fbpx

Kapok Nggak Pernah Rawat AC Mobil

kompresor AC mobil mati hidup

Hai #SahabatRotary,

Sebagai salah satu korban minimnya pengetahuan tentang AC mobil, saya punya pengalaman berharga bersama Rotary bintaro dan mobil kesayangan, Toyota Rush.

Nasib jadi marketing di salah satu distributor consumer goods membuat saya sering kali harus bertugas keluar kota. Mulai dari kota-kota sekitar Jakarta seperti Depok, Bogor, Bekasi, Tangerang, bahkan hingga wilayah Serang dan Cilegon, saya lebih senang mengemudi sendiri. Mobil kesayangan, Toyota Rush tahun 2012 menjadi teman setia mendampingi saya bekerja. Meskipun mobilnya sudah lumayan jadul, saya sayang banget dan merawat betul-betul mobil ini.

Minggu lalu, sepulang dari event di Serang, ada yang berbeda dengan mobil Rush saya. ACnya tidak dingin!!! Terdengar suara berisik saat AC dinyalakan. Karena takut terjadi sesuatu yang berbahaya, saya memilih untuk mematikan AC dan kembali ke Jakarta sambil kipas-kipas kegerahan. Nggak enak banget. Sudah capek-capek kerja, masih harus panas-panasan dalam perjalanan pulang. Tetapi mau service di perjalanan juga tidak memungkinkan, waktu sudah sore dan takut malah ketemu bengkel abal-abal. Maklum, saking sayangnya mobil ini selalu service di bengkel resmi.

Keesokan paginya, saya Tanya sama mbah google. Bengkel AC mobil di Bintaro. karena saya tinggal di Bintaro, jadi cari yang terdekat saja. Mencari bengkel AC mobil Jakarta Selatan, ditunjukanlah ke Rotary Bintaro Cabang Veteran. saya berkunjung ke situsnya, www.rotarybintaro.co.id. Membaca beberapa artikel dan penjelasan di situsnya, akhirnya saya mantap melakukan booking service untuk lusa, tepatnya hari Rabu.

Rabu pagi, saya mendapat telepon dari customer service Rotary Bintaro. Diingatkan bahwa hari ini saya ada schedule untuk perbaikan AC. Wah, beruntung diingatkan, kalau tidak saya sudah berniat untuk menghabiskan Rabu ini untuk tidur seharian, setelah dua hari kemarin begadang karena pekerjaan. Langsung saya bersiap-siap dan meluncur menuju bengkel Rotary Bintaro. Tidak sulit mencari lokasinya, hanya berjarak beberapa puluh meter dari pintu tol veteran. Baru jam 10 pagi saya tiba, waahhh ternyata sudah panjang antriannya. Untungnya sudah booking, jadi saat registrasi ulang data saya sudah masuk dan lebih cepat proses registrasinya.

Menunggu sekitar setengah jam, service advisor menghampiri saya dengan membawa form hasil pengecekan kondisi AC. Semua dijelaskan satu persatu dengan detail. AC panas dan bunyi berisik saat AC dinyalakan ternyata bersumber dari kompresor AC mobil yang sudah aus. Solusinya, harus ganti kompresor. Bukan hanya kompresor, beberapa spare part yang terkait juga harus diganti. Biayanya, woowwww lumayan menguras kantong juga ya. Merogoh kocek sekitar empat jutaan. Sempat mikir-mikir, tetapi mengingat si Rush ini jadi andalan tiap keluar kota, tidak mungkin juga saya biarkan. Akhirnya dikerjakan juga perbaikan AC mobil Rush, sesuai estimasi dari service advisor. Lagipula, ada garansi servicenya jadi buat apa saya ragu.

Menunggu sekitar 3 jam, perbaikan AC mobil selesai sudah. Biaya yang saya bayar tepat sesuai dengan estimasi yang disodorkan sebelumnya. Sembari menunggu nota, service advisor memberikan penjelasan dan edukasi supaya saya lebih merawat AC mobil dengan melakukan service rutin. Usut punya usut, kompresor AC jebol di duga karena olinya tidak pernah di ganti. Benar juga sih, saya hanya rutin mengganti oli mesin saja. Mana saya tau kalau di dalam kompresor juga ada olinya. Ganti kompresor kali ini, cukup jadi pelajaran berharga buat saya. Jangan sampai terulang lagi, apalagi dalam jangka waktu yang singkat. Memang sih, semua spare part ada masa pakainya, tapi setidaknya dengan melakukan flushing oli kompresor dan service rutin bisa membuatnya jadi lebih awet. Begitu informasi dari service advisor Rotary bintaro.

Dari pengalaman saya service di Rotary Bintaro, two thumbs up deh buat bengkel ini. Karyawannya professional dan nggak pelit berbagi informasi. Mulai sekarang saya juga jadi lebih aware dengan kondisi AC mobil, bukan hanya merawat mesinnya saja. Terimakasih & sukses terus buat Rotary bintaro.

booking service

Blog

bengkel ac mobil jakarta selatanbengkel resmiRotary Bintaro cabang VeteranToyota

Leave a Reply