Punya Mobil Juga Harus Tanggungjawab Service Mobil, Rem Mobil Jangan Ketinggalan Untuk Diservice
Hai #SahabatRotary!

Mobil adalah salah satu alat transportasi yang sering digunakan untuk berpergian jarak dekat ataupun jauh. Banyak orang memilih untuk berpergian menggunakan mobil karena faktor keamanan dan juga kenyamanan. Selain itu, mobil juga bisa memuat banyak penumpang ataupun barang sekaligus sehingga akan memudahkan kita ketika berpergian. Berpergian menggunakan mobil jauh lebih nyaman karena ada AC mobil yang membuat perjalanan selalu dingin. oleh sebab itulah kita perlu rutin membawa mobil kesayangan ke bengkel AC mobil Cikokol agar kondisi AC mobil terjaga sepanjang waktu.

bengkel ac mobil cikokol

Baca juga: Jadi Konsumen Cerdas, Pilih Bahan Bakar Terbaik Untuk Mobil!

Tentunya bukan rutinitas membawa mobil ke bengkel AC mobil Cikokol yang perlu dilakukan sebagai pemilik mobil. Komponen mobil lainnya juga perlu dicek dengan rutin mengingat antara satu komponen mobil dengan lainnya memiliki fungsi yang berbeda-beda. jangan sampai satu komponen mobil rusak akan memengaruhi komponen mobil lainnya dan menyebabkan mobil mogok di tengah jalan. Pastinya tidak ada yang mau mengalami hal satu ini bukan?

Berbagai Permasalahan Rem Ini Bisa Dialami Oleh Siapa Saja, Bukti Jika Service Mobil Itu Penting

Memangnya apa saja sih komponen mobil yang perlu dicek? Tentu saja banyak! Rem mobil adalah salah satu komponen mobil yang memiliki peran penting sama halnya dengan AC mobil. Ketika rem mobil bermasalah maka kinerja mobil pun akan terganggu. Rusaknya rem mobil juga bisa memengaruhi komponen mobil lainnya yang dengan kata lain kerusakan pada mobil akan menumpuk dan biaya service mobil pun bisa mencapai angka puluhan juta rupiah. Terbayang kan dampak rusaknya rem mobil kesayangan?

Seperti namanya, rem mobil ini berfungsi untuk mengatur kapan mobil bisa menghentikan langkahnya, baik ketika berada di lampu lalu lintas ataupun di situasi darurat. ketika rem mobil bermasalah atau rusak, maka kita akan kehilangan kendali pada mobil dan bisa menyebabkan kecelakaan. Kecelakaan bukan hanya akan merugikan diri kita sendiri namun juga merugikan korban tabrakan. Meskipun kecelakaan tunggal, pastilah hal ini merugikan kita sendiri karena perlu memperbaiki berbagai kerusakan pada body mobil. Nah, untuk meminimalisir hal ini terjadi, yuk, kita simak beberapa kerusakan yang bisa terjadi pada rem mobil berikut ini:

  • Kemudi yang bergetar saat kita mengerem

Getaran pada kemudi di sini biasanya muncul ketika kita menginjak rem ketika mobil melaju pada kecepatan yang cukup tinggi. Timbulnya getaran ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya saja cakram mobil yang sudah tidak rata lagi akibat masa penggunaan mobil yang juga sudah lama. Bisa juga cakram mobil sudah karatan dan tandanya kita perlu segera ke bengkel mobil terdekat untuk mengganti sparepart ini.

  • Mobil yang condong ke satu sisi

Ketika situasi ini terjadi, maka rem mobil sudah dalam kondisi kerusakan yang serius alias kita perlu segera menggantinya dengan rem mobil yang baru. Mobil yang condong ke satu sisi sama saja kita kehilangan akan kendali mobil dan apabila situasi ini tidak segera ditangani maka bisa menyebabkan kecelakaan, baik dengan pengendara lain ataupun kecelakaan tunggal. Pastinya tidak ada yang mau mengalami kecelakaan bukan?

  • Pedal terlalu ringan

Situasi di mana pedal terlalu ringan sama saja dengan rem mobil kita yang blong dan bisa menyebabkan kecelakaan terlebih ketika berkendara di jalanan yang menurun. Kerusakan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya saja karena kebocoran pada sistem pengereman baik master silinder eksternal ataupun internal.Β  Ketika hal ini terjadi, kita pun perlu segera ke bengkel mobil untuk mengganti master silinder dengan yang baru.

  • Seluruh mobil bergetar saat direm

Situasi yang satu ini merupakan tanda ada yang bermasalah dengan rem belakang mobil kesayangan dan kita pun perlu membawanya ke bengkel mobil terdekat untuk segera ditangani oleh teknisi terpercaya. Untuk mengetahui apakah rem belakang memang bermasalah atau tidak pun cukup mudah yaitu dengan mengerem menggunakan rem tangan dalam kecepata rendah.

  • Timbul bunyi berdesis saat menginjak rem

Salah satu cara termudah untuk mengetahui sistem pengereman mobil bermasalah adalah timbulnya suara berdesis saat kita menginjak rem. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya saja karena kampas ram yang sudah tipis. Untuk mengatasinya pun cukup mudah di mana kita hanya perlu membersihkan permukaan kampas rem menggunakan spayer brake cleaner yang bisa didapatkan di bengkel mobil terdekat, bahkan bengkel AC mobil Cikokol sekalipun.

  • Rem yang tidak balik ketika dilepas

Masalah satu ini biasanya terjadi pada mobil yang sudah lama menganggur atau jarang digunakan tidak seperti dulu ketika mobil masih baru. berbagai hal bisa menyebabkan situasi inii, misalnya saja adanya karat pada rem, korosi, atau bahkan kotoran.

Masih Bingung Bagaimana Cara Merawat Rem Mobil yang Tepat? Simak TipsΒ  Merawat Rem Mobil Berikut Ini!

Nah pastinya sudah lebih paham kan apa saja yang menandakan jika rem mobil mengalami gangguan alias rusak? Ketika mobil kesayangan menunjukkan gejala tersebut, maka sebaiknya kita segera membawa mobil ke bengkel mobil terdekat untuk melakukan service mobil. Selain rutin melakukan service mobil ke bengkel AC mobil Cikokol, kita juga perlu rutin merawat rem mobil untuk meminimalisir berbagai kerusakan di kemudian hari. Berikut adalah beberapa tips merawat rem mobil yang mudah dilakukan dan bisa dilakukan kapan saja:

  • Mengganti kampas rem

Kampas rem adalah salah satu bagian dari rem yang memengaruhi kinerja pengereman dari suatu mobil. Ketika mobil kesayangan jarang diganti kampas remnya maka tidak heran jika pengereman mobil pun akan bermasalah. Kampas rem yang jarang diganti ini biasanya akan aus karena terus bersinggungan dengan piringan cakram dan justru akan menghabiskan biaya banyak. Oleh sebab itula sebaiknya kta rutin mengecek kondisi kampas rem dan apabila sudah menipis maka sebaiknya cepat diganti dengan yang baru.

  • Menambah minyak rem

Minyak rem adalah salah satu produk yang tidak asing lagi apabila membahas masalah pengereman. Suatu rem mobil pun membutuhkan minyak rem supaya bisa berjalan dengan optimal alias tanpa masalah. Untuk itulah kita perlu mengganti minyak rem secara berkala, baik dilakukan scara mandri ataupun membawa mobil kesayangan ke bengkel mobil terdekat. sebaiknya kita juga tidak gonta ganti minyak rem mengingat antara satu minyak rem dengan lainnya yang memiliki titik didih yang berbeda pula. jangan lupa untuk rutin membawa mobil kesayangan ke bengkel mobil terdekat untuk mendapatkan service mobil dari teknisi berpengalaman .

Merawat rem mobil tidaklah sesulit apa yang dibayangkan, bukan? meskipun kita bisa melakukan perawatan rem mobil sendiri, kita juga harus mengingat untuk melakukan service mobil dengan rutin seperti mengunjungi bengkel AC mobil Cikokol. AC mobil juga perlu dirawat dengan rutin supaya perjalanan kita bisa tetap nyaman dan AC mobil beroperasi dengan maksimal. Yuk rawat mobil dengan rutin mulai dari sekarang!