rotarybintaro.co.id

rotarybintaro.co.id

Kenali Penyebab Ban Mobil Habis Sebelah Beserta Bahaya Dan Cara Menanganinya

Anda tentunya telah memahami betapa pentingnya menjaga ban mobil dimana komponen inilah yang akan bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Gesekan terus menerus dengan permukaan jalan ini tentu lama kelamaan akan mengurangi fungsi maksimal dari ban mobil bahkan membuat ban mobil tersebut mengalami masalah.

Belum lagi ban mobil ini juga pada dasarnya ikut menopang beban sekaligus juga membantu dalam meredam getaran yang terjadi sepanjang mobil melaju. Maka hal ini semakin membuat ban mobil begitu rentan untuk mengalami masalah ataupun kerusakan. Salah satu masalah atau kerusakan yang paling sering terjadi pada ban mobil adalah masalah ban mobil habis sebelah.

Penyebab ban mobil habis sebelah ini dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor karena memang pada dasarnya ban mobil terhubung dengan berbagai macam komponen mobil lainnya. Penyebab ban mobil habis sebelah ini perlu Anda tangani dengan segera, jika tidak maka hal ini akan menyebabkan bahaya yang begitu merugikan diri Anda. Memangnya apa aja sih penyebab ban mobil habis sebelah? Apa bahayanya? Lalu bagaimana cara menanganinya? Semua itu telah terjawab dalam artikel kali ini. Simak terus sampai habis ya!

Pertanyaan Seputar Penyebab Ban Mobil Habis Sebelah

Tanda-tanda umum meliputi keausan yang tidak merata pada permukaan ban, suara berdecit atau berdesing saat berkendara, atau perubahan pada kemudi kendaraan.
Pastikan untuk menjaga tekanan udara ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan, melakukan rotasi ban secara teratur, dan memeriksa perataan roda dan suspensi secara berkala.
Ya, kondisi jalan yang buruk, seperti lubang atau permukaan kasar, dapat mempercepat keausan ban, terutama jika tekanan udara tidak sesuai.
Ketidakseimbangan beban dapat menyebabkan keausan tidak merata pada ban. Pastikan beban kendaraan terdistribusi secara merata

Penyebab Ban Mobil Habis Sebelah

Penyebab ban mobil habis sebelah

Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa ban mobil habis sebelah adalah kondisi di mana ban mobil mengalami keausan yang tidak merata, sehingga salah satu sisi ban lebih tipis daripada sisi lainnya. Ban mobil habis sebelah dapat terjadi pada ban depan maupun ban belakang dan baik dari sisi luar maupun dalam. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab ban mobil habis sebelah, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Tidak Lurusnya Sudut Kemiringan Ban Mobil

Penyebab ban mobil habis sebelah yang pertama sekaligus paling utama adalah adanya ketidaklurusan pada sudut kemiringan ban mobil. Hal ini biasa terjadi akibat keselahan penyetingan dalam spooring ban mobil dimana toe in dan toe out jauh dari setelah standard. Hal ini membuat tidak meratanya permukaan ban mobil dalam menyentuh aspal ataupun jalanan, sehingga sudut ban mobil yang tidak lurus ini dapat menjadi penyebab ban mobil habis sebelah.

Penyebab ban mobil habis sebelah akibat tidak lurusnya sudut kemiringan ban mobil merupakan masalah serius yang harus segera ditangani, karena masalah ini tidak hanya sekedar membuat ban mobil habis sebelah tapi juga berpotensi menimbulkan masalah lain yang sangat membahayakan keselamatan Anda dalam berkendara, mulai dari setir bergetar, ban mobil tiba tiba belok hingga mobil yang kehilangan stabilitasnya pada saat melaju. Maka dari itu pastikan Anda melakukan spooring dan balancing secara rutin ya!

2. Tekanan Angin Ban Yang Tidak Sesuai

Penyebab ban mobil habis sebelah yang kedua adalah karena tekanan angin ban yang tidak sesuai. Tekanan angin ban yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat membuat ban mobil tidak menempel dengan baik pada permukaan jalan, sehingga mengakibatkan keausan yang tidak merata.

Tekanan angin ban yang ideal berbeda-beda tergantung pada jenis dan ukuran ban, serta beban kendaraan. Anda dapat mengecek tekanan angin ban secara rutin dengan menggunakan alat pengukur tekanan angin ban yang tersedia di bengkel kaki kaki ataupun bengkel onderstel terdekat yang Anda percaya.

3. Kesalahan Pada Sistem Kemudi dan Sistem Suspensi Mobil

Penyebab ban mobil habis sebelah yang ketiga adalah karena kesalahan sistem kemudi atau sistem suspensi mobil. Sistem kemudi atau sistem suspensi mobil yang bermasalah dapat membuat ban mobil tidak sejajar dengan arah kendaraan, sehingga ban mobil mengalami gesekan yang berlebihan pada salah satu sisi.

Beberapa indikasi sistem kemudi atau sistem suspensi mobil yang bermasalah adalah mobil sulit dikendalikan, mobil sering oleng ke kiri atau ke kanan, atau mobil bergetar saat melaju dengan kecepatan tinggi. Anda dapat melakukan pengecekan dan perbaikan sistem kemudi atau sistem suspensi mobil di bengkel yang terpercaya.

4. Muatan Yang Berlebihan

Berikutnya, mobil yang membawa muatan berlebih juga dapat menjadi penyebab ban mobil habis sebelah. Sekalipun jika sistem kemudi mobil dan sistem suspensi mobil sudah baik, namun apabila muatan yang dibawa berlebihan, maka hal ini akan tetap mengundang timbulnya masalah ban mobil habis sebelah.

Muatan yang berlebihan khususnya pada satu sisi mobil tertentu akan membuat ketidakseimbangan pada mobil, sehingga membuat ban mobil menanggung beban yang tidak merata. Inilah yang membuat muatan berlebih dapat menjadi penyebab ban mobil habis sebelah.

5 Kebiasaan Berkendara Yang Buruk

Terakhir, penyebab ban mobil habis sebelah dapat berasal dari kebiasaan berkendara yang buruk. Kebiasaan berkendara yang buruk, seperti sering mengerem mendadak, menikung dengan kecepatan tinggi, atau melewati jalanan yang tidak rata, dapat membuat ban mobil mengalami tekanan dan gesekan yang berlebihan, sehingga menyebabkan keausan yang tidak merata.

Anda dapat menghindari kebiasaan berkendara yang buruk dengan mengikuti aturan lalu lintas, mengendarai mobil dengan kecepatan yang wajar, dan memilih jalanan yang mulus.

Baca Juga :

Baca Juga : Punya Masalah Rem Mobil Keras? Ini Penyebab, Cara Mengatasi Hingga Tindakan Pencegahannya!

Bahaya Ban Mobil Habis Sebelah

Penyebab ban mobil habis sebelah

Seluruh penyebab ban mobil habis sebelah yang telah dijelaskan tadi wajib untuk Anda cegah atau tangani dengan segera, jika tidak hal ini akan berpotensi menyebabkan bahaya yang mengancam keselamatan diri Anda. Berikut ini adalah beberapa bahaya dari ban mobil habis sebelah, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Stabilitas Kendaraan Terancam

Ban yang habis sebelah dapat merusak stabilitas keseluruhan kendaraan. Stabilitas yang terganggu meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan, terutama saat melakukan manuver atau perubahan jalur. Anda dapat mengalami kesulitan dalam menjaga kendali, yang dapat menyebabkan insiden serius.

2. Risiko Kecelakaan Meningkat

Dengan keseimbangan dan stabilitas yang terpengaruh, risiko kecelakaan juga secara otomatis dapat meningkat. Masalah ban mobil  habis sebelah membuat kendaraan lebih rentan terhadap kejadian tidak terduga di jalan, seperti lubang atau rintangan lainnya.

3. Ban Lebih Cepat Panas Bahkan Meledak

Berikutnya, masalah ban mobil habis sebelah juga akan membuat ban mobil menjadi lebih cepat panas akibat tekanan dan gesekan yang lebih tinggi dengan permukaan jalan. Hal ini menciptakan efek domino lain dimana ban mobil dapat mempercepat proses aus dan mengurangi umur pakai ban secara keseluruhan.

Lebih dari itu, jika ban terus menerus terpapar suhu panas yang tinggi, ada risiko meledak. Ban yang meledak saat berkendara dapat mengakibatkan kecelakaan serius dan bahkan mengancam nyawa pengemudi dan penumpang.

4. Berkurangnya Daya Cakram

Berikutnya, masalah ban mobil habis sebelah ini juga dapat membuat ban mobil berkurang atau bahkan kehilangan daya cakramnya. Hal ini dapat mengakibatkan risiko tergelincir, terutama pada kondisi jalan basah atau licin. Kesulitan dalam mencengkeram dapat membuat mobil sulit dikendalikan. Kembali ke poin kedua, hal ini akan berimbas pada meningkatnya resiko kecelakaan.

BANNER PEMERIKSAAN KAKI KAKI

 

Cara Mengatasi Dan Mencegah Ban Mobil Habis Sebelah

Penyebab ban mobil habis sebelah

Seperti yang baru saja dibahas, masalah ban mobil habis sebelah ini perlu untuk segera Anda tangani dan atasi agar tidak menimbulkan bahaya seperti yang telah disebutkan di atas. Dalam hal ini, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ban mobil habis sebelah, diantaranya adalah :

1. Lakukan Spooring Dan Balancing Ban Mobil

Langkah pertama untuk mengatasi ban mobil habis sebelah adalah dengan melakukan spooring balancing ban mobil. Spooring ban mobil merupakan penyesuaian sudut ban mobil, sementara balancing ban mobil merupakan penyesuaian berat terhadap keempat ban mobil. Ketika sudut ban mobilnya sesuai lalu beratnya juga seimbang, maka tentu permukaan ban akan juga seimbang sehingga masalah ban mobil habis sebelah dapat teratasi dan bahkan dicegah.

2. Ganti Ball Joint Mobil

Pergantian ball joint mobil juga dapat menjadi upaya yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sekaligus mencegah ban mobil habis sebelah. Ini dikarenakan ball joint yang aus juga dapat menyebabkan ban mobil menjadi sedikit miring yang membuatnya ban mobil tersebut mejadi habis sebelah. Maka dari itu, Anda perlu melakukan pemeriksaan ball joint, bila ditemukan ball joint mobil tersebut aus, maka segera lakukan pergantian.

3. Lakukan Rotasi Ban Mobil

Anda juga dapat mengatasi dan mencegah ban mobil habis sebelah dengan melakukan rotasi pada ban mobil. Misalnya ban belakang dirotasi ke depan dan sebaliknya, atau ban kanan dipindah ke kiri dan sebaliknya. Rotasi ini dapat Anda lakukan sesuai di ban mobil mana yang habis, sehingga ban mobil yang habis sebelah ini dapat teratasi sekaligus dicegah.

4. Lakukan Service Kaki Kaki Mobil

Terakhir dalam mengatasi sekaligus mencegah penyebab ban mobil habis sebelah tersebut timbul, Anda dapat melakukan perawatan dan service kaki kaki mobil secara rutin. Ini dikarenakan ban mobil ini sendiri terhubung dengan berbagai komponen kaki kaki mobil lain, khususnya pada ball joint dan juga suspensi mobil.

Melakukan service kaki kaki mobil secara rutin ini tidak hanya sekedar mampu mengatasi dan mencegah timbulnya masalah ban mobil habis sebelah, tapi beragam masalah kaki kaki mobil lainnya yang dapat memaksimalkan kenyamanan, kestabilan dan keamanan dalam berkendara.

Salah satu bengkel kaki kaki mobil yang dapat kami rekomendasikan adalah Rotary Bintaro. Bengkel ini merupakan bengkel yang telah berdiri selama lebih dari 20 tahun lamanya sehingga membuatnya telah dibekali dengan berbagai pengalaman, pengetahuan sekaligus skill yang mumpuni dalam mengatasi berbagai masalah mobil.

Sebagai bengkel mobil terpercaya selama lebih dari 20 tahun, Rotary Bintaro tentunya memiliki berbagai mekanik handal, alat yang canggih, fasilitas yang lengkap hingga PROMO yang dapat Anda manfaatkan lho! Lebih dari itu, Rotary Bintaro juga menyediakan layanan konsultasi GRATIS di mana Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu untuk ditemukan dimana masalahnya, apa solusinya serta bagaimana kisaran biaya yang akan Anda bayarkan nantinya.

Kunjungi website resmi dari Rotary Bintaro untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan, edukasi dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya. Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

logo Rotary Bintaro VECTORE 2
Perbaikan & Perawatan Mobil

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,

Dengan isi form dibawah ini!

Loading...