Bagaimana Caranya Hadapi Macet Saat Dalam Mobil?

Salam warga kota besar di Indonesia.

Dimanapun sekarang berada baik itu di Jakarta, Medan, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar. Semua sudah langganan sama macet. Entah bagaimana caranya berhenti jadi anggota di komunitas ini.

Di kota besar yang lalu lintasnya padat, menghadapi macet dalam mobil sudah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Efek sampingnya betul-betul merugikan. Bikin kesal dan marah-marah, bikin telat, buang-buang waktu, sampai bisa bikin ga sehat karena serapan polusi yang tinggi.

Pelajari 10 Trik Ini Saat Hadapi Kemacetan Dalam Mobil

Lalu apa yang bisa kita lakukan jika berada di kondisi macet seperti itu?

Baca juga : Trik Menghadapi Semakin Ketatnya Peraturan Ganjil Genap?

Berikut ini adalah beberapa trik saat macet yang bisa kita praktikkan:

pelajari-10-trik-ini-saat-hadapi-kemacetan-dalam-mobil-1

1.Posisikan dalam transmisi netral

Dalam kondisi macet, berhenti di tengah-tengah dalam waktu lama akan selalu terjadi. Jika seperti ini, jagalah selalu transmisi dalam posisi netral untuk menjaga kemungkinan pedal kopling lepas. Kalau sempat lepas, bukan cuma yang jadi lawan kita. Tetapi semua barisan mata yang sudah berjajar dibelakang.

Trik ini sangat membantu kalau transmisi sedang berhenti. Kita akan punya waktu untuk mengistirahatkan kaki setelah satu harian bekerja. Kalau maju kan tinggal masukkan dan gas. Selesai.

2.Jaga sikap

Apa yang paling menyebalkan dari macet?

Beberapa di antara kita akan menjawab suara klakson yang sahut menyahut. Seolah-olah kalau pencet klakson berkali-kali macet bisa terurai dan kita bisa sampai tujuan lebih cepat. Mulai saat ini, berhenti menekan klakson berlebihan dan tunggulah dengan sabar.

Ingat, klakson bukan jalan keluarnya. Pintu adalah jalan keluarnya.

Selain itu hanya duduk dan diam menunggu di dalam mobil dapat mencegah kita dari stres yang disebabkan oleh kehidupan kota yang bikin stres. Jagalah diri tetap tenang dan nikmati waktu kita di dalam mobil. Ga sering, kan kita punya waktu untuk duduk, diam, menunggu, dan menikmati dunia yang berlalu di depan mata terutama jika kita tinggal di kota besar yang serba cepat dan sibuk?

3.Beritahu atasan, keluarga, atau teman yang menunggu sesegera mungkin

Jika terjebak macet dalam mobil dalam perjalanan menuju suatu tempat dan ada orang lain yang sedang menunggu kita. Segera beritahu bahwa kita akan terlambat. Seringnya kita panik duluan dan terlambat mengabari, jadi dahulukan yang satu ini segera setelah kita benar-benar berhenti total.

Kalau mereka pernah merasakan hal yang sama. Maka mereka pasti akan berhenti. Tetapi jangan selalu jadikan ini alasan ya. Semua sudah tahu kalau kota besar itu adalah tempatnya macet. Jadi menghindari itu lebih.

4.Matikan mesin jika tidak dipakai

Terkecuali cuaca di luar sedang sangat panas dan kita belum berencana bergerak maju, sebaiknya matikan mesin mobil. Trik saat macet ini berguna untuk menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi.

Tapi buat yang ingin susana tetep adem pastikan mesin tetap menyala agar AC mobil tetap menyala. PastikanΒ lakukan 27 cara merawat ACΒ mobil biar awet. Jangan sampai ac mobil ikutan macet saat mobil juga macet.

Tetapi ada perhatian buat yang mengendarai mobil tua. Trik ini juga tidak disarankan karena ada saja penyakit mobil tua yang kalau sudah mati. Susah buat dinyalain lagi. Hati-hati dipelototin sama yang belakang.

pelajari-10-trik-ini-saat-hadapi-kemacetan-dalam-mobil-3

5.Nyalakan radio

Stasiun radio tertentu terutama yang ada di kota besar dan sering macet, banyak menyiarkan Informasi transportasi dan keadaan lalu lintas baik di acara khusus maupun di sela acara-acara biasa. Jika sedang tidak mendengarkan lagu dari flash drive atau CD, carilah stasiun radio yang rutin memberikan info lalu lintas untuk meng-update kabar mengenai kemacetan. Kita juga bisa segera mengambil rute alternatif untuk menghindari macet selanjutnya.

6.Tetap waspada

Jangan lupa untuk tetap menggunakan lampu sein saat berpindah jalur atau memotong meski dalam posisi macet dalam mobil. Trik saat macet yang ini penting untuk memudahkan pergerakan kita karena tidak semua orang mau bermurah hati memberi jalan.

Perhatikan juga indikator-indikator kendaraan untuk menghindari mesin yang terlalu panas atau kehabisan bensin di tengah macet.

Baca juga : 7 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menyetir Mobil Manual

7.Simpan sarana hiburan di mobil

Untuk menghindari macet yang bikin stres, simpanlah hiburan kita di mobil. Misalnya buku kesukaan, majalah, atau jurnal. Dari pada marah-marah dan ngomel-ngomel ga jelas, lebih baik menghibur diri, deh. Selagi kita membaca buku, waktu akan berlalu dan tanpa sadar macet akhirnya selesai.

pelajari-10-trik-ini-saat-hadapi-kemacetan-dalam-mobil-2

8.Jangan keluar dari mobil

Seberapapun kesal, bosan, dan penasarannya kita saat macet, berdiri di tengah jalan bukanlah ide yang bagus meskipun kendaraan lain sedang berhenti. Selain akan dianggap nyebelin, kita tidak tahu, kan kapan kita harus maju lagi?

9.Bawalah makanan kecil

Lamanya macet kadang sulit diprediksi. Supaya tidak sampai melewatkan waktu makan, bawalah selalu makanan kecil di dalam mobil untuk mengganjal perut setidaknya hingga macet terurai dan kita bisa makan normal.

10.Tanyakan pada pengendara lain

Booking ServiceKetika menghadapi macet dalam mobil, sulit melakukan banyak hal dan kita pengin rasanya turun dan lihat langsung apa penyebab macet yang ga kelar-kelar ini.

Tapi, menuruti trik saat macet sebelumnya, kita sebaiknya tidak keluar. Kalo memang perlu info dan kita tidak bisa mendapatkannya di radio atau aplikasi transportasi ponsel, tidak ada salahnya turunkan jendela dan tanyakan pada mobil sebelah. Selain mendapat informasi, siapa tahu kita malah dapat kenalan baru, kan?

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.