Kelebihan dan Kelemahan Toyota Avanza

Setelah sebelumnya kita membahas tentang Fakta Menarik Toyota Avanza yang Jarang Diketahui dan Penyebab Performa Avanza Turun, kita akan lanjut membahas Avanza lagi nih yaitu tentang kelebihan dan kelemahan Toyota Avanza.

Sebagus apapun mobil dirancang oleh perusahaan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal inilah yang juga terjadi pada Toyota Avanza. “mobil sejuta umat” yang paling digemari ini juga tidak luput dari kekurangan. Hanya saja kekurangan tersebut dapat ditutupi oleh kelebihannya, sehingga kekurangan tersebut tidak tampak jelas di permukaan.

Meskipun sudah beberapa kali berganti model, terutama di bagian mesinnya, kekurangan ini tampaknya tidak bisa dibendung. Selengkapnya mengenai kelebihan dan kelemahan Toyota Avanza akan kita bahas di bawah ini.

Kelebihan Toyota Avanza

1. Desain

Desain Toyota Avanza sendiri bisa dibilang sangat kokoh. Tidak hanya desain eksterior, tapi juga desain interiornya. Desain yang diusung oleh Avanza juga mengalami perubahan yang cukup terlihat. Misalnya bagian lekukan Avanza keluaran terbaru terlihat lebih maskulin dibandingkan keluaran lama.

Selain itu, kabin Toyota Avanza juga terlihat sangat lapang sehingga mobil ini sangat cocok bagi yang sudah berkeluarga. Tidak hanya mampu menampung banyak penumpang, namun kabin yang luas juga bisa menampung banyak muatan saat Anda bepergian.

2. Kenyamanan

Kabin yang dirancang segitu bagusnya otomatis akan membuat kondisi berkendara terasa nyaman. AC yang disematkan pada mobil ini juga mudah dikontrol, sehingga membuat mengemudi semakin nikmat terutama saat menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Gloss pada lingkar AC juga mengalami perubahan. Meskipun perubahannya hanya terletak pada warna saja, tapi perubahan kecil ini membuat tampilan Avanza sangat menawan. Kalau dibandingkan dengan kenyamanan mobil lain, kenyamanan berkendara dengan Avanza tidak kalah kok.

3. Hemat Bahan Bakar

Mesin VVT-1 yang disematkan pada Toyota Avanza membuat mobil ini hemat bahan bakar. Ditambah lagi dengan sematan mesin berkapasitas 1.300 cc dengan transmisi model manualnya. Mesin yang juga sudah dilengkapi dengan indikator CEO memberi petunjuk bagi pengemudi untuk mengetahui bahan bakar yang tersisa.

Kelemahan Toyota Avanza

1. Aki sering Bermasalah

Di balik kelebihannya, Toyota Avanza juga tidak luput dari kekurangan. Masalah yang paling sering terjadi mungkin di bagian aki. Aki yang rusak membuat mobil jadi sulit dihidupkan, apalagi saat mesinnya dalam kondisi sangat panas.

Aki yang bermasalah seperti ini sering terjadi pada Avanza model lama. Untuk Avanza tipe terbaru, masalah ini jarang terjadi karena pihak perusahaan sudah melakukan banyak perbaikan di bagian mesin terutama di bagian aki mobil ini.

2. Tekanan Saat Kecepatan Tinggi

Mobil yang dikendarai pada kecepatan rendah dan tinggi tentu memiliki tekanan yang berbeda. Ketika Avanza dibawa pada rpm rendah, tekanannya akan terasa sangat empuk meskipun melewati polisi tidur sekalipun. Akan tetapi rasa empuk tersebut akan berubah menjadi limbung saat Avanza dibawa pada rpm yang tinggi.

Masalah di atas bisa terjadi karena bagian pegas spiralnya yang lebar tidak dibarengi dengan lebar shockbreaker dan ukuran bodi mobil, sehingga membuat mobil menjadi limbung saat dibawa pada kecepatan atau rpm tinggi.

Booking Service3. Sirip Ventilasi Cepat Pudar

Kekurangan Toyota Avanza yang selanjutnya adalah sirip ventilasi yang sangat cepat pudar. Meskipun sirip ventilasi ini sudah dikilatkan dengan cairan pengkilap sekalipun, siripnya akan tetap pudar dalam waktu cepat sehingga mobil Avanza menjadi kurang enak dilihat.

Agar warna sirip ventilasi tetap awet dan tahan lama, oleskan semir sepatu berwarna hitam ke bagian sirip ventilasi. Setelah itu, diamkan beberapa saat sampai semir sepatu benar-benar mengering. Sirip ventilasi ini sendiri bisa Anda temukan di bagian bawah wiper.

Itu dia kelebihan dan kelemahan Toyota Avanza yang perlu Anda ketahui. Tidak hanya Avanza saja, tapi mobil lainnya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pastikan Anda memilih mobil yang tepat untuk menemani perjalanan Anda sehari-hari. Jangan lupa juga untuk merawat mobil dengan baik di “salon mobil terbaik” agar performa mobil tetap maksimal.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Tinggalkan komentar