Penyebab Kompresor AC Mobil Bermasalah dan Cara Memperbaikinya

Apa Sebenarnya Kompresor Itu?
Gejala Awal Kompresor AC Mobil Bermasalah

Kita pasti tidak ingin menghadapi musim kemarau atau bermacet-macet ria di dalam mobil yang panas tanpa AC. Namun ketika kita menyalakan AC mobil, kita mulai sadar ada yang tidak biasa pada sistem AC mobil kita yang biasa. Entah suaranya yang berisik, aneh, dan mengganggu.

AC yang bukannya dingin tapi malah terasa panas, AC tersumbat, hingga AC yang tidak bisa menyala sama sekali. Merasa ada yang salah dan harus diperbaiki, kita lalu membawa mobil kita ke bengkel AC lalu diberitahu bahwa masalahnya ada pada kompresor AC. Oh ya ini ada tips memilih bengkel AC mobil.

AC adalah bagian yang sangat biasa mengalami masalah tetapi kompresor AC adalah komponen yang masa pakainya bisa 5 sampai 15 tahun. Lalu kenapa AC mobil kita bisa mengalami masalah ini?

Belum lagi biaya servis yang harus dibayar dan kompresor AC yang harganya sama sekali tidak bisa dibilang murah.

Ada banyak masalah yang bisa menyebabkan air conditioner kita berhenti bekerja.Untungnya membetullkan AC mobil yang rusak relatif tidak membutuhkan biaya besar. Masalahnya bisa saja ada pada selang hawa yang longgar yang menyebabkan kecilnya power blower pada AC mobil kita. Atau bisa juga masalahnya ada pada filter kabin yang mampet dan akhirnya menyumbat aliran udara di dalam sistem AC mobil.

Di sisi lain, ketika kompresor AC yang gagal dan menyebabkan sistem AC rusak, kabar buruknya adalah kita punya masalah servis AC darurat yang besar dan mau tidak mau harus mengeluarkan biaya yang tidak kecil.

Kompresor adalah komponen yang vital dan mahal, dan di saat bagian itu rusak, bisa-bisa kita tidak cuma harus mengeluarkan biaya untuk harga kompresor yang baru tapi juga beberapa komponen ac lainnya yang berhubungan dengan rusak nya kompresor. Jika rusak total dan tidak bisa lagi diperbaiki, terpaksa kita harus mencari bengkel yang jual kompresor AC mobil yang baru, meskipun kita bisa juga mendapatkannya dari  bengkel yang khusus jual kompresor AC dan jual kompresor AC bekas.

Kabar baiknya yaitu, sebanyak 80 persen penyebab kegagalan kompresor AC yang rusak dapat dicegah jika masalahnya bisa diperbaiki saat mulai kelihatan bermasalah, asal servisnya dilakukan dalam waktu yang tepat. Masalah-masalah ini dapat dideteksi dan dieliminasi selama masa perawatan pencegahan AC mobil secara rutin.

Nah, sebelum AC terlanjur rusak berat dan sebelum kita terpaksa berpanas-panas di dalam mobil, mari kita kenali lebih dekat mengapa kompresor AC mobil dapat bermasalah, apa saja penyebabnya, serta bagaimana cara memperbaikinya.

Apa Sebenarnya Kompresor Itu?

Kompresor AC mobil kita sering juga disebut sebagai jantung bagi keseluruhan sistem AC. Berikut ini adalah alasan-alasan mengapa bisa disebut demikian:

  • Kompresor adalah salah satu komponen kunci yang tanpanya sistem AC secara keseluruhan tidak dapat bekerja
  • Kompresor pada umumnya dapat bertahan lama dan kalaupun rusak sebelum masa pakai yang panjang berakhir, berarti ada masalah tersembunyi yang seringnya dapat dicegah
  • Harga kompresor AC mobil mahal, bisa rusak, dan pada beberapa kasus terkadang tidak bisa diperbaiki
  • Sebagaimana jantung manusia memompa darah ke seluruh tubuh, kompresor memiliki tugas untuk menekan gas refrigrant atau yang disebut juga freon ke seluruh sistem sehingga kompresor dapat membuang panas dan kelembaban dari udara di dalam kabin

Sekarang setelah kita mengetahui mengapa sangat penting untuk menjaga kompresor tetap dalam kondisi yang prima, mari kita intip juga gejala-gejala wal kompresor AC mobil bermasalah dan beberapa hal yang dapat menyebabkan kegagalan kompresor AC serta apa yang bisa kita lakukan untuk memperbaikinya.

Gejala Awal Kompresor AC Mobil Bermasalah

Jika mulai dirasa ada yang bermasalah pada AC mobil, misalnya hembusan yang panas ketika mobil sedang dalam kecepatan rendah, atau timbul suara-suara aneh, maka ini bisa bisa jadi adalah gejala awal masalah pada kompresor AC mobil.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri awal yang harus kita waspadai agar kompresor AC mobil kita bisa segera mendapatkan penanganan dan tidak merembet ke masalah-masalah lain yang bisa membuat kita mengeluarkan biaya ekstra untuk harga kompresor yang tidak murah:

  • Terdengar suara agak kasar ketika tombol AC diubah ke posisi 1-2-3 yang mengindikasikan AC yang mulai bekerja. Kompresor yang bermasalah akan mengeluarkan suara seperti gesekan. Tetapi jika tombol di-set kembali ke ‘off’, suaranya akan hilang
  • Tekanan pada kompresor berkurang. Pada awalnya hembusan udara dari AC akan terasa kurang dingin ketika rpm mesin dalam keadaan rendah. Tetapi ketika mobil mulai jalan pada kecepatan tertentu, hembusan udara akan mulai terasa dingin
  • Ada kebocoran. Semakin besar kebocorannya, freon akan semakin cepat habis dan semakin cepat AC terasa tidak dingin. Rata-rata kebocoran pada kompresor AC mobil berlangsung sekitar 6 minggu hingga freon habis total. Kalau terjadi kebocoran freon baiknya langsung bawa ke bengkel ya. Karena ada efek samping menghirup gas freon pada AC mobil yang bocor.
  • Masalah pada magnetic clutch atau kopling magnet. Kasus yang banyak terjadi adalah bila mobil sedang berada di jalan yang macet atau sedang berjalan merayap. Udara di dalam kabin yang tadinya dingin tiba-tiba tidak dingin sama sekali. Tetap setelah dimatikan beberapa saat dan dihidupkan kembali, AC bekerja lagi dengan normal. Biasanya ini setelah diiringi rpm mobil yang tinggi, diatas angka 1 atau 1000 rpm.

Jika kita menemukan indikasi seperti di atas tadi, sebaiknya segera menghubungi bengkel yang terpercaya terutama bengkel yang khusus memperbaiki masalah-masalah AC mobil. Karena apabila ditunda-tunda dan dibiarkan karena dianggap akan kembali ke semula dengan sendirinya, masalah bisa merembet ke komponen yang lain dan ujung-ujungnya kerusakan bisa lebih besar. Apalagi kompresor sama sekali bukan jenis spare part yang harganya murah.

Masalah dan Penyebab Kompresor AC Mobil Bermasalah

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, saat terjadi kerusakan pada kompresor, seringnya hal itu disebabkan oleh masalah tersembunyi dan tidak begitu terlihat yang menyebabkan sistem mendapat terlalu banyak tekanan.

Apakah pilihannya harus jual kompresor AC mobil lalu menggantinya karena harga jual kompresor AC bekas lebih murah?

Tidak harus selalu demikian. Oleh karena itu, selain karena harga kompresor AC mobil yang tidak murah, penting bagi kita untuk mengetahuinya karena dua alasan berikut:

  • Dengan mendeteksi dan memperbaiki masalah yang tidak nampak tersebut, kita akan mencegah kegagalan pada kompresor AC
  • Jika kita hanya mengganti kompresor yang rusak tanpa memperbaiki masalah itu, kompresor yang baru kemungkinan akan mengalami kerusakan juga

Di bawah ini adalah masalah-masalah umum yang menyebabkan kerusakan pada kompresor AC:

1. Fan mati atau lemah

ketika fan ac maupun fan radiator mati / lemah akan membuat tekanan freon pada jalur high press meningkat atau overheat, otomatis akan membuat kompresor menjadi panas berlebihan dan berpotensi membuat kompresor menjadi bermasalah seperti bunyi kasar ataupun bocor.

2.  Freon yang terlalu sedikit didalam sistem

Jika pada selang freon AC mobil terdapat lubang atau retakan, AC akan mengalami kebocoran freon. Dan setelah beberapa saat, level freonnya jadi sangat rendah dan mengakibatkan kompresor harus bekerja lebih keras memompa freon yang cukup ke seluruh sistem untuk mendinginkan kabin. Ketegangan ini akhirnya akan menyebabkan kondisi kompresor memburuk.

3. Terlalu banyak freon yang diisi

Apabila AC mobil kita ditangani oleh teknisi yang kualifikasinya kurang memadai lalu teknisi tersebut menambahkan terlalu banyak freon, atau bahkan menggunakan tipe freon yang salah, hal tersebut dapat berefek mematikan pada kompresor.

4. Kebuntuan / mampet

pada dasarnya Sistem kerja ac mobil adalah sirkulasi freon secara terus-menerus didalam sistem, apabila aliran sirkulasi yang terhambat (buntu) membuat kompresor terus berkerja (memompa) akan tetapi aliran sirkulasi tidak normal dan mengakibatkan kompresor jebol.

5. Oli pelumas yang tidak cukup

Anggaplah oli pelumas AC ini sebagai darah di tubuh manusia. Jika oli ini tidak cukup, sistem tidak dapat bekerja dengan benar dan segala jenis masalah dapat timbul, termasuk masalah kerusakan kompresor AC. Saat sistem terawat secara rutin oleh teknisi AC yang profesional, teknisi tersebut akan mengecek level oli dan kondisi pompa oli untuk mencegah masalah yang satu ini.

6. Usia pemakaian

dengan mengikuti prosedur pemakaian dan perawatan yang rutin tentunya dapat memperpanjang usia komponen komponen spare part ac mobil anda khusus nya pada kompresor.

kompresor-ac-mobil-bermasalah-ini-penyebab-dan-cara-memperbaikinya-sumber-gambar-bmwccibantenchaptercom

Cara Memperbaiki Kompresor AC Bermasalah

Bagaimana memperbaiki kompresor AC yang rusak bergantung pada apa jenis kerusakannya dan bagian mana yang rusak karena tentu harga jual kompresor AC mobil tidak murah dan tidak ada yang jual kompresor AC per komponennya saja.

Untuk itu sebelum memperbaikinya, kenali dulu masalah kompresor AC kita sebelum mengeluarkan dana untuk harga kompresor AC mobil atau mengganti kompresor karena harga jual kompresor AC bekas yang lebih terjangkau.

1.Kompresor yang Macet

Untuk kompresor yang macet dan rusak disebabkan karat yang terdapat pada shaft kompresor dengan bearing bambu dan tidak bisa berputar, sebetulnya tidak perlu menggantinya dengan yang baru karena karatnya bisa dihilangkan.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membongkar kompresor lalu membersihkannya dengan antikarat, mengamplasnya dengan amplas halus, kemudian mengganti oli kompresor dengan oli yang baru.

Pastikan juga bahwa tidak terdapat cacat pada kompresor seperti piston, dinding silinder, atau klep yang patah. Karena jika patah tentu saja kita harus mengganti keseluruhan kompresor dengan yang baru.

2.Kompresor yang Berbunyi dan Berisik

Pada kompresor yang berbunyi dan berisik, pertama-tama kita harus memperhatikan oli kompresor yang bertugas sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan dan mencegah kompresor cepat panas. Mungkin saja ada kesalahan pada pengisian oli pelumas atau kebocoran pada kompresor.

Periksa juga apakah pistonnya telah aus. Ini bisa terjadi pada mobil tua atau mobil yang perawatan sistem AC-nya kurang. Piston yang aus adalah salah satu dari sebab-sebab AC mengeluarkan suara berisik.Jika ini terjadi, berarti saatnya kompresor diganti dengan yang baru.

Selain itu cek pula thrust bearing. Jika trush bearing ini longgar karena pemasangan yang tidak benar sesudah dibongkar, maka masalah bunyi berisik tadi dapat terselesaikan dengan mengencangkan lagi thrust bearing yang longgar.

Untuk masalah yang satu ini kita ada bahasan khusus yaitu penyebab kompresor AC mobil bising.

Terakhir, periksa AS. Untuk AC bertipe denso, AS pada kompresor yang tidak presisi dapat menyebabkan pergerakan piston yang melampaui batas maksimal. Jika ini terjadi maka akan terjadi benturan pada katup kompresor dan menimbulkan bunyi ketika AC dinyalakan.

Booking Service

3.Kompresor AC Mengalami Macet

Jika kompresor AC mengalami macet, hal ini biasanya disebabkan kompresor yang dipaksa bekerja ketika mengalami termal tanpa adanya perbaikan. Yang terjadi selanjutnya adalah kompresor yang macet lalu terbakar.

Ketika kita merawat kompresor AC mobil kita dengan baik, tepat, dan rutin di bawah tangan yang ahli, kita sekaligus juga menjaga udara dingin dalam kabin tetap konsisten. Ini berarti, penting sekali untuk memberikan servis sistem AC mobil kita setidaknya 2 kali dalam 1 tahun oleh bengkel AC yang betul-betul mengerti dan memiliki pengalaman di bidangnya. tidak hanya mesin mobil secara keseluruhan saja yang perlu diservis, bagian-bagian yang paling sering kita gunakan dan umum mengalami masalah seperti sistem AC pun tidak boleh luput dari daftar perawat mobil yang utama.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

GIF Booking Service

34 pemikiran pada “Penyebab Kompresor AC Mobil Bermasalah dan Cara Memperbaikinya

  1. Ketika mobil lagi jalan tiba2 mengeluarkan asap dan bau sangit kebakar, ternyata setelah di lihat fan belt compressor putus.
    Lalu saya bawa ke bengkel, hanya di pegang teknisi AC sudah tahu klo compressor macet dan harus ganti baru.
    Apa sebegitu cepat analisisnya tanpa membongkar compressor tsb?
    Apakah compressor tsb ada kemungkinan lain yg perlu di ganti clucth/ bearing atau sudah pasti ganti utuh compressor baru?
    Mohon pencerahan nya.
    Terima kasih.

  2. Numpang tanya gan.. ac mobil saya setiap saya nyalain ac. Rasanya suara pd kompresor bagian puly/magnet saat star ac suaranya (cetak) tp kenceng sampe kdengerany sampe di dalam.. tdak halus … kira2 apanya y gan… mohon bantuanya gan

  3. Mobil sy pajero sport,kalo AC on (rpm 700) bunyi normal,jika di gas pd rpm 900 sd 1200 seperti ada sedikit bunyi dengungan dan getaran berasa sampai kabin.
    Dibawah rpm 900 atau diatas rpm 1200 tadi hilang bunyi dan getaran tsb.
    Kira-kira penyebabnya apa ya.
    Terima kasih.

    • Untuk kasus ini kita hrs cek dulu apakag bunyi dari kompresor atau dari bearing nya pak hendra..
      Lebih baik mbl silahkan dibawa ke bengkel Rotary Bintaro dulu aja, nanti kami bantu cek dan analisa dulu kerusakan nya itu darimana penyebab nya..
      Setelah itu akan kami buatkan estimasi detail, jika customer setuju baru akan kami keluarkan spk untuk dilakukan pekerjaannya..

      nb : check gratis!

  4. Numpang bertanya Pak mobil saya nisan xtrail th 2015 tiba” Kompresor ac tidak nyala dan sebelum nya memang sempat kasar suara kompresor nya,pdhl 1 bulan lalu sudah saya servis AC sudah dganti oli sudah di vacum ditambah dfreon.apa kemungkinan terjadi kesalahan pada waktu servis Dr mekanik nya?karena kompresor AC sendiri objek vital dan boleh dikatakan jarang rusak kalao memang tidak terjadi kesalahan yg fatal.

    • Kompresor tdk bekerja bisa banyak faktor, seperti :
      – elektrikal / listrik yg tdk terkoneksi ke kompresor akibat dari sekring putus, relay, kabel, dsb
      – magnetic clutch masalah
      – pressure switch mati
      – dll

      Apakah ada hubungan dgn service di bengkel sebelumnya blm bs kita pastikan pak, karena hrs di cek dulu saat ini penyebab pasti nya darimana setelah itu baru kita bs simpulkan apa penyebab pasti nya..

  5. Kalo AC mobil saya berisik/ngorok, itu udah pasti kompresor ya? Tidak harus diganti tapi di servis aja bisa kan? Sama kurang dingin juga sih kalo siang. Mobil saya Hyundai Verna 2005, bisa?

    • Lebih baik mbl silahkan dibawa ke bengkel Rotary Bintaro dulu aja, nanti kami bantu cek dan analisa dulu kerusakan nya itu darimana penyebab nya..
      Setelah itu akan kami buatkan estimasi detail, jika customer setuju baru akan kami keluarkan spk untuk dilakukan pekerjaannya..

      nb : check gratis!

  6. Mau tanya pak.
    Ketika kompressor ac mobil nyala.
    Tapi suctionnya cuma mampu turun 5 psi itu kenapa ya pak.
    Biasanya 25 psi posisi nyaka ketika di gas akan turun 15 atau 10 psi.
    Ini cuma turun sedikit 2 sampai 3 psi aja.
    Knp ya pak.

    • mobil apa dan tahun brp pak??
      dgn kondisi tekanan sedikit turun yg bpk jelaskan apakah ada keluhan ??
      dingin nya sdh di ukur kah dgn thermometer brp °C dgn tekanan seperti itu?

  7. malem gan…mau numpang tanya mobil saya jazz gd3…ac kalo di yalakan km 70…seperti ada bau karet kebakar…dan keluar udara yh hanya angin doang mohon pencerahan yh

    • Maksudnya kecepatan tinggi ac hanya angin saja dan bau karet kebakar ya?

      Bisa di cek bagian magnetic clutch nya pak aryo, khawatir ada masalah pada kopling kompresor nya..
      Tp menutup kemungkinan ada pada komponen lainnya juga ya..
      Lebih baik mbl silahkan dibawa ke bengkel Rotary Bintaro dulu aja, nanti kami bantu cek dan analisa dulu kerusakan nya itu darimana penyebab nya..
      Setelah itu akan kami buatkan estimasi detail, jika customer setuju baru akan kami keluarkan spk untuk dilakukan pekerjaannya..

      nb : check gratis!

  8. selamat siang , saya ingin menanyakan saya memiliki mobil xenia 1.3 XI thn 2011 , 1 bulan lalu saya maintance ac didaerah dekat rumah dari cuci evap , ganti dyer , sampai pasang filter kabin

    1. mobil saya gunakan Ac normal sekitar 1 jam lebih , tiba2x sewaktu bermacet2xan tiba – tiba ac hanya mengeluarkan hembusan angin saja dan tidak dingin ,
    lalu saya off ac lalu saya hidupkan kembali msh sama begitu , saya matikan ac sekitar 10 menit saya nyalain kembali normal .
    2. pada saat bermasalah tersebut saya cek cluth dan magnetic ac tiba2x cetek lalu cetek kembali , normalnya cetak sekali lama lalu sampai suhu tertentu baru cetik kembali , .

    yang saya ingin tanyakan jika spt itu kira2x yang permasalahan dimana , sebelum diservice ac normal2x saja memang sebelum dicek freon agak kurang , tetapi setelah diservice malah seperti itu , kejadian tsb sudah 2 kali terjadi , apakah freon kepenuhan atau itu memang gejala magnetic cluth rusak

    terima kasih

    • Kalau info yg diberikan seperti nya maslaah pada magnetic clutch..
      Lebih baik mbl silahkan dibawa ke bengkel Rotary Bintaro dulu aja, nanti kami bantu cek dan analisa dulu kerusakan nya itu darimana penyebab nya..
      Setelah itu akan kami buatkan estimasi detail, jika customer setuju baru akan kami keluarkan spk untuk dilakukan pekerjaannya..

      nb : check gratis!

  9. Selamat siang pak..
    Mau tanya, mobil saya karimun kotak th 2003. Saat ini AC nya mengalami keluhan terdapat suara cetak cetek saat AC hidup agak lama. AC / kompresor msh bekerja (terasa dingin). Tapi, sistem AC jadi tidak bekerja dgn baik setelah suara cetak cetek terjadi. Mohon informasinya, kira2 dimana ya pak, penyakitnya?
    Terima kasih –

    • bunyi cetak cetek nya terdengar didalam kabin atau luar kabin pak??
      ini bs banyak penyebab nya :
      – relay (plat platina dalam relay yg sdh tdk baik, kadang nempel kadang lepas ini juga bs jadi penyebab cetak cetek)
      – kabel / soket kendor sehingga membuat magnet clutch putus nyambung putus nyambung itu jiga bs bisa menjadi keluhan cetak cetek tsb

  10. Mobil sy Nissan Evalia 2012. Kemaren baru ganti fanbelt. Setelah itu sy dengar bunyi kompresor agak kasar dan pada saat “cetak” off, bunyi dua kali. Sy cek.. pada saat off itu kompresor seperti ada gerakan tambahan, ga langsung brenti. Itu masalahnya kenapa ya.

    • gerak tambahan yg dimaksud itu sampai berapa lama setelah kompresor off pak??
      jika kurang dari 3 detik itu masih bs di toleransi bisa karena masih ada sisa kompresi dari kompresor.
      namun jika lebih dari 3 detik itu terlalu panjang itu bisa disebabkan permukaan piringan center piece sdh tdk rata alias aus sehingga terseret oleh pully yg di tarik oleh engine..

  11. mobil saya avanza th 2006 pernah ganti kompresor udah 3 kali,untuk yang ke tiga ini alhamdulillah bisa bertahan agak lama,tapi sekarang ac kurang dingin dan kompresor ac jalan terus dan rpmnya tinggi clutc yang biasanya mati / nyala kok gak fungsi.yang saya tanyakan apakah saya harus ganti kompresor baru lagi atau kompresornya masih bisa diperbaiki.terima kasih

    • ini jawaban kenapa bpk bs ganti kompresor sampai 3x..
      ketika kompresor rusak atau jebol, maka komponena didalam kompresor akan terkikis, sehingga menimbulkan banyak ampas gram2 yg menyebar ke semua saluran ac, jika dalam pergantian kompresor penanganan nya tdk sesuai dgn prosedur atau pengurasannya kurang sempurna maka akan menyebabkan kompresor menjadi mudah jebol kembali, karena sisa2 gram yg masih nempel di saluran ac lainnya akan bersirkulasi kedalam kompresor yg baru dan menyebabkan gesekan dalam kompresor baru lagi..

      saat ini magnet clutch bpk tdk bs cut off secara otomatis itu bs di sebabkan karena suhu temp ac tdk mencapai suhu yg max sehingga termostat belum memberikan sinyal agar kompresor cut/off.
      apakah saat ini masalah pada kompresor lagi atau bukan, itu hrs di cek dulu tekanan nya saat ini setelah itu baru bs kita simpulkan apa yg hrs di kerjakan sehingga ac bs kembali normal.

  12. Admin saya mau tanya,ac mobil saya waktu pertama dihidupkan berbunyi cit cit,tapi kalau di gas hilang bunyinya nanti gitu lagi waktu otomatis AC nya, terimakasih

  13. Saya mau tanya pak apakah normal jika body kompresor ac ketika nyala dipegang panas Skali. Untuk selang yg Dr Evaporator dingin kalo yg ke kondesor panas. Kalo kondensornya cuma hangat. Kaca di driyer kl dilihat kok tidak kelihatan cairan freonnya pak jadi warnanya abu abu gelap saya sudah coba tambah freon ttp tidak kelihatan apakah ini indikasi kotor. Kl ac mobil misal kondisi berhenti di lampu merah cukup lama dan matahari terik dinginnya berkurang. Ada catatan setelah saya tambah freon knp cut off otomatis jadi tidak fungsi ya pak sblmnya jika sudah dingin bisa cetik off. Mobil panther kotak. Terimakasih sblmnya

    • kemungkinan compressor ada indikasi kerusakan, dan jika ingiin mengetahui kondisi dan diagnosa ya .
      untuk konsul lebih lanjut boleh hubungi no ini 0878 3344 5550

  14. Mobil saya bmw 320 e90. Kenapa kompresor langsung nyala ya, dan RPm lama turunnya saat pertama di hidupkan. Tapi keadaan AC sih normal karena belum lama di ganti peron. Dan normalnya seperti apa ya kerja kompresor yang baik dari mulai start awal sebelum menyalakan AC dan setelah AC di Nyalakan. Mohon info ya admin. Makasih

    • compressor kondisi normal harus ada cut /off ya, otomatis hidupnya.
      dan dingin tercapai, jadi jika bapak ada waktu mohon di bawa aja langsung rotary bintaro
      agar bisa langsung di cek detailnya.
      untuk info lebih lanjut bisa hub no ini.
      0878 3344 5550

Tinggalkan komentar