Segera Ganti Lampu Mobil Jika Rusak, Simak Tips Berikut

Bengkel AC Mobil TMII

Share :

Berencana Berpergian Jarak Jauh? Cek Dulu Kondisi Mobil Supaya Perjalanan Aman

Hai #SahabatRotary!

Mobil adalah salah satu alat transportasi yang sering digunakan ketika berpergian baik untuk jarak dekat ataupun jauh. Banyak yang memilih untuk menggunakan mobil karena faktor keamanan dan juga kenyamanan. Tidak bisa dipungkiri jika berpergian menggunakan mobil jauh lebih nyaman karena kita bisa mengatur suhu dari AC mobil. Adanya AC mobil inilah yang membuat suhu mobil tetap dingin dan perjalanan kita pun dijamin akan nyaman. Sebaiknya kita juga sering mengecek kondisi AC mobil sehingga bisa beroperasi dengan baik dan meminimalisir timbulnya berbagai kerusakan. Tidak ada salahnya untuk rutin membawa mobil kesayangan ke bengkel AC mobil TMII untuk mendapatkan service mobil dari teknisi profesional.

Terbayang kan betapa pentingnya peran AC mobil  untuk perjalanan kita? Sebaliknya ketika AC mobil bermasalah maka perjalanan kita akan terganggu karenanya. Selain rutin ke bengkel AC mobil TMII, kita juga perlu mengecek sparepart mobil lainnya untuk meminimalisir kemungkinan perjalanan kita akan terganggu karena sparepart mobil yang bermasalah. Untuk itulah kita perlu rutin melakukan service mobil di bengkel mobil terdekat sehingga kerusakan mobil yang terjadi tidak akan mempengaruhi kinerja sparepart lainnya dan biaya perbaikan pun bisa membengkak karenanya.

Bengkel AC Mobil TMII

Baca juga: Pecah Ban Mobil Di Jalan? Begini Pencegahannya

Lampu Mobil Tidak Boleh Kita Sepelekan Perannya, Inilah Penyebab Lampu Depan Mobil Rusak

Terbayang, kan, betapa pentingnya melakukan service mobil secara berkala? Kita juga bisa mengecek kondisi sparepart mobil secara mandiri dan segera membawanya ke bengkel AC mobil TMII apabila memang ditemukan masalah pada AC mobil. Kita juga perlu melakukan hal serupa pada sparepart mobil lainnya mengingat sparepart mobil bekerja sebagai suatu kesatuan alias mendukung mobil untuk bisa bekerja dengan optimal.

Baca Juga :  Apa Perbedaan Spesifikasi dari Honda HRV dan BRV?

Salah satu sparepart mobil yang tidak boleh kita lupakan keberadaannya adalah lampu mobil. Tentu saja lampu mobil ini berperan penting ketika kita melakukan perjalanan, lebih tepatnya memberi penerangan ketika berkendara terlebih pada malam hari. Lampu mobil ini juga membantu kita untuk bisa melihat lebih jelas terutama pada kondisi yang tidak bersahabat seperti berkabut ataupun sedang hujan lebat. Bisa juga lampu mobil ini berfungsi sebagai tanda jika mobil kita mogok sehingga bantuan pun akan segera datang. Tahu, kan, sekarang betapa pentingnya peran lampu mobil. Oleh sebab itulah, kita perlu mengetahui beberapa tanda jika lampu mobil mengalami kerusakan yaitu sebagai berikut:

  • Kabel putus

Siapa sangka jika kabel putus tidak hanya mengganggu kinerja mesin mobil bisa menyebabkan lampu mobil juga bermasalah? Kabel putus ini sama saja tidak ada arus listrik yang tersambung ke beban, salah satunya berpengaruh pada lampu. Penyebab kabel putus ini juga beragam, misalnya saja karena arus listrik yang terlalu besar, kabel yang terjepit, kabel hangus, bahkan bisa juga karena kabel dimakan tikus.

  • Terjadi konslet

Konslet adalah salah satu penyebab terbesar kenapa lampu mobil mati dan mengganggu perjalanan kita. Konsleting merupakan kondisi di mana kabel yang sudah terkelupas menyentuh massa terdekat namun arus listrik tidak bisa mengalir. Selain menggantinya dengan lampu cadangan, kita bisa menghubungi bengkel mobil terdekat untuk mengganti lampu mobil sehingga perjalanan bisa dilanjutkan.

  • Sekering putus

Penyebab yang satu ini jarang ditemui apabila kita sering melakukan service mobil ataupun mobil kita emang masih baru. Penyebab sekering putus pun bisa beragam, misalnya saja kita jarang mengecek kondisi mesin mobil, terjadinya konslet, pemakaian mobil yang terlalu sering, atau usia mobil  yang terlalu tua. Untuk itulah kita perlu rutin melakukan service mobil sehingga kondisi lampu mobil pun bisa lebih terjaga.

  • Relay lampu rusak
Baca Juga :  Beli Mobil Bekas? Jangan Lupa Cek Kondisi AC Mobilnya, Yah

Relay adalah salah satu komponen mobil yang memiliki peran penting dalam mengatur arus listrik ke beban tanpa perlu melalui saklar. Masih banyak pemilik mobil yang jarang menggunakan relay, di mana sejatinya relay lampu inilah yang membuat cahaya lampu menjadi lebih terang. Namun, ketika relay mampu bermasalah, maka secara otomatis lampu mobil pun juga akan mati sehingga perjalanan kita akan terganggu karenanya.

  • Tegangan listrik berlebihan

Layaknya barang elektronik lainnya, lampu mobil juga memiliki batas maksial dalam menerima daya listrik. Biasanya lampu mobil hanya bisa menerima tegangan listrik sebesar 12 volt. Kalau sampai lebih dari itu, maka kita perlu bersiap jika lampu mobil akan mati karenanya. Apabila lampu mobil sering mati, maka kita juga perlu mengecek kondisi aki mobil karena bisa saja permasalahannya pada hal tersebut.

  • Kualitas lampu mobil yang abal-abal

Tidak bisa dipungkiri jika harga lampu mobil yang murah inilah membuat banyak konsumen memilih lampu mobil tersebut tanpa memperhatikan kualitasnya dengan jeli. Lampu mobil yang ditawarkan dengan harga murah. Penawaran  inilaah yang biasanya merupakan tanda jika suatu lampu mobil tidak berkualitas bahkan akan lebih memakan banyak biaya service mobil karena kita perlu bolak-balik ke bengkel mobil terdekat.

Lampu Mobil Perlu Segera Diganti Jika Rusak, Simak Tips Pilih Lampu Mobil Berikut

Layaknya AC mobil rusak yang perlu segera diganti di bengkel AC mobil TMII, lampu mobil pun perlu segera diganti. Kita bisa mengganti lampu mobil sendiri ataupun dengan bantuan teknisi bengkel mobil sehingga mengganti lampu ini tidak akan memakan waktu banyak. Baik mengganti lampu mobil sendiri ataupun dengan bantuan orang lain, kita juga perlu cerdas dalam memilih lampu mobil yang hendak digunakan. Jangan sampai kita beli lampu mobil yang abal-abal sehingga gampang rusak dan justru akan menambah pengeluaran tak terduga.  Nah, berikut adalah beberapa tips memilih lampu mobil yang bisa kita lakukan:

  • Pilih warna sinar lampu
Baca Juga :  AC Mobil Panas? Tinggal di Ciledug?

Warna sinar lampu inilah yang akan mementukan bagaimana sinar yang dihasilkan oleh mobil selama perjalanan. Sebaiknya kita tidak memilih warna sinar lampu putih karena hal ini hanya akan menyebabkan pengendara lain silau. Selain itu, sinar lampu yang puth tidak akan membantu kita dalam berkendara saat situasi tidak terlalu bersahabat seperti jalanan yang berkabut ataupun sedang hujan deras. Oleh sebab itulah, sebaiknya kita memilih lampu dengan warna sinar kuning.

  • Perhatikan besar daya lampu

Meskipun kelihatannnya sepele, besarnya daya lampu ini juga yang mempengaruhi pada seberapa awetnya suatu lampu mobil. Sebaiknya kita memilih lampu yang hhanya memiliki daya sebesar 12 watt agar lampu bisa awet dan kita menghemat pengeluaran

  • Persiapkan kabel lampu

Setelah membeli lampu mobil, satu hal yang tidak boleh kita lupakan adalah dengan mempersiapkan kabel lampu. Kabel inilah yang berguna untuk menyambungkan lampu ke mesin mobil sehingga lampu mobil bisa menerangi jalan dan kita kembali melanjutkan perjalanan.

Nah, gimana? Pastinya sudah ngga bingung lagi, kan, bagaimana cara memilih lampu mobil yang tepat dong.

Kita perlu rutin mengecek kondisi lampu mobil layaknya AC mobil yang bisa dilakukan di bengkel AC mobil TMII. Kita perlu pastikan jika lampu mobil tidak bermasalah sehingga perjalanan kita selalu aman dari segala bahaya yang bisa terjadi.

Yuk, utamakan keselamatan ketika berkendara!

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?