Mobil produk Indonesia Ini Pernah Jadi Harapan Industri Baru
10 Mobil Merek Indonesia Ini Seharusnya Bisa Mengalahkan Mobil Luar Negeri

Tahukah kalian apa saja merek-merek mobil buatan Indonesia?

Pasti sebagian besar masyarakat belum tahu kalau Indonesia juga memproduksi mobil. Penasaran???

Meski diluar sana banyak mobil mahal. Contohnya seperti 10 mobil termahal milik artis Indonesia ini. Juga 1 merek mobil paling banyak dibeli artis Indonesia ini.

10 Mobil Merek Indonesia Ini Seharusnya Bisa Mengalahkan Mobil Luar Negeri

Tahu Ga? 10 Merek Mobil Produk Indonesia yang Pernah Dibuat - Sumber gambar otomotif.metrotvnews.com
Sumber gambar otomotif.metrotvnews.com

Baca juga : 7 Alasan Indonesia Belum Punya Perusahaan Mobil Sendiri

Yuk kita cari tahu apa saja merek mobil produk Indonesia.

1. Esemka

Pada tahun 2012, siswa SMK di Solo berhasil merakit mobil. Mobil yang diberi nama “Esemka” adalah Mobil karya anak Indonesia. Mobil ini pun menjadi tunggangan Walikota Solo, Joko Widodo. Sejak saat itu, mobil Esemka menjadi incaran para pejabat di Indonesia.

Mobil yang ditemukan sejak tahun 2009 ini mulai diproduksi. Namun produksi mobil ini masih terganjal oleh beberapa persoalan. Persoalan tersebut karena mobil Esemka belum lolos uji emisi.

Meski jarang terdengar kabarnya saat ini, tetapi produksi terus berjalan. Esemka kini tengah membangun sebuah pabrik di Boyolali. Dengan penambahan infrastuktur, diharapkan produksi Esemka akan terus bertambah.

2. Maleo

Mobil Maleo merupakan salah satu mobil buatan Indonesia. Muncul di tahun 1996yang lahir karena inisiasi B.J. Habibie. Mesin mobil ini berkapasitas 1300 cc.

Mobil ini dibuat bekerjasama dengan pabrikan mesin asal Australia. Namun proyek ini terpaksa dihentikan karena adanya proyek mobil nasional.

3. Timor

Mobil timor ini merupakan proyek mobil nasional Indonesia. Setelah dikeluarkannya Inpres nomor 2 Tahun 1996. PT. Timor Putra Nasional ditunjuk untuk menjalankan proyek ini.

Putra mantan Presiden Soeharto, Tomi Soeharto, merupakan pemilik dari PT. TPN. Proyek ini harus dihentikan pada 1998 karena adanya krisis moneter.

4. Beta 97 MPV

Tahun 1994 Grup Bakrie melalui Bakrie Brothers membuat proyek mobil. Mobil ini diberi nama Beta 97 MPV. Proyek ini bekerjasama dengan rumah desain asal Inggris, Shado.

Pada tahun 1997, desain sudah selesai dan prototype mulai dikembangkan. Namun, pada Desember 1997 proyek ini di hentikan karena adanya krisis ekonomi.

5. Gang Car

Gang car merupakan sebuah mobil yang berkapasitas untuk 2 orang. Mobil ini diproduksi oleh PT. Dirgantara Indonesia (PT. DI). Mobil dengan desain mungil dan mesin berkapasitas 125-200 cc. Desain yang mungil memudahkan pengguna melewati gang-gang sempit di perkotaan.

Di tahun 2003, merek mobil buatan Indonesia ini tidak terdengar lagi karena adanya kemelut dalam tubuh PT. DI.

Sumber Gambar mobnasgea.blogspot.co.id
Sumber Gambar mobnasgea.blogspot.co.id

6. GEA

GEA merupakan singkatan dari Gulirkan Energi Alternatif. GEA adalah sebuah mobil dengan mesin berkapasitas 640 cc. Mobil ini diproduksi oleh PT. INKA (Industri Kereta Api) di Madiun.

Mobil Gea diperkenalkan kepada masyarakat umum pada tahun 2008. Dalam pameran di Jakarta International Expo (JIExpo). Mobil ini adalah alternatif untuk mengurangi krisis energi. Karena bahan bakar bensin yang digunakan premium dan gas.

Selain itu sistem pembakaran yang digunakan berupa injeksi EFI. Sehingga lebih irit bahan bakar. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan injeksi memerlukan perawatan yang ekstra.

7. FIN Komodo

Mobil komodo ini dikembangkan oleh PT FIN Komodo teknologi. Mobil dengan jenis mobil offroad mampu melaju di segala medan.

Mobil offroad ini adalah jenis mobil yang irit bahan bakar. Dengan bahan bakar sebesar 5 liter, dapat menempuh jarak sejauh 100 km. Mobil ini juga memiliki tangki dengan kapasitas sebesar 20 liter. Sehingga dapat bertahan selama 4 hari perjalanan dalam hutan.

Selain berfungsi untuk menjelajah, mobil ini berfungsi sebagai kendaraan utility. Dimana ia mampu mengangkut beban hingga 250 kg.

Mobil ini cocok untuk kamu yang hobi berpetualang.

8. SKEV-1

SKEV-1 (Signal Kustom Electric Vehicle 1) merupakan mobil jenis sport. Mobil sport yang satu ini berbeda dengan mobil sport umumnya.Mobil ini dibuat dengan menggunakan tenaga listrik.

Ditemukan olehcoachbuilder Signal Kustom dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Penemuan ini diperlombakan pada ajang otomotif Final Battle Autoblackthrough tahun 2010. SKEV-1 berhasil meraih predikat sebagai The Champion of Autoblackthrough 2010.

Kemewahan mobil sport ini pantas disejajarkan dengan mobil formula 1. Mobil dengan tenaga listrik ini mampu melaju hingga 140km/jam. Desain mobil sport ini juga sangat mewah dan sporty.

Bagi yang menyukai mobil sport, ini bisa jadi referensi kamu. Namun sayangnya mobil ini tidak diproduksi secara massal. Mobil ini hanya turun di ajang modifikasi.

Baca juga : 6 Fakta Menarik di Balik Logo Kuda Jingkrak Mobil Ferrari

9. Tuxuci

Satu lagi mobil futuristik buatan indonesia yang super keren. Yap! Dia adalah tuxuci. Mobil kelas dunia buatan Indonesia.Mobil sport ini memanfaatkan tenaga listrik. Siapa yang melihat mobil ini pasti akan tertarik untuk memilikinya.

Tak heran bila Dahlan Iskan pun kepincut kemewahan mobil ini. Hingga rela menggeluarkan milyaran rupiah untuk memilikinya. Dan ingin memproduksinya secara massal.

Namun keinginan tersebut harus ditunda lantaran masih adanya beberapa masalah. Salah satu kendalanya adalah pada mekanisme rem. Sehingga mobil ini belum layak untuk diproduksi massal.

Tahu Ga? 10 Merek Mobil Produk Indonesia yang Pernah Dibuat - Sumber gambar masadera.com
Sumber gambar masadera.com

10. E&C

Mobil listrik kini menjadi trend dalam pembuatan industri mobil. Begitu pula yang dilakukan oleh mahasiswa ITS Surabaya. Mobil karya anak bangsa ini diberi nama E&C. Mahasiswa perguruan tinggi ini berhasil menciptakan mobil futuristik nan mewah.

Mobil mewah dengan konsep SUV yang dapat diisi oleh 4 penumpang. Mobil ini menawarkan desain yang elegan dan ruangan yang nyaman. Sehingga sangat cocok untuk keluarga kecil.

Desainnya yang sporty sangat pas bagi anak muda. Dan tidak perlu khawatir, karena mobil ini ramah lingkungan.

Pada akhirnya apapun mobilnya. Jangan sampai memutuskan membeli mobil baru hanya karena 10 alasan bodoh ini ya.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Sumber Tulisan:
Eko Apriantono. 2013. Mobil Buatan Asli Indonesia binaswadaya.org/bs3/mobil-buatan-asli-indonesia/diakses pukul 14:27 WIB pada hari Kamis, 20 Oktober 2016
Redaksi. 2016. Mobil–Mobil Keren Asli Buatan Indonesia masadera.com/2016/02/15/mobil-mobil-keren-asli-buatan-indonesia/ diakses pukul 18:28 WIB pada hari Kamis, 20 Oktober 2016

Sumber Gambar:
masadera.comdiaksespukul20:39 WIB padahariKamis, 20 Oktober 2016
mobnasgea.blogspot.co.iddiaksespukul20:38 WIB padahariKamis, 20 Oktober 2016
otomotif.metrotvnews.comdiakses pukul 20:38 WIB pada hari Kamis, 20 Oktober 2016