fbpx

Bengkel Bekasi: 5++ Tips Agar Mobil Anda Bebas Corona

Hai #SahabatRotary pelanggan Bengkel Bekasi

Apa #SahabatRotary, khususnya pelanggan Bengkel Bekasi sudah tau gimana supaya mobil bebas dari Virus Corona?

Virus Corona (Covid-19) memang kian menyebar di seluruh penjuru Tanah Air. Pencegahan sedini mungkin harus selalu dilakukan. Bukan hanya pada diri sendiri, tetapi juga lingkungan sekitar. Kita juga harus mencegah penyebaran pada kendaraan kita agar bebas dari Virus Corona.

Mobil tentunya tak luput dari hal ini. Untuk itu #SahabatRotary harus rajin bersih – bersih mobil setelah bepergian. Ini perlu dilakuan agar mobil bebas dari Virus Corona. Berikut ini 5 langkah mudah untuk bebaskan mobil dari ancaman Covid-19 yang dilansir dari Autocarindia.com agar mobil Anda bebas dari Virus Corona:

1.Disiplin Kebersihan Diri

Anjuran utama saat ada virus corona adalah sering bersih – bersih diri, terutama cuci tangan. Oleh sebab itu, #SahabatRotary harus selalu cuci tangan sebelum dan setelah pakai mobil.

Kalau kita batuk atau bersin, jangan lupa untuk selalu tutup mulut dan hidung sesuai etika. Jika menutup pakai tisu, buang tisu ke kantong sampah yang ada di dalam kabin.

2. Bersihkan Kabin Mobil

Virus Corona menular tak hanya kontak langsung dengan penderita. Tapi, juga bisa dari barang – barang yang telah terpapar virus itu.

Untuk itu, sebaiknya #SahabatRotary, khususnya pelanggan Bengkel Bekasi wajib bersihkan kabin lebih dulu. Ini bisa dilakukan dengan penyedot debu. Semua bagian dalam kabin mobil tidak boleh terlewat. Disinfeksi akan efektif dilakukan jika permukaan bebas kotoran dan debu. Berikut ini adalah bagian – bagian kabin mobil yang wajib dibersihkan:

  • Bersihkan Karpet-Karpet Tambahan

Bagian pertama dalam kabin mobil yang wajib dibersihkan adalah karpet. Seperti yang Anda tahu, karpet – karpet itu bisa bikin bau mobil tidak enak. Anda bisa bersihkan karpet – karpet itu pakai penyedot debu khusus untuk mobil. Kalau perlu, Anda bisa cuci karpet – karpet mobil itu. Lalu, jemur karpet hingga kering. Pastikan sampai kondisi karpet benar – benar kering sebelum ditaruh dalam mobil. Kondisi karpet yang lembab bisa bikin bau tak sedap di dalam mobil Anda. (baca juga: Cara Menyetel Platina Mobil)

  • Bersihkan Dashbor Mobil

Setelah itu, Anda bisa bersihkan bagian dashbor mobil. Gunakan lap kain yang lembut. Lalu, gunakan cairan pembersih. Anda bisa beli jenis cairan pembersih ini di toko – toko yang menjual perlengkapan mobil. Untuk sudut – sudut dashbor yang tidak terjangkau, Anda bisa pakai kuas dengan bulu y anghalus. (baca juga: Cara Merawat Power Steering)

  • Bersihkan Jok Mobil

Bagian kabin mobil yang tidak boleh lupa dibersihkan adalah jok mobil. Ini termasuk juga pada bagian sela – sela jok mobil. Bersihkan debu dan kotoran lain yang biasanya ada pada sudut – sudut jok. Anda bisa pakai penyedot debu untuk hasil bersih yang lebih maksimal. Untuk bersihkan jok nya sendiri, rawat dan bersihkan jok sesuai dengan rekomendasi pabrik atau bahan material jok. Tentu saja, setiap jenis jok punya cara pembersihan yang berbeda – beda. Anda wajib perhatikan kebersihkan jok dan bagasi mobil. Ini termasuk juga pada sela antar jok. Maksudnya agar tidak ada sisa makanan, sampah atau kotoran disana. Dibantu alat penyedot debu, proses ini akan jadi lebih maksimal. Rawat jok sesuai rekomendasi pabrik kendaraan atau bahan yang dipakai. (baca juga: Komponen Starter Mobil)

  • Bersihkan Plafon Mobil

Cara untuk bersihkan kabin mobil lain adalah bersihkan plafon mobil Anda. Plafon mobil adalah bagian mobil yang mungkin jarang sekali tersentuh. Plafon mobil yang kotor tentu berpengaruh pada keindahan kabin mobil.

Karena itulah, sangat penting untuk selalu bersihkan plafon mobil. Anda harus bersihkan bagian ini dengan rutin. Namun, caranya juga harus hati – hati. Hal ini karena plafon mobil rentan rusak, sobek, dan lainnya. Apalagi bila plafon mobil Anda terbuat dari bahan berserat. Kalau sampai salah, maka bisa bikin plafon Anda kendur, sobek, bahkan bolong.

3. Disinfeksi Kabin Mobil

Setelah langkah tadi, langkah berikut adalah disinfeksi. Kita harus mulai proses disinfeksi dari permukaan yang sering disentuh, seperti setir, sabuk pengaman, tuas transmisi, gagang pintu, dasbor, layar sentuh dan bagian lainnya.

Namun, kita juga perlu cermat saat memilih cairan disinfektan. Pilihlah cairan yang tidak akan merusak material. Hati – hati juga supaya jenis cairan tidak sampai merusak bagian elektronik kabin.

Saat proses disinfeksi, lakukan dengan pelan. Jangan sampai merusak bagian elektronik kabin. Jika ada tempat yang sulit dijangkau, bisa juga semprot dengan cairan disinfektan yang ada.

Tips Merawat Kabin Mobil Bebas Virus Corona

Dalam pandemi global seperti situasi Virus Corona saat ini, mobil ibarat penjara mikroba. Semua hal terburuk dari semua tempat di dunia luar akan terseret dan tinggal di kabin. Sehingga perlu pembersihan agar kabin mobil bebas dari Virus Corona. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat kabin mobil agar mobil bebas Virus Corona, yaitu :

  • Bersihkan Dengan Sabun

Untungnya, menjaga kebersihan mobil agar bebas dari Virus Corona tidak terlalu rumit. Senjata paling efektif melawan dan bebas Virus Corona adalah bersihkan kursi dan dashboard dengan sabun. Cukup banyak sabun rumah tangga dengan kandungan antiseptik yang bisa dipakai. Virus Corona akan luntur dan hancur dengan busa sabun. Ini hampir sama yang terjadi dengan minyak. Jadi, virus akan musnah dengan  luluran sabun. Sabun juga tidak akan merusak permukaan interior mobil Anda. Bukan seperti yang terjadi pada pembersih dengan bahan chemical kuat.

Usap atau gosok dengan sabun selama 20 detik. Anda tidak bisa hanya memindah sabun lalu membilas. Sabun perlu waktu untuk bisa membuat virus hancur.

  • Gunakan Sarung Tangan Sekali Pakai

Kenakan sarung tangan sekali pakai saat bersihkan kabin mobil agar bebas dari Virus Corona. Dan pastikan untuk beri perhatian khusus pada bagian – bagian tertentu. Bagian yang dimaksud, seperti: gagang pintu, setir, shifter, gesper sabuk pengaman, dan permukaan lain yang sering disentuh.

  • Gunakan Pembersih atau Tisu Basah Non-Alkohol

Gimana dengan layar mobil? Tentunya bukan ide yang baik untuk menciprat air ke sistem infotainment Anda. Ini juga tidak bisa dilakukan ke setir yang ada perangkat elektronik nya. Disini, #SahabatRotary bisa pakai pembersih atau tisu basah. Tapi, jangan yang berbasis alkohol. Juga tidak boleh untuk jenis pelarut, termasuk yang mengandung bleach.

Untuk pembersih pada interior mobil, pastikan untuk menguji produk di area yang tidak mencolok. Hal ini untuk melihat jika ada perubahan warna yang tidak terduga. Dan jika ada interior kulit, bisa pakai produk pembersih yang bisa cepat kering. Setelah bersih dan kering, lalu usapkan kondisioner supaya tidak ada keretakan.

4. Bersihkan Bagian AC

Bagi #SahabatRotary, khususnya pelanggan Bengkel Bekasi, bagian ini sangat penting dibersihkan. Alasannya karena bagian ini berfungsi untuk memberi udara segar ke kabin. Cara ini bisa dilakukan oleh jasa profesional atau secara mandiri.

Jika dilakukan sendiri ada baiknya pakai produk – produk terpercaya. Artinya produk yang telah sering digunakan. Cukup semprotkan cairan pembersih AC ke seluruh ventilasi yang ada.

Melansir laman Carmudi Indonesia, sebelum membersihkan, Anda perlu tahu letak evaporator ini secara detail. Baca dulu buku panduan pemilik kendaraan dengan teliti. Anda tidak perlu harus pergi ke bengkel. Untuk bersihkan evaporator dan ganti filter AC bisa kita lakukan sendiri dengan mudah.

Caranya juga mudah karena kita tinggal bongkar bagian glovebox. Setelah itu, semprot cairan pembersih dan jangan lupa bersihkan filter yang belum terlalu kotor. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini cara bersihkan AC yang dapat dilakukan pelanggan Bengkel Bekasi sendiri di rumah:

  • Bongkar Evaporator AC Sendiri
Bongkar dan bersihkan Evaporator AC sebagai cara agar mobil pelanggan Bengkel Bekasi bebas Virus Cor
Bongkar evaporator sendiri (Shutterstock).

Membongkar evaporator adalah salah satu cara yang perlu dilakukan agar mobil Anda bebas dari Virus Corona. Untuk langkah ini, #SahabatRotary khususnya pelanggan Bengkel Bekasi bisa lakukan sendiri.

Sebelum bersihkan evaporator AC, pastikan mobil diparkir di tempat yang tidak berdebu. Tujuannya, supaya sirkulasi udara dari luar kabin yang masuk ke dalam mobil tetap baik. Saat #SahabatRotary ingin bersihkan evaporator, pastikan juga kondisi mesin mobil sudah mati. Lalu, siapkan semua peralatan pembersih yang dibutuhkan, seperti brush atau sikat gigi, dan cairan pembersih evaporator. Kita perlu tahu di mana letak saluran masuk udara. Blower biasanya ada di bagian glove box. #SahabatRotary tenang saja, karena umumnya pabrik mobil telah menaruh filter ini pada area yang mudah dijangkau.

Pertama, buka glove box atau laci di sisi dashbor penumpang. Buka laci tersebut, biasanya pakai obeng plus (+). Setelah terlepas, Anda akan temukan komponen bentuk persegi panjang yaitu box filter AC. Buka dan ambil filter AC dari dalam kotak itu.

Setelah filter AC dilepas, Anda perlu meraba bagian kotak filter itu. Cari tahu, apakah blower lokasinya ada di bagian atas atau bawah. Tujuannya, agar saat menyemprot cairan, Anda tidak salah lubang.

Periksa kondisi filter AC, kalau belum terlalu kotor maka bisa kita bersihkan dengan mudah. Cukup disikat bagian permukaan filter yang kotor sampai bersih dan debu rontok semua. Kalau sudah sangat kotor, maka sebaiknya filter AC diganti baru. Jika tidak, maka filter AC akan sulit dibersihkan.

  • Gunakan Cairan Pembersih Khusus saat Bersihkan AC
Cara Bersihkan AC Mobil
Cairan pembersih AC (Ilustrasi by Shutterstock).

Proses berikut yaitu siapkan cairan pembersih AC. Pelanggan Bengkel Bekasi bisa beli cairan ini  di bengkel AC atau online shop sehingga tidak sulit didapat. Disarankan, pilih cairan pembersih yang bentuk spray dengan kandungan foam.

Kocok kaleng spray terlebih dulu agar kandungan dalam cairan tercampur rata. Lalu, sisipkan kaleng spray dekat dengan blower AC mobil. Posisi moncong spray ke arah blower AC. Ini agar semprotan spray kena sasaran. Hidupkan mesin mobil. Lalu, hidupkan AC mobil sekitar 5 menit.

Tujuannya agar permukaan evaporator keluar embun. Disini, embun perlu untuk membuat permukaan evaporator basah. Dengan begini, proses pembersihan bisa lebih mudah. Jangan lupa, putar blower ke kecepatan tertinggi dan suhu terdingin. Hal ini dilakukan agar hembusan angin maksimal.

Setelah AC menyala selama 5 menit, arahkan selang cairan pembersih AC ke bagian blower. Arahkan selang lewat kotak filter AC. Tekan sprayer hingga cairan tersebut keluar. Sebaiknya sprayer dtekan sampai cairan habis. Cairan akan menyebar di permukaan evaporator dibantu oleh embun.

Cairan yang disemprot akan membuat foam atau busa. Nah, Anda nanti akan lihat busa – busa keluar dari lubang ventilasi yang ada di kolong mobil. Biarkan semua foam tersebut mengeluarkan air dari ventilator AC mobil, hingga busa -busa itu habis. Diamkan mesin mobil dalam kondisi hidup kurang lebih 10 – 15 menit saat foam mulai keluar dari ventilator AC.

  • Menguras Kotoran dari Evaporator AC
Cara Bersihkan AC Mobil
Membersihkan AC Mobil (Shutterstock).

Agar pembuangan sisa kotoran tetap lancar, Anda perlu pastikan selang ventilasi AC tidak tersumbat. Cara membersihkan nya cukup mudah. Anda cukup pakai lidi yang tumpul. Lalu, tusukkan lidi ke dalam selang ini. Setelah itu, sogok sampai bersih. Terakhir, pastikan tidak ada sumbatan di dalam selang ventilasi itu.

Setelah mesin mobil hidup sekitar 15 menit, Anda sebaiknya periksa suhu AC di kabin. Rasakan apakah hembusan suhu udara dari AC sudah kembali dingin atau tidak. Kalau tidak ada kerusakan dalam sistem AC, mestinya suhu kembali dingin seperti awal.

Pasang kembali filter udara bersih pada kotaknya, jangan pernah pasang filter yang kotor karena bisa bikin  permukaan evaporator kembali kotor. Langkah terakhir usai bersihkan AC, pasang kembali laci dashbor dengan cara semula. Kalau sudah, AC siap digunakan.

5. Social Distancing

Pemerintah sudah beri himbauan untuk saling jaga jarak, minimal 1 meter. Oleh sebab itu, saat isi bensin usahakan jangan terlalu dekat dengan petugas SPBU. Kalau bisa, bayar BBM dengan dompet digital.

Hindari untuk pinjamkan mobil Anda ke orang lain selama Virus Corona masih menyebar. Karena bisa saja orang yang meminjam tidak menjaga kebersihan dan mungkin terpapar Virus Corona.

 

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?Booking Service
Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?
Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

BlogEvaporatorFilter CabinOtomotifSeputar AC Mobil

ac mobilbengkel bekasikebersihan mobilmobil bebas virusservice ac mobil

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?