rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Jarang Yang Tahu! Pahami Cara Kerja Magnetic Clutch AC Mobil Disini!

Fungsi AC mobil yang maksimal dalam memberikan sirkulasi udara dingin ini tentu mampu menciptakan kenyamanan dalam berkendara, mulai dari tubuh yang terhindar dari keringat, suhu yang menyejukkan hingga nafas yang lega. Fungsi AC mobil ini tentu sangat penting untuk dijaga agar tetap awet dan maksimal.

Namun, perlu diingat bahwa fungsi yang maksimal dari suatu sistem AC mobil tentu tidak lepas dari peran seluruh komponen AC mobil di dalamnya yang saling terhubung dan bekerja antar yang satu dengan yang lainnya. Salah satu komponen AC mobil yang sangat penting adalah magnetic clutch.

Namun sayangnya, masih belum banyak orang yang memahami soal magnetic clutch ini karena memang belum banyak edukasi mendalam soal komponen AC mobil yang satu ini. Maka dari itu, dalam artikel kali ini, kita akan pahami bersama soal magnetic clutch AC mobil.

Apa saja fungsi dan komponen yang menopangnya? Bagaimana cara kerja magnetic clutch ini? Apa saja hal yang dapat menjadi penyebab kerusakannya? Lalu bagaimana cara perawatannya? Itulah yang akan kita bahas dalam artikel kali ini. Simak sampai habis ya!

Pertanyaan Seputar Cara Kerja Magnetic Clutch

Tanda-tanda seperti suara berderak atau AC tidak menghasilkan udara dingin dapat menjadi indikasi masalah pada magnetic clutch. Pemeriksaan visual dan mendengarkan suara selama operasi dapat membantu mendeteksi masalah.
Tergantung pada tingkat kerusakan. Beberapa masalah mungkin dapat diperbaiki, seperti penggantian bearing. Namun, dalam beberapa kasus, penggantian keseluruhan magnetic clutch mungkin diperlukan.
Penggantian magnetic clutch memerlukan pengetahuan dan keterampilan teknis yang cukup. Disarankan untuk mendapatkan bantuan dari mekanik yang berpengalaman agar penggantian dilakukan dengan benar.
Melakukan pemeliharaan rutin AC, seperti mengganti filter udara dan mengisi refrigeran dengan benar, dapat membantu mempertahankan kinerja optimal magnetic clutch. Pemantauan terhadap tanda-tanda masalah juga penting.

Apa Itu Magnetic Clutch?

cara kerja magnetic clutch

Sebelum membahas cara kerja magnetic clutch, kita perlu memahami apa itu magnetic clutch. Magnetic clutch adalah komponen yang digunakan untuk menghubungkan dan memutuskan transmisi daya dari mesin ke komponen lain di dalam sistem AC mobil.

Fungsi magnetic clutch pada AC mobil adalah menghubungkan dan memutuskan putaran dari mesin ke kompresor AC mobil. Ketika AC mobil dihidupkan, magnetic clutch akan aktif dan menghubungkan mesin dengan kompresor AC, sehingga memungkinkan penggerakannya. Ketika AC dimatikan, magnetic clutch akan memutuskan putaran dari mesin ke kompresor AC, sehingga menghentikan penggerakan kompresor AC.

Fungsi magnetic clutch yang maksimal pada sistem AC mobil memberikan beberapa keuntungan yang signifikan. Salah satunya adalah peningkatan efisiensi penggunaan tenaga mesin. Dengan adanya magnetic clutch, AC mobil hanya aktif saat diperlukan, sehingga tidak menguras daya mesin secara konstan. Hal ini membantu mengoptimalkan penggunaan energi dan mengurangi beban mesin mobil secara keseluruhan.

Lebih lanjut, ketika fungsinya maksimal, maka cara kerja magnetic clutch juga menjadi maksimal. Adanya cara kerja magnetic clutch yang maksimal ini juga memberikan pengendalian suhu yang lebih baik pada AC mobil. Dengan kemampuan untuk menghubungkan dan memutuskan putaran mesin ke kompresor AC, magnetic clutch dapat memastikan suhu udara yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan pengendara. Ini berarti pengguna dapat menyesuaikan AC sesuai suhu yang diinginkan dengan lebih akurat.

Tidak hanya itu, fungsi dan cara kerja magnetic clutch yang maksimal juga dapat memberikan penghematan bahan bakar yang signifikan. Dengan mengoptimalkan penggunaan tenaga mesin, magnetic clutch membantu mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu. Hal ini dapat menjadi faktor penting dalam mengurangi biaya operasional sehari-hari kendaraan.

Selain manfaat tersebut, fungsi magnetic clutch yang maksimal juga dapat memperpanjang umur komponen lain dalam sistem AC mobil. Dengan mengatur putaran mesin yang tepat, magnetic clutch memastikan komponen AC bekerja dalam batas optimalnya. Hal ini dapat mengurangi risiko kerusakan pada komponen lain dan meminimalisir biaya perawatan dan perbaikan secara keseluruhan.

Komponen-Komponen Magnetic Clutch

cara kerja magnetic clutch

Setelah berkenalan singkat dengan magnetic clutch, maka hal berikutnya yang perlu Anda pahami adalah komponen apa saja yang terlibat di dalamnya. Komponen-komponen yang terdapat pada magnetic clutch sangat penting untuk memastikan kinerja yang optimal.

Komponen Magnetic Clutch AC Mobil

Kita akan membahas beberapa komponen utama yang terdiri dari:

1. Cakram Magnetik (Clutch Plate)

Cakram magnetik merupakan salah satu komponen kunci dalam magnetic clutch. Cakram ini terhubung dengan mesin mobil dan kompresor AC, dan berfungsi sebagai penghubung utama untuk mentransfer putaran dan daya dari mesin ke kompresor.

2. Cekungan Magnetik (Magnetic Plate)

Cekungan magnetik terletak di dalam cakram magnetik dan berfungsi untuk menutup atau membuka aliran daya. Cekungan ini berperan dalam mengatur kapan magnetic clutch harus terhubung atau terputus dari mesin dan kompresor AC.

3. Coil Elektromagnetik (Electromagnetic Coil)

Coil elektromagnetik merupakan komponen yang menghasilkan medan magnet saat dialiri arus listrik. Medan magnet ini bertanggung jawab untuk menarik cakram magnetik ke arah cekungan magnetik, sehingga memungkinkan transfer putaran dan daya.

4. Kumparan Pegas (Engagement Springs)

Kumparan pegas berperan dalam mengembalikan cakram magnetik ke posisi semula setelah putaran dan daya ditransfer. Pegas ini juga membantu dalam menjaga kontak yang baik antara cakram magnetik dan cekungan magnetik.

5. Rumah Magnetic Clutch (Clutch Housing)

Bagian ini melindungi dan mengarahkan udara ke komponen lain di dalam magnetic clutch.

6. Penghubung Listrik (Electrical Connector)

Ini yang menghubungkan sistem listrik mobil dengan kumparan elektromagnet.

Baca Juga : Freon AC Itu Tidak Hanya Satu! Kenali Jenis Freon AC Berikut Ini

Cara Kerja Magnetic Clutch

cara kerja magnetic clutch

Seperti namanya, komponen AC mobil yang satu ini akan bergerak dengan memanfaatkan medan magnet dalam menggerakan bagian clutchnya. Cara kerja magnetic clutch ini melewati beberapa rangkaian.

Cara Kerja Magnetic Clutch AC Mobil

Untuk memahami secara lebih mendetail, berikut ini adalah beberapa rangkaian cara kerja magnetic clutch dalam suatu sistem AC mobil :

1. Magnetic Clutch Berputar Pada Saat Mesin Mobil Dinyalakan

Rangkaian cara kerja magnetic clutch yang pertama diawali pada saat mobil dinyalakan. Ketika kunci kontak dihidupkan dan mesin mobil mulai dinyalakan, magnetic clutch yang terhubung dengan sistem pendingin atau air conditioner di dalam mobil akan aktif. Pada awalnya, clutch ini belum terhubung dengan pulley drive belt dan berputar bebas mengikuti putaran mesin.

2. Arus Listrik Pada Spul Yang Dipicu Oleh Putaran Mesin

Setelah mesin mobil nyala dan magnetic clutch berputar sesuai arah putaran mesin, maka disinilah akan masuk ke rangkaian cara kerja magnetic clutch yang kedua, dimana spul atau kumparan kawat di dalam magnetic clutch mengalami perubahan medan magnetik yang memicu terjadinya arus listrik. Ini disebabkan oleh prinsip induksi elektromagnetik, di mana perubahan medan magnet di sekitar kumparan kawat akan menciptakan arus listrik dalam kumparan tersebut.

4. Ditariknya Centerpiece

Setelah arus listrik berhasil dipicu, maka kita akan masuk ke rangkaian cara kerja magnetic clutch yang ketiga. Arus listrik yang dihasilkan oleh spul kemudian digunakan untuk menarik centerpiece atau bagian tengah dari magnetic clutch. Pergerakan centerpiece ini menghasilkan tekanan pada permukaan gesek pulley, yang merupakan bagian dari sistem kopling. Rangkaian cara kerja magnetic clutch yang ketiga ini mengubah magnetic clutch dari keadaan berputar bebas menjadi terhubung dengan pulley drive belt.

5. Pressure Plate Menempel Pada Drive Belt

Rangkaian cara kerja magnetic clutch yang berikutnya adalah menempelnya pressure plate pada bagian drive belt. Saat centerpiece terhubung dengan pulley, medan magnet yang dihasilkan oleh arus listrik menjadi cukup kuat untuk menarik pressure plate. Pressure plate ini kemudian menempel pada pulley drive belt, menghubungkan magnetic clutch secara efektif dengan sistem penggerak mesin mobil.

Baca Juga : Bagian AC Mobil Yang Wajib Untuk Anda Ketahui

6. Berputarnya Pressure Plate Dan Drive Belt Sesuai Putaran Mesin

Dengan terhubungnya magnetic clutch, pressure plate dan pulley drive belt akan ikut berputar seiring dengan mesin mobil. Dari rangkaian cara kerja magnetic clutch ini memungkinkan transfer energi dari mesin ke magnetic clutch, dan selanjutnya, kepada kompresor yang terhubung pada sistem pendingin atau air conditioner.

7. Bergeraknya Kompresor

Setelah terhubung, magnetic clutch akan menempel erat pada pulley drive belt dan secara langsung menggerakkan kompresor di dalam sistem pendingin atau air conditioner. Ini merupakan rangkaian cara kerja magnectic clutch yang terakhir, dimana fase ini memungkinkan kompresor untuk mulai menghasilkan tekanan pada refrigeran dan memulai proses pendinginan di dalam kabin mobil, memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang.

Rangkaian cara kerja magnetic clutch ini terjadi secara otomatis saat AC mobil dihidupkan dan mesin berputar. Ketika AC dimatikan, magnetic clutch akan memutuskan aliran daya dari mesin ke kompresor AC, sehingga mencegah putaran tidak perlu dan menghemat energi.

Tanda-tanda Kerusakan pada Magnetic Clutch AC Mobil

Jika magnetic clutch pada AC mobil rusak, sistem pendingin bisa terganggu. Ini mempengaruhi kenyamanan dan performa mobil. Akibatnya bisa bermacam-macam.

  • Tidak Ada Udara Dingin

Magnetic clutch yang rusak tidak bisa putar kompresor dengan baik. Ini membuat AC tidak bisa menciptakan udara dingin.

  • Overheat Mesin

4Kerusakan pada magnetic clutch membuat mesin bekerja lebih berat. Ini memicu suhu mesin naik, berpotensi merusak bagian dalamnya.

  • Kerusakan pada Komponen Lainnya

4Saat magnetic clutch rusak, beban tambahan jatuh ke komponen AC lainnya. Kondensor, evaporator, dan kompresor bisa terluka.4Kerusakan ini juga bisa menimbulkan suara kasar dari AC mobil. Berkendara jadi kurang nyaman.2Jika kompresor mati, AC mobil tidak lagi bekerja dengan baik.

2Hasilnya, mobil menjadi kurang dingin karena freon tidak beredar sebagaimana mestinya.2Segera cek dan perbaiki masalah pada magnetic clutch mobil. Langkah cepat ini mencegah kerusakan lebih lanjut pada sistem pendingin mobil.

Penyebab Magnetic Clutch Rusak

cara kerja magnetic clutch

Seiring waktu dan penggunaan yang intens, cara kerja magnetic clutch AC mobil dapat mengalami terganggu sehingga membuat komponen AC mobil ini mengalami kerusakan. Terdapat beberapa penyebab magnetic clutch AC mobil rusak, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Keausan Pada Cakram Magnetic

Pada kondisi yang ekstrem atau setelah pemakaian yang lama, cakram magnetik pada magnetic clutch dapat mengalami keausan. Hal ini dapat mengakibatkan berkurangnya efisiensi penghubungan dan pemutusan transmisi daya dengan kompresor AC.

2. Kerusakan Cekungan Magnetik

Cekungan magnetik yang ada di dalam cakram magnetik juga dapat mengalami kerusakan akibat gesekan atau keausan. Jika cekungan magnetik rusak, maka fungsu magnetic clutch dalam menghubungkan mesin dengan kompresor AC mobil menjadi terganggu.

3. Kumparan Pegas Atau Coil Elektromagnetik Kurang Responsif

Kumparan pegas dan coil elektromagnetik pada magnetic clutch bertanggung jawab dalam menggerakkan cakram magnetik. Jika kumparan pegas atau coil elektromagnetik mengalami kerusakan atau keausan, magnetic clutch dapat kehilangan responsivitasnya dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

4. Overheating

Suhu yang terlalu tinggi bisa merusak magnetic clutch. Overheating dapat terjadi akibat gesekan yang berlebihan atau masalah pada sistem pendingin mesin.

5. Masalah Pada Kelistrikan

Magnetic clutch pada AC mobil sangat bergantung pada kelistrikan yang baik. Jika terdapat masalah pada sistem kelistrikan, seperti kabel yang rusak atau koneksi yang longgar, magnetic clutch tidak akan berfungsi dengan baik atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Selain dari penyebab kerusakan, terdapat pula ciri ciri magnet clutch AC mobil rusak yang dapat Anda perhatikan, mulai dari AC yang tidak dapat diaktifkan, tidak mengeluarkan udara dingin, mengeluarkan bunyi dan bau yang mengganggu, panas berlebih pada magnetic clutch hingga menurunnya efisiensi bahan bakar. Apabila Anda menemui ciri ciri magnet clutch AC mobil rusak tersebut, segeralah bawa mobil Anda ke bengkel AC mobil yang Anda percaya.

Itulah beberapa penyebab umum kerusakan pada magnetic clutch. Agar AC mobil tetap berfungsi dengan optimal, penting untuk menjaga kondisi magnetic clutch dengan melakukan perawatan dan pemeriksaan secara berkala.

Promo Service AC Mobil

Lakukan Service AC Mobil Rutin Hanya Di Rotary Bintaro!

cara kerja magnetic clutch

Fungsi dan rangkaian cara kerja magnetic clutch AC mobil perlu Anda maksimalkan. Apabila fungsi ataupun cara kerja magnetic clutch AC mobil ini terganggu, maka hal ini akan menimbulkan berbagai macam kerusakan pada magnetic clutch bahkan komponen AC mobil lainnya. Inilah mengapa service AC mobil secara rutin menjadi hal yang wajib untuk Anda lakukan.

Pertanyaan terakhirnya adalah bengkel AC mobil mana yang dapat diandalkan untuk melakukan service secara rutin? Satu bengkel yang dapat kami rekomendasikan adalah Rotary Bintaro. Pengalamannya selama lebih dari 20 tahun tentu membuat Rotary Bintaro memiliki berbagai macam pengetahuan dan skill dalam menangani berbagai masalah pada komponen AC mobil termasuk magnetic clutch.

Lebih dari 20 tahun Rotary Bintaro terus bertahan dan berinovasi serta menjadi kepercayaan masyarakat dalam menangani berbagai masalah pada mobilnya. Ini tidaklah mengherankan karena Rotary Bintaro memiliki mekanik yang dapat diandalkan, alat yang canggih, fasilitas yang lengkap hingga cabang yang telah tersebar di berbagai wilayah. Inilah yang membuat Rotary Bintaro memiliki reputasi positif yang begitu tinggi dari masyarakat.

Lebih dari itu, service di Rotary Bintaro dapat membuat Anda terbebas dari khawatir akan biayanya lho! Bagaimana bisa? Ini dikarenakan Rotary Bintaro menyediakan layanan konsultasi secara GRATIS! Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu untuk mendiskusikan dimana masalahnya, apa solusinya dan bagaimana kisaran biaya yang akan Anda bayarkan nantinya.

Ini membuat Anda terhindar dari berbagai biaya tidak pasti yang biasa Anda temui di bengkel AC mobil umumnya, karena seluruh biaya di Rotary Bintaro telah dijelaskan dan disetujui di awal.

Bagaimana? Menarik bukan? Kunjungi website resmi dari Rotary Bintaro untuk mendapatkan informasi lebih detail seperti informasi terkait detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi seputar dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

Link Sumber

  1. https://blog.transtrack.co/teknologi/cara-kerja-magnetic-clutch/
  2. https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/magnetic-clutch-ac-mobil
  3. https://otoklix.com/blog/magnetic-clutch/
  4. https://www.suzuki.co.id/tips-trik/catat-ini-fungsi-magnetic-clutch-ac-dan-efek-kerusakannya?pages=all
  5. https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/30/114200215/kenali-peran-dan-cara-kerja-magnetic-clutch-pada-ac-mobil
  6. https://nbtechindonesia.com/magnetic-clutch-ac-mobil-fungsi-cara-kerja/
logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...