Apa Saja Panduan Sebelum Membeli Mobil Saat Pameran?

Punya mobil bagi  sebagian orang adalah gaya hidup dan status sosial.  Untuk mereka yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak, memiliki mobil adalah suatu kebutuhan. Berkendara dengan mobil, selain mampu menempuh jarak jauh, juga memberi rasa aman dan nyaman bagi penumpangnya ketimbang kendaraan roda dua atau transportasi umum.

Oleh karena itu bagi masyarakat yang dananya cukup, bisa membeli mobil sesuai dengan kebutuhan. Membeli mobil yang pas dengan kebutuhan dan ketersediaan dana memang susah-susah gampang. Butuh persiapan dan seringkali kita harus melakukan survei ke dealer-dealer, showroom, dan berkunjung ke pameran.  Ini dilakukan agar kita bisa mendapat mobil yang kita inginkan dengan harga terbaik.

Baca juga : Perhatikan 7 Alasan Ini Untuk yang Pertama Kali Beli Mobil

Pameran mobil bisa menjadi salah satu momen yang ideal bagi kita untuk memilih mobil yang nantinya akan menjadi penghuni garasi rumah. Jadi tak ada salahnya momen pameran kita manfaatkan untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai mobil incaran kita.

ini-dia-tips-membeli-mobil-saat-pameran2

Mengapa Harus ke Pameran?

Pameran mobil, baik berskala nasional maupun internasional adalah ajang promosi untuk memperkenalkan mobil-mobil dari berbagai agen pemegang merek (APM). Tak jarang pameran menjadi momen untuk peluncuran mobil terbaru yang akan dijual setelahnya. Selain itu beragam promo dan diskon yang ditawarkan memang menyedot perhatian kita untuk datang dan membeli mobil disana karena hanya ditawarkan pada waktu itu saja.

Membeli mobil di pameran ibarat membeli barang di pasar tumpah ruah.  Agar tidak kecewa dan menyesal kemudian, butuh ketelitian dan kecermatan kita sebagai konsumen. Seringkali niat membeli mobil di pameran malah mendapat kenyataan pahit dan berbalik menjadi penyesalan serta kekecewaan. Salah memilih tipe mobil, tidak dapat penawaran terbaik, promo yang tidak sesuai sampai penipuan uang muka oleh oknum agen penjual jadi mimpi buruk bagi calon pembeli.

Agar tak terjadi hal demikian, Beberapa poin penting harus anda pahami sebelum membeli mobil di pameran.

1.Pelajari Venue

Agar penggunaaan waktu anda efektif, sebaiknya sebelum memasuki area pameran (venue) anda telah mencari informasi lokasi pameran terlebih dahulu. Informasi tersebut mulai dari peta menuju lokasi pameran,  akses menuju pameran, berapa lama perjalanan, tanggal dan waktu berlangsungnya pameran, dan denah pameran. Hal ini bisa anda dapatkan dari situs web, iklan atau spanduk yang terpampang dijalan raya.

2.Pastikan Jenis Mobil

Informasi mengenai mobil  incaran anda sudah harus anda miliki jauh sebelum datang ke pameran. Pastikan jenis mobil yang akan anda beli, spesifikasi mesin, performa, aksesori didalamnya, jangkauan servis, bengkel resmi dan layanan purna jualnya. Jika anda membeli mobil untuk mobilitas keluarga atau memuat banyak barang, maka anda butuh mobil all purpose vehicle atau AVP.

Jika untuk mengantar anak sekolah sehari-hari atau menempuh jalan yang sering macet, jenis city car yang paling sesuai karena bentuknya yang minimalis, kompak dan irit bahan bakar. Jika untuk menempuh jalan dengan medan berat maka pilih sport ulility vehicle atau SUV atau for wheel drive dengan konsekuensi konsumsi BBM yang cukup boros. Pahami dengan rinci fitur kendaraan yang ada dan bandingkan dengan mobil sekelasnya.

3.Cek Harga

Sebagai konsumen, tentu kita ingin mendapatkan penawaran harga terbaik. Pastikan anda memegang daftar harga mobil incaran sebelum datang ke pameran yang didapat dari brosur, agen penjual lain, situs web resmi, dan situs penjualan daring, lalu bandingkan harga yang di dapat saat di pameran.  Harga yang tertera pada brosur kadang tidak saklek. Khusus untuk mobil keluaran lama biasanya agan penjual mempunyai kebijakan diskon harga. Jangan lupa bandingkan juga harga dari beberapa dealer.

Baca juga : Penting!! 10 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mobil

Bila perlu, bandingkan harga di dealer diluar pameran yang juga memberi diskon. Kadang ada beberapa merek yang menawarkan paket aksesori, hadiah langsung maupun undian. Bila sudah ketemu harga yang pas, silakan lakukan pembelian. Untuk anda yang membeli secara kredit, negosiasikan juga pembayaran uang muka (down payment). Anda juga harus mengenali spesifikasi mobil dan cermati semua fasilitas bonus yang dijanjikan oleh dealer.

4.Perhatikan Waktu Pembelian

Biasanya waktu pameran berlangsung beberapa hari, seminggu bahkan lebih. Tips-nya, datanglah saat pameran tidak begitu ramai, misalnya pada hari kerja atau datang lebih pagi ke pameran. Anda bisa leluasa mengeksplorasi tiap sudut pameran sembari menggali informasi sebanyak-banyaknya. Anda bisa saja membagi dua waktu, yaitu kunjungan pertama untuk memilih dan kunjungan kedua untuk membeli.

Selain itu, manfaatkan hari-hari terakhir jelang penutupan pameran sebagai kesempatan untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Anda juga mesti berhati-hati akan rayuan dari sejumlah agen penjual karena bisa mempengaruhi keputusan pembelian anda. Bersikaplah tenang dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan,  karena membeli mobil melibatkan uang puluhan bahkan ratusan juta. Salah memilih mobil akan mengakibatkan kerugian dan penyesalan.

ini-dia-tips-membeli-mobil-saat-pameran2-2

5.Tentukan Lembaga Pembiayaan

Membeli mobil sebaiknya dengan cara tunai. Mengingat nilai mobil yang terus menurun dan tidak sebanding dengan bunga kredit yang harus Anda bayar. Namun jika kebutuhan akan mobil sudah tidak dapat terhindarkan sedangkan Anda belum memiliki uang dalam jumlah besar. Menggunakan fasilitas kredit melalui bank atau lembaga pembiayaan patut dipertimbangkan. Pilihlah lembaga pembiayaan yang memiliki kredibilitas yang baik dan memberikan layanan kredit terbaik menguntungkan Anda dalam pembelian mobil.

Biasanya tiap APM mempunyai rekanan lembaga pembiayaan dengan paket khusus pameran. Tidak ada salahnya anda mengecek ke lembaga pembiayaan lain di luar tawaran yang ada di pameran. Karena bisa jadi dengan DP yang sama, ada lembaga pembiayaan lainnya yang menawarkan cicilan lebih ringan.

Baca juga : Pegawai Kantoran Butuh Waktu 27 Tahun Untuk Membeli Mobil Ini

Untuk kredit mobil, anda harus memiliki uang untuk Down Payment atau DP.  Menurut Perencana Keuangan Prita Ghozie, maksimum total cicilan mobil yang dapat ditoleransi adalah 15% dari penghasilan bulanan anda. Jika anda sudah memiliki cicilan KPR, maka total cicilan KPR dan cicilan mobil anda adalah  maksimum 30% dari penghasilan.

6.Pilih Agen Profesional

Kenali dengan baik agen penjual mobil yang akan Anda beli, bila perlu cari tahu dari sesama agen penjual mobil dari dealer mobil diluar kantor tempat ia bekerja. Ketahui profil dan background-nya, untuk mencegah terjadinya penipuan. Seringkali dalam pameran otomotif, ada agen-agen nakal yang hanya berperan sementara, lalu menghilang dari dealer sebelum  berbagai macam urusan dengan pelanggannya selesai. Anda perlu ekstra hati-hati dalam memilih agen tersebut, jangan sampai Anda tertipu dengan keberadaan agen-agen yang tidak profesional yang akhirnya akan merugikan Anda.

7.Membeli Asuransi

Kendaraan termasuk kedalam kategori aset berharga. Lindungi aset berharga tersebut dengan cara membeli polis asuransi kendaraan yang akan menjamin berbagai risiko yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada mobil anda. Pilih asuransi yang anda butuhkan dari perusahaan penyedia asuransi yang bisa dipercaya melalui agen, konsultan ataupun marketing perusahaan asuransi. Pilih produk asuransi yang tepat sesuai kebutuhan dan kemampuan anda. Tidak ada salahnya mempertimbangkan rekomendasi yang diberikan oleh pihak dealer, yang menurut mereka bagus dan bisa dipercaya.

ini-dia-tips-membeli-mobil-saat-pameran2-1

8.Lakukan Test Drive

Saat pameran otomotif, biasanya dealer menyediakan sarana test drive. Anda bisa menjajal kendaraan yang diincar pada area yang disediakan. Manfaatkan kesempatan ini untuk menguji performa mobil yang akan Anda beli secara nyata, sehingga Anda mudah menentukan pilihan yang akan Anda ambil. Coba semua fitur serta keadaan, jalan lurus dan berbelok,  memparkir,  mangangkut barang, dan yang lainnya. Anda juga bisa menjajal beberapa mobil denga mendaftar terlebih dahulu di area masing-masing merek.

9.Purna Jual

Meski anda baru membeli mobil, tetapi hal ini patut menjadi pertimbangan, karena Anda tidak pernah tahu kapan akan menjual kembali dan kapan datangnya keadaan yang mendesak. Sebaiknya pikirkan kembali harga jual  kembali dari mobil yang anda beli, apakah masih memiliki nilai jual tinggi untuk beberapa waktu ke depan?

Usahakan membeli mobil yang harga jual bekasnya masih bagus, agar anda tidak mengalami kerugian nantinya.

10.Tips Saat Serah Terima Mobil

Booking ServiceKetika tiba saatnya anda menerima mobil impian anda, beberapa hal yang harus anda periksa. Cek interior dan eksteriornya, kelengkapan P3K, Palang Darurat, dongkrak dan lain sebagainya. Jangan menerima atau kompromi dengan bila bila kelengkapan semua itu tidak ada. Jika demikian maka bersiaplah untuk menunggu lama sampai semua kekurangan mobil anda dipenuhi. Harus diingat, bahwa konsumen bukan hanya Anda seorang saja. Jadi tidak perlu membuat janji atau deal selanjutnya karena hanya akan mengulur waktu. Buatlah satu transaksi, satu kejadian dan langsung selesai di hari yang sama untuk menghindari penipuan.

Nah..sudah jelas semua tips-tips yang sudah dijelaskan diatas?

Meski sudah jelas jangan sampe beli mobil baru karena 10 alasan bodoh ini ya.

Semoga bisa menjadi panduan anda dalam menemukan mobil impian. Bijaksanalah dalam menentukan antara kebutuhan dan kemampuan. Jangan memaksakan diri bila memang belum menemukan mobil yang sesuai dengan yang anda inginkan. Mobil bagi sebagian masyarakat masih merrupakan barang mewah, maka usahakan agar anda meminimalkan kerugian saat membeli mobil.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.