Apa yang Akan Terjadi Seandainya AC Mobil Tidak Pakai Freon?


Share :

Menyalakan AC Mobil pada saat macet dan panas di jalan dapat mengurangi stress karena suhu yang dingin dapat menurunkan emosi kita, yah, walaupun memang macet membuat kita emosi tetapi karena ada AC jadi agak teredam sedikitlah. Tetapi bagaimana jika AC Mobil kita rusak karena lupa diservice apalagi kita gak sempat pergi ke bengkel AC mobil.

Setelah lama baru pergi ke bengkel AC mobil ternyata Freon pada AC Mobil habis dan ada hal lainnya yang mengakibatkan AC Mobil tidak berfungsi, terpaksa, deh, harus ganti dengan yang baru atau diperbaiki. Ada juga nih yang berfikiran bagaimana kalau seandainya kita tidak memakai Freon di AC Mobil (Niatnya sih mau berhemat) nih apa yang terjadi yah mungkin saya harus kasih tau fungsi dari Freon ini di AC Mobil.

Freon sangatlah penting bagi mobil kalian karena tanpanya mobil kalian tidak akan sedingin AC Mobil pada umumnya, jadi seperti ini cara kerjanya AC Mobil dengan freon:

1. Langkah pertama pada Evaporator.
Udara masuk ke Evaporator yang bekerja sebagai penyaring udara pada AC Mobil, fungsinya agar tidak masuk benda asing selain udara yang dapat merusak komponen di dalam AC Mobil. Walaupun begitu terkadang tetap saja benda asing seperti debu, air dan lainnya tetap masuk (yah walaupun sudah diminimalisir).

2. Langkah kedua pada Freon.
Udara yang sudah disaring Evaporator masuk ke dalam AC Mobil dan mengenai Freon, fungsinya adalah mendinginkan udara panas yang masuk melewati Evaporator atau penyaring udara pada AC Mobil tadi karena freon mempunyai zat atau unsur yang dapat mengubah suhu udara.

3. Langkah ketiga pada Kompresor.
Kemudian udara yang sudah di dinginkan oleh Freon di dorong keluar oleh Kompresor, fungsinya dari Kompresor adalah seperti kipas yang meghisap udara yang ada di sekitarnya melalui Evaporator lalu menyedotnya untuk melalui Freon dan mengeluarkannya.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Mencegah AC Mobil Panas?

4. Langkah terakhir Udara dengan suhu baru keluar.
Setelah udara keluar maka sudah pasti Suhu yang ada di Dekat AC mobil menjadi lebih dingin dari pada yang sebelumnya karena sudah di dinginkan Freon.

Begitulah cara kerja AC Mobil yang kalian gunakan saat ini, ada pun perbedaannya sedikit jika ada tetapi kebanyakan seperti prosedur di atas.

Apa yang Akan Terjadi Seandainya AC Mobil Tidak Pakai Freon?

Jadi jika kita tidak memasang atau menggunakan Freon di AC maka sudah pasti fungsinya hanya seperti kipas angin, karena fungsi dari Freon yang mengubah suhu udara tidak berfungsi. Apakah AC dengan Freon yang sudah habis masih disebut AC? Jawabannya adalah tidak.

AC atau Air Conditioner adalah alat yang berfungsi mengubah suhu udara menjadi naik atau turun, jadi berbeda dengan kipas. Kipas adalah alat untuk mendorong udara. AC ini juga menggunakan kipas tetapi disebut dengan Nama Compressor yang fungsi dan cara kerjanya sama. Intinya AC Mobil tanpa freon adalah seperti kipas angin biasa.

AC MOBIL ITU SEBEGITU PENTINGNYA.

Kenapa?

Yah kalau kita tidak memasang freon di AC mobil. Menurut pandangan kita dari sisi teknisi lebih baik untuk memasang kipas angin mini saja. Karena fungsinya sama tetapi lebih dingin karena kipas mini dapat diangkat dan di arahkan ke bagian tubuh yang panas, sedangkan pada AC mobil kan tidak mungkin kita angkat.

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Share :

No comment

Leave a Reply