Sakelar

Pada umumnya sakelar yang digunakan dalam sistem AC mobil adalah sakelar jenis rotary switch atau sakelar putar. Sakelar ini berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan kompresor lalu memilih tingkat kecepatan putaran blower pada evaporator. Komponen ini terdiri dari tomol putar untuk posisi off, low, high, serta medium dan terminal listrik.

magnetic-clutch-toyota-alphard-3-0

2. Magnetic clutch atau Kopling Magnet

Bagian kopling magnet memiliki fungsi untuk memutus dan menyambungkan hubungan kompresor dengan putaran mesin. Ketika mesin mobil bekerja, penariknya berputar karena hubungan dari belt dan putaran mesin. Di komponen ini, kompresor tidak akan bekerja sebelum aliran listrik mengaliri kopling magnet.

Magnetic clutch atau kopling magnet terdiri dari 3 bagian, yaitu:
1. Stator yang berupa magnet coil atau gulungan magnet yang dipasang pada housing compressor.
2. Rotor yang berupa bagian yang berputar dan berhubungan dengan poros mesin dengan perantara pulley belt. Di permukaan bagian dalam rotor dan front housing pada kompresor terdapat bagian yang disebut bearing.
3. Pressure plate yang berupa bagian yang dipasang di crank shaft atau poros pada kompresor.

Pada saat sistem AC dalam posisi menyala, amplifier mengalirkan arus listrik ke coil stator atau gulungan stator kemudian menimbulkan medan elektromagnet yang akan menarik pressure plate lalu menekan permukaan pulley sehingga kompresor dapat berputar.

thermistor-honda-stream

3. Thermoswitch atau Thermostat 

Thermostat atau thermoswitch bekerja dengan cara mengirimkan sinyal kondisi suhu di dalam kabin ke kompresor secara otomatis. Pada thermostat ini ada sensor yang dapat mendeteksi temperatur di evaporator. Selain itu, thermostat juga memiliki fungsi untuk mengatur proses kerja pada kompresor AC mobil.

4. Thermistor Atau Pengatur Suhu Elektronik 

Alat ini merupakan sebuah resistor yang memiliki koefisien thermal yang negatif pada sistem AC beramplifier. Ini berarti semakin rendah temperaturnya, maka akan semakin tinggi pula tahanannya. Begitu juga sebaliknya. Semakin tinggi temperaturnya, maka tahanan akan semakin rendah. Hal ini digunakan oleh amplifier untuk menyalakan dan mematikan kompresor. Pada temperatur tinggi sementara tahanan thermistor rendah, amplifier akan mengalirkan listrik dari batre ke kopling magnet dan kompresor akan bekerja. Sedangkan di temperatur yang rendah sementara tahanan tinggi, amplifier akan memutuskan arus listrik dari batere ke kopling magnet dan kompresor pun akan mati.

pressure-switch-audi-tt-20001

5. Pressure Switch 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya di bagian komponen mekanikal, pressure switch yang disebut high pressure switch- low pressure switch (HPS-LPS) di dalamnya. Pressure switch ini adalah komponen elektrikal AC mobil yang memiliki fungsi memutus dan menghubungkan hubungan antara aliran listrik menuju kompresor yang bekerja karena tekanan freon.

Pada tekanan freon yang tidak normal, pressure switch akan menyala. Pressure switch yang umum digunakan untuk AC mobil adalah jenis dual pressure switch di mana pressure switch dipasang di pipa berisi cairan antara filter drier dan katup ekspansi. Komponen ini dapat melacak jika terjadi tekanan yang tidak normal dalam sistem kemudian memutus aliran listrik menuju kopling magnet ketika tekanan yang terjadi terlalu tinggi atau terlalu rendah. Ketika itu, kompresor akan berhenti bekerja dan sistem tetap dalam keadaan stabil.

relay-ac-mobil-ford

6. Relay

Sesuai dengan namanya, relay memiliki fungsi untuk mengalirkan aliran listrik menuju kopling magnet, ke blower motor, hingga ke komponen lain di dalam sistem. Komponen ini dibutuhkan agar kerusakan kunci kontak dapat dicegah. Hal ini akan terjadi apabila aliran listrik dari batere ke kopling magnet atau blower secara langsung dan melalui kunci kontak akan membuat titik-titik kunci cepat aus dan bahkan terbakar.

Dengan menggunakan komponen ini, aliran listrik yang dialirkan dari kunci kontak ke gulungan relay akan berjumlah kecil. Magnet pada gulungan relay akan menyambungkan aliran listrik yang berjumlah cukup besar dari  batere baik ke kopling magnet maupun ke motor blower. Apabila kunci kontak memutus aliran listrik ke gulungan relay, maka otomatis kontak relay akan terputus diikuti dengan terputusnya aliran listrik dari batere ke kopling magnet dan motor blower.

amplifire-kijang-capsule-denso-1500

7. Amplifier 

Booking ServiceAmplifier merupakan rangkaian kelistrikan yang memiliki fungsi untuk mengatur cara kerja AC mobil agar tetap dalam keadaan aman dan stabil sesuai dengan kendali pemakai. Komponen ini bekerja dengan prinsip memutus dan menyambung hubungan arus listrik dari batere ke kopling magnet.

Amplifier yang umum digunakan terdiri dari jenis temperature control atau amplifier yang berfungsi untuk mengendalikan tinggi rendahnya suhu kabin sehingga selalu dalam keadaan stabil, dan jenis idling stabilizer yang berfungsi sebagai pengatur agar tetap bekerja di dalam rentang minimal putaran mesin mobil.

Menikmati perjalanan dengan mobil kita tentu menjadi saat-saat yang berharga. Tetapi kita tidak boleh pula sekadar memakai dan mengabaikan perawatan pada bagian mobil yang penting seperti sistem AC mobil terutama perawatan kompresor AC mobil. Perlu ada perawatan yang maksimal sebagaimana kita menggunakan mobil kita secara maksimal. Karena jika tidak hati-hati dan terencana kita malah harus mengeluarkan dana untuk membayar harga AC mobil baru.

ac-mobil-apa-saja-komponennya-dan-berapa-harganya

Perawatan yang terencana dapat kita lakukan dengan misalnya, mengumpulkan info harga kompresor AC mobil, info harga AC mobil, atau berapa harga pasang AC mobil lalu mengetahui juga apa saja komponen penyusun AC mobil kita beserta cara kerjanya.

Temukan juga info mengenai merk terbaik di pasaran misalnya harga AC mobil Denso dan bengkel mana yang paling baik di industrinya. Tidak hanya itu, kita juga perlu merencanakan secara rutin kapan saja waktu yang baik untuk mengunjungi bengkel AC mobil dan melakukan perawatan. Semuanya demi pengalaman berkendara yang menyenangkan, bukan?

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

51 Comments

  1. […] AC mobil. Disini kita hanya akan bahas secara umum. Sebelumnya kita sudah bahas khusus tentang komponen ac mobil dan berapa harganya. Jadi ada 5 komponen utama AC Mobil antara […]

  2. […] utamanya mesin lax. Saat mau membersihkan oli service ac mobil tidak perlu bongkar rangkaian komponen sistem AC mobil. Pemakaian mesin flushing ac mobil ini akan menghindarkan dari sistem yang bisa saja kembali […]

  3. […] Sebelumnya kita pernah bahas tentang apa saja komponen AC Mobil dan berapa harganya. […]

  4. rusliansyah - 2017-02-18 13:31 Quote

    Ass w.w saya mau tanya berapa kira kira harga total pemasangan Ac baru dgn merk Denso pd bus medium(mekrobus)mitshubisi canter Ps 136 /Fe 84 G BC (4×2) M/T Selinder 3908 CC Kursi 29.karsi ,jawaban kami tunggu.?dan adakah perwakilan dikalimantan selatan.

    • Admin - 2017-02-18 23:55 Quote

      Cek email ya pak rusliansyah.

  5. Ricki - 2017-04-10 15:39 Quote

    kalo magnet clutch yang cocok untuk toyota corolla se 1986 (ee80) apa ya?

    • Admin - 2017-04-28 21:18 Quote

      cek email ya pak ricki..
      thx

  6. dwi - 2017-04-19 19:59 Quote

    om punya magnetic clutch lancer cedia glxi (cs3)..klo punya harga plus ongkir ke salatiga

    • Admin - 2017-04-28 21:15 Quote

      kita sdh lanjut via wa ya om dwi..
      terima kasih

  7. Nurhayati - 2017-05-15 14:00 Quote

    Berapa harga utk ac mobil apv mega carry xtra thn 2012

  8. Nurhayati - 2017-05-15 14:02 Quote

    Berapa harga ac mobil apv mega carry xtra merk denso

    • Admin - 2017-05-16 07:55 Quote

      Maaf, mau untuk sparepart bagian apanya yah pak?

      Atau bapak mau pemasangan AC ?

  9. leonda - 2017-05-31 16:13 Quote

    mau tanya apa ada suku cadang klep katup compresor AC merk Toyoda bos mohon info makasi!!

    • Admin - 2017-05-31 17:24 Quote

      Silahkan cek email pak..
      Thx

  10. Nasir - 2017-06-09 09:07 Quote

    Kompresor ac nissan cwb brapa ya

    • Admin - 2017-06-09 18:42 Quote

      Brg lama sdh terlepas pak?
      Bs kirim gambar melalui wa : 0817 8700 34
      Thx

  11. Ari - 2017-07-23 12:36 Quote

    Mau tanya, great corolla tahun 95
    1) AC tiba2 tidak dingin tetapi kipas menyala. Saya bawa ke Bengkel AC katanya ECU yang kena, lalu dibuatkan kabel yg langsung bypass lewat kontak on/off kipas (tombol on/off AC jadi tidak berfungsi). Komponen apa yg rusak?
    2) RPM posisi rendah sudah di stel di angka 900 tapi selang waktu 1 minggu bisa drop sampai 500an. Tapi mesin tidak sampai mati. Apa masalahnya?

    • Admin - 2017-07-23 14:15 Quote

      1. Kemungkinan yg di maksud ECU itu amplifier ac kali ya pak, bentuk nya kotak hitam yg ada di blkg laci, jika saat ini sdh di modif instalasi kabel hingga bs hidup dan saklar on/off di bypass, kalau memenurut kami jika otomatis kompresor, dll berfungsi normal mungkin itu bs jadi salah 1 solusi nya. Atau kalau mau solusi yg kembali normal mungkin ganti amplifier tsb, masalah nya alat tsb sdh sangat sulit di cari saat ini..
      2. RPM sdh di stel 900? Ini RPM ac atau RPM mesin? Jika RPM ac drop maka sdh di pastikan masalah pada selenoed idle up nya yg masalah.

  12. Hasan - 2017-08-31 15:25 Quote

    Otomat ac mobil toyota merk denso 058700-360 12 V 22 A bisakah di ganti menjadi 20 A. Soalnya gak dapat yang 22A. Terima kasih

    • Admin - 2017-09-08 16:15 Quote

      otomat itu apa ya pak hasan??

  13. Dadan - 2017-09-09 14:53 Quote

    Assalamualaikum, Mohon penjelasannya pa mengenai pengisian freon yang baik dan benar dan berapa tekanan freon untuk ac mobil, Terimakasih sebelumnya,

    • Admin - 2017-09-10 21:27 Quote

      Rata2 tekanan freon pada ac mobil yg ideal adalah sbb.
      – Low : 15-45psi
      – high : 175 – 250psi

      Semoga membantu..
      Terima kasih

  14. Eko - 2017-09-17 22:13 Quote

    Gan harga ac lengkap untuk mobil truck center 125DH kena berapa gan yg baru?
    Dan yang bekas kena berapa gan?
    Sama ongkirnya?
    Email(eko17700@gmail.com)
    Makasih gan.

    • Admin - 2017-09-21 19:32 Quote

      Ini untuk truck canter nya untuk kabin depan saja ya gan?

  15. Indra - 2017-09-21 15:18 Quote

    Mau tanya pak saya baru ngambil mobil isuzu panther pick up dan mau saya pasang ac merk denso kira2 kisaran berapa harga nya dan jasa pasangnya?

    • Admin - 2017-09-21 19:31 Quote

      Panther tahun brp pak Indra?

  16. cahya - 2017-10-19 10:06 Quote

    om, mau tanya.. kia all new picanto ane ac nya ga panas.. udh diisi freon tapi tetap ga panas n tekanannya turun lagi.. kata bengkelnya hrs ganti evaporator… bener ga ya om? kalo bener harga evaporator ac kia all new picanto berapa n ready stock ga? tks

    • Admin - 2017-10-19 14:12 Quote

      maksudnya ac gak dingin ya pak cahya ?? hehe
      cek email ya pak selengkapnya..

  17. romi sembiring - 2017-10-27 14:57 Quote

    Magnetic clutch set harga brapa pak .merk denso untk apv.

    • Admin - 2017-10-27 15:22 Quote

      Cek email ya pak romi…

  18. Daniel - 2017-12-29 00:29 Quote

    Berapa harga ac truk mitsubishi canter

    • Admin - 2017-12-29 22:30 Quote

      Cek email ya pak daniel

  19. Maulana - 2018-01-09 12:15 Quote

    mau tanya harga evaporator volvo 740TI brp ya?trims

    • Admin - 2018-01-09 17:48 Quote

      Cek email ya pak maulana..
      thx

  20. Wahyu - 2018-01-12 05:09 Quote

    Maaf pak.. mohon infonya.
    Karena kita di liar pulau, saya akan menanyakan berapa harga komponen 1 set (seperti terperinci pada artikel di atas) dan perincian komponen beaerta harganya untuk pemasanangan baru (tanpa pasang/komponen saja) dgn harga yg paling ekonomis untuk Daihatsu Espass 1.3 thn 1997?
    Terima Kasih

    • Admin - 2018-01-13 12:10 Quote

      Cek email ya pak wahyu

  21. awalianto - 2018-01-17 16:55 Quote

    dear admin
    saya punya mobil panther LM 2003. kap. mesin 2500 CC. dengan pabrikan single blower. saya mau tambah jadi double blower. apakah daya dan kualitas AC bisa nambah dan aman? biaya nya kisaran berapa ya? dan apakah akan berpengaruh pada tenaga mesin? trims

    • Admin - 2018-03-04 16:55 Quote

      untuk tambah double blower pada mobil panther masih aman pak, tdk akan pengaruh pada tenaga mesin.
      karena untuk panther single blower dan double blower type kompresor yg digunakan masih tetap sama kok..

  22. Budi Sutrisno - 2018-01-30 17:52 Quote

    Numpang tanya pak saya punya mobil mazda vantrend th 1994 warisan ortu, dulu acnya dingin banget tp skrg klo siang g brasa malah kalah dg udara luar.
    kalo diganti acnya apa masih ada sparepartnya? terima kasih informasinya

    • Admin - 2018-03-04 16:41 Quote

      untuk spare part ac mobil vantrand masih lengkap tersedia di Rotary Bintaro pak budi..
      dan untuk keluhan saat ini ac kalah dgn udara luar, saya piki bisa karena ac mobil nya sdh mulai kotor dan perlu di lakukan service berkala..
      thx

  23. Rizal - 2018-02-13 16:42 Quote

    Mau tanya gan …. Saat mesin hidup, ac off tapi di filter drier ac freon kelihatan bekerja…. Apakah ini bermasalah atau tidak ? Jika bermasalah, komponen apa yang perlu diperbaiki ?

    Terima kasih

    • Admin - 2018-03-04 15:20 Quote

      jika hanya seperti genangan air kecil itu tdk masalah sama sekali kok gan..
      so, no worry.. 🙂

  24. Edi - 2018-03-18 20:27 Quote

    Ac baleno 2002 saya jd nggak dingin habis ganti belt dinamo charge, apalagi klo siang hari.?

    • Admin - 2018-03-25 14:35 Quote

      Ac kurang dingin siang hr itu bs disebabkan beberapa hal :
      – Ac kotor
      – freon kurang akibat ada kebocoran freon
      – fan mati / lemah

      Saran kami Lebih baik mbl silahkan dibawa ke bengkel Rotary Bintaro dulu aja, nanti kami bantu cek dan analisa dulu keluhan nya itu darimana penyebab nya..
      Setelah itu akan kami buatkan estimasi detail, jika customer setuju baru akan kami keluarkan spk untuk dilakukan pekerjaannya..

      nb : check gratis!

  25. Ditanti - 2018-03-21 11:27 Quote

    Om tanya mobil saya ford lanser 97 saat ac dinyalakan ac dingin tapi lama kelamaan ac tidak dingin (cuma keluar angin aja) itu pas suhu mesin naik 30%. Mobil saya ini rusak apanya ya om. Trims

    • Admin - 2018-03-25 14:34 Quote

      Temp mesin naik kah pak?
      Jika temp mesin naik otomatis akan membuat tekanan freon ac menjadi ikit overheat, akibat nya pasti akan membuat performa ac menurun, solusi nya perbaiki dulu permasalahan yg menyebabkan temp mesin tsb naik dulu pak..
      Thx

  26. Arif - 2018-03-24 10:37 Quote

    Pak sya mau minta info harga harga sparepart ac mobil pak, dri elektriknya smpai komponen ACnya, mkasih pak

    • Admin - 2018-03-25 14:32 Quote

      Untuk mbl apa dan tahun brp pak arif??

  27. sugeng sudjarwo Hs - 2018-03-26 14:27 Quote

    mohon Tanya AC mobil saya xenia 1300 cc kurang dingin katanya otomatisnya kabel nya hamoir putuh kalau berli brerapa ya pak ?

  28. Indra - 2018-06-01 22:00 Quote

    Gan otomatisny ac mobik vios sy tidak fungsi
    Itu harga otomatisny sampai brapa y gan..?
    Trim

    • Admin - 2018-06-04 12:12 Quote

      ac nya saat ini dingin optimal gak pak indra, karena bisa juga otomatis gak jalan disebabkan karena dingin masih blm optimal sehingga thermostart emang blm memutuskan arus ke kompresor..
      apakah saat ini sdh di ukur dgn thermomter, berapa suhu dingin ac mobil nya saat ini??
      dingin normal antara 3-8 °C, jika masih diatas 8°C maish blm cut/off itu wajar karena dingin yg di capai blm max, namun jika dingin nya sdh dibawah 3°C, itu hrs di curigai kerusakan pada thermostart ac nya..

Tinggalkan Balasan