5 Cara Merawat Mobil dengan Mudah

Kalau sudah punya alasan kuat untuk membeli mobil baru. Maka selanjutnya harus bisa memilih bengkel yang cocok untuk itu. Meski begitu kita harus siap juga merawat dengan baik. Biar tidak sering-sering masuk bengkel.

Nah, jika sudah memutuskan untuk membeli mobil. Tentunya harus siap segala risiko juga. Karena resiko yang bakal terjadi atau ditanggung tidak hanya masalah uang saja tetapi bisa jadi beban pikiran. Pertama harus mengeluarkan uang untuk pajak dan mengganti onderdil yang sudah aus sampai dengan perawatan berkala. Kedua kalau perbaikan tidak bagus padahal harus pakai mobil untuk kerja. Tetapi tidak bisa karena masih belum benar perbaikannya.

Sudah makin runyam.

Baca juga : Apa Saja Sih yang Paling Sering Menyebabkan Mobil Mogok?

Meski ada anjuran untuk bisa merawat mobil sendiri. Namun, khusus untuk bahasan mengenai perawatan mobil, ada kalanya seseorang lebih mempercayakan tugas tersebut ke bengkel. Karena kita sendiri pasti tidak memiliki waktu atau juga kurang mempunyai pengalaman dalam merawat mobil.

tidak-selamanya-merawat-mobil-itu-susah-ini-buktinya-1

Tidak Selamanya Merawat Mobil Itu Susah Ini Buktinya

Kalau kita memilih untuk merawat dan memperbaiki sendiri itu bagus. Apalagi kalau kita memang suka dan punya keahlian untuk itu. Akan tetapi, ada pula yang lebih memilih untuk menyerahkan tugas merawat mobilnya itu ke bengkel dengan alasan yang dinilai cukup klise, yaitu karena beranggapan bahwa merawat mobil susah. Eits, jangan salah! Merawat kendaraan itu tidak susah, kok.

Tidak percaya?

Berikut ini buktinya.

tidak-selamanya-merawat-mobil-itu-susah-ini-buktinya

1.Mengganti oli

Kalau kita pernah minum dari dispenser, menekan tombol, air mengalir dalam gelas, dan glek glek glek.

Nah begitu juga mudahnya sebenarnya untuk mengganti oli. Hilangkan rasa takut salah. Ganti dengan berani mencoba hal baru.

Oh ya ada bengkel yang kasih harga untuk urusan ini. Meski urusannya sebenarnya sangat mudah. Tetapi bengkel langganan yang baik hanya akan kasih harga untuk olinya. Meski begitu untuk pergi ke bengkel kan juga perlu waktu.

Untuk mengganti oli, Anda tidak perlu harus keluar uang membayar tenaga montir atau juga menyerahkannya ke bengkel karena hal itu dapat Anda lakukan sendiri. Cara untuk mengetahui oli sudah wajib ganti atau belum adalah ketika pada meteran jarak tempuhnya sudah melebihi 3.000-5.000 km. Anda cukup membeli oli baru dan kemudian menuangkannya ke tempat oli , selesai.

Gampang kan?

Tidak perlu harus kebengkel kan untuk urusan seperti ini.

2.Merawat kondisi mesin

Salah satu hal yang sering dialami oleh pemilik mobil adalah overheat. Hal ini disebabkan karena terkadang sang pemilik lupa mengisi ulang air radiator yang berfungsi untuk menetralisir panas mesin kendaraan. Dengan kosongnya air radiator, mesin akan cepat panas dan membuat kerusakan pada komponen lainnya. Oleh karenanya, periksa air radiator ketika akan menggunakan kendaraan tersebut.

Cara periksa tinggal buka penutup mesin. Lihat dengan mata telanjang air radiatornya. Kalau tidak yakin. Sudah banyak cara periksanya bertebaran di internet. Bahkan situs video online juga  bisa membantu kita. Cuma perlu niat mau belajar saja.

Baca juga : Kapan Waktu Terbaik Service AC Mobil?

3.Membersihkan filter karburasi

Pernah tidak Anda mengalami kesusahan dalam menghidupkan kendaraan Anda?

Tentu saja bagi pemilik mobil keluaran tahun lama, hal ini adalah suatu pemandangan yang kerap dialami, bukan?

Kenapa hal itu terjadi?

Hal ini dikarenakan tersumbatnya filter karburasi pada mobil oleh kotoran atau debu. Dikarenakan hal itu, disarankan untuk dapat membersihkan filter karburasi dengan menggunakan sikat gigi agar kerak dan kotoran yang menempel dapat terlepas.

Caranya tinggal buka ruang yang cukup untuk sikat gigi masuk filter karburasi. Bersihkan saja pelan seperti sedang sikat gigi sendiri.

tidak-selamanya-merawat-mobil-itu-susah-ini-buktinya-2

4.Perawatan bagian interior dan eksterior

Selain mesin, satu hal lagi yang masuk dalam kategori merawat mobil dengan cara sederhana adalah melakukan membersihkan interior dan eksterior mobil. Untuk bagian eksterior, Anda dapat mengguyur terlebih dahulu mobil dengan menggunakan air bersih, terutama ketika setelah digunakan di saat hujan.

Cuci dengan sabun khusus mulai dari hingga ke bawah dan jangan terbalik karena justru kotoran akan kembali lagi. Setelah itu, baru guyur kembali dan gunakan kain kanebo untuk mengeringkan sisa air yang menempel agar tidak menimbulkan bercak.

Untuk bagian dalamnya atau interiornya, Anda dapat menggunakan lap kering halus untuk membersihkan daerah dashboard dan sekitarnya. Anda juga dapat menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu yang terselib di bagian bawah karpet atau juga di sela-sela lipatan kursi.

5.Pemeriksaan ban

Booking ServicePemeriksaan ban juga dirasa penting karena merupakan satu komponen untuk dapat membuat sebuah kendaraan dapat berjalan. Untuk melakukan pemeriksaan, Anda hanya perlu menggunakan tangan sebagai parameter kurang tidaknya angin di dalam ban. Selain itu, perhatikan pula ukiran di permukaan ban, apakah sudah mulai halus atau masih dalam.

Jika sudah mulai halus, maka itulah saatnya Anda perlu mengganti ban, karena jika dipaksakan menggunakan ban yang sudah mulai gundul, akan cukup membahayakan keselamatan, terutama ketika digunakan di area berpasir atau berair.

Baca juga : 9 Manfaat Cuka Bagi Mobil Kesayangan Anda

Bagaimana, mudah bukan?

Oleh karenanya, buang stereotype merawat mobil susah. Jika Anda mau, mudah kok melakukan perawatan mobil sendiri. Selamat mencoba.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.