rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Apa itu Kaki Kaki Mobil? Dan 5 Cara Merawatnya dengan Baik

Jika kita berbicara soal service mobil, kebanyakan orang hanya berpikir tentang service mesin ataupun AC mobil semata. Cukup jarang orang yang tau tentang melakukan service kaki kaki mobil. Jangankan melakukan service, kebanyakan orang masih belum familiar mengenai apa itu kaki kaki mobil. Hal ini membuat banyak pemilik kendaraan mengalami masalah pada bagian kaki kaki mobil karena jarang dirawat ataupun diservice.

Ketidaktahuan orang tentang apa itu kaki kaki mobil cukup wajar karena memang belum banyaknya edukasi yang menjelaskan tentang apa itu kaki kaki mobil.  Kebanyakan edukasi hanya membahas tentang apa itu mesin dan AC mobil tetapi jarang mengangkat soal apa itu kaki kaki mobil.

Nah, sebagai pemilik kendaraan yang cerdas, Anda harus memiliki pehaman yang cukup mengenai apa itu kaki kaki mobil. Memiliki pengetahuan tentang apa itu kaki kaki mobil membuat Anda akan lebih peduli terhadap pengecekan, perawatan dan juga perbaikannya sehingga akan menghindari ataupun meminimalisir bahaya yang mungkin terjadi akibat kerusakan komponen pada kaki kaki mobil.

Berikut ini adalah pembahasan tentang apa itu kaki kaki mobil disertai dengan cara perawatannya! Seperti apa yah kira-kira? Simak sampai tuntas ya!

Pertanyaan Seputar Apa Itu Kaki Kaki Mobil Dan Cara Merawatnya

Merawat kaki-kaki mobil penting untuk menjaga kenyamanan berkendara, stabilitas, dan keamanan. Komponen yang baik dapat meningkatkan umur pakai ban, efisiensi bahan bakar, serta mencegah masalah yang dapat mengakibatkan biaya perbaikan lebih besar di masa depan.
Beberapa tanda-tanda masalah kaki-kaki mobil termasuk getaran yang tidak biasa, suara aneh, ketidakstabilan saat berkendara, atau ban yang mengalami keausan yang tidak merata. Jika Anda melihat gejala-gejala ini, segera periksa kaki-kaki mobil Anda.
Frekuensi perawatan kaki-kaki mobil dapat bervariasi tergantung pada kondisi jalan, gaya berkendara, dan rekomendasi produsen. Namun, pemeriksaan rutin setiap 6 bulan atau setelah perjalanan jarak jauh sangat dianjurkan.
Beberapa tugas perawatan kaki-kaki mobil, seperti pemeriksaan visual, dapat dilakukan sendiri. Namun, untuk perawatan yang lebih kompleks seperti penggantian rem atau per, disarankan untuk menggunakan jasa profesional bengkel.

Apa Itu Kaki Kaki Mobil?

apa itu kaki kaki mobil

Kaki kaki mobil merupakan sebutan yang digunakan untuk menyebut seluruh komponen yang terletak dibagian bawah mobil. Kaki kaki mobil ini sendiri tersusun dari berbagai komponen mulai dari roda dan ban mobil, suspensi, tie rod, ball joint, bushing, bearing hingga brake ataupun rem. Keseluruhan komponen tersebut saling terhubung dan bekerja sama satu lain untuk menghasilkan peforma maksimal dalam suatu kaki kaki mobil.

Kini Anda sudah paham soal apa itu kaki kaki mobil, pertanyaan berikutnya adalah apa sih fungsi dari kaki kaki mobil tersebut? Kaki kaki mobil memiliki fungsi vital dalam kenyamanan dan keamanan Anda ketika berkendara. Bagaimana detailnya?

Pertama, kaki kaki mobil bertanggung jawab penuh dalam menahan beban atau berat dari kendaraan, baik itu beban dari penumpang maupun dari muatan yang dibawa. Seluruh beban tersebut akan tertumpu pada kaki kaki mobil, lebih tepatnya adalah suspensi, bushing dan roda dan juga ban mobil. Penahanan beban yang baik tentu sangat berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan dalam berkendara disegala jenis medan, bahkan di jalan rusak sekalipun.

Kedua, kaki kaki mobil juga bertanggung jawab untuk menjaga stabilitas dalam berkendara. Nah, komponen yang bertugas untuk memaksimalkan hal ini adalah tie rod, ball joint dan juga bearing. Fungsi maksimal dari masing-komponen kaki kaki mobil tersebutlah yang membuat Anda merasakan kestabilan dalam berkendara, khususnya ketika melakukan putaran ataupun belokan.

Terakhir, kaki kaki mobil tentunya juga bertanggung jawab dalam mengatur bagaimana mobilitas ataupun pergerakan pada mobil kesayangan Anda. Untuk hal ini, komponen kaki kaki mobil yang bertugas adalah rem, roda dan juga ban mobil. Fungsi maksimal dari keseluruhan komponen tersebut tentu mempengaruhi bagaimana laju kendaraan Anda.

Pemahaman akan apa itu kaki kaki mobil akan percuma bila Anda sekedar memahaminya tanpa adanya perawatan nyata yang Anda lakukan.

Maka dari itu, pemahaman tentang apa itu kaki kaki mobil alangkah baiknya diimbangi dengan pemahaman tentang cara merawat kaki kaki mobil. Anda tidak perlu khawatir, perawatan kaki kaki mobil sangatlah mudah untuk Anda lakukan. Kira-kira seperti apa ya caranya? Mari kita lanjut ke pembahasan berikutnya!

Cara Merawat Kaki Kaki Mobil

apa itu kaki kaki mobil

Setelah memahami apa itu kaki kaki mobil, sekarang kita masuk ke pembahasan berikutnya yaitu mengenai cara perawatan kaki kaki mobil. Anda dapat merawat kaki kaki pada mobil kesayangan Anda dengan memulainya dari hal-hal kecil. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Hindari Bawa Muatan Berlebih Dan Perhatikan Medan Jalan

Seperti yang telah dibahas di atas, salah satu fungsi dari kaki kaki mobil adalah menahan ataupun menopang seluruh beban yang ada pada mobil, baik itu beban dari penumpang maupun dari muatan yang dibawa. Tetapi perlu diingat bahwa setiap mobil memiliki standardnya sendiri dalam membawa muatan, pastikan Anda membawa muatan sesuai dengan standard yang dimiliki oleh mobil kesayangan Anda.

Jika tidak, ini akan sangat mempengaruhi suspensi yang betugas menahan beban tersebut sekaligus juga menahan guncangan. Membawa beban yang berlebih akan merusak suspensi tersebut, efek terakhirnya adalah Anda akan merasakan guncangan berlebih dalam laju mobil Anda, apalagi ketika Anda melewati jalan yang tidak rata.

Hal ini tentu akan sangat mengganggu kenyamanan sekaligus keamanan Anda dalam berkendara. Maka dari itu, rawatlah kaki kaki mobil Anda dengan membawa muatan sesuai standard yang dimiliki oleh mobil Anda agar nantinya komponen kaki kaki mobil Anda dapat terawat dengan lebih tahan lama dan awet.

Selain memerhatikan beban atau muatan yang dibawa, perhatikanlah pula kondisi jalan yang Anda lewati. Hindarilah jalan yang tidak rata apalagi rusak agar mobil Anda tidak banyak mengalami banyak guncangan yang sangat berpengaruh pada suspensi, roda dan juga ban mobil Anda.

Namun, bila Anda memang terpaksa harus melewati jalan yang tidak rata atau rusak tersebut, maka aturlah kecepatannya agar tidak banyak guncangan berat yang berpotensi merusak kaki kaki pada mobil kesayangan Anda.

2. Lakukan Pergantian Ban Mobil Dan Spooring Secara Berkala

Cara merawat kaki kaki mobil selajutnya adalah dengan mengganti ban mobil secara berkala. Ini dikarenakan pada dasarnya ban mobil merupakan komponen kaki kaki mobil yang bersentuhan dan bergesekan langsung dengan apapun yang ada pada permukaan jalan.

Nah pergesekan langsung pada permukaan jalan ini lama kelamaan akan membuat ban mengalami masalah seperti aus dan botak yang harus diganti secara berkala. Pertanyaan berikutnya adalah berapa lama sih waktu pergantian ban mobil secara berkala yang ideal? Untuk pergantian berkala, ban mobil disarankan diganti dalam waktu 3 tahun sekali atau setelah mencapai jarak tempuh sekitar 40.000 km.

Akan tetapi, pergantian berkala ini juga harus Anda lakukan mengikuti kondisi pada ban mobil Anda, pasalnya setiap orang tentu melewati kondisi jalan yang berbeda-beda, maka pergantiannya dapat menyesuaikan kondisi bannya. Jika sebelum 3 tahun atau sebelum 40.000 km tersebut ban sudah mengalami masalah seperti aus atau kebotakan, maka disarankan untuk menggantinya disaat itu juga.

Ini dikarenakan permasalahan pada ban merupakan masalah yang serius, ban yang bermasalah dapat menyebabkan laju kendaaraan menjadi licin ataupun sulit dikendalikan khususnya ketika turunan. Hal ini tentu sangatlah berbahaya bagi keselamatan berkendara Anda sehingga perlu dilakukan pergantian secepatnya.

Selain itu, lakukanlah spooring berkala. Pertanyaannya adalah apa sih spooring itu? Beberapa orang yang awam soal otomotif mungkin belum memahami terkait spooring ini. Sekedar informasi saja, spooring merupakan tindakan pengaturan keselarasan sudut roda dengan pengaturan jalan agar sesuai dengan setelan pabrik.

Ini dilakuka karena kaki kaki mobil seiring berjalannya waktu sering mengalami masalah bergesernya sudut roda ataupun ban mobil yang menurunkan stabilitas ketika berkendara. Ini tentu sangat berbahaya bagi keselamatan Anda. Solusi untuk hal ini adalah dengan dilakukan spooring.

Lalu pertanyaan selanjutnya berapa lama sih spooring berkala dilakukan? Spooring berkala disarankan untuk dilakukan setelah 10.000 km ataupun selama 6 bulan sekali. Namun sama seperti pergantian ban mobil, jadwal berkalanya dapat menyesuaikan kondisinya. Jika sebelum jadwal berkala tersebut Anda sudah merasakan keanehan pada keselarasan sudut roda pada mobil kesayangan Anda, maka lakukanlah spooring saat itu juga untuk meminimalisir bahaya yang mungkin akan Anda alami.

3. Gunakanlah Velg Sesuai Standard

Sama seperti muatan yang mampu ditopang oleh sebuah mobil, velg pada mobil juga memiliki standardnya tersendiri. Gunakanlah velg yang sesuai dengan standard mobil yang Anda miliki, jika tidak lama kelamaan justru velg tersebut akan mengalami kerusakan yang membuat Anda malah mengeluarkan biaya lebih untuk memperbaikinya.

4. Jangan Parkir Mobil Anda Sembarangan

Sama halnya untuk memerhatikan kondisi jalan, tempat parkir juga menjadi hal yang perlu Anda perhatikan. Jangan memarkirkan mobil kesayangan Anda di tempat sembarangan seperti di jalan yang tidak rata. Hal tersebut akan memicu kerusakan pada kaki kaki mobil Anda, apalagi jika hal tersebut telah menjadi kebiasaan.

5. Bawa Mobil Anda Ke Bengkel Kaki Kaki Mobil Terpercaya

Ini menjadi cara perawatan kaki kaki mobil terampuh yang dapat Anda lakukan. Bengkel kaki kaki mobil terpercaya dapat menganalisis permasalahan sekaligus memberikan perawatan dan solusi terbaik pada permasalahan kaki kaki mobil tersebut.

Pengecekan, perawatan sekaligus perbaikan kaki kaki mobil tentu akan membuat komponen kaki kaki mobil Anda menjadi lebih optimal sekaligus juga meminimalisir bahaya yang mungkin dapat terjadi akibat kerusakannya. Untuk itulah, membawa mobil kesayangan Anda ke bengkel kaki kaki mobil terdekat menjadi cara perawatan kaki kaki mobil paling ampuh yang dapat Anda lakukan.

Itulah tadi informasi soal apa itu kaki kaki mobil serta cara merawatnya. Akan tetapi memiliki pemahaman apa itu kaki kaki mobil saja tidak cukup. Setelah memahami apa itu kaki kaki mobil, pastikan Anda terapkan pula cara merawatnya agar kaki kaki pada mobil Anda dapat terawat dengan lebih awet. Bawalah mobil Anda ke bengkel kaki kaki mobil terdekat untuk mendapatkan perawatan dan perbaikan lebih lanjut.

Salah satu bengkel kaki kaki mobil terpercaya yang dapat kami rekomendasikan adalah Rotary Bintaro. Pengalamannya yang telah lebih dari 20 tahun tentu dapat memberikan perawatan dan solusi perbaikan terbaik untuk kaki kaki mobil Anda.

Tidak hanya sekedar kaki kaki mobil, Rotary Bintaro juga menyediakan beragam paket layanan mobil lainnya yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan yang ada pada mobil kesayangan Anda. Lokasinya pun sangat beragam di Jadetabek yang tentunya dapat Anda pilih juga sesuai domisili Anda.

Anda juga dapat mengunjungi website resmi dari Rotary Bintaro untuk informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jam operasional, promo yang sedang berjalan hingga informasi menarik lainnya! Anda juga dapat melakukan booking ataupun reservasi bahkan bertanya lebih lanjut melalui customer servicenya dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...