Lakukan 10 Cara Merawat Mobil Baru Biar Awet


Share :

Apa yang Harus Kita Lakukan Biar AC Mobil Baru Awet?

Senang rasanya jika punya mobil baru, tiap hari rasanya pengen dinaikin terus. Karena memang dinaikin mobil baru itu lebih enak daripada dinaikin mobil yang sudah lama belinya. Kualitas mesin maupun bagian lainnya masih bagus. Pokoknya nyaman kalau dinaikin mobil baru itu.

Kalau sudah mempertimbangkan 7 alasan ini saat pertama kali beli mobil. Maka selanjutnya  perhatikan cara merawat mobil baru biar awet.

Untuk menjaga agar mobil baru kamu selalu awet dan nyaman dipakai kapanpun. Ada 10 hal yang wajib kamu lakukan untuk merawat mobil baru kamu.

Cara Merawat Mobil Baru Biar Awet

1. Kurangi kecepatan ketika melewati jalan yang tidak rata

Memang, jalanan di Indonesia sudah banyak yang diaspal mulus sehingga memberi kenyamanan bagi pengguna jalannya. Tapi tidak semua daerah-daerah di Indonesia mempunyai jalanan yang mulus. Masih banyak yang belum diaspal, kalaupun sudah diaspal tapi gak sebagus dengan kualitas aspal di jalan-jalan protokol di kota-kota besar. Alhasil sering berakibat pada mengelupasnya aspal di jalan-jalan tersebut.

Tentu hal tersebut bisa menjadi masalah besar bagi penggunanya, tak terkecuali buat pengemudi mobil. Meskipun mobil baru masih mempunyai sistem suspensi yang bagus. Tetapi jika terus-menerus melewati jalan yang tidak rata ditambah melaju dengan kecepatan tinggi akan berakibat buruk bagi sistem suspensi mobil kita.

Baca juga : 12 Cara Merawat AC Mobil Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Suspensi pada mobil kita akan aus, karena ketika kita melintasi jalanan yang tidak rata suspensi mobil akan berada pada posisi tertekan. Apalagi kita melintasi jalanan tersebut tanpa mengurangi kecepatan mobil. Daya tekan pada sistem suspensi akan semakin tinggi dan semakin mempercepat sistem suspensi aus.

Maka oleh sebab itu, sebaiknnya kurangi kecepatan semaksimal mungkin ketika melintasi jalanan yang tidak rata tersebut. Yang mungkin karena jalan belum diaspal, aspalnya mengelupas sehingga meninggalkan lubang, dll.

2. Gunakan posisi transmisi gigi secara tepat

Artinya sesuaikan transmisi gigi sesuai dengan kecepatan kamu menyetir. Gak mungkin juga kan kamu nyetir dengan kecepatan di atas 50 km/jam pakai posisi gigi 1 ataupun sebaliknya.

Pada intinya gunakan posisi gigi sesuai dengan batas kecepatannya. Supaya semua gigi percepatannya bisa bekerja dengan baik dan juga akan berpengaruh baik untuk bagian lainnya seperti kopling dan rem.

3. Jangan melebihi batas muatan yang telah ditentukan

Setiap kali memuat penumpang atau barang ke mobilmu, sebaiknya kamu perhatikan batas muatan maksimalnya. Jangan sampai melebihi batas beban tonase yang sudah ditentukan pada mobilmu.

Perlu kamu tau, memuat beban yang berlebih bisa memperpendek umur komponen mesin dan onderdil mobil kamu. Kenapa? Karena ketika memuat beban di atas batas maksimal, mesin mobil akan dipaksa untuk bekerja lebih keras. Jadi hindarilah untuk membawa muatan yang melebihi batas muatan yang sudah ditentukan ya!

4. Hindari mengerem secara mendadak

Pengereman yang mendadak sangat tidak baik kamu lakukan ketika sedang berkendara. Selain sangat membahayakan keselamatan kamu dan orang lain, hal ini juga berdampak buruk bagi mobil kamu.

Mengapa bisa demikian? Karena pada saat melakukan pengereman mendadak, otomatis akan terjadi gesekan besar yang mana di saat roda dan mesin mobil sedang bergerak tiba-tiba dihentikan oleh sistem pengereman. Tentunya ini bisa berdampak buruk bagi komponen mesin mobil kamu.

5. Dengarkan jika ada suara aneh yang mungkin keluar dari mesin mobil

Kita harus peka terhadap sesuatu yang dirasa tak wajar muncul dari mobil baru kita. Misalnya, jika ada suara aneh dari mobil lebih baik cepat kamu periksa atau langsung bawa ke bengkel. Takutnya jika dibiarkan nanti malah bisa berakibat buruk bagi mesin mobil kamu. Atasi sedini mungkin masalah yang muncul dari mobil kamu, daripada nanti menyesal karena menganggap sepele hal-hal kecil seperti itu.   

6. Usahakan agar terminal aki selalu dalam kondisi bersih

Aki sebagai salah satu komponen penting mobil, yang fungsinya untuk memasok listrik pada mobil. Sebaiknya harus selalu dalam keadaan bersih. Karena jika tidak sering dibersihkan, pengaliran listrik pada mobil akan terhambat.  

7. Bersihkan bagian tubuh dalam dan luar mobil

Merawat mesin supaya kinerjanya selalu normal merupakan hal yang sangat penting. Tapi kamu jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan bagian-bagian mobil baik interior maupun eksterior. Karena ini juga sama pentingnya dengan merawat mesin mobil.

Baca juga : Penting! Ini Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mencuci Mobil

Siapa sih yang gak pengen mobilnya setiap hari kelihatan seperti baru? Tiap pemilik pasti menginginkannya, termasuk kamu. Oleh karena itu, kamu harus menjaga kebersihannya, dengan cara seperti membersihkan bagian bawah pintu, kap mesin, seluruh bagian luar maupun dalam mobil, atau spatbornya. Sehingga kamu akan selalu merasa nyaman ketika memakainya dan merasa kondisi mobil kamu selalu baru.

8. Lakukan servis secara teratur

Kalau sudah punya mobil baru jangan sampai lupa untuk diservis secara berkala. Karena hal ini adalah anjuran dari pabrikan mobil kamu. Pihak pabrikan ataupun penjual menganjurkan agar mobil diservis secara teratur atau berkala bukan tanpa alasan.

Salah satu alasannya adalah supaya kondisi mobil selalu dalam kondisi terbaik setiap akan dipakai. Dan ini akan sangat berpengaruh pada kinerja mesin mobil kamu. Jadi jangan malas-malasan untuk bawa mobil kamu ke tempat servis resmi.

Khususnya perhatikan keadaan AC mobil. Biar tidak salah pilih silahkan silahkan perhatikan tips memilih bengkel AC mobil ini.

9. Periksa kondisi ban dan cairan mobil

Yang pertama, selalu periksa kondisi tekanan ban mobil kamu. Biasanya besarnya tekanan ban yang diharuskan sudah ditentukan dalam buku panduan untuk pemilik.

Kedua, periksa cairan mobil seperti oli, air radiator, cairan transmisi, dan cairan oli rem. Karena cairan-cairan tersebut juga akan mempengaruhi kinerja mesin pada mobil kita. Jika sudah mau habis atau harus diganti, maka sebaiknya isi atau ganti dengan cairan yang baru.

10. Berkendaralah dengan hati yang tenang

Booking Service Pada akhirnya, yang harus kamu lakukan ketika mengendarai mobil barumu, usahakan kendarai dengan keadaan setenang mungkin. Ketika kamu mengendarai dengan keadaan yang terburu-buru. Hal itu bisa mengakibatkan kamu kehilangan kontrol atas mobil kamu.  Sehingga akan berdampak pada cara kamu menggunakan mobil.

Baca juga : 9 Manfaat Cuka Bagi Mobil Kesayangan Anda

Dengan keadaan hati yang tenang kamu akan berhati-hati dalam mengendarai mobil. Kinerja mesin mobil kamu juga akan bekerja secara normal dan tentunya akan memperpanjang usia pakai komponen-komponen mesin mobil.

Semoga dengan kamu melakukan 10 hal tersebut di atas, mobil baru kamu akan awet sampai dengan waktu yang lama. Dan setiap harinya kamu bisa merasakan sensasi mengendarai mobil baru sama seperti saat pertama kali mengendarainya.

Oh ya sebutuh apapun mobil baru. Pastikan tidak membeli mobil baru hanya karena 10 alasan bodoh ini.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Share :

8 Comments

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?