Apa itu Magnetic Clutch AC Mobil?
Alat Pengaktif/Menonaktifkan Kerja Kompressor

Hai #SahabatRotary

AC mobil merupakan salah satu rangkaian komponen pada mobil yang berfungsi sebagai penyejuk ruangan kabin pada kendaraan. Tak hanya itu saja, AC mobil juga berfungsi untuk mengontrol temperatur, sirkulasi udara, kelembapan, dan dapat membersihkan udara.

Jika melihat fungsi tersebut bisa dikatakan jika AC mobil merupakan salah satu bagian penting pada mobil. AC mobil memiliki beberapa komponen utama, seperti kompressor, kondensor, dryer filter, expansi valve, dan evaporator. Selain komponen utama, kinerja AC mobil juga didukung dengan adanya komponen pendukung seperti oli kompressor, Magnetic Clutch, selenoid kompressor (kompressor tanpa Magnetic Clutch), fan belt, pipa low press & high press, filter cabin, dan masih banyak yang lainnya.

Lihat Juga :

Apa itu Magnetic Clutch AC Mobil?

Sebelumnya sudah disebutkan jika AC mobil memiliki beberapa bagian komponen yang terbagi atas komponen utama, komponen pendukung, dan yang lainnya. Magnetic Clutch merupakan salah satu komponen pendukung yang memiliki peran penting pada AC mobil. Magnetic Clutch yang juga disebut dengan kopling magnet ini terdapat pulley yang berputar terus-menerus mengikuti putaran mesin yang terhubung melalui fan belt.

Apa Fungsinya Magnetic Clutch AC Mobil?

Magnetic Clutch memiliki fungsi untuk memutus dan menghubungkan kompressor dengan penggeraknya (putaran mesin). Ketika mesin mobil mulai bekerja, pulley akan berputar karena terhubung melalui fan belt dengan putaran mesin. Namun pada saat itu kompressor tidak akan bekerja karena Magnetic Clutch belum dialiri arus listrik. Ketika sistem pada AC mobil dihidupkan maka amplifier akan memberikan arus listrik yang cukup ke Magnet Coil.

Selain itu ada aktivitas lain yaitu timbulnya medan elektromagnet yang akan menarik Center Piece dan menekan permukaan gesek pulley. Aktivitas tersebut menyebabkan Center Piece berputar yang mengikuti putaran pulley sehingga kompressor akan berputar.

Baca Juga : Bagaimana cara memperbaiki Kompressor AC Mobil bermasalah

Alat Pengaktif/Menonaktifkan Kerja Kompressor

Bisa disebutkan jika Magnetic Clutch merupakan salah satu komponen yang penting untuk fungsi kompressor yang maksimal karena Magnetic Clutch merupakan alat pengaktif atau yang menonaktifkan kerja kompressor. Jika Magnetic Clutch mengalami kerusakan maka bisa dipastikan jika kompressor tidak akan berfungsi dengan baik.

Kalau Magnetic Clutch Bermasalah Apa Dampaknya Pada AC Mobil?

AC mobil bisa tetap dingin tapi kompressor mengeluarkan bunyi yang kasar. Jika mengalami keluhan tersebut maka salah satu penyebabnya adalah karena suara kasar pada Magnetic Clutch yang dihasilkan oleh pergesekan permukaan magnet pulley dengan pelat center piece. Suara tersebut timbul dari salah satu permukaan komponen yang sudah tidak rata. Selain itu, suara yang berisik ketika AC mobil menyala juga bisa disebabkan oleh Magnetic Clutch yang sudah tidak presisi atau berkarat.

Dampak AC mobil kalau Magnetic Clutch bermasalah yang lainnya adalah AC mobil kadang panas dan kadang dingin. Masalah tersebut timbul karena Magnetic Clutch lemah. Jika AC mobil tiba-tiba tidak dingin maka bisa saja salah satu faktor penyebabnya adalah Magnetic Clutch rusak.

Rawat Magnetic Clutch AC Mobil dengan Service Rutin

Agar kompressor bisa berfungsi dengan baik, pastikan untuk merawat Magnetic Clutch. Cara merawat Magnetic Clutch AC mobil sangat mudah yaitu dengan service rutin. Service rutin yang dilakukan tidak hanya bermanfaat untuk Magnetic Clutch tapi juga untuk komponen yang lainnya agar bisa tetap memiliki kinerja yang baik.

Itulah sedikit ulasan tentang Magnetic Clutch bermasalah dan dampak yang ditimbulkan pada AC mobil.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.