Spesifikasi Xenia : Mobil Irit Dambaan Keluarga

spesifikasi xenia

sumber gambar : daihatsu.co.id


Share :

Hai #SahabatRotary. Sudah tahukah Anda spesifikasi xenia keluaran terbaru dari PT Astra? Mobil yang satu ini selain hemat bahan bakar juga punya mesin yang tangguh lhooo. Yuk simak ulasannya berikut ini!

spesifikasi xenia

…………………………………………….……………...Sumber gambar : daihatsu.co.id

Tepat pada 15 Januari 2020 lalu bersamaan dengan rilisnya Avanza Veloz dan New Toyota Avanza, perusahaan ternama PT. Astra Daihatsu Motor kembali merilis versi teranyar dari mobil Xenia. Mobil ber-genre Low MPV yang bernama Grand New Xenia tersebut dirilis sebagai penanda atas kiprah PT. Astra di Indonesia yang hingga saat ini telah mencapai kurun waktu 15 tahun, yakni sejak 2004 yang lalu.  Kehadiran Daihatsu Xenia terbaru 2019 ini tentu sangat diharapkan mampu meramaikan segmen pasar Low MPV bersama Avanza dan para pesaingnya.

Sebagai mobil terbaru, tentu perusahaan telah melakukan perubahan konfigurasi dalam beberapa bagian dari mobil ini. Secara umum perubahan yang dilakukan pada mobil ini terdiri atas tiga bagian utama yakni dari model eksterior, interior dan tentu dari mesin yang digunakan. Lalu apa saja, pembaruan yang dilakukan oleh PT. Astra terhadap spesifikasi xenia 2019 tersebut?

fitur baru

…………………………………………….……………...Sumber gambar : daihatsu.co.id

Pembaruan Eksterior

tampak depan

…………………………………………….……………...Sumber gambar : daihatsu.co.id

Eksterior Sisi Depan

Pembaruan spesifikasi xenia yang pertama adalah pada bagian eksterior depan. Apa saja hal yang baru pada bagian ini? Secara detail berikut perubahan-perubahan tersebut:

Pertama, perubahan pada bagian desain grill radiator. Jika dilihat dari sisi depan tanpa harus berpikir panjang Anda akan melihat secara jelas perubahan yang dilakukan PT. Astra terhadap bagian depan mobil Grand New Xenia ini. Dari sisi depan tampak bahwa grill radiator mobil terbaru ini menggunakan warna chrome.

Perubahan kedua bagian eksterior depan terletak pada bagian bawah depan, yakni bumper yang dibubuhi grill berwarna hitam yang menjadi satu dengan bagian lampu kabut.

Selanjutnya, pada bagian kap mesin, PT. Astra juga melakukan beberapa perubahan dengan membuat lekukan pada sisi pinggir kap mesin.

Khusus untuk Grand New Xenia bertipe 1.3 R Deluxe, terdapat konfigurasi baru berupa sensor parkir. Sensor tersebut secara mudah dapat dinyalakan atau dimatikan cukup dengan menekan tombol yang terletak pada bagian dekat lubang kunci mobil.

Eksterior Sisi Samping

ban

…………………………………………….……………...Sumber gambar : daihatsu.co.id

Pembaruan yang dilakukan pada spesifikasi xenia terbaru ini juga dilakukan pada bagian eksterior samping. Mobil ini menggunakan tiga jenis velg model alloy berukuran kurang lebih 14 Inchi. Pada Grand New Xenia bertipe 1.5 R Deluxe disematkan desain velg model dua tone yang tentu menambah cantik tampilan dari tipe mobil tersebut.

Perubahan selanjutnya juga dilakukan pada desain spion yang digunakan. Khusus untuk tipe 1.3 R Deluxe spion yang digunakan adalah model spion lipat electric. Selain itu, untuk tipe Deluxe juga disematkan list Chrome pada bagian jendelanya.

Namun salah satu kelemahan dari Grand New Xenia tipe Deluxe ini adalah tidak adanya fitur smart entry sebagaimana mobil-mobil keluaran terbaru lainnya.

Eksterior Belakang

Pada spesifikasi xenia bermerek Grand New Xenia ini juga dilakukan beberapa perubahan konfigurasi pada bagian eksterior belakang. Perubahan yang dilakukan nampaknya cenderung mirip dengan model eksterior belakang dari saudara iparnya Toyota New Avanza.

Secara lebih detail perubahan dilakukan pada beberapa bagian seperti desain lampu bagian belakang yang cenderung menyatu dengan handle door bagasi, dengan penempatan yang sedikit berbeda dari versi sebelumnya. Selanjutnya, untuk desain lampu atas bagian belakang dilapisi dengan mika berwarna putih yang berfungsi sebagai lampu sein dan lampu mundur. Sedangkan untuk lampu khusus rem ternyata diletakkan pada bagian yang berbeda, yakni  berada dibawah lampu sein.

Adapun salah satu alasan pengembang melakukan desain sebagaimana dijelaskan di atas adalah karena lampu bagian belakang sangat berkaitan dengan keselamatan saat mengemudi terutama lampu rem. Lampu rem ini didesain begitu mencolok sehingga ketika pengemudi mengerem mobilnya, pengendara lain akan secara jelas melihat tampilan lampu rem tersebut dari belakang.

Perubahan spesifikasi xenia selanjutnya juga tampak pada bagian bumper belakang khususnya pada bagian sensor parkir. Selain itu, untuk spoiler belakang Grand New Xenia menggunakan HSML (High Mount Stop Lamp) dengan desain sedikit lebih lebar dari versi lamanya. Selanjutnya, pada bagian door handle bagasi warna yang digunakan adalah Chrome.

Pembaruan Interior

interior

…………………………………………….……………...Sumber gambar : daihatsu.co.id

Selain bagian eksterior, PT. Astra juga melakukan pembaruan bagian interior pada spesifikasi xenia terbaru ini. Adapun bentuk pembaharuan yang dilakukan pada interior Grand New Xenia 2019 ini adalah sebagai berikut:

Konfigurasi AC dan Audio

Astra melakukan perombakan yang cukup besar terhadap konfigurasi AC dan Audio pada spesifikasi xenia terbaru ini. Jika melihat interiornya, khusus untuk Xenia bertipe R Deluxe, perusahaan memasang head unit jenis Pioneer yang sudah support dengan DVD/CD/MP3/USB/GPS/Monitor parkir sisi belakang.

Selanjutnya, pada bagian kemudi pada jenis mobil 1.3 R telah terdapat tombol pengaturan audio yang terintegrasi dengan AC. Selain itu, pada mobil tipe tersebut ditambahkan 6 unit speaker, 4 speaker diletakkan di sisi pintu, 2 speaker lainnya diletakkan pada bagian atas dashboard.

Lalu pembaruan pada bagian bawah interior mobil terlihat adanya penambahan tombol lampu hazard dan card holder. Selain itu pengaturan AC mobil pun juga dipermudah dengan model pengaturan digital yang terletak di bawah card holder.

Kelemahan yang ada pada sisi interior spesifikasi xenia terbaru ini terletak pada bagian kemudi. Kemudi mobil ini hanya bisa di konfigurasi naik turun dan belum bisa maju mundur sebagaimana mobil keluaran terbaru lainnya.

Speedometer

Spesifikasi xenia terbaru selanjutnya adalah pada bagian speedometer. Speedometer sendiri merupakan salah satu bagian interior pengukur kecepatan mobil yang sering dilihat, baik oleh pengemudi sendiri maupun oleh penumpang .

Pada bagian speedometer alam mobil Grand New Xenia digunakan ECO Drive sebagai lampu indikator yang berfungsi membantu pengemudi dalam hal cara mengemudi yang baik dan benar. Perubahan yang dilakukan terletak pada bagian warna yang mengusung tema biru yang akan bersatu dengan warna hijau dari lampu ECO Drive ketika beberapa kondisi terpenuhi, yakni:

  •  Ketika terjadi akselerasi yang bersifat tidak spontan
  •  Putaran mesin yang tidak terlalu tinggi serta disesuaikan dengan proses transmisi
  •  Mobil sedang tidak dikemudikan dalam kecepatan tinggi

Salah satu fungsi dari lampu ECO Drive ini adalah sebagai tolok ukur sejauh mana cara mengemudi seseorang akan mampu menghemat bahan bakar yang ada. ECO Drive ini akan membimbing pengemudi mengenai cara mengemudi yang hemat bahan bakar.

Bagian Kabin

Perubahan spesifikasi Xenia terbaru dari sisi interior selanjutnya adalah pada bagian kabin. Nuansa kabin yang diusung pada Grand New Xenia ini menggunakan duotone, yakni perpaduan warna hitam pada dashboard atas dan coklat pada bagian dashboard bawah. Selanjutnya, pada bagian joke, Grand New Xenia masih menggunakan versi bawaan pabrik dengan warna hitam. Demikian halnya dengan karpet yang digunakan juga mengusung tema hitam.

Kenyamanan Kabin

Pembaruan spesifikasi Xenia selanjutnya adalah pada bagian kenyamanan kabin. Ada beberapa perubahan yang dilakukan dengan menekankan pada aspek kenyamanan penumpang saat berada di kabin mobil. Adapun perubahan tersebut dilakukan pada beberapa bagian sebagai berikut:

  • Kabin terasa lebih sunyi dengan konsep serba hitam yang diusungnya
  • Pada aspek pelipatan kursi baris kedua tidak lagi menggunakan model angkat jok, cukup dengan memuat knob jok secara otomatis akan bersandar ke sisi depan. Namun, perlengkapan tersebut hanya terbatas pada beberapa versi seperti mobil Xenia-X, Xenia X Deluxe, Xenia R dan R Sporty saja.
  • Bahan jok dirubah dengan versi yang lebih empuk ketika diduduki sehingga menambah nuansa nyaman bagi penumpang.
  • Kursi jok baris ketiga di desain dengan model 50:50, fungsinya agar dapat dibelah menjadi dua. Selain itu, jok baris ketiga juga dapat dilipat sebagian sehingga memudahkan ketika membawa barang yang cukup banyak.
  • Struktur lantai yang disesuaikan dengan penumpang sehingga terasa lebih nyaman, selain itu suspensi mobil pun juga ditingkatkan untuk menambah kenyamanan saat berada dalam kecepatan tinggi.

Keselamatan dan Kenyamanan

Fitur keselamatan dan kenyamanan ini tentu tidak pernah luput dari perubahan yang dilakukan pada spesifikasi xenia model terbaru ini. Fitur yang diberikan sudah hampir menyamai miliki Toyota New Avanza. Khusus untuk tipe 1.5 R Deluxe ditambahkan fitur rem ABS & EBD sebagai fitur keselamatan terbaru. Secara keseluruhan fitur keselamatan dan kenyamanan yang ditambahkan pada Grand New Xenia antara lain sebagai berikut:

  • Pada bagian pintu depan dan belakang telah ditambahkan seat impact beam. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa seat impact beam ini merupakan pelindung pintu samping saat terjadi tabrakan. Keberadaan seat impact beam akan menyerap getaran akibat benturan dari arah samping.
  • Mulai dari Grand New Xenia bertipe 1.3 R telah ditambahkan kunci immobilizer. Dengan tambahan kunci immobilizer ini tentu keamanan mobil Anda akan semakin terjadi dari orang-orang yang berniat jahat. Namun Anda juga harus berhati-hati, sebab fitur keamanan ini juga bisa membuat Anda tidak bisa menyalakan mobil Anda juga lho. Jadi hati-hati ya #SahabatRotary.
  • Khusus tipe 1.3 R terdapat Corner Sensor. Adapun fungsi dari corner sensor sendiri adalah melindungi mobil Anda dari benturan pada saat melakukan parkir sehingga mobil Anda tidak penyok. Perlu diketahui bahwa fitur ini baru bekerja ketika kecepatan Anda kurang dari 15 km/jam, #SahabatRotary tidak akan merasakan manfaat dari fitur ini ketika mundur dengan kecepatan 20 km/jam, jadi harus hati-hati ya.
  • Terdapat fitur proteksi ketika power window mengalami macet.
  • Penggunaan fitur baru berupa Dual SRS Airbag.
  • Penggunaan pretension press limiter pada sabuk pengaman yang ada.
  • Penambahan sensor parkir belakang yang menambah kemudahan saat parkir.

Spesifikasi Mesin dan Sasis

mesin

…………………………………………….……………...Sumber gambar : daihatsu.co.id

Dari sisi spesifikasi mesin, tampak bahwa Grand New Xenia mengusung model mesin yang sangat sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini yakni mesin Dual VVT-i, 1,3 L & 1,5 L. Pemilihan model mesin tersebut menekankan sisi hemat bahan bakar yang memang saat ini menjadi kebutuhan pasar. Spesifikasi Xenia terbaru dengan mesin yang demikian akan sangat menarik bagi calon pembeli.

Selanjutnya, pada bagian sasis spesifikasi Xenia ini ternyata tidak dilakukan pembaruan sama sekali. Sehingga bila Anda sebelumnya telah merasakan dan mengetahui dimensi mobil Xenia versi lawas, ketika menaiki mobil ini rasanya juga akan sama.

Tipe Mobil Spesifikasi Xenia 2019

warna

…………………………………………….……………...Sumber gambar : daihatsu.co.id

Hal lain yang perlu Anda ketahui dari spesifikasi xenia terbaru ini adalah tipe-tipe mobil yang disediakan oleh PT. Astra Daihatsu Motor. Pada 15 Januari 2020 lalu perusahaan tersebut telah meluncurkan sebanyak 10 versi mobil dengan spesifikasi Xenia sebagaimana dijelaskan di atas. Adapun tipenya adalah sebagai berikut:

  •     Grand New Xenia 1.3 X (manual dan otomatis)
  •     Grand New Xenia 1.3 R (manual dan otomatis)
  •     Grand New Xenia 1.3 X Deluxe (manual dan otomatis)
  •     Grand New Xenia 1.3 R Deluxe (manual dan otomatis)
  •     Grand New Xenia 1.5 R Deluxe (manual dan otomatis)

Terlihat dari paparan tersebut bahwa PT. Astra meluncurkan sebanyak 3 tipe Deluxe dan 2 tipe non-deluxe. Dengan banyaknya versi tersebut tentu Anda sebagai calon pembeli akan cukup kebingungan. Oleh karenanya, pilihlah mobil yang sekiranya benar-benar sesuai dengan kebutuhan kalian ya.

Harga Xenia Terbaru

Selain spesifikasi Xenia tentu #SahabatRotary juga penasaran dengan harga yang dibanderol oleh perusahaan dengan spesifikasi yang cukup menggiurkan tersebut. Pasti kalian mengira harga yang dibanderol PT. Astra Daihatsu Motor akan sangat mahal dan berat di kantong.

Jangan khawatir dugaan #SahabatRotary salah, sebab meskipun mengusung tema modern dan spesifikasi yang cukup mumpuni harga yang dibanderol ternyata masih hemat di kantong kalian lhooo. Berapa sih? Pasti #SahabatRotary penasaran ya?

Grand New Xenia terbaru ini ternyata dibanderol dengan harga Rp. 183.350.000 saja untuk yang paling murah. Sedangkan harga paling mahal dari mobil ini hanya sampai pada Rp. 228.950.000.

Tentu dengan spesifikasi yang demikian apiknya #SahabatRotary akan takjub dengan murah nya harga yang diberikan. Oleh sebab itu, setelah membaca artikel ini segera saja pastikan tabungan Anda belum ter alokasi ke bidang lain. Segera tancap gas, untuk dapatkan mobil spesifikasi Xenia versi terbaru ini ya. 

Itulah penjelasan spesifikasi xenia mobil irit dambaan keluarga Anda. Segera saja gerak cepat lakukan pembelian ya.

AC mobil mu sudah dingin, nyaman, dan sehat?

Yakin sudah bebas dari bakteri / virus?

Sudah atau belum tahu, silahkan klik disini untuk kita bantu.

Senang bisa berbagi.

Pasti bermanfaat.

Share :

No comment

Leave a Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Support kami disini untuk menjawab pertanyaan Anda, Silahkan bertanya :)
👋 Hi, Apa yang bisa kami bantu?